Jadikan Rumah Lebih Ramah Lingkungan dan Hemat Energi Pakai Peralatan Ini!

Sumber : Pexels.com/Photo by Max Vakhtbovych

Berdasarkan laporan penilaian yang dikeluarkan oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) tahun 2021 menyatakan bahwa suhu permukaan Global mencapai 1,09°C dan lebih tinggi dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir antara tahun 2011 hingga 2020 jika dibandingkan dengan tahun 1850-1900. 

Kondisi ini dapat semakin memburuk jika seluruh lapisan masyarakat di dunia tidak menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar. 

Cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi resiko tersebut yaitu dengan secara aktif mengurangi penggunaan barang-barang tak ramah lingkungan. 

Mulai saat ini cobalah untuk menggunakan barang-barang ramah lingkungan di kehidupan sehari-hari kamu termasuk di rumah. Tak perlu bingung soal budget, karena kamu bisa proses pengajuan kta online dengan mudah. 

Ingin tahu barang apa saja barang ramah lingkungan yang dapat kamu gunakan untuk memulai hidup hemat energi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Gunakan Barang Hemat Energi

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat ditimbulkan dari penggunaan barang-barang ramah lingkungan dan hemat energi :

Pemakaian Bahan Bakar Fosil Berkurang

Selama ini sumber energi yang kita dapat seperti listrik berasal dari bahan bakar fosil. Penggunaan dan proses pengolahan bahan bakar fosil ini tentu akan menghasilkan limbah dan polusi yang menyebabkan tercemarnya lingkungan dalam berbagai aspek. 

Jika kita menggunakan barang yang hemat energi seperti pembangkit listrik tenaga surya, tentu akan mengurangi pemakaian bahan bakar fosil tersebut.

Mengurangi Tingkat Polusi Udara

Penggunaan bahan-bahan kimia atau polusi udara yang diakibatkan oleh proses industri tentu akan mencemari udara di sekitar kita. Dampak lainnya yang dapat ditimbulkan juga yaitu mempengaruhi perubahan iklim. 

Menekan Biaya Pengeluaran Rutin

Manfaat lainnya yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan bahan hemat energi yaitu kamu dapat menekan biaya pengeluaran rutin. Misal dengan menggunakan tenaga listrik tenaga surya tentu akan menghemat biaya listrik dari biasanya. 

Rumah Hemat Energi
Sumber : Pexels.com/Photo by John Nail

Daftar Barang Hemat Energi

Di bawah ini merupakan beberapa barang hemat energi dan ramah lingkungan yang  dapat kamu aplikasikan di rumah: 

Lampu LED

Sistem penerangan merupakan hal yang paling penting di tempat tinggal kamu. Selama ini mungkin kamu seringnya menggunakan lampu standar. Perlu kamu sadari bahwa lampu biasa dapat memakan daya listrik yang cukup besar. 

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggantinya dengan menggunakan lampu LED yang lebih hemat energi. Nyatanya, lampu LED dapat menghemat biaya listrik hingga 90% dibandingkan jika menggunakan lampu pijar. 

Pemanas Air Tenaga Surya

Alat lainnya yang dapat kamu gunakan di rumah untuk menghemat energi yaitu pemanas air tenaga surya. Dengan menggunakan alat ini tentu kamu akan lebih menghemat penggunaan energi. 

Water heater biasa tentu memerlukan daya listrik yang cukup besar, apalagi jika kamu tidak pernah mematikannya. 

Solar Panel

Pemanfaatan solar panel sebagai pembangkit listrik tenaga surya, dapat menjadi sebuah solusi untuk menghemat penggunaan energi. Selain itu, penggunaan solar panel lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar dari fosil seperti batu bara. 

Solar panel biasa dipasang di atap rumah. Selain pemasangannya yang mudah, bentuknya juga sederhana dan kapasitasnya dapat menyesuaikan dengan ukuran atap rumah kamu.

Pembuatan Rooftop Garden

Untuk membuat rumah kamu menjadi lebih ramah lingkungan, kamu dapat membuat rooftop garden dan membuatnya menjadi ruang terbuka dimana kamu dapat menanam banyak tanaman disana. 

Dengan membuat rooftop garden, kamu dapat memberikan pencahayaan alami ke dalam rumah dan membuat udara lebih segar.

Mesin Cuci Satu Tabung

Mesin cuci menjadi salah satu alat rumah tangga yang rasanya wajib kamu miliki di rumah. Jenis mesin cuci yang umum ditemukan yaitu mesin cuci dua tabung dan satu tabung. 

Namun, mesin cuci dua tabung membutuhkan daya listrik yang lebih banyak. Selain penggunaan listrik yang besar, penggunaan air pun akan lebih boros.

Bagi beberapa mesin cuci satu tabung memungkinkan dapat menekan penggunaan listrik hingga 70%. Maka penggunaan mesin cuci satu tabung pun sangat disarankan untuk menghemat energi dan ramah lingkungan. Sehingga kamu pun tidak perlu membayar listrik terlalu besar.

Beli Peralatan Rumah Ramah Lingkungan Pakai Pengajuan KTA Online digibank KTA

Kamu dapat menggunakan fasilitas KTA bunga rendah dari digibank KTA dan miliki peralatan hemat energi di rumah. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Berikut keunggulan yang bisa kamu dapatkan

  • Proses Online 24 Jam. Kamu bisa apply 24 jam tanpa ribet, dimana pun, dan kapan pun, akses melalui Aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta.
  • Approval 60 Detik.Persetujuan pengajuan KTA online hanya membutuhkan waktu 60 detik saja.
  • Dana Cair Hingga 200 juta. Dapatkan kredit yang dapat cair hingga 200 juta rupiah dan langsung akan cair ke rekening digibank by DBS.
  • Atur Jumlah Pinjaman Sendiri. Kamu bebas menentukan jumlah pinjaman.
  • Tenor Cicilan hingga 36 bulan. Tidak perlu khawatir soal jangka waktu pembayaran cicilan, kamu bisa mendapatkan tenor hingga 36 bulan.
  • Tidak Perlu Dokumen Fisik. Apply KTA online hanya perlu menyiapkan e-KTP dan NPWP untuk mengajukan pinjaman
  • Persyaratan yang Mudah. Untuk mengajukan pinjaman, pastikan e-KTP kamu berdomisili Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang dan memiliki penghasilan minimal 5 juta Rupiah.
Ketahui cara ajukan pinjaman, cukup dengan mengakses laman berikut. Segera proses pengajuan KTA online dengan digibank KTA dan biarkan barang-barang hemat energi dan ramah lingkungan memenuhi rumahmu sekarang juga!

Posting Komentar untuk "Jadikan Rumah Lebih Ramah Lingkungan dan Hemat Energi Pakai Peralatan Ini!"