Tips Agar Mobil Anda Selalu Nampak Baru

Tips Agar Mobil Anda Selalu Nampak Baru

Siapa yang tak ingin kendaraan kesayangannya terlihat selalu kinclong seperti beli mobil yang baru keluar dari showroom

Tentu tampilan mobil yang mengkilap tak hanya membuat Anda jadi lebih percaya diri, tapi juga membawa kenyamanan tersendiri saat berkendara. 

Untuk memiliki mobil yang selalu tampak baru, Anda harus meluangkan waktu khusus untuk melakukan perawatan mobil ekstra. Perawatan mobil apa saja yang harus Anda lakukan? Simak tips berikut ini!

Menjaga kebersihan mobil

Ini merupakan perawatan mobil paling sederhana yang bisa Anda lakukan. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, jika Anda ingin tampilan mobil yang berkilau seperti baru, lakukan pencucian mobil dengan air bertekanan tinggi. 

Tujuannya agar kotoran, debu, bekas air, dan sisa garam terutama di bagian sela roda hingga di bawah bumper bisa rontok. 

Pastikan semua kotoran tadi sudah hilang dari permukaan permukaan mobil, jika tidak maka goresan akan muncul di bodi mobil jika permukaan berdebu menumpuk. 

Setelah itu, bersihkan seluruh permukaan dengan shampo atau sabun khusus permukaan mobil. Lakukan juga pembersihan pada noda jamur baik di lantai atau kaca. 

Jika pencucian telah selesai, segera keringkan dengan lap microfiber yang lembut. Hindari membiarkan mobil kering dengan sendirinya, karena ini akan menimbulkan noda bercak air pada bodi dan bisa memicu jamur. 

Claying

Jika Anda rutin mencuci mobil namun masih saja mobil terlihat kotor akibat noda dan debu yang membandel, Anda bisa melakukan perawatan mobil dengan cara claying detailing clay

Perawatan mobil dengan ini biasa dilakukan di bengkel mobil atau salon mobil agar kendaraan makin terpancar kilaunya. 

Proses perawatan claying dilakukan setelah mobil dicuci bersih secara menyeluruh, kemudian bagian-bagian noda dan kotoran yang membandel pada lapisan terluar cat akan diangkat dengan menggunakan clay bar.

Clay bar mampu membuat permukaan cat kembali bersih karena sifatnya yang bisa menarik kotoran yang paling membandel sekalipun, seperti contohnya getah pohon, kotoran burung, residu kampas rem, hingga noda overspray bisa terangkat dengan clay bar.  

Poles mobil

Setelah proses pencucian dan claying dilakukan, mobil mungkin akan terlihat bersih tapi belum berkilau dan bercahaya. Untuk mendapatkan hasil ini, Anda perlu melakukan perawatan poles mobil. 

Perawatan mobil ini bekerja dengan menggunakan substansi abrasif untuk menghilangkan lapisan yang tipis pada bagian cat paling luar yang biasanya paling mudah rusak. 

Dengan memoles mobil, lapisan pada permukaan cat yang berada di bawah akan mampu bersinar ke permukaan sehingga mobil terlihat lebih cemerlang seperti baru. 

Waxing

Perawatan lain yang juga bisa menjadikan mobil Anda selalu nampak baru adalah dengan melakukan waxing

Dengan melakukan perawatan ini, mobil Anda yang telah dipoles dengan baik bisa semakin sempurna dengan lapisan protektifnya. Sehingga hasil kilaunya bisa bertahan lebih lama dan terhindar dari faktor-faktor pemicu noda seperti kontak langsung dengan cahaya matahari, debu dan kotoran, goresan sampai hujan. 

Saat ini banyak beredar di pasaran, produk waxing yang bisa Anda gunakan sendiri. Namun untuk hasil maksimal, hindari produk waxing mobil 2 in 1 yang menjanjikan hasil dari kombinasi poles dan wax dalam sekali proses. Tetaplah gunakan produk rangkaian terpisah karena hasilnya akan lebih memuaskan.

Semua perawatan di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun jika waktu Anda terbatas tentunya Anda bisa langsung mengunjungi bengkel mobil Suzuki untuk melakukan berbagai perawatan tersebut sambil juga melakukan servis mobil rutin. Kunjungi segera bengkel resmi Suzuki di kota Anda!

Posting Komentar untuk "Tips Agar Mobil Anda Selalu Nampak Baru"