Tips Memilih Probiotik untuk Bayi, Waspada Produk Palsu

Tips Memilih Probiotik untuk Bayi, Waspada Produk Palsu

Sebelum melahirkan anak ketiga, saya sudah lebih dulu mencari tahu tips memilih probiotik untuk bayi. Mengingat probiotik sangat penting di 1000 hari pertama kehidupan.

Apalagi tidak seperti kedua kakaknya, si bungsu lahir melalui persalinan caesar. Operasi caesar ini memiliki efek samping yang tidak hanya dirasakan oleh ibu, melainkan juga si kecil.

Salah satu efek samping yang dialami bayi yang lahir melalui operasi caesar yaitu berpotensi memiliki sistem imun yang lebih sensitif dan lebih lemah daripada sistem imun bayi yang lahir melalui persalinan normal. Nah, ini yang saya khawatirkan. 

Dilansir dari alodokter, sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi yang lahir melalui operasi caesar memiliki jumlah bakteri baik yang lebih sedikit di saluran cernanya daripada bayi yang lahir normal.

Hal ini karena bayi yang lahir secara caesar tidak mendapatkan beragam bakteri baik yang ada di jalan lahir (vagina) ibunya.

Akibatnya terjadi gangguan keseimbangan kolonisasi bakteri di saluran cerna si kecil. Padahal bakteri baik seperti Bifidobacterium dan Lactobacillus, bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun bayi

Itulah sebabnya bayi yang lahir melalui operasi caesar memiliki risiko lebih tinggi terserang berbagai penyakit.

So, gimana saya nggak worry, apalagi ini pengalaman pertama saya mengasuh bayi yang lahir dengan persalinan caesar. 

Well, kekhawatiran saya baru lenyap setelah mencari tahu dan menemukan bahwa efek samping tersebut dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi bayi, termasuk dengan mengonsumsi probiotik.

Pentingnya Probiotik di 1000 Hari Kehidupan

Pentingnya Probiotik di 1000 Hari Kehidupan

Sebelum bahas cara memilih probiotik anak yang tepat kita cari tahu dulu yuk, apa sih pentingnya probiotik di masa 1000 hari pertama atau mengapa anak usia 0-2 tahun perlu diberikan probiotik?

Tahukah Bunda, 70% dari kesehatan masa depan anak ditentukan dari 1000 hari pertama dan 80% pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 pertama. 

Itulah mengapa 1000 hari pertama disebut masa golden age, karena di masa inilah anak akan mengalami dampak yang luar biasa terkait kesehatannya di masa depan begitu pula dengan pertumbuhan fisik maupun psikisnya.

Dilansir dari halodoc.com Jurnal kesehatan Nutrients berjudul “The Human Microbiome and Child Growth – First 1000 Days and Beyond” mengungkapkan, komposisi mikroba di dalam saluran cerna selama 1000 hari kehidupan awal, berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, hormon, dan metabolisme tubuh. 

Menurut para ahli, gangguan keseimbangan mikrobiota di saluran cerna dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak.

Dari jurnal tersebut bisa kita simpulkan bahwa menjaga keseimbangan bakteri baik dalam saluran cerna anak pada masa golden age sangat penting.

Nah, ada 3 faktor penting yang saling berkaitan dan sama pentingnya selama masa 1000 hari pertama yaitu nutrisi, genetik dan mikrobiota usus.

Namun sesuai topik yang saya angkat di artikel ini, saya hanya fokus membahas faktor mikrobiota usus. 

Bunda harus tahu bahwa perkembangbiakan bakteri baik di usus bayi berkaitan erat dengan kesehatan di 1000 hari pertama kehidupan anak. 

Masa 1000 hari pertama kehidupan sendiri dimulai dari masa kehamilan (270 hari) sampai dengan usia 2 tahun (730). Jadi 1000 hari pertama itu sudah dimulai dari dalam kandungan.

Oleh karenanya bisa dibilang, mikrobiota sehat pada ibu hamil adalah hadiah perlindungan terbaik untuk 1000 hari pertama anak. 

Namun perlu dicatat, tidak semua ibu bayi memiliki kandungan bakteri usus yang baik. Begitu Pula dengan bayi yang baru lahir, jika keluar melalui persalinan caesar, maka si bayi akan mengalami ketidakseimbangan kandungan bakteri baik dan buruk pada ususnya.

Untuk itu diperlukan probiotik agar keseimbangan bakteri baik pada usus si kecil bisa tetap terjaga dan imunitas tubuhnya pun ikut meningkat.

Tentang Probiotik dan Saluran Cerna Anak

Menurut WHO (2022) probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah adekuat atau telah memenuhi syarat dan  dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Selain probiotik ada juga nih istilah prebiotik. Apa bedanya? Kalau probiotik adalah bakteri hidup maka prebiotik adalah makanannya atau lebih tepatnya merupakan makanan probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, dapat memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif terhadap bakteri penghuni kolon. Contohnya adalah seperti karbohidrat.

Nah, kombinasi probiotik dan prebiotik ini akan bersinergi membentuk yang namanya Sinbiotik. Menurut berbagai riset dan uji klinis yang dilakukan, sinbiotik terbukti mampu menjaga keseimbangan kolonisasi bakteri dalam saluran pencernaan si Kecil yang lahir melalui persalinan caesar. 

Selanjutnya, seperti yang kita ketahui anak-anak rentan mengalami gangguan pencernaan seperti diare, konstipasi (sembelit), kembung, sakit perut, kolik dan pada bayi.

Gangguan tersebut biasanya disebabkan oleh makan dan hygiene yang buruk, stres, diare maupun pemakaian obat berlebih yang berujung pada peningkatan jumlah patogen atau bakteri jahat.

Tentu sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan saluran cerna anak. Untuk itu yang bisa kita lakukan adalah mencegah dan mengatasi dengan memberikan asupan nutrisi yang bergizi dan jangan lupa biarkan anak mengonsumsi suplemen probiotik.

Bunda Jangan Asal Pilih, Berikut Tips Memilih Probiotik

WHO mendefinisikan probiotik sebagai mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya.

Sedangkan BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. Jadi probiotik ini bukan obat ya.

Nah, terkait cara memilih probiotik yang tepat, tipsnya ada dua yaitu telah teruji klinis dan  memenuhi standar atau syarat-syarat yang ditentukan oleh WHO.

Syaratnya apa saja?

  • Berasal dari manusia
  • Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Menghasilkan zat antimikroba
  • Mampu melawan patogen atau bakteri jahat
  • Terdokumentasi penelitian klinis yang baik

Sedangkan untuk bakteri menurut WHO yang memenuhi syarat yaitu bakteri Bifidobacterium dan Lactobacillus.

Kabar baiknya, Bunda tidak perlu pusing dan ribet cari suplemen probiotik terbaik karena ada Interlac yang sudah teruji klinis dan memenuhi syarat atau jumlah bakteri baiknya sudah sesuai dengan standar WHO.

Interlac Pilihan Probiotik Anak yang Aman Dikonsumsi

Interlac Pilihan Probiotik Anak yang Aman Dikonsumsi

Interlac  merupakan produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Menariknya, Interlac juga merupakan satu-satunya produk Probiotik di Indonesia yang mengandung Probiotik Lactobacillus Reuteri DSM 17938. Apa itu?

Nah, Lactobacillus reuteri DSM 17938 adalah salah satu Probiotik yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia termasuk balita dan bahkan untuk bayi baru lahir lho

Yup, suplemen probiotik ini memang dianjurkan dikonsumsi mulai dari 1000 hari pertama kehidupan si kecil. Karena itu bukan untuk bayi yang lahir saja, ibu hamil pun dianjurkan mengonsumsi probiotik  ini untuk dapat mendukung tumbuh kembang janinnya.

Tenang saja, Interlac sudah teruji klinis aman dan efektif sesuai rekomendasi dokter di lebih dari 90 negara. 

Sebelumnya juga sempat ramai ya terkait larangan penggunaan obat sirup karena terdapat cemaran berbahaya. Namun tidak perlu khawatir mengonsumsi Interlac karena suplemen ini bebas cemaran EG dan DEG. 

Terlebih lagi Interlac juga sudah mengantongi surat keterangan dari BPOM juga bahwa produk ini bebas dari bahan yang berbahaya.

Bahkan saking amannya, Interlac bisa dikonsumsi setiap hari dan dalam jangka panjang. Pasalnya Interlac merupakan suplemen, bukan obat. 

Dengan mengonsumsi jangka panjang Interlac dapat membantu menjaga saluran cerna dan daya tahan tubuh anak. Sedangkan untuk waktu penggunaannya bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dengan cukup 1x sehari. 

Manfaat Interlac untuk Bayi dan Anak-Anak Usia 0-3 Tahun

Interlac menjadi pilihan saya untuk menjaga sistem imun si bungsu yang terlahir melalui persalinan caesar. Ya, walau hanya sedikit mendapat bakteri baik ketika baru lahir tapi saya masih bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri baik pada saluran cernanya dengan memberikannya Interlac drop yang memang dikhususkan untuk bayi dan anak-anak usia 0-3 tahun.

Berikut ini manfaat Interlac untuk si kecil;

  • Menjaga kesehatan saluran cerna (Diare, konstipasi, regurgitasi) 
  • Dapat berfungsi sebagai terapi dan pencegahan Kolik Infantil serta membantu mengatasi sembelit
  • Menaikkan sistem imun (mencegah alergi dan menaikkan daya tahan tubuh) 
  • Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik

Pastikan Pilih Interlac Drop Asli

Nah, karena Interlac memiliki segudang manfaat dan sangat aman dikonsumsi sehingga tidak heran bila produk ini laris di pasaran. Namun Bunda harus hati-hati ya karena ternyata sekarang juga sudah beredar Interlac drop palsu. 

Lantas bagaimana cara membedakan produk palsu ini dengan yang asli?

Jika dilihat dari kemasan, terdapat tiga perbedaan, yaitu :

  • Ukuran tinggi kemasan Interlac drop palsu lebih rendah daripada Interlac drop asli. Interlac drop asli memiliki tinggi botol 5,8 cm. Sementara Interlac palsu tinggi botol packaging-nya 5,5 cm.
  • Ujung botol Interlac drop asli menonjol keluar, sedangkan Interlac drop palsu ujung botolnya tidak menonjol keluar. 
  • Tutup botol bagian dalam Interlac drop asli tampak melebar, sedangkan Interlac drop palsu tutup botol bagian dalamnya mengecil.
  • Jika dilihat dari isinya terdapat dua perbedaan  yaitu :
  • Interlac drop asli tidak meleber saat diteteskan, sedangkan Interlac drop palsu melebar saat diteteskan. 
  • Interlac drop asli memiliki warna putih berupa Probiotik. Sedangkan Interlac palsu hanya berupa cairan bening seperti minyak. 

Eh tapi kalau masih ragu produk Interlac yang dibeli asli atau palsu akan lebih baik Bunda langsung membeli Interlac di Interbat Official Store e-commerce kesayangan agar terjamin keasliannya. Atau biar nggak pusing lagi carinya langsung saja klik https://linktr.ee/interlacprobiotic

Sedangkan untuk Bunda yang mau beli offline bisa langsung berkunjung ke Baby Shop, Viva Health, Watsons, Guardian, dan Apotik terpercaya di kota Bunda.

Demikian ulasan mengenai tips memilih probiotik yang aman untuk si kecil. Sekali lagi buat Mom Blogger dan Bunda sekalian, jangan sampai salah pilih probiotik ya, karena suplemen ini sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak dalam masa 1000 hari pertamanya, sehingga pastikan Bunda hanya memilih produk Interlac drop asli yang sudah teruji klinis dan jumlah bakteri baiknya memenuhi standar WHO.

Oke sekian postingan ini, semoga mencerahkan :)


73 komentar untuk "Tips Memilih Probiotik untuk Bayi, Waspada Produk Palsu"

Comment Author Avatar
Waduh, meresahkan juga nih kalau sudah beredar Interlac drop palsu. Huhuuu... semoga para mama makin teliti untuk melihat perbedaan antara yang asli dengan yang palsu. Terima kasih informasinya nih mbak, semoga terbaca oleh para mama yang sedang mencari probiotik terbaik untuk putra-putrinya.
Comment Author Avatar
Setuju kak.
Apalagi buat yang masih single ini juga informasi bermanfaat buat kedepannya atau mau belikan untuk ponakan
Comment Author Avatar
Kudu pandai ya sebelum membeli.
Agar manfaat baiknya probiotik ini bisa diserap dengan tepat oleh si kecil
Comment Author Avatar
Nyebelin sih kalau banyak produk palsu beredar, apalagi interlac drop kan buat bayi. Kudu benar-benar teliti banget sebelum membeli interlac drop.
Saya dulu sering kasih ini ke si Adik, dia cocok banget pakai produk ini, apalagi dulu dia kan sering bermasalah dengan pencernaannya
Comment Author Avatar
Bagaimana dengan asi, Mbak? Setahu saya asi membawa kekebalan alami untuk bayi. Memang tetap boleh ada tambahan lain, seperti Interlac.
Comment Author Avatar
Probiotik memang penting buat anak ya, mendukung tumbuh kembangnya, karena salah satu hal penting dalam tumbuh kembang anak adalah kesehatan saluran cernanya.
Sementara anak kecil juga rawan kena masalah saluran cerna.
Yang penting juga cari produk yang asli, kayak Interlac Drop ini, jadi rawan dipalsukan ya :(
Comment Author Avatar
Memilih produk yang mengandung probiotik untuk si kecil ini memang harus yang tepat dan bisa diandalkan seperti Interlac ya, dan penting buat mengetahui produk aslinya
Comment Author Avatar
Anonim 21:13
Terima kasih infonya, Kak. Bermanfaat sekali nih. Saya catet buat bekal masa depan. Hehe.
Comment Author Avatar
Ndak habis pikir saya sama yang bikin produk palsu sementara produk itu untuk diminum .. keterlaluan :(
Tulisan ini wajib dibaca para ibu nih.
Comment Author Avatar
Setuju, untuk anak terlebih masih dibawah 3 tahun, harus pilih probiotik yang terpercaya
Jangan coba-coba, terlebih hanya tergiur harga murah
Pilih Interlac Drop yang sudah memenuhi standar WHO
Comment Author Avatar
Anakku minum Interlac tablet sih dan alhamdulillaah daya tahan tubuhnya emang kuat, bahkan saat emaknya flu doi sehat hhaha kayaknya emaknya butuh interlac juga nih haha
Comment Author Avatar
Orang tua makin mudah dan ga oerlu khawatir masalah kesehatan anak, karena sudah ada Interlac, yang perlu dipahami adalah hati-hati untuk memilih yang asli (Sugianto)
Comment Author Avatar
Setiap produk bagus, kadang membuka celah bagi orang yang tak bertanggung jawab. Makanya harus jeli saat ingin membeli Interlac ya, Mbak. Apalagi probiotik ini sangat berpengaruh bagi pencernaan dan harus asli. Jadi mending beli Interbat Official Store e-commerce.
Comment Author Avatar
Syukurlah sekarang banyak produk yang mendukung penuh tumbuh kembang bayi agar lebih optimal, karena bagaimanapun kesehatan bayi juga berawal dari sistem pencernaan yang baik, apalagi pencernaan bayi masih sangat sensitif. Baca artikel ini jadi tahu bedanya Probiotik dan prebiotik, kadang masih suka bingung dengan dua istilah ini.
Comment Author Avatar
Jadi harus hati-hati kalau sudah ada produk palsu ya kak..harus pintar Milah dan milih.. makasih infonya kak jadi paham..
Comment Author Avatar
MasyaAllah tabarakallah dapat ilmu baru lagi, ternyata saat bayi lahir secara normal akan mendapatkan bakteri baik dari area V sang ibu, ini saya baru tahu mba, Tuhan memang tahu apa terbaik buat umatnya, namun pastinya ada kebaikan juga bagi sang ibu yang terpaksa harus caisar ya Mba, dan jadi persiapan saya nanti kalau hamil harus sudah mengkonsumsi makanan makaan bergizi dari semenjak kehamilan dimulai agar bayi sehat ibunya juga sehat
Comment Author Avatar
Kalau aku sih konsultasi dulu ke dokter... disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Dokter dapat memberikan saran yang sesuai dengan kebutuhan bayi dan membantu memilih probiotik yang cocok.
Comment Author Avatar
Sering baca ulasan tentang Interlac, ternyata ada juga Interlac palsu ya Mba ck ck ck. Ada baiknya sebelum membeli produk apapun harus diperhatiin keasliannya dan lebih aman beli di official storenya.
Comment Author Avatar
Interlac ini bagus ya buat bantu memaksimalkan prebiotik dalam tubuh bayi. Kondisi usus yang belum sepertu orang dewasa cenderung membuat anak-anak rentan terkena diare dan bikin bb mereka anjlok.
Comment Author Avatar
Noted, jadi tahu cara memilih probiotik untuk bayi..dan bagus ya ternyata mengonsumsi jangka panjang probiotik Interlac dapat membantu menjaga saluran cerna dan daya tahan tubuh anak.
Comment Author Avatar
Aku juga dulu waktu SC anak kedua sempat mikir gimana gimana. Tapi Alhamdulillah karena anak dua duanya ASI jadi ga terlalu khawatir. Nah buat memilih probiotik anak memang harus hati hati ya. Jangan sampai terbeli yang palsu.
Comment Author Avatar
Saya jadi agak ragu untuk membeli obat tanpa resep dokter jika hal ini terjadi.. perlu aktif sebagai orang tua
Comment Author Avatar
Anakku juga pakai interlac. Cocok juga buat menjaga kesehatan pencernaan. Apalagi ada dokter yang mengatakan kalau kesehatan pencernaan juga berhubunhan dengan otak
Comment Author Avatar
Bayi ini sangat rentan sekali ya bund, bahakan pemilihan probiotiknya pun mesti dijaga bener-bener. Aku bahkan baru tahu bayi caesar dan bayi lahir normal kebutuhan probiotiknya berbeda
Comment Author Avatar
Ternyata manfaat menjaga kadar probiotik pada anak banyak ya Mbak. Terutama bagi pencernaan, kadang untuk batita, kita memang perlu ekstra mencari tahu apa-apa saja yang harus diperhatikan untuk dikonsumsi..
Comment Author Avatar
Waspada harus lebih teliti takutnya mendapatkan Interlac drop yang palsu. Jadi sebaiknya memang membeli di tempytesmi ya
Buat tumbuh kembang anak jangan sampai mengalami kekeliruan
Comment Author Avatar
harus jeli dan telitiii ya mba.
karena ini produk terbaik utk anak.
makasi infonya mba
Comment Author Avatar
Interlac drop ternyata bisa ya untuk bayi usia 0 tahun, setahu saya di pasaran baru bisa dikonsumi untuk anak usia lebih dari 2 tahun
Mungkin saya yang kudet nih
Comment Author Avatar
Ternyata bayi perlu probiotik tambahan ya selain dari makanan yang dikonsumsi. Aku bary tahu loh kak, thanks sharingnya
Comment Author Avatar
Benar sekali, jangan sampai salah pilih produk probiotik karena manfaat Probiotik di 1000 Hari Kehidupan ini sangat penting. Teliti dan lebih baik beli di toko resmi online maupun offline dari Interlac.
Comment Author Avatar
aku pribadi merasa agak gimna gitu saat disampaikan bahwa bakteri baik pada anak dengan kelahiran operasi caesar lebih sedikit tapi aku percaya bahwa manusia-manusia pintar akan menemukan cara memenuhi kebebtuhan tersebut alhamdulillah ada interlac ini ya, aku juga mau stok nih di rumah
Comment Author Avatar
Interlac paham banget kebutuhan bayi ya?
Batita butuh probiotik, sayang para ortu kesulitan memberikan dengan sendok
Sehingga Interlac memberi solusi jitu: Interlac Drop!
Comment Author Avatar
emang harus teliti ya mengenali produk Interlac yang asli, biar nggak salah beli produk yang palsu. Padahal banyak loh yang cocok pakai interlac, anak saya juga dulu sering pakai interlac drop
Comment Author Avatar
Untung ya ada internet jadi teredukasj mana yang palsu mana yang bukan. Apalagi saya sejak anak pertama pakai produk pribiotik seperti ini.
Comment Author Avatar
Ita, harus hati-hati dalam memilih probiotik untuk anak
Jangan sampai salah pilih
Pilih Interlac saja ya mbak
Comment Author Avatar
Setiap ada produk bagus, pasti menjadi celah bagi orang tak bertanggung jawab untuk memalsukan. Makanya harus teliti saat memilih probiotik ya, Mbak. Alih-alih untuk pencernaan, malah nanti ada masalah di pencernaan. Apalagi probiotik ini sangat penting sejak 1000 haru pertama kehidupan.
Comment Author Avatar
Memperhatikan para keponakan dalam mengurus anak sudah banyak yang kedodoran. Alasan utamanya adalah kesibukan dan tidak menyaring informasi dengan baik. Terkadang banyak diantara hanya mengandalkan teori tapi lupa dengan sentuhan pribadi agar anak lebih dekat kepada orang tua. Anak-anak pun dijejali banyak vitamin tapi mereka abai dengan batas kebutuhannya. Artikel seperti ini tuh keknya bagus nih dibaca oleh keponakan2 saya. Para orangtua muda yang sibuk dengan berbagai aktivitas.
Comment Author Avatar
Memang benar yang kakak jabarkan di atas, kewaspadaan dan kehati-hatian dalam memilih produk sebelum membeli itu penting. Jangan sampai tertipu dengan produk palsu ya. Btw, Interlac ini emang juga sering dipakai oleh saudara2. Jadi udah gak asing dengan produk ini.
Comment Author Avatar
Wah, aku sangat tertarik dengan artikel ini. Menurutku, memilih probiotik yang tepat untuk bayi sangat penting agar bisa membantu bayi dalam mempertahankan kesehatan. Orangtua perlu untuk membaca artikel ini sebelum memutuskan probiotik yang tepat untuk bayinya ya
Comment Author Avatar
Pentingnya mengenal apa yang terbaik untuk anak terlebih untuk terus menjaga dan membantu masa pertumbuhan terutama di 1000 HPK-nya. Juara banget kak Siska, mengenal Interlac Drops dan membagikan hal positif ini ke pembaca sehingga kini gak perlu khawatir lagi bila ananda terganggu kesehatan pada saluran cernanya.
Comment Author Avatar
1000 hari pertama menjadi hal yang menentukan bagi anak. Sebagai orang tua harus memperhatikan asupan untuk anak ya. Termasuk dengan probiotik untuk bayi. Syukurlah ada Interlac ini jadi ga perlu bingung cari probiotic
Comment Author Avatar
Aku dulu juga selalu sedia interlac pas anak-anakku masih bayi. Ngefek banget buat ngatasin sembelit atau diare.
Comment Author Avatar
Interlac ini rekomended ya Mba Siska apalagi buat jaga daya tahan tubuh soalnya kalau pencernaan sehat, imunnya juga bagus. Buat bayi apalagi jangan asal pilih ya
Comment Author Avatar
pernah mempunyai pengalaman ga baik dengan saluran cerna saat anak usia 14 bulan dan itu sangat meresahkan karena ternyata cukup parah kasusnya sampai harus di ruang PICU satu minggu.. ternyata salah satu yang diberikan adalah probiotik tinggi supaya pencernaan anak kembali baik
Comment Author Avatar
Meresahkan banget adanya barang palsu dari vitamin atau obat obatan. Memang perlu banget sih menuliskan edukasi tentang produk asli dan palsu. Terima kasih pencerahannya kak.
Comment Author Avatar
kalau ternyata Lactobacillus reuteri DSM 17938 bisa dikonsumsi untuk segala usia, orang dewasa juga bisakah menggunakan interlac drop ya?
Comment Author Avatar
jadi inget kejadian di China dl yang susu di campur melamin, ngeri juga ya orang kalau udah niat ga baik, semoga kita dan anak2 kita dijauhkan dari hal2 semacam itu ya mba, karena pada dasarnya kan kita mau ngasih yang terbaik buat buah hati
Comment Author Avatar
Ngeri banget sama produk palsu. Apalagi kalau untuk obat atau suplemen. JAdi harus semakin berhati-hati, deh. Belinya juga di tempat yang bisa dipercaya
Comment Author Avatar
Aku lagi khawatir tentang pencernaan anakku yang baru berusia 3 bulan. Dia BAB nya seminggu sekali. Tapi dokter di sini bilang ga apa2 dan ga diberi probiotik juga :"
Comment Author Avatar
Intinya berarti perlu jeli ya dalam memilih probiotik untuk si kecil ya. Sudah aman dan terpercaya pastinya si Interlac ini ya, karena sudah dipakai oleh keluarga Indonesia.
Comment Author Avatar
Probiotik ini memang penting banget ya buat bayi. Biar perutnya bisa kuat dari segala macam gangguan. Dulu anak bungsuku begitu, gampang banget deh perutnya kena gangguan. Begitu dikasih probiotik, yaitu Interlac, Alhamdulillah deh jadi kuat. Jarang begah, jarang kolik, dan jarang diare. Apalagi sekarang ya, Interlac semakin sempurna kandungannya. Pastinya makin bagus kualitasnya.
Comment Author Avatar
Sehat terus ya Bibie, meskipun lahir secara SC, tapi Bunda udah punya cukup ilmu dong ya untuk memberikan yang terbaik untuk Si Kecil terlebih menyangkut urusan memilih probiotik, secara ya masalah saluran pencernaan dan daya tahan tubuh balita ini emang jadi concern utama setiap orang tua. Penting juga nih untuk tahu cara membedakan Interlac asli dan yang palsu, biar gak salah pilih dong ya.
Comment Author Avatar
sereeem ya mbaaa kalau ada obat palsu seperti ini... semoga kita terhindar karena bahaya banget dampaknya terhadap anak - anak
Comment Author Avatar
Interlac ini wajib disediakan di rumah ya mba. Dan aku setuju untuk lebih care lagi dengan 1000 hari yang akan menentukan anak ke depannya gmana
Comment Author Avatar
Paling khawatir dengan kesehatan bayi yang masih rentan.
Semoga satu masalah seperti masalah saluran cerna ini bisa diatasi dengan produk terbaik Interlac Drops yang mengadung probiotik alami.
Comment Author Avatar
Semua orang tua memang harus memperhatikan 1000 hari pertama anaknya ya.., karena di masa inilah anak akan mengalami dampak yang luar biasa terkait kesehatannya di masa depan begitu pula dengan pertumbuhan fisik maupun psikisnya.
Comment Author Avatar
meresahkan memang yaa si interlac drop palsu ini. dan ternyata bukan cuman orang dewasa yang harus dijaga kesehatan ususnya melainkan bayi dan anak-anak juga
Comment Author Avatar
Interlac ini salah satu produk yang bagus dan membantu banget untuk mengatasi gangguan pencernaan pada anak. Ini mungkin ya yang bikin oknum gak bertanggung jawab tergiur sampai ada produk palsunya. Duh
Comment Author Avatar
Insya Allah pencernaan si kecil sehat sejak dini ya dengan pemberian Interlac Drop. Beli di official store lebih aman, terjamin dapat yang asli yaaa bukan yang palsu.
Comment Author Avatar
interlac memang sudah aku pakai sejak lama banget nih mba, alhamdulillah anak2ku juga cocok.. baik yang interlac drop maupun yang tablet
Comment Author Avatar
Betul juga ya, konsumsi produk seperti Interlac ini memang sangat penting bagi pertumbuhan si kecil. Tapi, memang, melahirkan secara caesar itu lebih gimana gitu daripada yang normal. Alhamdulillah, istri saya melahirkan tiga anak normal semua. Anak pertama dulu dikira caesar, ternyata bisa normal. Ayo, para suami, jaga para istri ya setelah melahirkan!
Comment Author Avatar
Tega banget siih sampai ada Interlac palsu. Mana beda tinggi botol cuma 3 mm, kan keslimur hampir engga terlihat bedanya. Padahal ya Ibu-ibu kan mau memberikan yang terbaik lah untuk putra-putrinya...
Comment Author Avatar
Apa yang dipikirkan oleh produsen ketika membuat produk palsu, kan menjerumuskan orang terlebih produknya buat anak-anak. Supaya aman beli probiotik kudu hati-hati klo online mending ke official store langsung. Mahalan dikit gapapa asal dapat yang asli
Comment Author Avatar
Bahaya banget kalau produk vitamin dan obat-obatan ada barang tiruannya. Serem sih. Semoga semakin banyak blogger yang mereview produk vitamin dan obat-obatan dan mengedukasi ke pembacanya tentang keaslian produk.
Comment Author Avatar
era 1000 hari pertama si kecil memang penting banget ya bun, probiotik ini harus benar-benar dipilah jangan sampai pengen yang terbaik malah jadinya membuat si kecil nanti punya masalah ke depannya
Comment Author Avatar
saya baru tahu kalau bayi lahir caesar memiliki jumlah bakteri baik yang lebih sedikit daripada bayi yang lahir normal, itu artinya bayi caesar butuh perhatian lebih dan cocok banget jika diberi asupan probiotik untuk bantu tumbuh kembangnya
Comment Author Avatar
Baru tahu kalau ada yang palsu. Semoga selama ini yang kubeli di apotik asli. Adek juga alhamdulilah sehat sih. Tapi takut aja kok ada yang palsu juga.
Comment Author Avatar
ini sih fiks berguna banget buat aku, karena otw akan punya bayi. JAdinya perlu banget kehati-hatian dalam memilih produk probiotik ini
Comment Author Avatar
Probiotik merupakan salah satu suplemen yang bagus untuk tumbuh kembang anak ya mbak. Bisa saya informasikan juga ke teman-teman yang baru punya bayi. Agar tak salah pilih probiotik
Comment Author Avatar
nah ini, probiotik. sepertinya aku butuh ini untuk anakku. sekarang anakku udah setahun sih, tapi masih bisa diberikan ini. semoga pencernaannya selalu sehat, agar bisa menyerap nutrisi makanan lebih maksimal. sangat disayangkan ya jika obat2 bagus dipalsukan oleh oknum2 tertentu :(
Comment Author Avatar
Bacaan tepat untuk orang tua, pemilihan produk susu buat balita
Comment Author Avatar
Soal probiotik ini jadi hal penting sih, karena aku merasakan sendiri gimana anakku jauuuuh lebih sehat ketika dia minum probiotik dan makannya juga ngga susah
Comment Author Avatar
Wah Terima banyak atas informasinya ya mom. Saya juga seorang ibu. Semoga saya juga lebih peka dan teliti memilih produk yang baik untuk banyak saya yah.

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.