Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Jualan Online di Instagram yang Bikin Penghasilan Bertambah

7 Cara Jualan Online di Instagram yang Bikin Penghasilan Bertambah

Berbicara cara jualan online di Instagram, tentu bukan hal yang sulit, namun bukan pula hal yang mudah. Bagi kamu yang baru jualan online di Instagram, pastikan untuk menyimak beberapa hal dibawah ini agar jualanmu lewat Instagram bisa lekas pecah telur. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini. 

7 Cara Jualan Online di Instagram yang Ampuh

Ketika kamu memutuskan untuk jualan online di Instagram, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan bisa kamu coba. Berikut beberapa diantaranya!

Metode pembayaran Faspay

Buatlah Instagram Bisnis

Bagi kamu yang mengkhususkan akun Instagram untuk jualan online, maka ubahlah menjadi Instagram Bisnis. Akun ini memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan akun pribadi. 

Pertama, kamu dapat melihat insight dari konten yang telah diunggah dan kedua, kamu juga dapat melihat insight overview dari akun profil milikmu. 

Menariknya, dari insight ini kamu nantinya bisa mendapatkan data dari audiens meliputi gender, umur, dan asal kota. Data ini akan membantumu dalam memahami para follower serta membantu dalam menyusun konten marketing serta strategi kedepannya. 

Gunakan Instagram Ads

Mungkin kamu pernah atau bahkan sering ketika men-scroll stories, reels, atau post menemukan feeds yang bertandakan “sponsored”. 

Nah, itu merupakan tanda bahwa pemilik akun tersebut menggunakan Instagram Ads. Instagram Ads tidak melulu berisikan penawaran langsung, namun ada yang berupa QnA, kuis dan lain sebagainya. 

Manfaatkan URL di bio

Instagram memiliki bio yang mana Kamu bisa menautkan link pada bagian tersebut. Nah, banyak pebisnis yang menggunakan ini untuk mempromosikan bisnis mereka. 

Jadi ketika ada calon audiens yang tertarik dengan produk yang kamu miliki, mereka akan lebih mudah dengan mengklik tautan tersebut. 

Salah satu tools yang bisa membantumu dalam membuat tautan yang profesional adalah linktree

Disini Kamu bisa mencantumkan beberapa link untuk beberapa situs. Contohnya seperti link pemesanan via WA, link pemesanan via e-commerce, customer service, dan lain sebagainya. 

Buat konten berupa reels atau stories

Salah satu cara jualan online di Instagram adalah dengan rutin membuat konten baik berupa stories atau reels

Kamu bisa juga mengunggah foto produk yang di dalamnya menyertakan link yang telah tertaut dengan website pembelian. Selain postingan berupa foto, kamu juga bisa memanfaatkan reels untuk mempromosikan produk sesuai dengan trend kekinian. 

Instagram Shopping

Fitur baru dari Instagram ini baru muncul tahun 2020 lalu. Fitur ini sangat cocok bagi Kamu yang jualan online di Instagram. Fitur ini berisikan katalog barang atau layanan yang ditawarkan lengkap dengan nama produk, deskripsi, label harga, serta tautan ke website pembelian. Katalog ini bisa ditemukan pada kolom shop

Tujuan utama dari fitur Instagram Shop yakni meningkatkan engagement serta penjualan. Konten yang shoppable jelas lebih mudah membuat calon audiens tertarik untuk membeli produk. Selain itu kolom ini juga sangat mudah karena calon audiens tidak perlu berganti-ganti aplikasi karena bisa langsung membeli dengan satu klik. 

Gunakan hashtag

Cara jualan online di Instagram selanjutnya adalah dengan menggunakan hashtag. Cara ini mirip dengan konsep kata kunci pada search engine

Penggunaan tanda tagar (#) bekerja seperti kata kunci, yang mana ketika Kamu mengetikkan ini pada kolom pencarian Instagram maka akan muncul beberapa opsi yang relevan. 

Bekerjasama dengan influencer

Influencer memiliki pengaruh publik yang besar kepada orang lain. Mereka mampu mempengaruhi pandangan publik terhadap suatu hal. Kebanyakan influencer juga memiliki engagement yang erat dan bagus dengan para followers-nya. 

Bahkan dalam laporan Nielsen’s Customers Trust Index, diketahui jika para pelanggan lebih percaya dengan influencer daripada dengan iklan tradisional. Persentasenya Pun sangat tinggi yakni mencapai 92%. 

Perlu diketahui, jika seorang influencer memiliki tingkatan yang berbeda dilihat dari seberapa banyak follower-nya. Ada yang disebut dengan nano influencer, micro, macro hingga mereka yang sangat banyak followers disebut dengan mega influencer

Nah, tingkatan dari influencer tersebut juga mempengaruhi harga mereka. Jadi jika bisnismu masih baru mau berjalan, maka ada baiknya bekerjasama dengan influencer dengan follower yang masih sedikit, nano atau micro influencer

Untuk masalah pemilihan influencer, hal yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian antara brand produk yang Kamu miliki dengan influencer yang Kamu ambil. Misalnya jika kamu memasarkan produk kosmetik, pilih beauty vlogger

Tetapkan metode pembayaran

Berjualan online di Instagram artinya kamu juga harus siap dengan metode pembayaran di Instagram. Nah, jika kami ingin lebih mudah baik bagi pemilik bisnis ataupun bagi calon pembeli, maka gunakanlah payment gateway seperti Faspay.

Jualan online pakai Faspay

Faspay memiliki lebih dari 40 jenis metode pembayaran yang telah dijamin keamanannya sehingga akan memudahkan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran yang bisa dilakukan olehnya. Selain itu perhatikan pula track record-nya. Jika buruk lebih baik jangan diambil. 

Di atas adalah 7 cara jualan online di Instagram. Kamu bisa menerapkan beberapa cara diatas untuk bisnismu. Namun ingat, tidak ada satu hal pun yang instan. Jadi kamu tetap harus berusaha dan tunggu hasilnya.

29 komentar untuk "7 Cara Jualan Online di Instagram yang Bikin Penghasilan Bertambah"

  1. Kehadiran instagram memang sangat mendukung berbagai aktivitas ya, Mbak. Termasuk mendukung untuk promo dan jualan online. Apalagi fitur Instagram juga semakin lengkap. Gratis lagi. Jadi harus dimanfaatkan dengan maksimal.

    BalasHapus
  2. Jualan di reels instagram memang menjanjikan ya sekarang ini, asalkan kitanya pinter membuat konten yang menarik. Makasih lho untuk tipsnya kak

    BalasHapus
  3. Wah,aku pengen banget nih pake ads,kisaran harganya berapa ya moms? Tengkiu infonya ya,kalo ternyata gak cuma postingan barang yang di ads bisa qna atau kuis juga ya.

    BalasHapus
  4. Baru tahu ada Instagram Shop. Punya akun buat jualan tapi memang belum dioptimalkan. Baca artikel ini jadi paham nih, Mba apa yang harus aku tingkatkan biar jualan lancar.

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya. Aku belum pernah sih khusus jualan melalui Instagram (bikin akun jualan). Dulu pernah di DM karena aku foto sesuatu produk, yang nanya mau beli produknya gitu...
    Padahal bukan jualan

    BalasHapus
  6. aku belum nyobain kerjasama dengan influencer nih, juga belum nyobain bikin konten yang menarik. ini kelemahanku mbaa, harus belajar ya

    BalasHapus
  7. Skrng jualan makin praktis ya pakr sosmed jadi lebih mudah, dn cocok nih buat olshop di ig.. Trimakasih kak infonya.

    BalasHapus
  8. Jadi kalau memanfaatkan Fastpay untuk pembayaran, si seller yang berbisnis melalui Instagram jadi nggak perlu punya buka banyak rekening karena sudah terakomodir ya.

    BalasHapus
  9. Ternyata Instagram juga bisa digunakan untuk jualan ya kirain cuma tiktok doang. Semakin mempermudah untuk memulai bisnis online hanya dengan menggunakan Instagram.

    BalasHapus
  10. makasih tipsnya kak, saya juga jualan online tapi belum menggunakan pembayaran fastpay ini

    BalasHapus
  11. bener banget mba, emang kalau mau jualan laris di instagram juga sebaiknya pakai aja ads soalnya itu cara yang cepat. kalau mau yang free juga bisa pakai hashtag

    BalasHapus
  12. The power of influencer memang kuat banget dibanding iklan tradisional ya, Mbak. Aku merasakan sih kl konten reels insightnya lebih banyak drpd konten foto feed biasa, hihi
    Sepakat banget sama tips jualan di atas sih

    BalasHapus
  13. Cara jualan di Instagram yg ampuh banget mba. Tapi hal pertama yg harus dilakukan adalah meningkatkan brand awareness produk kita dengan rutin posting konten
    Baru deh atur strategi influencer marketing untuk menambahkan jumlah followers.

    Dan saya setuju, tidak ada yang instan, jadi harus sabar dan tekun ya

    BalasHapus
  14. Instagram kini makin banyak fiturnya ya mbak. Bahkan banyak dimanfaatkan oleh mereka yang suka berbisnis online karena berbagai kemudahan yang dimiliki instagram. Semakin berusaha memasarkan produknya tanpa putus asa, maka kesempatan sedeorang berpenghasilan dari instagram semakin terbuka lebar.

    BalasHapus
  15. Sekarang udah rame banget yah jualan lewat IG. Aku juga udah nyobain sih, udah bikin akun iG bisnis juga. Dan emang bisa mempelajari pasar lewat insight. Harus siap dengan metode pembayaran lewat IG. Untung ada Faspay.

    BalasHapus
  16. Menetapkan pembayaran yang simple bikin bisnis online jadi lebih praktis. Jadinya kan kalau ada yang lihat di IG bisa langsung klik, order, bayar, pesanan dikirim deh

    BalasHapus
  17. Sekarang dimudahkan banget ya kalau mau usaha, media sosial bisa dijadikan ajang promosi.
    Kembali ke diri kita mau rajin usaha atau malas2an ya

    BalasHapus
  18. Saat ini jualan online di Instagram sangat menjanjikan ya
    Apalagi kalau pakai faspay makin lancar deh bisnisnya

    BalasHapus
  19. Sangat amna yang menggunakan sistem pembayaran seperti ini dengan menggunakan Faspay, pilihan banknya sangat banyak sehingga pembeli dapat memilih sesuai dengan rekening bank yang dimiliki

    BalasHapus
  20. Sebenere klo jualan di instagram itu menarik ya, karena memang untuk memajang foto-foto. Tapi dari sekian banyak online shop di IG, banyak yang nggak bisa dipercaya jadinya biasanya klo aku tetep tansaksi pakai e commerce.

    BalasHapus
  21. Aku juga sekarang kalau liat ads di IG serasa lebih menarik ya..
    Karena biasanya fotonya lebih clear dan lebih mudah di tracking real atau engga. Senengnya karena ada banyak pilihan pembayaran yang memudahkan dari sisi pembeli dengan menggunakan Faspay.

    BalasHapus
  22. Yuhuuu 2023 semoga makin mudah jualannya dan makin mudah dapat keuntungannya. Saya senang sekali kalau ada tip seperti ini di awal tahun...

    BalasHapus
  23. Jualan di Instagram ini emang kudu penuh semangat dan siap mental yak. Tapi emang udah kebukti sih platform medsos yang satu ini mampu maksimalin omzet, semangat buat temen2 yang buka lapak di IG!

    BalasHapus
  24. saya paling jarang menggunakan url di Bio, kayaknya mulai sekarang wajib banget buat nampilin biar banyak yang klik jualannya niy. Btw Faspay ini pastinya ngebantu banget proses jualan online ya mba

    BalasHapus
  25. Aku belum pernah transaksi atau belanja di ig mba, mau promote aja susah banget sekarang jadi main ke sebelah aja deh

    BalasHapus
  26. Wah, ternyata ada kiat-kiatnya ya agar jualan di instagram laris.

    BalasHapus
  27. Saat ini, di era digital ya terutama, jualan di Instagram memiliki peluang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bisa dicoba nih semua tips dari tulisan ini. Lalu pembayarannya mesti pakai Fastpay aja biar gampang

    BalasHapus
  28. Boleh banget tipsnya nih kalau mau jualan online di Instagram. Apalagi kalau kita rajin posting dan tampilan instagramnya menarik. Pasti banyak yang berkunjung dan belanja di toko online kita.

    BalasHapus
  29. jualan online sekarang makin menjamur ya perlu nih perencanaan yang matang jika membuka usaha, jualan di Instagram ya salah satunya
    naah, sistem pembayaran seperti yang ditawarkan oleh faspay ini lebih oke ya.

    BalasHapus