Tips Memilih Galon Air Minum Berkualitas Bebas BPA

Tips Memilih Galon Air Minum Berkualitas Bebas BPA

Sudah tahu belum cara memilih galon air minum berkualitas bebas BPA? Air minum merupakan kebutuhan pokok manusia. Oleh karenanya penting untuk memastikan produk air minum galon yang kita konsumsi sehari-hari benar-benar terjamin kualitasnya.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika hendak memilih galon air minum. Mulai dari jenis airnya, apakah termasuk kriteria air yang layak dikonsumsi, dari mana sumber airnya, bagaimana prosesnya hingga wadah galon yang digunakan, apakah termasuk BPA free atau tidak?

Adapun jenis air minum yang wajib kita konsumsi minimal 2 liter sehari adalah air putih atau dikenal juga dengan istilah air murni.

Mengonsumsi air murni penting bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, air murni juga berfungsi membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun secara alami) dalam tubuh manusia.

Jika dulu orang-orang mengonsumsi air minum dengan merebusnya terlebih dahulu sekarang banyak yang memilih galon air isi ulang karena lebih praktis. 

Namun dalam memilih galon air minum ini kamu perlu berhati-hati karena tidak semua galon berisi air minum dengan kandungan yang sama. Ada lho air minum galon isi ulang yang ketika dikonsumsi justru membahayakan tubuh karena terkontaminasi BPA.

Itulah mengapa kualitas galon air minum sangat penting diperhatikan. Apalagi untuk dikonsumsi sehari-sehari, tentu kita harus memilih yang terbaik, bukan?

Tips memilih galon air minum berkualitas

Seperti yang sudah disinggung di atas, memilih galon air minum tidak boleh sembarang. Pasalnya tidak semua air dalam galon memiliki mutu yang sama. 

Untuk itu kamu perlu mengetahui cara memilih galon air minum berkualitas berikut ini :

Terdaftar di BPOM

Sebelumnya perlu kamu ketahui, air berkulitas adalah air yang memenuhi kriteria layak dikonsumsi. 

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 492 tahun 2010 yang menyebutkan bahwa kriteria air yang layak dikonsumsi oleh manusia adalah tidak memiliki warna, bau dan rasanya tawar. 

Untuk ketiga kriteria tersebut tentu kita bisa mengeceknya sendiri. 

Namun selain itu masih ada kriteria lain yaitu harus melalui uji ilmiah diantaranya bebas dari kandungan mikroorganisme yang berbahaya, bahan kimia yang bisa merusak tubuh serta memiliki pH antara 6.5 – 8.5.

Kriteria yang terakhir itu kita memang tidak bisa memeriksanya secara langsung. Walau demikian kita bisa memastikan dengan mengecek surat izin edarnya dari BPOM.

Produk air minun galon yang terdaftar di BPOM terjamin sudah memenuhi semua kriteria air yang layak dikonsumsi.

Jadi pastikan saja air galon yang kamu konsumsi sudah terdaftar di BPOM. Pastikan juga kamu membeli air galon yang kemasannya masih tersegel rapi, kemasannya utuh dan oleh penjualnya disimpan di tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Berasal dari sumber air bersih

Cara mengetahui air galon berkualitas berikutnya adalah dengan mengecek sumber airnya.

Sumber air galon yang biasa dikonsumsi manusia biasa berasal dari PDAM, sumur pompa atau dari sumber alami langsung yakni dari mata air pegunungan.

Namun tidak masalah berasal dari mana pun sumber air yang kita konsumsi, yang penting sumber air tersebut benar-benar bersih dan tidak terkontaminasi zat-zat berbahaya.

Karena itu sebelum memilih produk air galon tertentu, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu kebersihan atau kondisi dari sumber air yang digunakan untuk memproduksi air galon tersebut. 

BPA Free

BPA merupakan bahan yang biasanya digunakan untuk wadah plastik. Namun bahan ini termasuk tidak aman. 

Pasalnya, ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi BPA dapat berisiko menimbulkan berbagai macam  penyakit seperti jantung, kanker, kelainan organ hati, diabetes, gangguan otak, dan lain-lain.

Itulah mengapa disarankan untuk memilih produk plastik apapun termasuk galon isi ulang yang memiliki label bebas BPA.

Jika label tersebut tidak tercantum pada kemasan, kamu bisa melihat bagian bawah kemasan dan pilih produk dengan kode daur ulang 2,4,5, atau 1. Hindari memilih produk dengan kode daur ulang 3 dan 7 karena tidak aman untuk digunakan


Rekomendasi Galon Air Minum Bebas BPA

Galon Cleo
Picture : cleopurewater.com

Berdasarkan tips di atas saya ingin merekomendasikan Cleo sebagai pilihan air minum galon yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Tentu saja saya merekomendasikan air murni Cleo karena kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Cleo sudah mengantongi izin edar dari BPOM. Itu artinya, air murni Cleo memenuhi kriteria layak minum dan sudah terbebas dari zat-zat berbahaya. 

Jika dilihat dari sumber mata airnya, air murni Cleo diambil dari mata air Pegunungan Arjuna di Pandaan, Jawa Timur. Kemudian disaring dengan teknologi penyaringan yang dikenal sebagai Hiperfiltrasi.

Melalui saringan yang sangat halus yaitu hyper membrane filter 0,0001 mikron Cleo menghasilkan air yang lebih murni dibandingkan air minum biasa. Proses tersebut juga membua air galon Cleo aman dari mikroorganisme dan mineral anorganik.

Tidak hanya airnya yang bermutu, wadah yang digunakan juga dijamin BPA free. Makanya, tidak perlu khawatir dengan kualitas airnya.

Satu lagi yang membuat galon air minum Cleo semakin istimewa, karena kemasan galon Cleo ini memiliki handle sehingga tidak perlu kesulitan mengganti galon. Dengan handle tersebut bikin urusan ganti galon jadi lebih mudah dan praktis. Anti tumpah!

Tssst, di Indonesia baru galon dari Cleo lho yang memberikan kemudahan seperti itu. So tunggu apalagi? Mau cari galon air minum berkualitas? Yuk, pilih air murni dalam kemasan galon Cleo yang praktis dan bebas BPA.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Galon Air Minum Berkualitas Bebas BPA"