Keunggulan Sekat Ruangan Baja Ringan

Sekat baja ringan
Gambar : bluescopezacs.id

Saat ini mulai banyak orang yang tertarik menggunakan sekat ruangan atau dinding partisi daripada tembok biasa. Dengan partisi, ruangan yang terlalu luas dapat disulap menjadi beberapa bagian sehingga lebih fungsional.

Tentunya sekat ruangan juga cocok untuk hunian minimalis karena dapat memberi kesan luas. Apalagi selain untuk menjaga privasi, keberadaan partisi dapat membuat ruangan terlihat lebih indah dan estetik.

Untuk lebih jelasnya mengenai dinding partisi, mulai dari pengertian, fungsi, model hingga tips sebelum memilih sekat ruangan akan saya bahas detail di bawah ini. Baca artikelnya sampai selesai ya!

Pengertian sekat ruangan dan fungsinya

Partisi atau sekat ruangan merupakan sekat yang membatasi atau memisahkan area-area tertentu di dalam rumah.

Berbeda dengan tembok biasa yang memisahkan ruangan di dalam rumah secara permanen, partisi hanya sebagai penyekat dan umumnya fleksibel karena dapat diatur tata letak atau dipindahkan sesuai keinginan. 

Lalu apa saja fungsi partisi? Kita bahas yuk!

Sebagai Pembatas Ruangan.

Ini adalah fungsi utama partisi yakni memisahkan atau membagi ruangan. Misalnya untuk memisahkan antara ruang tamu dan ruang keluarga, atau membagi sebuah ruangan yang luas menjadi ruang makan dan ruang dapur.

Dengan adanya sekat atau pembatas , ruangan-ruangan yang telah dipisah tersebut dapat berfungsi lebih maksimal. Pada hunian minimalis, penggunaan partisi tidak hanya fungsional tetapi juga membuat rumah terasa lebih luas.

Memberi privasi dan rasa nyaman

Saat ini sudah banyak rumah yang desainnya sengaja dibuat open space agar tampak luas. Namun kekurangan dari konsep rumah dengan model ini adalah kurangnya privasi.

Nah, kehadiran partisi yang merupakan pembatas 'portable' ini dapat menjadi solusi karena pemilik rumah bebas meletakkan atau menempatkannya sesuai keinginan.

Termasuk menggunakan partisi tersebut untuk memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga. Dengan begitu privasi pemilik rumah tetap terjaga. 

Ketika kedatangan tamu, anggota keluarga lainnya yang berada di ruang keluarga tentu bisa tetap merasa nyaman dengan aktivitasnya di keluarga. Namun coba bayangkan jika tidak ada pembatas?

Sebagai penghias ruangan

Tidak hanya berfungsi sebagai pembatas ruangan dan memberi privasi, sekat ruangan juga memiliki nilai lebih karena dapat dijadikan sebagai aksen dekoratif atau elemen penunjang interior perkantoran maupun rumah.

Suasana rumah dengan partisi tentu akan terlihat lebih cantik dan hidup. Apalagi dengan banyaknya model sekat ruangan yang bisa jadi pilihan, tinggal disesuaikan saja dengan konsep hunian kita.

Berbagai model sekat ruangan

Model sekat baja ringan
Gambar : bluescopezacs.id

Ada banyak sekali model sekat ruangan dengan desain yang modern dan minimalis bisa kamu temukan ketika mencari referensinya di internet atau pinterest.

Berikut ini beberapa jenis partisi :

Partisi kayu

Sesuai namanya, partisi ini terbuat dari  kayu berkualitas tinggi seperti dari kayu jati dan diukir dengan dengan desain yang indah. Keberadaan partisi kayu terutama yang dipasang vertikal cocok untuk ruang tamu dan ruang keluarga minimalis yang meski sederhana namun tetap elegan.

Partisi kaca

Berikutnya ada sekat kaca yang terbuat dari kaca berkualitas tinggi. Sekat jenis ini cocok untuk ruangan yang berkonsep modern dan elegan. Bahkan partisi kaca juga dapat memberikan kesan ruangan yang luas dan terbuka sehingga cocok pula dipadukan dengan ruangan minimalis.

Partisi geser 

Model partisi selanjutnya adalah partisi geser yaitu sekat yang dapat digeser ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhan. 

Sekat jenis ini biasanya terbuat dari kayu atau baja ringan dan dilengkapi dengan roda atau sliding system untuk memudahkan penggeserannya. Tentunya sekat geser juga menambah kesan elegan pada rumah minimalis dan modern.

Itu dia beberapa jenis atau model sekat ruangan? Kira-kira kamu tertarik model yang mana nih? Eits tapi tunggu dulu, sebelum memutuskan memilih partisi ruangan simak dulu yuk tips penting berikut ini!

Tips Memilih Partisi Ruangan

Sesuaikan dengan konsep rumah. Di pasaran terdapat banyak sekali model partisi, kamu pasti bingung. Untuk memudahkan akan lebih baik jika kamu fokus memilih sekat yang sesuai dengan konsep hunian kamu. 

Hindari membeli penyekat permanen. Jadi selain penyekat non permanen terdapat juga pertisi permanen yang dijual di pasaran. Tentu lebih baik memilih pertisi non permanen yang lebih fleksibel karena dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Pilih partisi yang perawatannya mudah.  Hal lain yang juga patut dipertimbangkah adalah memilih penyekat yang sekiranya mudah dibersihkan. Begitupula ketika mengalami kerusakan mudah diperbaiki.

Pilih penyekat dengan celah udara.

Penyekat dengan celah udara akan membantu keluar masuknya udara dalam ruangan, sehingga ruangan dalam rumah tidak menjadi pengap dan terasa panas

Pertimbangkan material yang tepat. Satu lagi tips yang tidak kalah penting, pastikan kamu memilih partisi dengan material terbaik agar tahan lama. 

Pemilihan material yang tepat juga penting. Misalkan kamu masih memiliki anak kecil di rumah, sebaiknya hindari sekat berbahan kaca. Sebaliknya kamu bisa pertimbangkan menggunakan sekat ruangan yang terbuat dari baja ringan.

Keunggulan Sekat Ruangan Baja Ringan

Baja ringan merupakan baja berkualitas tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis. Kendati demikian kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional lho.

Nah, selain untuk rangka atap, baja ringan  bisa juga digunakan sebagai material pembuatan dinding partisi.

Dibanding material lainnya, dinding partisi dengan rangka baja ringan juga memiliki keunggulannya tersendiri. Beberapa diantaranya yaitu ;

Tahan terhadap api

Keunggulan partisi baja ringan yang pertama adalah tahan terhadap api. Hal ini lantaran materialnya yaitu baja ringan memiliki sistem proteksi sehingga membuat penyebaran api menjadi terhambat.

Tahan terhadap karat

Baja ringan juga terkenal sebagai material yang memiliki ketahanan terhadap karat. Sebut saja baja ringan dari BlueScope Zacs® yang memiliki 4 lapisan superior mengandung AZ 100 dengan masa lapisan 100 gr/m 2 sehingga estimasi ketahanan karatnya mencapai 10 hingga 20 tahun lama nya. Wow.

Jadi nggak perlu ragu memilih sekat baja ringan karena dijamin anti karat dan dipastikan bakal awet dalam jangka panjang.

Mudah dalam pemasangan

Tenang saja, namanya baja ringan memang bobotnya ringan namun hal tersebut tidak akan mempengaruhi kekuatan dan kekokohan dinding partisi kok.

Justru dengan bobotnya yang ringan akan memudahkan aplikator dalam pemasangan dinding partisi sehingga pengerjaannya pun jadi lebih cepat selesai.

Memiliki tegangan tarikan yang tinggi

Satu lagi kelebihan partisi baja ringan. Beban yang ditopang akan menjadi semakin kuat karena adanya tegangan tarikan yang tinggi pada baja ringan. 

Nah, dengan adanya kekuatan tarikan,  dinding partisi baja ringan akan mampu menopang penutup partisi dengan baik.

Setelah mengetahui keunggulan partisi baja ringan, maka material yang satu ini wajib kamu pertimbangkan. Pastikan juga kamu memilih tukang baja ringan terpercaya ya! 

Demikian ulasan seputar sekat ruangan mulai dari pengertian, fungsi, model hingga pertimbangan untuk memilih sekat ruang baja ringan karena memiliki berbagai keunggulan.

So far, jika ingin hunian tampil lebih homey dengan konsep yang modern dan elegan, penggunaan partisi ruangan bisa jadi pilihan yang tepat.

Semoga postingan ini bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "Keunggulan Sekat Ruangan Baja Ringan"