Tips Marinasi Daging Sapi Agar Empuk dan Enak

Setelah menikah saya baru cari tahu tips marinasi daging. Pasalnya suami saya doyan banget makan daging sapi jadi sebagai istri yang baik saya harus belajar memasak daging yang empuk dan lezat untuknya.

Tips Marinasi Daging Sapi Agar Empuk dan Lezat
Gambar : freepik.com

Yap, kalau nggak belajar gimana mau tahu. Jujur, waktu masih lajang saya jarang berkutat di dapur. Bisanya cuma goreng telur dan ikan saja. Kalau sudah urusan masak daging saya selalu serahkan ke mama.

Alhasil kemampuan masak saya ya gitu deh. Tidak jago memang tapi setidaknya sekarang saya sudah bisa memasak berbagai macam makanan termasuk menyajikan menu daging di meja makan keluarga.

Setiap mengolah menu daging entah itu dibuat steak daging, coto Makassar, gulai daging, sate dan lain sebagainya saya tidak pernah melewati proses marinasi.

Tentu saja proses marinasi daging sapi penting dilakukan karena memiliki sejumlah manfaat, diantaranya dapat menambah kelembapan pada daging, membuat daging jadi lebih empuk dan memberikan cita rasa yang kuat karena bumbu meresap dengan sempurna.

Tidak hanya itu, teknik marinasi juga dapat mengurangi produksi senyawa penyebab kanker saat proses pemanggangan.

Wah, banyak sekali manfaatnya ya. Lalu bagaimana cara marinasi daging sapi yang benar? Yuk langsung saja kita bahas!

Tips Marinasi Daging Sapi Agar Empuk dan Bumbu Meresap Sempurna

Marinasi daging agar empuk dan lezat
Gambar : freepik.com

Cara marinasi daging sapi sebenarnya cukup mudah. Tapi bagi kamu yang baru pertama kali mengolah daging sapi, teknik mengempukkan daging ini bisa jadi bukan hal yang sederhana untuk dilakukan. 

Namun kamu tidak perlu takut gagal selagi mengikuti step by step tips marinasi daging berikut ini dengan benar.

Berikan sayatan tipis atau tusuk daging

Sebelum melakukan proses marinasi sebaiknya kamu terlebih dahulu memberikan sayatan tipis atau tusukan pada daging sapi.

Gunakan pisau yang tajam untuk menyayat daging atau cukup pakai garpu untuk menusuk-nusuk daging.

Tujuan dari tips pertama ini adalah agar bumbu marinasi mudah merata dan meresap ke bagian paling dalam dari daging.

Sebagai catatan tambahan, cara ini tidak berlaku untuk daging slice ya. Untuk daging irisan atau slice potongannya sudah tipis jadi tanpa perlu disayat atau ditusuk pun bumbu bisa langsung meresap.

Perhatikan penggunaan bumbu

Salah satu kunci keberhasilan marinasi daging sapi ada pada bumbu yang digunakan. 

Ada berbagai macam bumbu yang biasa digunakan dalam teknik marinasi daging, mulai dari garam, minyak, jeruk nipis, kecap hingga rempah-rempah.

Penggunaan garam sendiri dapat mendorong struktur protein dalam daging sehingga membuka celah kecil yang mengeluarkan cairan. Dengan begitu daging bisa menyerap lebih banyak bumbu.

Karena itu garam merupakan bumbu utama yang tidak boleh di-skip dalam proses marinasi daging.

Selain garam kamu bisa menambahkan bahan-bahan marinasi lainnya seperti lada bubuk, kunyit, kecap, gula atau madu untuk memperkaya rasa daging.

Jangan lupa gunakan minyak untuk dapat memunculkan aroma yang lebih kuat dan khas dari bumbu rempah-rempah.

Perhatikan juga jumlah bumbu yang digunakan

Selain jenis bumbu, kamu juga perlu memperhatikan jumlah bumbu yang digunakan. Semakin banyak bumbu yang ditambahkan dalam proses marinasi tentu semakin kuat pula cita rasa yang dihasilkan. Namun sesuaikan juga dengan jumlah daging yang digunakan ya.

Contoh, untuk setengah hingga satu kilogram daging sapi, paling sedikit setengah cangkir bumbu marinasi yang harus digunakan. Jika kurang dari itu cita rasa daging bisa jadi tidak terlalu kuat sekalipun sudah diberi tambahan minyak.

Lumuri daging dengan bumbu secara merata

Sudah menggunakan bumbu yang banyak tapi tidak dilumuri ke daging secara merata? Nah, proses marinasi seperti ini masih belum tepat.

Agar mendapatkan daging dengan cita rasa yang kuat, bumbu harus meresap  sempurna. Karena itu pastikan kamu melumuri daging secara merata. Jangan sampai ada bagian daging yang tidak dilumuri bumbu.

Simpan daging di lemari es

Setelah melumuri daging dengan bumbu maka tahap selanjutnya adalah menyimpan daging di lemari es.

Proses ini penting karena proses marinasi sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar, paling cepat 30 menit. 

Dalam rentang waktu tersebut bakteri bisa saja berkembang pada daging yang ditempatkan dalam wadah terbuka dan berada di suhu ruang. Jika itu terjadi otomatis daging yang sudah dimarinasi itu akan cepat rusak atau tidak segar.

Karena itu disarankan untuk menyimpannya langsung di kulkas selama kurang lebih setengah jam

Itu dia beberapa cara marinasi daging sapi yang bisa kamu terapkan di rumah, mudah sekali, bukan? 

Nah, kalau kamu mau yang lebih praktis dalam mengolah daging terutama untuk dibuat steak, kamu bisa langsung saja pesan di Steak Hotel by Holycow. Selain praktis, harganya juga terjangkau lho.

Pesan Menu Steak di Steak Hotel by Holycow

Pesan Menu Steak di Steak Hotel by Holycow

Well, saya mau merekomendasikan menu steak di Steak Hotel by Holycow khususnya buat kamu yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bandung, Semarang, dan Pekanbaru.

Mumpung di Holycow Steak sekarang lagi ada promo besar-besaran nih dari hari Senin-Kamis dengan menghadirkan PAKET GEMAS harga terjangkau.

Atau kalau kamu mau pilih daging steak lainnya juga boleh banget. Langsung saja deh intip info lengkapnya di holycowsteak.com

Kenapa harus di Holycow Steak, berikut ini sederet alasannya :

  • Semua produk di Holycow Steak terjamin kualitasnya. Sudah punya sertifikat HALAL MUI juga.
  • Paket steaknya super lengkap, termasuk: Seasoning, BBQ sauce, french fries, dan vegetable. Jadi nggak perlu repot lagi cari di tempat lain.
  • Mudah dibuat dan anti repot, kamu tinggal siapin pan dan kompor aja. Praktis banget, kan?
  • Tenang saja semua bahan daging yang kamu pesan di sini dikemas terpisah dengan vacum pack sehingga terhindar dari kontaminasi.
  • Bungkus seasoning dengan dagingnya pun sengaja dipisah untuk menjaga kesegaran dan kualitas setiap daging steak
  • Menariknya lagi, daging steak yang kamu pesan di Steak Holycow Steak bisa bertahan selama sebulan di dalam freezer atau 48 jam di kulkas.

Demikian informasi seputar tips marinasi daging dan sedikit informasi mengenai rekomendasi menu steak di steak hotel by Holycow. Semoga bermanfaat ya. 

Posting Komentar untuk "Tips Marinasi Daging Sapi Agar Empuk dan Enak"