Ketahui Dampak Negatif Menjadikan Hp Sebagai Modem

Siapa nih yang masih sering menjadikan hp sebagai modem? Sudah tahu belum dampak negatif tethering hotspot melalui smartphone? Hayoo ada yang belum tahu? Yuk, kita bahas!

Ketahui Dampak Negatif Menjadikan Hp Sebagai Modem
Foto : freepik.com

Sebelumnya saya juga termasuk orang yang suka membagikan jaringan internet ke device lain. Sering saya aktifkan fitur hotspot untuk disambungkan ke Smart TV atau ke ponsel suami kalau pulsa datanya habis.

Sampai suatu ketika smartphone saya yang umurnya belum genap dua tahun itu menunjukkan gejala-gejala aneh. 

Mulai dari tiba-tiba mati dan restart sendiri, sering gagal booting, dicas baterainya nggak bisa terisi penuh sampai akhirnya si ponsel pintar saya itu benar-benar nggak bisa menyala.

Entah apa kerusakannya, tapi saya curiga ada kaitannya dengan kebiasaan saya yang sering menggunakannya sebagai hotspot. 

Setelah saya cari tahu, ternyata benar dong. Ada bahaya yang mengancam smartphone bila sering digunakan untuk tethering hotspot apalagi dalam jangka waktu lama.

Dampak negatif menjadikan hp sebagai modem

Bahaya hotspot dari hp
Foto : freepik.com

Sebenarnya sah-sah saja kalau kita mau membagikan jaringan internet ke perangkat lain. Toh, hadirnya fitur hotspot pada smartphohe memang fungsinya untuk itu, kan?

Namun bukan berarti dengan adanya fitur tersebut kita dapat mengalih fungsikan ponsel pintar kita sebagai modem. 

Jika fitur tersebut diaktifkan selama satu atau dua jam okelah masih aman tapi kalau sampai berjam-jam non stop, ini yang bahaya.

Well, saya sudah merasakan sendiri dampak negatif ponsel yang dijadikan sebagai modem. Nah, apa saja sih bahaya ponsel yang digunakan sebagai wifi hotspot internet? Simak yuk!

Baterai hp cepat lowbet

Baterai hp memang akan cepat lowbet saat diaktifkan data selulernya. Namun akan lebih boros lagi pemakaian baterai bila fitur hostpot dinyalakan.

Yap, coba bayangkan. Menggunakan internet untuk ponsel sendiri saja sudah cukup menguras daya baterai, apalagi dihubungkan ke perangkat lain. Baterai pasti cepat ngedrop.

Masalahnya, jika dibiarkan cepat lowbet seperti itu bisa saja baterai ponsel kita akan cepat rusak karena sedikit-sedikit harus di-charge.

HP Cepat Overheat

Dampak lain yang juga sering saya alami ketika menggunakan smartphone sebagai wifi adalah suhunya cepat naik sehingga terasa sangat panas.

Kondisi hp yang mengalami panas berlebihan atau sering disebut overheat inilah yang menjadi penyebab kenapa ponsel lama bermasalah seperti tiba-tiba restart sendiri dan sering blank. Bahkan parahnya lagi, kondisi overheat ini juga bisa merusak komponen yang ada di dalam hp lho

Hp cepat rusak

Seperti yang sudah saya singgung di awal, hp yang sering saya gunakan sebagai modem itu akhirnya rusak. Awalnya masih menyala meski tiba-tiba suka restart sendiri dan blank serta tidak terisi penuh saat di-charge. Umur smartphone yang seharusnya masih bisa bertahan 3-5 tahun menjadi lebih singkarlt.

Boros Kuota Internet

Satu lagi nih dampak negatif tethering hotspot yang tidak dapat dimungkiri. Bikin boros kuota internet. Bagaimana tidak?

Biasanya kuota internet yang saya pakai sendiri bisa habis dalam jangka waktu sebulan tapi kalau saya bagikan jaringan internet saya ke perangkat lain apalagi Smart TV, dalam waktu sepekan saja sudah ludes.

Nah, setelah tahu dan pernah merasakan sendiri hp rusak gara-gara sering thetering hotspot saya nggak mau lagi menjadikan hp saya sebagai modem. Mending saya pake saja Modem Mifi HKM 22. Eh apaan tuh?

Kenalan dengan Modem Mifi HKM M22 

Modem Mifi HKM 22 unlock all operator
Modem Mifi HKM 22 unlock all operators

Salah satu alasan kenapa saya tidak menggunakan layanan internet fiber optik karena kondisinya saat ini saya dan keluarga hidupnya masih nomaden.

Hampir setiap tahun pindah tempat tinggal jadi masih mikir-mikir juga kalau maui pakai layanan internet rumahan.

Makanya kemarin-kemarin itu cuma mengandalkan jaringan internet dari hp, termasuk saat menghubungkannya ke Smart TV.

Tapi setelah hp yang sering saya jadikan modem itu rusak saya sudah nggak mau lagi memanfaatkan fitur hostpost dari hp.

Untungnya sekarang sudah ada Modem Mifi HKM M22 yang bisa jadi solusi tepat buat internetan keluarga yang hidupnya masih nomaden seperti saya.

Modem Wifi atau lebih dikenal dengan sebutan MiFi merupakan modem yang praktis digunakan. Model jenis ini tidak menggunakan router yang tersambung dengan kabel khusus sehingga kita bisa bebas membawanya ke mana saja.

Cocok banget kan buat yang hidupnya masih pindah-pindah atau bisa jadi andalan juga buat yang suka bepergian.

Mifi HKM 22 hadir dengan desain hitam elegan  berukuran 101 mm x 64 mm x 14,7 mm. Memiliki bentuk yang slim tanpa antena sehingga praktis dibawa kemana saja. MiFi ini juga sudah dilengkapi dengan LCD 1,44 interaktif sehingga tampilannya tampak semakin mewah. 

Untuk kecepatannnya, Mifi HKM 22 menggunakan LTE Categori 4 yang mendukung kecepatan download 150 MBps dan upload hingga 50 MBps..

Sedangkan untuk kapasitas baterainya terbilang cukup besar yaitu 2050mAh yang memungkinkan pemakaian hingga 9 jam. 

Selain itu terdapat pula fitur ByPass yang berfungsi untuk skenario penggunaan MiFi selama 24 jam tanpa baterai namun dalam keadaan modem terhubung langsung ke listrik via USB adaptor. Dalam kondisi ini wifi tetap berjalan normal sehingga baterai Mifi pun sudah pasti lebih awet.

Jadi buat kamu yang terbiasa menggunakan modem lebih dari 6 jam bisa memanfaatkan fitur ByPass ini untuk menggunakan menggunakan wifi tanpa baterai sehingga baterai modem kamu bisa lebih awet.

Menariknya lagi MiFi HKM 22 ini mendukung unlock all operator. Artinya modem wifi ini dapat digunakan oleh semua operator seluler sehingga dapat menyesuaikan keinginan dan kebutuhan kamu.

Tidak hanya itu, Mifi ini juga dapat digunaan hingga 10 pengguna sekaligus, sehingga cukup mengeluarkan satu biaya saja dan bisa dinikmati bersama, kapan saja dan dimana saja. Lebih hemat, kan?

Sebagai tambahan informasi MiFi HKM M22 juga hadir dengan paket bundling dari dua provider seluler besar di Indonesia yaitu Telkomsel dan XL.

Modem Mifi HKM 22 Telkomsel
Modem Mifi HKM 22 Telkomsel

Untuk kamu yang memilih MiFi HKM M22 Telkomsel kamu bisa mendapatkan free kuota internet sebesar 14GB selama 2 bulan (7GB per bulan).

Jika merasa kurang dengan kuota tersebut tentunya kamu bisa membeli paket tambahan melalui Aplikasi My Telkomsel dan mendapatkan tarif khusus spesial MiFi dengan pilihan paket ;

  • Lite 10 GB seharga 75 ribu
  • Medium 20 GB seharga 125 ribu.
  • Heavy 30 GB seharga 300 ribu
Modem Mifi HKM 22 XL
Modem Mifi HKM 22 XL

Sedangkan bagi kamu yang tertarik dengan MiFi HKM M21 XL akan mendapatkan kuota utama sebesar 25 GB yang berlaku selamanya. 

Selain itu kamu juga bisa menikmati gratis XL Pass Lite 1 dengan kuota utama bisa langsung digunakan di 10 Negara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Taiwan, Hong Kong, Sri Lanka, Macau, Bangladesh, dan Nepal). Wah menarik sekali ya, jadi kalau mau bepergian ke luar negeri nggak ribet lagi ganti simcard.

Sampai di sini, siapa nih yang penasaran, kira-kira Modem MiFi HKM M22 dibrandol dengan harga berapa ya? Sejutaan? Eits, tenang saja harganya cukup terjangkau kok, nggak sampai sejeti, hanya Rp619.000 saja. Masih ramah di kantong, kan?

Jika berminat, kamu bisa dapatkan modem canggih ini di Official Store HKM di Tokopedia.

Penutup

Pengalaman yang saya ceritakan di atas semoga bisa jadi pelajaran ya. Jika tidak ingin hp cepat rusak sebaiknya gunakan hp sebagaimana fungsinya.

Boleh gunakan fitur hotspot tapi jangan sampai berlebihan. Ya daripada hp cepat rusak mending urusan akses internet serahkan saja ke Modem MiFi HKM 22 yang hadir dengan keunggulan  bisa digunakan semua operator dan ada juga paket bundling khusus Telkomsel dan XL. 

Apalagi MiFi ini bisa digunakan untuk 10 pengguna sekaligus dan bebas dibawa kemana saja. Harganya juga masih sangat terjangkau lho.

So, masih mau jadikan hp sebagai modem? Yuk, beralih saja ke Modem MiFi HKM 22.

Posting Komentar untuk "Ketahui Dampak Negatif Menjadikan Hp Sebagai Modem"