Tips Hunting Lowongan Kerja dengan Internet Cepat

Tips Hunting Lowongan Kerja dengan Internet Cepat

Pernah merasakan ribetnya mencari pekerjaan. Nggak kayak zaman sekarang, mau cari info lowongan kerja (loker) tuh gampang banget. Bisa dilakukan sambil rebahan di rumah. 

Kalau dulu mah butuh effort lebih buat cari pekerjaan karena informasinya itu terbatas. Hanya bisa didapat melalui koran, majalah atau mendatangi langsung tempat kerja yang ingin kita tuju. 

Kebayang dong saban hari kita kudu rajin menelusuri info loker yang ada di surat kabar. Belum lagi siapin berkasnya, bikin CV, nge-print, bolak-balik ke tempat fotokopi dan lain sebagainya.

Kalau semua sudah beres, kita masih harus pergi ke kantor pos untuk mengirim berkas lamaran. Atau datang ke satu perusahaan ke perusahaan yang lain untuk melamar pekerjaan langsung. Rempong banget, kan?

Bersyukur dengan kemajuan teknologi sekarang, urusan hunting lowongan kerja yang dulu super ribet kini bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat tanpa perlu keluar rumah. Cukup dengan mengandalkan gawai  dan jaringan internet cepat.

Mudahnya Cari Kerja Online dengan Internet Cepat

Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat telah mengubah banyak hal dalam hidup manusia. Terutama sejak pandemi kemarin, hampir semua aktivitas yang tadinya berlangsung tatap muka beralih ke daring termasuk dalam mencari pekerjaan.

Bahkan meskipun pandemi telah surut dan aktivitas di luar rumah sudah berjalan normal kembali, namun sebagian besar para pencari kerja tetap memilih mencari kerja secara online.

Tidak heran, pencarian kerja secara online memang lebih praktis dan efisien karena bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak harus berburu surat kabar, mendatangi kantor pos atau walk ini. Pokoknya anti ribet lah.

Di Indonesia sendiri para pencari kerja sudah mencapai lebih dari 140 juta. Hal ini berdasarkan data yang dirilis oleh Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) yang dilansir dari Situs Tekno Pricebook, bahwa jumlah angkatan kerja di Indonesia per Agustus 2022, mengalami kenaikan hingga 3,57 juta orang (dari total 143,72 juta) bila dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Tahun ini tentu mengalami peningkatan lagi. Bayangkan, kita bersaing dengan ratusan juga orang. Persaingan semakin ketat sehingga kita pun dituntut harus lebih sigap dalam mencari kerja.

Namun dengan teknologi canggih yang ada di era digital ini, proses mencari kerja bukan lagi hal yang ribet. Tentunya mencari lowongan kerja di era digital ini mudah selama ada internet cepat.

Tips Hunting Lowongan Kerja di Era Digital dengan Internet Cepat

Hunting loker dengan internet cepat

Nah, buat kamu yang sedang hunting lowongan kerja saat ini, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Pastikan koneksi internet cepat dan stabil

Semua aktivitas yang dilakukan secara online pastilah membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil. 

Bayangkan saja kalau misalkan kita lagi asik-asik hunting loker atau sedang mengikuti wawancara kerja secara online lalu tiba-tiba jaringannya lemot atau bahkan terputus. Sangat menghambat, kan?

Oleh karenanya untuk mengantisipasi hal tersebut, saat mencari kerja secara online pastikan kamu menggunakan internet cepat dan stabil yang ditawarkan oleh penyedia jaringan internet fiber optik seperti IndiHome dari Telkom Indonesia.

Manfaatkan internet cepat untuk cari kerja online

Tips selanjutnya adalah saatnya kamu memanfaatkan internet cepat tersebut  untuk melakukan pencarian pekerjaan secara online.

Terkait poin ini ada berbagai tempat pencarian kerja online yang bisa kamu kunjungi :

  • Mesin Pencari Pekerjaan. Situs-situs pencari kerja seperti Kalibrr, Loker.id, Karir.com, JobStreet biasanya sudah dilengkapi dengan mesin pencarian kerja. Di sana kamu bisa dengan mudah mencari posisi yang tersedia di perusahaan-perusahaan atau dalam industri tertentu, berdasarkan lokasi, jenis pekerjaan, dan kriteria lainnya.
  • Website Perusahaan. Biasanya di laman website resmi perusahaan terdapat laman “karir” di website resmi mereka. Laman tersebut menampilkan posisi yang tersedia, kriteria yang dibutuhkan, dan cara untuk mengajukan lamaran. Ada pula informasi tambahan tentang perusahaan dan budaya kerja mereka. Sehingga kamu bisa mendapatkan informasi lengkap di sana.
  • Media Sosial. Media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Instagram, Facebook, bahkan TikTok juga bisa kamu manfaatkan menemukan lowongan pekerjaan lho. Kamu bisa mengikuti akun perusahaan yang kamu tuju agar tidak ketinggalan informasi loker dari mereka.
  • Aplikasi Pencari Kerja. Biar lebih praktis, kamu bisa mengunduh aplikasi pencari kerja di gawai kamu. Di aplikasi tersebut kamu bisa memperbarui profil dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill yang kamu miliki.
  • Job Fair Online. Sekarang juga sudah banyak perusahaan yang mengadakan job fair online yang bisa lancar kamu ikuti dari rumah dengan internet cepat.

Buat profil yang menarik

Terakhir, jangan lupa buat profil yang menarik agar peluang kamu dilirik oleh perusahaan semakin besar

Untuk itu lengkapi data diri  kamu. Pastian mengunggah foto yang oke dan profesional. Sertakan pula deskripsi diri singkat, serta informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon.

Selain itu kamu juga perlu mengunggah resume atau CV terbaru yang j mencantumkan informasi pendidikan dan pengalaman kerja. Agar terlihat lebih menarik sertakan pula akun-akun media sosial kamu.

Itu dia beberapa tips hunting lowongan kerja di era digital. Mudah banget, kan? Enak memang hidup di zaman sekarang. Nggak perlu repot cari loker di surat kabar, siapin berkas, print dokumen, ke kantor pos dan lain sebagainya.

Cukup tinggal di rumah dan manfaatkan internet cepat untuk mengakses berbagai informasi lowongan kerja dengan mudah dan lancar tanpa hambatan.

Selamat berburu pekerjaan. 

44 komentar untuk "Tips Hunting Lowongan Kerja dengan Internet Cepat"

Comment Author Avatar
Zaman now memang lebih dimudahkan dalam urusan hunting lowongan kerja ya, Mbak. Kebayang saya juga menjalani proses panjang dan melelahkan hanya untuk mencari lowongan kerja. Sekarang tinggal duduk manis depan laptopatau smartphone, maka berbagai lowongan kerja tersajikan.
Comment Author Avatar
Yup internet cepat emang penting banget, apalagi ketika melakukan interview online yang mana harus melalui media ZOOM atau Google Meet. Untungnya IndiHome punya internet cepat ya
Comment Author Avatar
Saya ngerasain rempongnya nyari kerjaan di jaman dulu, mbak. Iya, persis gitu, mantengin koran dan datang ke kantor2 yang buka lowongan. Kalau sekarang, tinggal adu kreatif aja saat menyampaikan profil diri agar dilirik oleh calon pengguna tenaga kerja. Asalkan didukung oleh internet yang stabil, Insya Allah lancar deh proses hunting lowongan kerja.
Comment Author Avatar
Kalau daku suka cari loker lewat website pencari kerja. Dan memang kudu banget deh jaringan internet yang stabil biar gercep kirim CV-nya
Comment Author Avatar
Internet nih penting bgt zaman sekarang. Tanpa internet, aku bak butiran debu hehe. Bikin CV ini yang gampang2 susah karena harus menyesuaikan dengan posisi yg dilamar 😁
Comment Author Avatar
Suka ikut sedih liat curhatan user Twitter klo belum dapat kerjaan/sudah kirim banyak lamaran tp belum ada panggilan. Mudah2an tips seperti ini bisa membantu mereka yang sedang mencari kerjaan.
Comment Author Avatar
lamar kerja jaman sekarang, cv nya mesti outstanding tapi ats-friendly ya, biar langsung ke detect tuh masuk kriteria engga, dan semuanya udh pasti butuh internet hihi, apalagi kerja jaman sekarang tuh ya bergantung sama internet
Comment Author Avatar
Kalau melalui internet, yang paling penting itu buat profil yang lebih menarik ya, dan akan lebih membatu kalau kita punya portofolio yang mumpuni. pokoknya kalau ada koneksi internet yang lancar mah, cari kerja melalui internet itu jauh lebih mudah :)
Comment Author Avatar
Wah bagus nih tipsnya.. Kebetulan punya beberapa keponakan yg fresh graduate n sdg cari kerja, bisa kubagikan tulisan ini ke mereka. Terima kasih yaa ..
Comment Author Avatar
mencari lowongan kerja semakin mudah ya sekarang mba Sis, karena ada kemajuan teknologi jadi semuanya bisa dilakukan by online semuanya, mulai dari masukin lamaran, proses wawancara, sampai dengan mengisi data ketika lolos, bahkan kerjanya juga sekarang bisa remote, dan semuanya berkat internet, semuanya makin mudah
Comment Author Avatar
Hunting lowongan kerja beneran lebih mudah di jaman sekarang, euy. Ada aplikasi loker juga. Jadi kek semudah dalam genggaman gitu. Apalagi kalau akses internetnya cepat, kayak IndiHome...
Comment Author Avatar
Beruntung kita hidup di zaman yang sudah terkoneksi dengan internet, jadi semuanya sangat terbantu dengan adanya informasi yang bisa kita dapatkan dengan cepat, termasuk info lowongan pekerjaan yang banyak berseliweran di media sosial sampai aplikasi job hunting
Comment Author Avatar
Terobosan baru dan sebuah inovasi dalam hal mencari kerja, termasuk seleksi pelamar yang menggunakan sistem wawancara online. Klo ga didulung sama internet cepat seperti IndiHome bakal susah sih..
Comment Author Avatar
Kalau dulu ada yang namanya job fair tapi offline, harus bawa seabrek fotokopian ha ha. Sekarang sudah makin canggih, bisa cari kerja via online juga. Memang ada sih yang ngeluh, cari kerjaan di Indonesia itu syaratnya kadang nggak masuk akal. 1 posisi harus menguasai banyak keahlian sekaligus yang harusnya bisa untuk beberapa posisi. Tapi mudah-mudahan yang sedang butuh pekerjaan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahliannya. Dengan teknologi internet sekarang ini juga memungkinkan kita untuk selalu upgrade diri dengan pengetahuan yang baru.
Comment Author Avatar
Iya bener mba. Dulu nyari kerja harus datang ari satu perusahaan ke perusahaan lain dan bawa berkas berkas yang banyak. Syukurlah dengan kemudahan akses internet, jadi memudahkan mencari informasi lowongan kerja
Comment Author Avatar
O iya, saya juga sempat baca di Pricebook tentang jumlah para pencari kerja di negeri kita yang semakin tahun semakin banyak saja, jadi PR nih buat para pencari kerja untuk terus meningkatkan kompetensinya agar siap bersaing di dunia global
Comment Author Avatar
internet yang cepat dan bisa diandalkan memang sudah menjadi kebutuhan pokok untuk kita semua yaaa mba
Comment Author Avatar
Zaman digital seperti ini udah jarang orang membeli koran untuk sekedar cari LOKER ya. Jadi inget zaman dulu waktu blm ada internet. Tiap hari langganan koran Kompas. Karena loker yg reels dan aku dipercaya cuma koran itu.
Kalau zaman digital serperti skr ini cuma modal jaringan internet udah dapat lokernya.
Comment Author Avatar
thanks for all the tips mba... for sure kita harus pintar - pintar ya sekarang mencari lowongan pekerjaan yang okee
Comment Author Avatar
Di era digital seperti sekarang, asalkan punya koneksi internet cepat, mau cari lowongan kerja atau kerjaan sampingan secara online jadi mudah banget ya, Kak
Comment Author Avatar
kalau sekarang mencari pekerjaan cukup dengan menyalakan koneksi internet dan mendaftar secara online, yang penting kita perlu memastikan kualifikasi kita apakah sesuai dengan yang dicari atau tidak agar kemungkinan lolosnya lebih besar
Comment Author Avatar
Jadi inget salahsatu temen yang ngerasain Internet cepat ini saat melamar kerja dan proses wawancara yang terjadi pasca pandemi
Smuanya dilakukan dg daring
Beruntung sinyal inteernetnya sat set, jadi saat proses cari kerja dan lamaran kerja cukup dari rumah aja
Comment Author Avatar
Penting banget melek teknologi dengan memanfaatkan internet cepat. Rasanya zaman semakin mudah dan setiap generasi bisa dengan cepat beradaptasi. Semoga bisa segera memperoleh pekerjaan yang diimpikan dengan koneksi internet cepat dan stabil.
Comment Author Avatar
Keren banget ya kak sekarang dengan kehadiran teknologi semua hal jadi mudah. Termasuk dalam hal hunting lowongan kerja. Jadinya tinggal klik-klik aja dan duduk manis mantengin info loker deh.
Comment Author Avatar
Indihome hadir dengan pelayanan yang maksimal murah cepat sangat membantu yang bekerja mengandalkan jaringan internet bagus.
Comment Author Avatar
Hunting lowongan kerja zaman now makin gampang banget ya kak. Beda ama zaman dulu. Kita sampe harus cari koran, tanya teman sana sini, bisa abis duit bensin dulu. Sekarang bisa cari dengan mudah, apalagi dengan koneksi internet cepat dari IndiHome.
Comment Author Avatar
Banyak cara ya kirim surat lamaran kerja, yang penting teliti juga perusahaannya sebelum melamar bisa ceki² dulu pakai internet cepat ini
Comment Author Avatar
jangankan buat yang penting banget kayak melamar kerja, buat scroll medsos aja kalau lemot bikin darah naik hahaa. alhamdulillah pakai IndiHome sejauh ini nyaman
Comment Author Avatar
betul banget kak, melamar kerja online sangat praktis dan efisien. hemat budget tenaga dan waktu :D
Comment Author Avatar
kuncinya diinternet yang stabil y mbak, aku sepakat sih soalnya eranya dah digital sih . maka internet udah mendarah daging untuk melaksanakan apapun di kehidupan kita ya termausk melamar pekerjaan
Comment Author Avatar
Internet cepat akan membuat pekerjaan lebih lancar, apalagi kalau lagi prepare untuk apply pekerjaan. Harus pilih internet provider yang ok seperti Indihome biar cari info loker di internet jadi makin gaspol
Comment Author Avatar
Wahyuindah 22:51
Cari kerja sekarang kalau gak pakai internet bakalan lama. Bukti bahwa internet sangat penting untuk segala hal. Termasuk cari kerja
Comment Author Avatar
sekarang ini kalau mau cari lowongan kerja a cukup berselancar di inrternet ya mbak
tak heran, akses internet cepat snagat dibutuhkan
Comment Author Avatar
iya kak, dengan internet cepat semua bisa dilakukan, apalagi saat momen wawancara online tuh wajib banget koneksi internet yg cepat dan stabil
Comment Author Avatar
beruntung sekarang kita dapat merasakan internet cepat, sehingga apapun dapat dilakukan bahkan hingga proses melamar kerja dipermudah dengan adanya internet
Comment Author Avatar
profil menarik dan cv yang ats-friendly is a must sih yaa, biar portfolio kita lebih mudah dibaca mesin dan kesempatan dapat panggilan kerja lebih tinggi deh
Comment Author Avatar
Ngga kebayang sih dulu gimana kalo ngga ada internet, job fair sekarang pun bisa online lho yaa jadi kebutuhan internet ini udah kayak kebutuhan primer, untung banget ada IndiHome yang jangkauannya luas
Comment Author Avatar
Sekarang dengan internet cepat ngelamar kerja jadi lebih mudah. lowongan kerja sudah tersebar banyak di aplikasi kerja, job fair, sosmed hingga web loker, dan bisa di apply secara online. era digital sudah sangat memudahkan bagi para pelamar kerja
Comment Author Avatar
Selain melelahkan pas daftar pekerjaan itu, kayaknya juga habisin banyak kertas ya, harus bolak-balik mengumpulkan CV dan berkas-berkas lainnya. Jadi sayang kalau banyak kertas terbuang tu (Zen)
Comment Author Avatar
untung aja ada internet cepat dari indihome sehingga proses mencari kerja pun menjadi semakin mudah. zen
Comment Author Avatar
Udah lama gak hunting lowongan kerja. Sepertinya saat ini makin ketat aja ya. Semoga aku msih kuat di job yg sekarang 🙈
Comment Author Avatar
Saya sebagai pencari kerja sangat terbantu dengan adanya internet cepat dari IndiHome, sehingga melamar pekerjaan tidak perlu lagi keluar rumah cukup dengan internet stabil dan cepat dari rumah
Comment Author Avatar
pandemi memang bikin kita jadi melek digital sih ya, lebih banyak hal-hal yang bisa dilakukan secara online dan membantu mempermudah pekerjaan, makanya zaman sekarang harus banget langganan internet yang cepat dan stabil biar aktivitas jadi lebih lancar no buffering
Comment Author Avatar
Banyak banget ya kak pilihan atau cara untuk melamar kerja saat ini. Selain lewat website perusahaan, bisa juga lewat media sosial dan job fair online

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.