Sibambo Studio Solusi Wujudkan Rumah Idaman

Nanti kalau renovasi rumah, dapurnya dibongkar yah. Saya nggak suka modelnya kayak gitu. Itu juga kenapa meja dapurnya dibuat tinggi banget, hiks!

Ada rasa penyesalan besar yang muncul di benak saya setelah melihat hasil pembangunan dapur rumah kami tidak sesuai harapan. 

Hasilnya sungguh bikin saya pengen nangis. Tapi apa boleh buat, nasi sudah menjadi bubur. Ya, mau gimana lagi, terpaksa dinikmati saja dulu walau tidak suka.

Sambil saya bertekad dalam hati, sudah bilang juga sama suami, in syaa Allah kalau dikasih rezeki untuk merenovasi rumah, urusan desain dan lain sebagainya kami mau serahkan sama ahlinya.

Daripada kayak gini, tadinya mau menghemat eh malah rugi. Sudah hasilnya nggak sesuai ekspektasi, pembangunannya juga nggak sampai finishing karena biaya melebihi anggaran yang kami siapkan dari awal. 

Padahal sebenarnya bisa cukup bahkan lebih tapi ya itu, nggak diperhitungkan baik-baik.

Duh, pokoknya pengalaman membangun dapur tiga tahun lalu benar-benar jadi pelajaran buat saya dan suami untuk lebih berhati-hati dalam mengambil langkah. Dari pengalaman itu juga yang membuka pikiran kami tentang pentingnya melibatkan jasa arsitek rumah dalam pembangunan.

Pentingnya Menggunakan Jasa Arsitek Rumah

Pentingnya Menggunakan Jasa Arsitek Rumah
Foto : Dok. Sibambo Studio

Kalau belum punya pengalaman yang berkaitan dengan pembangunan sebelumnya, mungkin saya akan berkomentar seperti ini "sudah ada mandor tuh, ngapain pakai jasa arsitektur lagi, buang-buang uang saja"

Ya, seperti kebanyakan orang, saya juga sempat berpikir menggunakan jasa arsitek adalah pemborosan. Mengingat biaya yang dibutuhkan untuk membayar arsitek terbilang mahal.

Namun setelah dipikir-pikir, terlebih setelah mengetahui tugas seorang arsitek secara detail ternyata justru lebih hemat lho kalau kita menggunakan jasa arsitek.

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa menggunakan jasa arsitek untuk membangun atau merenovasi rumah itu penting ;

Perencanaan jelas

Dulu saya tahunya tugas seorang arsitek hanya mendesain atau menggambar bangunan. Namun setelah mencari tahu, rupanya arsitek juga bertugas merencanakan pembangunan dengan baik dan jelas.

Dengan ada perencanaan yang jelas, kita nggak perlu khawatir terkait waktu pengerjaan, biaya dan lain sebagainya.  Hal ini tentu menghemat waktu ketimbang merencanakan.

Apalagi sebagai orang awam atau belum punya pengalaman sama sekali. Salah melakukan perencanaan bisa berakibat fatal lho.

Ini yang sempat saya dan suami alami sewaktu membangun dapur rumah kami. Mulai dari biaya yang tekor, waktu pengerjaan yang nggak sesuai kesepakatan awal dan hasil yang tidak memuaskan. Semua berjalan tidak sesuai yang direncanakan. Parah ya!

Nah, karena menyusun perencanaan sangat penting sehingga menggunakan jasa orang yang ahli dalam hal ini seperti arsitektur juga sangat penting.

Menyesuaikan dengan anggaran

Saat membangun atau merenovasi rumah pasti ada kekhawatiran terkait biaya. Kira-kira berapa besar biaya yang harus dikeluarkan atau bagaimana jika anggaran yang kita siapkan tidak cukup? 

Nah, ini juga pentingnya menggunakan jasa arsitektur karena seorang arsitek akan menyesuaikan renovasi atau pembangunan rumah dengan anggaran yang dimiliki kliennya.

Arsitek akan memberikan saran biaya yang tepat, bahkan jika mau proyek renovasi atau pembangunan rumah kita dapat dibuat seminimal mungkin. Jadi nggak perlu khawatir bakal tekor atau kekurangan anggaran.

Tidak cukup sampai di situ, arsitek juga akan membuat RAB (Rancangan Anggaran Biaya) dengan sangat detail sehingga kita bisa mengetahui anggaran yang dikeluarkan digunakan untuk apa saja. Hal ini jelas dapat mempermudah kita bila ingin mengecek pengeluaran.

Desain berkualitas

Ini dia tugas utama seorang arsitek, merancang atau mendesain sebuah bangunan dengan unsur estetika.

Namun bukan hanya sekadar keindahan saja, seorang arsitek juga mendesain rumah berdasarkan fungsionalitas dan kecocokannya dengan lingkungan. Jadi nggak asal desain.

Coba deh perhatikan hunian di sekitar kita. Pasti nampak jelas perbedaan hunian yang dibangun dengan dan atau tanpa jasa arsitek. 

Yang jelas kualitas dari hunian yang dibangun menggunakan jasa arsitek pasti yang terbaik. Jadi nggak perlu takut hasil pembangunan atau revonasi rumah kita bakal jelek karena arsitek akan mendesain sesuai dengan konsep hunian impian kita.

Material berkualitas

Seorang arsitek sangat paham dengan material yang bagus dan kokoh untuk membangun rumah. Tidak hanya desainnya, rumah kita pun  akan dibangun dengan material terbaik. Ini juga menjadi keuntungan bagi kita yang awam dengan masalah material bangunan.

Tentunya kita berharap rumah yang kita bangun bisa awet dan tahan lama. Bisa kita tinggali berpuluh tahun hingga menua bersama pasangan dan menjadi tempat berkumpul dengan anak cucu. 

Untuk itu soal membangun rumah serahkan saja ke arsitek yang paham benar dengan pembangunan rumah yang tidak mudah rusak dimakan waktu.

Memperhatikan kesehatan rumah 

Tidak hanya desain dan materialnya, hal kecil sampai yang berhubungan dengan kesehatan rumah juga tidak luput dari perhatian arsitek.

Arsitek dapat membantu kita mewujudkan rumah yang sehat seperti mengatur sirkulasi dan kebersihan udara dalam rumah, termasuk memilih material yang sehat.

Dengan begitu rumah yang didesain arsitek selain unggul secara estetika juga tidak mengesampingkan kesehatan sehingga akan aman dan nyaman ditinggali.

Itu dia beberapa alasan membangun hunian impian dengan jasa arsitek rumah. Dijamin nggak bakal rugi! Sebaliknya, kalau nggak pake jasa mereka, justru kita lho yang rugi. 

Untung kemarin itu baru bangun dapur belum rumah keseluruhan (yee tapi tetap saja rugi). Makanya rencananya ke depan kalau budget sudah cukup buat renovasi rumah, kami nggak mau pikir panjang lagi. Pokoknya kudu pakai jasa arsitek rumah.

Setiap Rumah Punya Cerita

Setiap orang terutama setelah berumah tangga pastilah ingin tinggal di hunian sendiri. Saya pun demikian. Namun qadarullaah, karena urusan pekerjaan suami sampai hari ini kami masih harus hidup nomaden.

Bersyukur kami sudah punya rumah sendiri, hanya saja kondisi rumah tersebut saat ini belum layak huni. Atapnya banyak yang bocor, dindingnya juga sudah ada yang retak. Mungkin karena lama tidak ditinggali sehingga tidak terurus dengan baik.

Waktu dibeli rumah tersebut memang belum memiliki dapur. Namun seperti cerita saya di atas, setelah dibangun, hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Jadi rencananya nanti bakal dibongkar.

Sayang sekali ya, ngabisin duit saja tapi itulah konsekuensi kalau bangun rumah asal-asalan, tidak serahkan pada ahlinya.

Dan begitulah problem hunian di seluruh Indonesia, masih banyak yang belum tertata dengan baik, jauh dari keindahan dan kurang kokoh karena tidak berkualitasnya material yang digunakan.

Ya, boleh jadi salah satu penyebab banyaknya perumahan atau pemukiman tidak teratur, kualitas bangunannya juga tidak memenuhi standar karena kurangnya edukasi atau pemahaman masyarakat terkait pentingnya peran jasa arsitektur dalam pembangunan rumah.

Oleh sebab itu saat ini, adanya jasa arsitektur residensial sangat penting untuk jadi rujukan dalam mencari solusi permasalahan hunian di masyarakat. 

Sibambo Studio Hadir Sebagai Solusi Rumah Idaman

Sibambo Studio Hadir Sebagai Solusi Rumah Idaman

Beruntungnya zaman sekarang kita bisa  mengakses informasi apapun dengan mudah dan cepat. Termasuk ketika mencari informasi terkait perusahaan yang bergerak di bidang jasa arsitektur.

Saat berselancar di internet, saya menemukan banyak jasa arsitektur, namun ada satu yang paling menarik perhatian saya yaitu Sibambo Studio.

Sibambo Studio adalah biro arsitektur yang bergerak pada ranah perancangan Hunian di Seluruh Indonesia.

SIBAMBO Studio hadir untuk menjembatani masyarakat yang membutuhkan bantuan konsultasi seputar hunian lewat tiga pilar usahanya yaitu Sibambo Arsitek (Studio), Sibambo interior (Siriors) dan Sibambo Construction (Sicons).

Perusahaan yang berdiri sejak tahu 2006 dan berada dibawah naungan  PT. Sibambo Karya Internasional membawa visi dan misi Ingin Mewujudkan Cerita di setiap rumah.

Sibambo menyadari betul bahwa kehidupan diisi dengan keberagaman, bahwa antara satu orang dan lainnya memiliki banyak perbedaan. Karena itu Sibambo Studio percaya setiap rumah memiliki ceritanya masing-masing. 

Nah, cara perusahaan jasa arsitektur residensial ini menghargai perbedaan adalah dengan mendesain melalui pendekatan yang lebih personal, demi menghasilkan hunian yang sesuai keinginan dan tidak bisa disamakan.

“Karena itu kami percaya, setiap rumah punya cerita” (Sibambo Studio)

Saat ini, SIBAMBO Studio telah menangani 800+ desain rumah yang tersebar di penjuru Indonesia dengan 3 kantor cabang yang sudah ada yakni di Bogor, Surabaya, dan Semarang. 

Berbagai kliennya pun berasal dari aneka latar belakang, mulai tokoh publik, pengusaha, hingga para artis hingga dan influencer.

Teman-teman yang ingin mendapatkan informasi lebih detail bisa langsung mengunjungi akun @SibamboStudio ya. Di  media sosialnya Sibambo Studio rutin mengedukasi pengikutnya terkait hunian dan arsitektur. Hitung-hitung bisa nambah wawasan kita.

Penutup

Membangun hunian impian bukan hal yang mudah. Pasti ada banyak cerita dalam perjalanannya. 

Saya sendiri belajar dari pengalaman, pernah kecewa dengan hasil pembangunan yang tidak sesuai keinginan karena didesain oleh yang bukan ahlinya.

Karena itu, saya tidak ingin kejadian yang sama terulang kembali. Terlebih setelah mengetahui betapa pentingnya peran arsitektur dalam pembangunan rumah.

Tentunya saya nggak perlu pusing mencarj jasa arsitektur karana sudah ada Sibambos Studio yang merupakan “Sahabat profesional untuk membangun rumah ideal”. 

Yuk, wujudkan juga hunian impianmu bersama Sibambo Studio.

1 komentar untuk "Sibambo Studio Solusi Wujudkan Rumah Idaman"

Comment Author Avatar
Samaaa nih kita mba. Sampe skr aku agak nyesel kenapa dulu pas renov rumah ga pake jasa arsitek. Pas awal2 nikah sih. Tapi mungkin dulu karena budget kami masih ketat sih.

Nah skr, jadi kepikiran mau renov.

Sayang juga kalo harus di runtuhin dulu ya mba, ada biaya demolishnya lagi. Memang Yaa, kalo mau bikin atau renov rumah itu, budget bener2 harus dipersiapkan. Malah harus dilebihin juga, jaga2 kalo ada yg bertambah . Tapi setidaknya kalo pake jasa arsitek, bisa lebih tenang Ama hasil

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.