Memilih Sekolah Internasional untuk Anak dan Persiapan Biaya

 

Memilih Sekolah Internasional untuk Anak dan Persiapan Biaya
Gambar : freepik

Setiap orang tua pasti ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Kualitas pendidikan anak semasa sekolah menjadi faktor yang akan menentukan masa depannya nanti. Tak heran jika banyak orang tua berusaha mencarikan sekolah terbaik untuk anaknya.

Didorong oleh alasan tersebut, banyak orang tua memilih memasukan anaknya ke sekolah internasional. 

Sekolah standar internasional dinilai menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas, baik dari materinya, metode pengajaran, tenaga pengajar, fasilitas, hingga lingkungannya. Orang tua percaya, dengan memasukan anaknya ke sekolah internasional maka anaknya akan mendapat output pendidikan yang baik.  

Sayangnya, banyak orang tua merasa ragu memasukan anak ke sekolah internasional lantaran biayanya yang mahal. Namun kamu tidak perlu bingung karena bisa mencari tambahan modal dari pinjaman KTA. Kamu bisa memanfaatkan pinjaman KTA yang disediakan oleh pihak bank untuk tambahan dana biaya pendidikan anak. 

KTA adalah pinjaman tanpa agunan yang disediakan oleh perbankan untuk membantu nasabah yang membutuhkan dana dalam waktu cepat dan dengan jumlah besar. 

Pinjaman ini akan mendukung kebutuhan kamu memenuhi biaya pendidikan anak. Supaya lebih yakin untuk memasukan anak di sekolah terbaik, kamu perlu tahu perbedaan sekolah standar internasional dan nasional. 

Perbedaan Sekolah Standar Internasional dan Nasional

Setelah mengetahui kegunaan KTA sebagai solusi dana pendidikan anak, selanjutnya kamu bisa mencari tahu perbedaan sekolah internasional dan nasional. Sebelum mendaftarkan anak ke sekolah, kamu pastinya akan mempertimbangkan dua jenis sekolah ini. 

Berikut beberapa perbedaan sekolah standar internasional dan nasional:

Kurikulum

Dari segi kurikulum, sekolah internasional biasanya menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB), Cambridge International Education (CIE), hingga Edexcel. Beberapa lembaga tersebut telah memiliki sertifikasi resmi pada sekolah berlabel internasional

Berbeda halnya dengan sekolah nasional yang menggunakan kurikulum dalam negeri. Kurikulum yang digunakan dalam sekolah nasional diterapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Tenaga Pengajar

Selain kurikulum, sekolah berlabel internasional juga memiliki guru yang kompetensi tertentu sesuai dengan kurikulumnya. Tak sedikit pula guru sekolah internasional yang didatangkan dari luar negeri. Beda halnya dengan sekolah nasional, tenaga pengajarnya biasanya berasal dari dalam negeri. Kompetensi yang dibutuhkan pun menyesuaikan dengan kurikulum pemerintah.

Fasilitas

Dari segi fasilitas, umumnya sekolah internasional memiliki fasilitas yang lebih lengkap atau memadai. Fasilitas yang tersedia di sekolah internasional biasanya, seperti AC, foodcourt, sarana olahraga, perpustakaan, kolam renang, laboratorium, hingga ruang-ruang lain yang akan menunjang kreativitas siswa. 

Berbeda fasilitas sekolah nasional yang mana ketersediaan fasilitas sangat bergantung dari anggaran pemerintah. Begitu juga dengan sekolah swasta yang anggarannya disesuaikan dengan yayasan.

Perbedaan Sekolah Standar Internasional dan Nasional
Gambar : freepik.com

Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran di sekolah internasional juga berbeda dengan sekolah nasional. Sekolah internasional umumnya menerapkan sistem pembelajaran yang mendorong siswa-siswinya agar lebih aktif, kreatif, dan mandiri, serta mengasah soft skill lainnya. 

Jadi pembelajaran yang diterapkan tidak hanya fokus mengejar nilai dalam bidang IPA, IPS, dan bahasa seperti kurikulum nasional. 

Selain itu, pembelajaran di sekolah internasional biasanya menggunakan bahasa Inggris. Dengan sistem pembelajaran seperti ini maka siswa akan dituntut untuk menguasai bahasa Inggris. Sementara di sekolah nasional, bahasa Inggris hanya digunakan saat sesi mata pelajaran bahasa Inggris saja. 

Rekomendasi Sekolah Standar Internasional untuk Anak

Saat ini sudah ada banyak sekolah standar internasional di Indonesia. Mungkin kamu bingung ingin memasukan anak ke sekolah mana. 

Berikut rekomendasi sekolah internasional yang bisa menjadi referensi kamu sebelum mulai mendaftar.

Jakarta International School

Salah satu sekolah internasional yang cukup populer di Indonesia adalah Jakarta International School (JIS). Sekolah ini dikenal dengan fasilitas pembelajarannya yang sangat memadai, mulai dari perpustakaan yang memiliki 130 ribu koleksi, 18 laboratorium sains, 4 gedung teater, 3 kolam renang, dan 184 kelas.

Selain itu, JIS memiliki kurikulum IB yang berstandar Amerika. Tak heran kalau JIS menjadi sekolah favorit yang diidam-idamkan banyak orangtua untuk menyekolahkan anaknya. Untuk menyekolahkan anak di JIS, biaya tahunan sekolah ini kisaran Rp361.000.000 hingga Rp478.000.000. 

Gandhi Memorial International School 

Gandhi Memorial International School (GMIS) adalah sekolah internasional yang menggunakan program IB Primary years dan IB Middle years sebagai unggulannya. Selain metode pembelajarannya bagus, sekolah ini juga menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan belajar anak. 

Sejumlah fasilitas yang ada di sekolah ini, di antaranya perpustakaan dengan banyak koleksi, ruang kelas suportif, ruang musik, ruang komputer, dan ruang lainnya yang menunjang kegiatan siswa lainnya. Jika ingin memasukkan anak ke GMIS, biaya tahunan yang perlu kamu keluarkan mulai dari Rp67,000.000. 

Singapore Intercultural School

Sekolah internasional berikutnya yang recommended untuk pendidikan anak adalah Singapore Intercultural School (SIS). Sekolah yang berada di Semarang ini menerapkan kurikulum campuran antara Cambridge dan Singapura. 

Metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah ini memfokuskan siswa untuk belajar budaya, bahasa, dan kemandirian. 

Karena kurikulum yang diberikan sangat bagus, lulusan SIS dipastikan mempunyai skill lebih dari yang lain. Biaya yang perlu Anda bayarkan untuk memasukan anak ke sekolah ini, yakni mulai dari Rp39.000.000 hingga Rp185.000.000.

Sampoerna Academy School

Sampoerna Academy School menjadi sekolah internasional favorit yang cukup populer di Kota Bogor. Kurikulum yang diterapkan di sekolah ini ialah metode lembaga pendidikan di Amerika Serikat, yaitu Science, Technology, Engineering, Arts and Math. Metode pembelajaran tersebut akan membentuk anak memiliki pemikiran inovatif dan kolaboratif dalam pembelajaran. 

Sampoerna Academy Sentul juga menerapkan kecakapan penggunaan berbagai bahasa. Selain itu, ujian internasional dilaksanakan dengan basis NWEA MAP, American College Readiness Assessment, Cambridge Checkpoint, hingga ujian IB Diploma. Biaya tahunan sekolah ini dari tingkat Kindergarten hingga Senior High School dimulai dari Rp43.000.000 hingga Rp100.000.000.

The Intercultural School of Bogor

Apabila kamu tinggal di Bogor, kamu bisa menyekolahkan anak ke The Intercultural School of Bogor. Sekolah internasional ini menerapkan kurikulum The International Early Years (IEYC) untuk pembelajaran anak 2-5 tahun. Sistem pembelajaran ini dinilai sebagai media yang tepat untuk masa transisi anak.

Lalu, untuk jenjang pendidikan dasar dan lanjut, kurikulum sekolah ini menerapkan program International Primary yang sudah diterapkan oleh 90 negara. Untuk mendaftar sekolah ini, biayanya mulai dari Rp58.000.000 tiap tahunnya

Bandung Independent School

Bagi kamu yang tinggal di Bandung, kamu bisa menyekolahkan anak kamu6 di Bandung Independent School. Sekolah internasional ini sudah berdiri sejak tahun 1792 dan menyediakan pendidikan dari tingkat TK hingga SMA. Sebagai institusi standar internasional paling tua, sekolah ini menerapkan kurikulum yang bagus dan fasilitas lengkap. Biaya untuk sekolah ini mulai dari 129.000.000 per tahunnya. 

British International School

British International School adalah sekolah internasional yang juga sangat direkomendasikan. Sekolah ini sudah sangat populer dan salah satu alumni sekolah ini adalah artis multitalenta Maudy Ayunda. Terbukti, Maudy adalah publik figur yang berprestasi dan melanjutkan pendidikan di kampus bergengsi dunia.

BIS menjadi sekolah internasional paling favorit di Jakarta karena kurikulumnya mengadopsi sistem pembelajarannya Inggris dan menerapkan International Primary Curriculum. Besaran biaya sekolah di BIS dimulai dari Rp21.000.000 setiap bulannya, sementara biaya pertahunnya Rp Rp300.000.000. Untuk biaya antar jemputnya Rp9300.000 per semester.

ACG Jakarta

Sekolah internasional lainnya yang tak kalah favorit adalah Academic Colleges Group (ACG). Sekolah ini menggunakan standar IB dari New Zealand untuk anak umur 3 sampai 17 tahun. Sekolah yang terkenal paling eksklusif ini menyediakan fasilitas yang lengkap, mulai dari perpustakaan, laboratorium, ruang seni dan musik, lapangan indoor, ruang kebugaran, dan ruang lainnya. Besaran biaya sekolah ini dimulai dari Rp100.000.000 hingga Rp300.000.000 per tahunnya. 

Itulah beberapa pilihan sekolah internasional terbaik di Indonesia. Kamu bisa memilih tempat bersekolah anak sesuai kebutuhan dan budget-mu. Pastikan kamu sudah mencari informasi mengenai rincian fasilitasnya, biaya dari awal hingga selesai, kurikulum dan materinya, dan sebagainya. 

Pinjaman KTA untuk Modal Pendidikan Anak

Setelah mengetahui rekomendasi di atas, pastinya kamu sudah memiliki pandangan ingin memasukkan anak ke sekolah mana. Soal biaya, Kamu tidak perlu bingung karena ada layanan pinjaman KTA dari perbankan. Kamu bisa manfaatkan pinjaman KTA untuk tambahan modal dana pendidikan anak. 

Salah satu pinjaman KTA tanpa kartu kredit yang bisa kamu pilih adalah PermataKTA. PermataKTA menyediakan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta, sehingga sangat mendukung kebutuhan kamu mendaftarkan anak di sekolah internasional. Pengajuan PermataKTA  bisa dilakukan secara online melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan PermataKTA. Selain pinjaman dana hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati di antaranya tenor hingga 5 tahun, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah. 

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.



Posting Komentar untuk "Memilih Sekolah Internasional untuk Anak dan Persiapan Biaya"