Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Managing Budget untuk Realisasikan Liburan ke Luar Negeri

Tips Managing Budget untuk Realisasikan Liburan ke Luar Negeri
Foto : unplash

Liburan ke luar negeri adalah salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk menyegarkan pikiran. Kini kamu pun bisa mencoba berbagai tips managing budget agar bisa liburan kapan saja tanpa khawatir bersama jenis Obligasi yang tepat.

Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan dalam tips tersebut. Beberapa di antaranya mungkin sudah kamu ketahui sebelumnya. Namun jika belum, kamu bisa menyiapkan catatan kecil untuk mencatat berbagai informasi di bawah ini.

Tips Mengelola Keuangan untuk Liburan

Biaya adalah masalah yang sering dipikirkan ketika ingin liburan. Namun kini kamu bisa liburan kapan pun yang kamu mau tanpa memikirkan hal tersebut dengan tips di bawah ini:

Alokasikan Dana untuk Liburan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa liburan kapan saja adalah mempunyai alokasi dana tersendiri untuk liburan. Oleh sebab itu, sisihkan sebagian pendapatan kamu untuk dimasukkan ke pos dana liburan.

Namun sebelum menentukan besaran pendapatan untuk disisihkan ke pos dana liburan, kamu harus memastikan bahwa kebutuhan-kebutuhan lain yang lebih penting telah terpenuhi. 

Kebutuhan tersebut di antara lain dana hari tua dan dana darurat. Di samping itu, lebih baik kamu juga memisahkan masing-masing pos dana tersebut.

Tentukan Destinasi

Kamu bisa mulai menentukan destinasi apa saja yang ingin kamu kunjungi. Setelah itu, cobalah untuk mencari tahu berapa biaya yang diperlukan untuk akomodasi, tempat wisata, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, kamu bisa mengetahui berapa biaya yang akan diperlukan. Kamu pun bisa menyesuaikan destinasi dan apa saja yang bisa kamu lakukan selama liburan dengan kemampuan finansialmu.

Tips mengatur anggaran untuk liburan
Foto : unplash

Buat Anggaran

Setelah menentukan destinasi, kamu bisa mulai membuat anggaran biaya. Anggaran ini bisa membantu kamu dalam menentukan berapa banyak dana yang harus dikumpulkan agar bisa liburan ke destinasi tertentu. 

Tak hanya itu, anggaran juga bisa membantu kamu dalam menentukan kapan waktu terbaik bagi kamu untuk liburan.

Namun kamu juga harus tetap realistis agar anggaran yang kamu buat tidak mengganggu kebutuhan lain yang lebih penting. Selain itu anggaran yang tidak realistis bisa membuat kamu terbebani bahkan tidak bisa segera liburan.

Cari Harga Khusus

Baik pihak akomodasi seperti hotel maupun maskapai penerbangan sering memberikan harga khusus pada tanggal-tanggal tertentu. Harga ini biasanya lebih terjangkau daripada biasanya.

Oleh sebab itu, kamu bisa mencari tanggal-tanggal ini untuk menghemat anggaran liburanmu. Kamu juga bisa mencoba memesan tiket di jauh-jauh hari agar memperoleh harga lebih terjangkau.

Bandingkan Agen Travel

Bagi sebagian orang, bepergian dengan agen travel merupakan pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan dengan menggunakan agen travel, mereka tidak perlu repot-repot memikirkan itinerary, akomodasi, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Namun sebelum memilih agen travel, ada baiknya jika kamu membandingkan agen-agen travel yang tersedia dari segi itinerary, reputasi, dan biaya. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan dan keuanganmu.

Pergi Bersama Orang Terdekat

Kamu bisa mempetimbangkan untuk pergi bersama orang terdekat seperti kerabat atau teman. Dengan demikian, kamu bisa membagi biaya yang diperlukan untuk liburan dengan mereka.

Namun kamu juga harus memilih orang yang memiliki keinginan liburan yang sama denganmu sehingga kamu bisa meminimalisir terjadinya konflik baik ketika merencanakan, saat, atau setelah pulang dari liburan.

Pilih Transportasi Umum

Ketika memutuskan liburan ke luar negeri, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum. Dengan demikian kamu bisa memangkas anggaran biaya untuk liburan.

Kamu tak perlu khawatir karena banyak transportasi umum di luar negeri yang memiliki kualitas baik dan nyaman. Dengan demikian, kamu tetap bisa berlibur dengan aman dan tenang.

Hindari Membawa Terlalu Banyak Barang

Ketika kamu akan berangkat liburan, lebih baik kamu tidak membawa terlalu banyak. Dengan membawa lebih sedikit barang, kamu bisa memangkas biaya-biaya lain seperti biaya bagasi di pesawat.

Tak hanya itu, kamu juga bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan barang baik karena kelalaian maupun dicuri.

Berinvestasi

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan agar bisa liburan kapan saja adalah berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu bisa memperoleh passive income. Dengan demikian, uang kamu tak hanya habis untuk konsumsi saja, melainkan bisa kamu simpan sebagai dana liburan.

Namun sebelum berinvestasi, kamu harus mengetahui instrumen investasi yang tepat untuk kamu dengan mengetahui berbagai risiko dan kelebihan dari investasi tersebut. Salah satu instrumen investasi yang bisa kamu pilih adalah Obligasi Pemerintah.

Sesuai namanya, penerbit Obligasi Pemerintah adalah pemerintah pusat. Obligasi ini dinilai lebih aman dan memiliki risiko minimal sehingga cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi, terutama bila kamu merupakan investor pemula.

Berinvestasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures

Di atas Anda sudah mengetahui jenis Obligasi apa yang bisa Anda pilih untuk mendukung liburan Anda. Bila Anda memang tertarik dengan Obligasi Pemerintah, maka Anda bisa berinvestasi dengan yakin bersama perbankan prioritas DBS Treasures.

DBS Treasures menawarkan berbagai keunggulan, seperti:

  • Adanya peluang mendapatkan kupon secara berkala dan kompetitif dengan tingkat di atas rata-rata bunga Deposito
  • Adanya peluang menjual beberapa jenis Obligasi sebelum tenor berakhir serta berpotensi mendapatkan capital gain.
  • Tak perlu biaya tambahan selain selisih harga jual dan beli
  • Dapat mengakses berbagai produk Obligasi selama 24 jam penuh melalui Aplikasi digibank by DBS.

Maka dari itu, kamu bisa berinvestasi dengan jenis Obligasi yang tepat bersama DBS Treasures untuk mendukung liburan kamu kapan saja. Untuk informasi selanjutnya, kamu bisa klik link berikut ini  https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds 


Posting Komentar untuk "Tips Managing Budget untuk Realisasikan Liburan ke Luar Negeri"