Tertarik dengan Bisnis Batu Bara? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Daftar Isi
Tertarik dengan Bisnis Batu Bara? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Batu bara merupakan komoditi yang sangat menjanjikan dan bisa mendatangkan banyak keuntungan. Tidak heran jika banyak konglomerat yang berasal dari bisnis satu ini.

Karena harganya yang tinggi dan menguntungkan, hasil tambang ini sering disebut dengan nama emas hitam. Beberapa sektor yang membutuhkannya adalah rumah tangga, industri dan transportasi. 

Untuk memulai bisnis dalam bidang ini membutuhkan modal yang besar. Sebagai komoditi penting, pemerintah mengeluarkan banyak regulasi terkait dengan pertambangan dan penjualan batu bara. Seorang pebisnis harus paham peraturan-peraturan tersebut. 

Gambar : Canva

Kelebihan Bisnis Batu Bara

Keuntungan yang besar dari bisnis satu ini merupakan daya tarik bagi pemilik modal. Tidak salah jika banyak konglomerat yang menanamkan dananya untuk jenis usaha satu ini dan terbukti bisa menambah kekayaan.

Bisnis batu bara tidak pernah ada sepinya karena mempunyai market yang jelas dan tetap. Karena untuk memulai usaha ini tidak mudah, terlebih dalam pengurusan perizinan menjadikan penambahan jumlah pebisnis sangat terbatas. 

Namun jika usaha sudah berjalan, dipastikan bakal mendatangkan banyak keuntungan dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa kelebihan bisnis batu bara :

Sumber pendapatan negara

Dalam menjalankan usahanya, para pebisnis tambang harus mengikuti ketentuan negara, termasuk dalam hal membayar pajak. 

Pajak tersebut merupakan sumber pendapatan negara yang cukup banyak. Dengan demikian secara  tidak langsung pengusaha tambang sudah ikut memperbaiki sarana dan prasarana umum yang dibangun  dari uang pajak tersebut. 

Meningkatkan kesejahteraan

Bukan hanya pengusaha, banyak orang yang tinggal dan terlibat dalam bisnis tambang batu bara yang merasakan manfaat dan keuntungan dari usaha tersebut. 

Selain karyawan, tidak sedikit masyarakat di sekitar area yang mendapat keuntungan dari berjualan makanan bagi pekerja. Banyak juga yang membuka usaha kost untuk karyawan yang tidak tinggal di mes. 

Menampung banyak tenaga kerja

Pembukaan tambang batu bara berarti membuka banyak lapangan pekerjaan yang banyak menampung pencari kerja. Jumlah karyawan tambang cukup banyak. ini merupakan peluang kerja bagi yang mempunyai keahlian.

Selain itu, keberadaan tambang di suatu wilayah juga mendukung pembukaan pekerjaan baru, seperti sebagai supir angkut hasil tambang maupun transportasi. 

Bisnis rental kendaraan juga bertambah karena untuk aktivitas membutuhkan transportasi. Begitu juga dengan jumlah orang yang bekerja di rumah makan maupun kebutuhan karyawan lainnya. 

Itu dia beberapa kelebihan bisnis batu bara. Selanjutnya mari kita lihat, apa saja kekurangan dari bisnis yang menggiurkan ini.

Kekurangan Bisnis Batu Bara

Sulitnya untuk mengurus perizinan usaha tambang karena berkaitan dengan dampak yang bisa timbul dari usaha tersebut. 

Pemerintah perlu melakukan kajian terhadap manfaat dan resiko adanya usaha tambang sebelum memberikan izin usaha. 

Beberapa kekurangan tersebut adalah :

Jika tidak hati-hati merusak lingkungan

Galian tambang dan sisa bahan yang digunakan lama kelamaan jika tidak ditangani dengan baik bisa merusak lingkungan. 

Limbah yang dalam proses penggalian tambang dan sisa bahan kimia yang digunakan bisa mencemari lingkungan sekitarnya. Bahkan karena tidak bisa terurai, bahan tersebut akan merusak bagian dalam tanah dan terbawa oleh air hujan. 

Menimbulkan bencana alam

Proses pembukaan lahan dan penggalian tanah yang mengandung batu bara bisa menyebabkan tanah di sekitarnya rusak. 

Penebangan pohon yang dilakukan akan menjadikan air tidak bisa meresap sehingga merusak lingkungan dan menimbulkan bencana alam. Bencana tersebut tidak hanya terjadi di area tambang, tetapi juga bisa menyebar dengan jangkauan yang cukup luas. 

Mengganggu kesehatan

Debu, asap dan residu dari proses penggalian dan pengangkutan hasil tambang bisa mengganggu kesehatan. Salah satunya adalah gangguan pada paru-paru akibat banyaknya partikel yang masuk bersama udara saat bernapas. 

Dari sisi ekonomi bisnis ini memang sangat menguntungkan namun di sisi lain aktivitas dari pertambangan batu bara berdampak buruk bagi lingkungan dan hal ini juga patut dipertimbangkan. 

Setidaknya sebelum terjun ke bisnis emas hitam ini, sudah harus tahu langkah mitigasi untuk meminimalkan dampak negatifnya.

Penutup

Dalam proses bisnis batu bara, kelebihan dan kekurangan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. 

Oleh karenanya diharapkan pada pebisnis, para pemangku kepentingan maupun pihak terkait lainnya agar tidak hanya melihat kelebihannya saja melainkan juga perlu memperhatikan langkah mitigasi terhadap potensi kerusakan lingkungan.

Dengan demikian bisnis batu bara dapat menguntungkan dari sisi ekonomi dan tetap dapat memberi manfaat bagi lingkungan dan sosial.

1 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.
Kalo uangku ga berseri masuk sih mba beli tambangnya 🤣🤣. Apa daya, uang belum setaraf sultan 😂. Jadi untuk skr ini cuma bisa beli sahamnya doang 😅. Lumayan lah ada keuntungan dari pembagian dividen 😄