Cara Memanfaatkan Program Cicilan 0% Kartu Kredit

Cara Memanfaatkan Program Cicilan 0% Kartu Kredit
Gambar : pexels.com

Banyak orang terlalu skeptis atau kurang mempercayai kartu kredit sebagai alat pembayaran non tunai. 

Alasannya, karena kartu kredit membuat orang terjerat dengan hutang. Padahal, apply kartu kredit sangat memudahkan kita dalam situasi mendesak dan mendapatkan barang dengan metode pembayaran belakangan.

Cara Apply Kartu Kredit

Kini kamu bisa apply kartu kredit dari rumah menggunakan aplikasi mobile banking yang disediakan oleh bank. Kamu tinggal mengunduh aplikasi tersebut di Play Store atau App Store dan menginstalnya di smartphone

Syarat pengajuan kartu kredit cukup sederhana. Biasanya tiap-tiap bank memberlakukan syarat yang berbeda-beda. Namun secara umum berkas yang harus kamu siapkan, di antaranya fotokopi KTP, fotokopi NPWP, dan fotokopi kartu kredit. 

Pihak bank biasanya juga mensyaratkan minimal penghasilan atau gaji calon kreditur. Hal ini dilakukan oleh bank untuk melihat kemampuan kreditur mengembalikan pinjaman dana. 

Kamu juga harus memastikan riwayat kartu kredit kamu bersih dari catatan buruk. Riwayat kartu kredit akan digunakan oleh pihak bank untuk menilai kelayakan penerima kartu kre

Apa itu Program Cicilan 0%?

Saat ini ada banyak promo kartu kredit yang menawarkan cicilan 0% untuk pakaian, barang elektronik, hingga tiket pesawat. Bahkan, saat kamu belanja di mall-mall atau supermarket besar, biasanya dipasang banner promo dengan ukuran besar. 

Bila kamu masih bingung, cicilan 0% adalah skema cicilan yang membolehkan kamu menggunakan kartu kredit untuk membeli barang dengan mengangsurnya per bulan atau per tahun untuk melunasinya. 

Cicilan 0% ini memungkinkan kamu membayar cicilan tanpa bunga atau yang disebut bunga 0%. Makanya, sangat menguntungkan, bukan? 

Cara Kerja Cicilan 0%

Cara Kerja Cicilan 0%

Setelah mengetahui apa itu cicilan 0%, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara kerja cicilan 0%? Sebenarnya, cicilan 0% berarti jumlah bunga yang kamu bayarkan adalah 0 rupiah. 

Dengan program ini, Anda kamu dapat membeli barang tanpa harus membayar sisa bunganya. Berbeda dengan sistem pembayaran pay later pada umumnya, kamu akan dikenakan bunga sekian persen setiap bulannya. 

Kamu harus membayar beban nominal lebih dari barang yang kamu beli. Tentu saja ini akan memberatkan keuangan.

Ketika kamu membeli barang dengan program cicilan 0%, maka jumlah uang yang ditangguhkan ke kamu tidak akan berubah sampai batas waktu pelunasan. 

Salah satu contohnya, saat kamu membeli barang seharga Rp10 juta dengan tenor 12 bulan. Maka, per bulannya Anda akan ditagih cicilan sebesar Rp1 juta tanpa ada bunga. 

Setelah kamu diberikan tagihan, kamu wajib melunasi cicilan per bulannya dan tepat pada waktunya. Makanya, kamu harus memastikan jumlah uang yang dibayar sesuai dengan tagihan yang disepakati di awal transaksi. 

Kalau kamu melewati waktu atau jatuh tempo, kamu akan dikenakan bunga sesuai kebijakan kartu kredit. Itulah sebabnya, kamu perlu memastikan bank yang kamu pilih telah bekerja sama dengan toko-toko yang menawarkan cicilan 0%. 

Meski sistemnya bunga 0%, kalau kamu telat membayar tangguhan setiap bulannya, kamu bisa terkena bunga sesuai aturan dari pihak bank. Karena itu, kamu tidak boleh sampai terlupa atau sengaja tidak membayarnya. Karena kamu akan kehilangan keuntungan tersebut.

Cara Menggunakan Program Cicilan 0%

Untuk menggunakan program cicilan 0%, kamu perlu mencari penyedia jasa cicilan, toko, atau tempat belanja yang menyediakan pembayaran cicilan 0%. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal ini:

  • Menanyakan program cicilan 0% masih berlaku atau tidaknya di toko yang kita kunjungi.
  • Menanyakan syarat dan ketentuan dari program cicilan 0% yang dilakukan toko.
  • Mengetahui jangka waktu pembayaran cicilan, biasanya 3, 6, atau 12 bulan. 
  • Pastikan, apakah program benar-benar menguntungkan.

Kalau kamu sudah mengikuti beberapa langkah tersebut, kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan aman dan penuh keuntungan. 

Menggunakan Program Cicilan 0% dengan Bijak

Saat menggunakan program cicilan 0%, kamu harus bijak dalam memakainya. Anda harus memastikan kredibilitas toko penyedia cicilan beserta aturannya. Nah, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan, agar tetap bijak memanfaatkan cicilan 0%:

Memerhatikan Toko Penyedia Program Cicilan 0%

Saat membeli barang dengan program cicilan 0% tentunya jauh lebih ringan daripada membeli secara tunai. Karena itu, kamu dapat memastikan toko yang kamu pilih adalah toko yang terpercaya. Dengan begitu, kamu tidak akan tertipu dan mendapatkan manfaat cicilan 0% seutuhnya.

Membayar Tepat Waktu

Kalau kamu ingin menggunakan cicilan 0% dengan bijak, kamu perlu membayar tagihan tepat waktu! Karena saat membayar lewat tempo, kamu harus membayar bunga dan kehilangan manfaat cicilan 0%. 

Cerdas saat Berbelanja

Dengan berbagai fasilitas dan kemudahan program cicilan 0%, kamu memang jauh lebih mudah mendapatkan barang yang diinginkan. Namun, kamu tetap harus cerdas dalam menggunakannya, ya! Jangan sampai kamu terbawa suasana atau panic buying yang membuat kamu akhirnya membeli barang yang sebetulnya tidak kamu perlukan. 

Kalau kamu ingin tetap berhemat saat menggunakan kartu kredit, kamu harus memilah barang yang perlu dibeli dan yang tidak.

Kartu Kredit PermataShoppingCard

Salah satu produk kartu kredit yang menyediakan program cicilan 0% adalah PermataShoppingCard. Kartu kredit dari PermataBank ini bisa kamu miliki secara mudah melalui mobile banking PermataMobile X. Ketentuan dan persyaratan pengajuannya pun cukup sederhana dan tidak ribet. 

Sejumlah kelebihan lainnya akan kamu dapatkan dari PermataShoppingCard, di antaranya cashback 5% hingga Rp200 ribu, bebas iuran satu tahun pertama dan fitur contactless card.

Informasi selengkapnya dan langkah-langkah mendapatkan kartu kredit ini bisa kamu baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card.


Posting Komentar untuk "Cara Memanfaatkan Program Cicilan 0% Kartu Kredit "