Kelebihan dan Kekurangan Program Afiliasi Blibli

Marketplace merupakan platform yang menjadi pasar bagi banyak penjual untuk menawarkan produknya ke konsumen. Seperti Blibli yang masuk menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia. 

Selain sebagai tempat jual beli, Blibli juga memiliki program afiliasi yang menawarkan kesempatan bagi pengguna internet untuk menghasilkan uang dengan mempromosikan produk.

Program Afiliasi, Apa itu?

Affiliate itu apa?

Program afiliasi adalah salah satu cara untuk memasarkan produk atau layanan melalui media online dengan menggunakan jasa mitra afiliasi. 

Dalam program ini, pemilik produk atau layanan (merchant) akan bermitra dengan pihak ketiga (affiliate marketer) yang memiliki kemampuan dalam mempromosikan produk atau layanan tersebut ke calon pembeli. 

Affiliate marketer biasanya memiliki akses ke audience yang lebih luas dan berpotensi menjadi pelanggan merchant.

Dalam program afiliasi, affiliate marketer akan diberikan link khusus atau banner yang mengarahkan para calon pembeli menuju situs merchant

Setiap kali terjadi transaksi melalui link atau banner tersebut, maka affiliate marketer akan mendapatkan komisi dari merchant sebagai bentuk penghargaan atas upaya promosi yang telah dilakukan. 

Besaran komisi biasanya disesuaikan dengan kesepakatan antara merchant dan affiliate marketer, dan bisa bervariasi mulai dari beberapa persen hingga puluhan persen dari total nilai transaksi.

Program afiliasi merupakan win-win solution bagi kedua belah pihak, karena merchant dapat memasarkan produknya secara efektif tanpa harus mengeluarkan biaya promosi yang besar, sementara affiliate marketer dapat memperoleh penghasilan tambahan dari setiap transaksi yang terjadi melalui link atau banner afiliasi yang mereka promosikan. 

Program afiliasi juga menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif di era digital, karena mampu menjangkau target pasar yang lebih luas dengan biaya yang relatif murah.

Kelebihan dan Kekurangan Program Afiliasi di Marketplace Blibli

Program afiliasi Blibli merupakan salah satu program yang banyak diminati oleh para pebisnis online. Program ini memungkinkan para pebisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mempromosikan produk-produk yang dijual di Blibli dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang terjadi melalui link atau banner afiliasi.

Namun, seperti halnya program afiliasi lainnya, program afiliasi Blibli juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum bergabung sebagai mitra afiliasi, hal ini juga telah disebutkan oleh situs review gadget Pricebook.

Kelebihan Program Afiliasi Blibli

Komisi yang tinggi

Salah satu kelebihan program afiliasi Blibli adalah nilai komisi yang tinggi. Blibli menawarkan komisi hingga 4% dari total nilai transaksi yang berhasil dilakukan melalui link atau banner afiliasi. 

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pebisnis online karena mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan yang cukup besar hanya dengan melakukan promosi produk Blibli.

Produk yang beragam

Blibli memiliki berbagai macam produk yang dijual di platform mereka, termasuk produk-produk elektronik, fashion, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, para mitra afiliasi memiliki banyak pilihan produk yang dapat dipromosikan sesuai dengan target pasar yang ingin dituju.

Banyak promo dan diskon

Blibli seringkali memberikan promo dan diskon kepada pelanggan mereka. Selain itu, mereka juga kerap mengadakan event besar seperti 11.11 Sale, Harbolnas, dan sebagainya. Ini tentunya menjadi kesempatan emas bagi para mitra afiliasi untuk mempromosikan produk Blibli dan meningkatkan potensi penghasilan mereka.

Kekurangan Program Afiliasi Blibli

Persaingan yang ketat

Sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, Blibli juga memiliki banyak mitra afiliasi yang sudah bergabung dalam program mereka. 

Hal ini membuat persaingan di antara para mitra afiliasi semakin ketat, sehingga tidak semua mitra afiliasi bisa meraih penghasilan yang maksimal dari program ini.

Batasan pembayaran komisi

Blibli memiliki batasan minimum pembayaran komisi sebesar Rp 500.000,-. Hal ini tentunya menyulitkan para mitra afiliasi yang baru bergabung dan belum berhasil meraih komisi sebesar jumlah tersebut. 

Selain itu, proses pembayaran komisi juga membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 30 hari setelah periode transaksi berakhir.

Tidak ada opsi untuk custom banner

Program afiliasi Blibli hanya menyediakan banner bawaan yang sudah disiapkan oleh tim Blibli. Hal ini tentunya menjadi kendala bagi para mitra afiliasi yang ingin membuat banner kustom dengan desain yang lebih menarik dan cocok dengan brand mereka sendiri.

Internet yang cepat dan stabil menjadi sangat penting dalam menjalankan aktivitas online, termasuk dalam program afiliasi. 

Tanpa adanya internet yang cepat dan stabil, para mitra afiliasi akan kesulitan dalam melakukan promosi produk secara online. Hal ini dapat mempengaruhi kesuksesan program afiliasi yang dijalankan.

Dengan akses internet yang cepat dan stabil dari IndiHome, kamu bisa memaksimalkan potensi dari program afiliasi Blibli. Kamu dapat mempromosikan produk-produk di Blibli dengan efektif dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan ta6mbahan dari program afiliasi Blibli.

IndiHome dari Telkom Indonesia menawarkan layanan internet dengan akses cepat dan stabil. Layanan IndiHome sangat cocok bagi para pelanggan yang ingin menikmati streaming video, gaming online, dan aktivitas online lainnya tanpa gangguan. 

Apabila kamu tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara online, program afiliasi dari Blibli merupakan pilihan yang tepat

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Program Afiliasi Blibli"