Ketahui Prospek Karir Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

Ketahui Prospek Karir Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis
Gambar : Instagram @binusonlinelearning

Diantara banyak jurusan, jurusan manajemen bisnis menjadi salah satu yang bisa dibilang sangat menjanjikan.

Ya, ketika kamu memilih jurusan manajemen bisnis, artinya mamu siap bekerja di berbagai industri mulai dari industri fashion, retail, pariwisata, kesehatan, manufaktur dan sebagainya. Prospek karir yang luas tersebutlah yang tentu sangat diidamkan. 

Namun tak hanya itu, jurusan manajemen bisnis juga dibekali dengan banyak ilmu bisnis yang selalu up to date sehingga dipastikan lulusannya mampu menjadi seorang wirausaha sukses. 

Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang S1 dan penasaran dengan jurusan ini serta ingin tahu apa saja prospek karirnya, ulasan dibawah ini tentu akan sangat membantumu.

Prospek Karir Jurusan Manajemen Bisnis

Prospek Karir Jurusan Manajemen Bisnis
Gambar : Instagram @binusonlinelearning

Jika berbicara tentang prospek karir, sebenarnya lulusan jurusan manajemen bisnis diutamakan menjadi seorang manager perusahaan karena dalam perkuliahan kamu akan banyak belajar tentang cara me-manage sebuah perusahaan. 

Menariknya, arti posisi manager disini tak terbatas pada satu lingkup industri saja. Ya, sebagaimana disebut di atas jika semua industri baik kecil, menengah atau besar membutuhkan keahlian dari lulusan jurusan manajemen bisnis. 

Lebih jelasnya terkait dengan karir, berikut beberapa prospek karir jurusan manajemen bisnis: 

Business development

Pekerjaan ini memiliki rentang gaji yang cukup tinggi mulai dari 4 juta hingga puluhan juta tergantung dari kebijakan perusahaan. 

Tugas utama seorang business development adalah membuat dan mengatur strategi pasar dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis. 

Seorang business development bertanggung jawab melakukan riset pasar, membuat susunan rencana pengembangan bisnis dan mempresentasikannya, mencari pelanggan baru, serta harus memahami produk baik itu produk sendiri atau produk dari competitor. 

Project manager

Prospek karir satu ini memang terbilang cukup sulit namun peminatnya cukup banyak. Seorang project manager diharuskan memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan serta menyelesaikan proyek yang diberikan kepadanya. 

Tugas dan tanggung jawab tersebut tentu saja cukup berat, namun bagi jurusan manajemen bisnis hal tersebut menjadi tantangan yang menarik.

Selain itu tanggung jawab yang besar juga ditunjang oleh gaji yang lumayan besar pula. Memang besaran gaji cukup bervariasi tergantung dari kebijakan perusahaan, namun kebanyakan memberikan gaji mulai dari 4 hingga puluhan juta rupiah. 

Akademisi 

Bagi kamu yang kurang suka dengan dunia industri dan lebih senang berbagi ilmu, kamu bisa menjadi seorang akademisi lho. Ya, lulusan manajemen bisnis tak melulu berkutat di dunia bisnis, Kamu bisa beralih ke dunia pendidikan dengan menjadi dosen. Namun untuk menjadi dosen kamu harus mendapatkan gelar master terlebih dulu.

Selain menjadi dosen, kamu juga bisa membuka kelas bisnis baik kelas konvensional atau kelas daring. 

Manajer produksi industri

Seperti namanya, tugas dan tanggung jawab manajer produksi industri adalah mengawasi segala hal yang terkait dengan produksi. 

Mereka memiliki tugas mulai dari pemilihan bahan baku, memastikan ketersediaan bahan baku, memastikan setiap barang telah melewati QC, memastikan produksi berjalan lancar, dan mengatur alur pendistribusian. 

Manajer penjualan

Karena tugas dari seorang manajer adalah mengatur atau me-manage, maka tugas utama dari manajer penjualan adalah mengatur segala hal terkait dengan penjualan perusahaan. 

Nah karena tugas dan tanggung jawab yang cukup penting, banyak yang menyebutkan jika manajer perusahaan adalah ujung tombak dari sebuah perusahaan. 

Konsultan bisnis

Jika kamu memiliki impian menjadi seorang pimpinan, kamu bisa memulainya dengan mendirikan jasa konsultan bisnis. Sekarang jasa konsultan bisnis sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan besar bahkan berani menyewa dengan harga yang tinggi. 

Manajer SDM

Ini adalah salah satu karir yang banyak diminati lulusan jurusan manajemen bisnis. Tugas utama manajer SDM cukup sulit namun sangat menantang, yakni memastikan seluruh SDM dalam sebuah perusahaan mampu bekerja dengan maksimal sesuai minat mereka. 

Seorang manajer SDM juga memiliki peran penting dalam menjaga kesolidan antar karyawan dan juga bertanggung jawab dalam peningkatan kinerja karyawan. Menarik bukan? 

Risk Manager

Tugas utama seorang risk manager adalah meminimalisirkan risiko baik itu risiko keuangan, risiko keamanan dan juga risiko keselamatan. Karena hal tersebutlah seorang risk manager harus memiliki kemampuan analisis dan problem solving yang tinggi. 

Pengusaha 

Ini adalah sebuah prospek karir yang bisa digeluti oleh kamu yang berjiwa wirausaha. Jurusan manajemen bisnis memang membekali mahasiswanya dengan ilmu bisnis yang sangat lengkap dan selalu up to date sehingga bisa menjadi bekal untuk mendirikan bisnis di era sekarang ini. 

Kamu pun juga bebas menentukan usaha seperti apa yang hendak digeluti karena intinya semua lini bisnis pasti memiliki ilmu dasar yang sama. 

Di atas adalah beberapa prospek karir jurusan manajemen bisnis yang bisa kamu pilih. Selain menentukan tujuan, jangan lupa untuk menentukan tempat kuliah. 

Binus Online hadir dengan jadwal kuliah yang fleksibel
Gambar : Instagram @binusonlinelearning

Pastikan memilih tempat kuliah seperti Binus, karena Binus telah terakreditasi, memiliki tenaga pengajar terbaik serta memiliki kurikulum internasional yang up to date

Selain itu bagi kamu yang telah bekerja, Binus Online hadir dengan jadwal kuliah yang fleksibel sehingga jadwal kuliahmu tak akan mengganggu pekerjaanmu.


29 komentar untuk "Ketahui Prospek Karir Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis"

Comment Author Avatar
Adik sepupu saya lulusan binus, Mbak, jurusan SE.S.Kom kalau nggak salah, jadi ada jurusan yang bisa langsung dapat 2 gelar gitu ya di sana? Keren banget. Sekarang dia kerja di Aussie.
Comment Author Avatar
Lumayan banyak juga ya prospek dunia kerja untuk lulusan dari manajemen bisnis, rekomendasi banget buat anak-anak didik saya di kelas dua belas yang masih pada galau nentuin jurusan kuliah setelah lulus sebentar lagi
Comment Author Avatar
Kuliah jurusan menajemen bisnis ini sangat bagus ya, Mbak. Karena prospeknya di dunia kerja juga bagus. Sangat fleksibel bisa masuk ke bidang industri manapun. Kemudian bisa menempati posisi kerja beragam. Makanya peluang kerja sangat terbuka lebar.
Comment Author Avatar
Prospek karir dari jurusan manajemen bisnis ternyata banyak juga ya. Semua point butuh skill yang memadai dan pastinya tekad yang kuat. Ngambil jurusan manajemen bisnis di Binus, pasti punya prospek yang cerah untuk masa depan. Apalagi Binus ditunjang oleh fasilitas yang memadai dan juga tenaga pengajar yang profesional. Nice info 👍👍
Comment Author Avatar
Keluarga dari mama banyak yang ambil jurusan ini. Bakalan senang kalau ku-share prospek ke depannya seperti apa. Setidaknya aku jadi remahan berlian di tengah mereka karena ngasih info haha
Comment Author Avatar
Mantap banget ada jurusan manajemen bisnis di Binus, dijamin lulusannya pandai berniaga dan membuka usaha sendiri ya, atau langsung daftar di perusahaan bonafid.
Spill SPP dan biaya lain2 dong Kak kalau kuliah di Binus.
Comment Author Avatar
Setuju sih, prospek kerja lulusan manajemen bisnis ini bagus banget sih, di era seperti sekarang ini manajemen bisnis bakal punya banyak prospek bagus deh ke depannya
Comment Author Avatar
Kuliah sekarang emang harus bener-bener nentuin apa yang bakal didapat saat kuliah nantinya. Apalagi kalau minat dan passionnya dah ditentuin. Manajemen bisnis ternyata prospek juga buat nanti di dunia kerja ya
Comment Author Avatar
Jurusan manajemen semakin hari semakin diminati karena punya prospek yang sangat besar. Manajemen bisnis memberikan peluang mengelola bisnis yang semakin maju.
Comment Author Avatar
Berbisnis itu ibarat pakaiskincare ya. Menggiurkan di awal tapiuntuk ttap konsisten itu yang susah. Apalagi kalau banyak saingannya. Makanya harus kuliah di jurusan yang sesuai kalau mau belajar bisnis biar tahu strateginya
Comment Author Avatar
Management bisnis adalah salah satu jurusan dengan prospek kerja yang bagus. Apalagi kuliahnya di Binus yang udah punya nilai yang bagus, terutama kompetensi lulusannya
Comment Author Avatar
Huo, Jurusan yang paling terlihat menjanjikan sih melihat prospek karirnya. Apalagi sekarang bisnis semakin berkembang ya, Kak.
Comment Author Avatar
manajemen bisnis itu termasuk jurusan yang selalu laris ya mba karena emang banyak yang butuh khususnya perusahaan2 dan umkm juga
Comment Author Avatar
Kuliah di jurusan manajemen bisnis emang top banget sih.. masa depannya bisa cerah gitu..
Comment Author Avatar
Banyak peluang karir nih yang bisa digapai yang kuliah dijurusan manajemen bisnis ini.
Dengan begitu bisa mengarahkan diri nantinya ingin menjadi apa ya
Comment Author Avatar
Wahh aslii ternyata banyak banget yaa mbaa peluangnya ini, kupikir cuma bisa jadi di satu bidang aja.. nyatanya banyak banget emang yg berkaitan dengan manajemen bisnis ini
Comment Author Avatar
Baru tahu nih, binus ternyata menggunakan kurikulum internasional pantas aja punya temen yg lulusan binus skillnya luar biasa, yg paling bikin kagum adalah kemampuan public speakingnya
Comment Author Avatar
Banyak banget ya prospek karir jurusan managemen bisnis itu, tapi kebanyakan orang tua masih berpikir kalau lulusan management bisnis ya kerja di perusahaan saja, padahal bisa juga jadi pengusaha. Dan kalau ngomongin sekolah bisnis, emang langsung ingat Binus. Hehe.
Comment Author Avatar
Belajar online nuga memang dibutuhkan ya kak bagi orang2 yg ingin nambah pengetahuan tapi punya aktivitas lain juga. Binja jadi tempat pilihan yg bagus tentunya.
Comment Author Avatar
Melihat pic awal mengenai sekolah bisnis, aku jadi ingat betapa suksesnya Rowan Atkinson as an actor, tetapi gak pernah meninggalkan dunia pendidikan sehingga dengan mengambil kesempatan untuk bersekolah di Binus online dengan jurusan Manajemen Bisnis, maka membuka peluang dan kesempatan untuk terus meningkatkan kemampuan terutama ketika memasuki dunia kerja.
Comment Author Avatar
kuliah jurusan bisnis termasuk yang banyak diminati sekarang ini karena prospeknya memang bagus. peluang kerjanya juga banyak. gak jauh beda dengan manajemen mungkin ya (karena saya dulu kuliah manajemen jadi bisa kerja dibidang apa aja, hehehe). nah kalo mau kuliah jurusa bisnis emang rekomen di Binus sih, banyak banget wisudawannya yang sukses dan sekarang jadi tokoh masyarakat.
Comment Author Avatar
Wahyuindah 08:21
Banyak juga prospek kerjanya. Semuanya menjanjikan.
Comment Author Avatar
manajemen bisnis tuh salah satu jenis pekerjaan yang bisa cuan banget juga tuh, hihi
Comment Author Avatar
Kuliah untuk membentuk orang pintar mengatur duit dan membangun pohon cuan.....
Ternyata perkembangan dan prospeknya makin luas ya. Selalu sejalan dengan kebutuhan zaman dan akan terus berkembang.
Comment Author Avatar
Wah, jurusan saya pas kuliah nih, Mbak, Memang cukup menjanjikan dan banyak dicari sih. Etapi akhirnya saya milih jadi momblogger, xixixi..
Comment Author Avatar
Kalopun gk kerja sama orang lain, lulusan manajemen bisnis pasti juga piawai misal mau mendirikan usaha sendiri
Comment Author Avatar
Kuliah di jurusan manajemen bisnis peluang pekerjaannya sangat luas. tidak harus menjadi pegawai di perusahaan orang lain, tetapi dengan ilmu menajemen bisnis kita bisa menjadi bos diperusahaan sendiri.
Comment Author Avatar
Wahyuindah 08:50
Banyak juga ya prospeknya. Semua pekerjaan yang dibutuhkan saat ini di industri. Keren nih. Masa depannya sudah terlihat nyata di depan mata
Comment Author Avatar
Banyak juga ya prospek karir utk bidang manajemen bisnis, bisa jadi list info jurusan yg bisa ku infokan ke keluarga yg anaknya bingung mau pilih jurusan apa kuliah nanti

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.