3 Semen Berkualitas untuk Wujudkan Dapur Minimalis Impian

Mau tahu 3 jenis semen berkualitas yang bisa jadi pilihan untuk bangun dapur minimalis impian? Ada saya spill di artikel ini nih, namun sebelum itu baca dulu pengalaman saya dalam membangun dapur ya.

3 Semen Berkualitas untuk Wujudkan Dapur Minimalis Impian
Foto : ruangarsitek.id

Dapur menjadi tempat favorit saya setelah hidup berumah tangga. Bagaimana tidak, kini tiada hari yang saya lewati tanpa beraktivitaas di dapur. Dari Senin hingga kembali Senin, kerjaannya di dapur terus, wkwwk.

Namanya juga ibu rumah tangga ya, kerjaan utamanya apalagi kalau bukan memasak. Terlebih suami tipe yang lebih suka makan di rumah daripada di luar. 

Jadi mau nggak mau, saya harus rajin memasak. Padahal sebenarnya waktu masih lajang saya nggak pintar masak dan nggak suka juga berlama-lama di dapur. 

Malah saya baru belajar masak berbagai macam menu makanan itu setelah menikah lhoSeriously! 

Dulu tahunya masak telur, tempe dan tahu doang, alhamdulillah sekarang sudah bisa masak ayam, daging, seafood dan lain sebagainya.

Setelah menyandang status sebagai ibu rumah tangga juga barulah saya menyadari bahwa memasak itu menyenangkan. 

Yup, ada rasa bahagia tersendiri ketika saya berhasil memasak menu baru dan menyajikannya di meja makan lalu melihat suami dengan anak-anak menyantapnya dengan lahap.

But honestly, mood memasak saya masih sering naik turun. Salah satu alasan yang kerap bikin saya rada malas memasak karena kondisi dapur yang kurang sedap dipandang.

Kalau sudah begitu saya akan membayangkan betapa enaknya memiliki dapur minimalis yang modern dan estetik seperti yang biasa saya lihat di pinterest atau di feed akun-akun dekorasi di Instagram. Pasti bisa membuat saya lebih bersemangat kerja di dapur. Karena itu saya berencana ingin merenovasi ulang dapur saya yang sekarang.

Padahal dapur saya ini sebenarnya masih baru. Ya, baru dibangun dua tahun lalu dan saya sudah ingin merombaknya. Lho kok?

Well, terkait hal ini saya akan cerita sedikit mengenai pengalaman membangun dapur. Siapa tahu bisa jadi pelajaran juga buat teman-teman.

Membangun dapur pertama kali

Setelah hampir tiga tahun hidup nomaden, saat pandemi dua tahun lalu, saya dan keluarga akhirnya menempati rumah yang sudah dibeli suami sejak masih bujang.

Saat kami masuk kondisi rumah tersebut memang belum direnovasi, dapurnya juga belum ada alias belum dibangun. Masih berupa tanah kosong. Namun karena keadaan mendesak sehingga terpaksa kami tinggali.

Alhamdulillah belum genap sebulan tinggal kami dikasih rejeki untuk bangun dapur. Oh ya sisa lahan rumah yang disediakan untuk membangun dapur tersebut luasnya hanya 2x6 meter saja.

Kebayang dong luasnya gimana?  Sayangnya waktu itu sama sekali tidak terlintas di pikiran saya untuk mencari inspirasi model dapur minimalis. 

Padahal suami berkali-kali meminta pendapat dan menyuruh saya googling tapi beneran deh waktu itu saya benar-benar nggak antusias terlibat lebih jauh dalam proses pembangunan dapur rumah kami.

Pokoknya saya serahkan semua ke suami. Mulai dari perencanaan pembangunan, pemilihan tukang hingga pencarian bahan baku atau material. Segitu percayanya sama suami dan hasilnya 

Ta ra ra.

Dapurnya sudah jadi tapi benar-benar nggak sesuai harapan. Dari model dapurnya yang jauh dari kesan estetik apalagi modern. Termasuk bahan baku yang digunakan juga kurang berkualitas. Bayangkan, belum setahun dinding dapurnya sudah ada yang retak. Wah, kacau ini.

Alhasil bukannya senang saya malah menyesal, hiks. Kenapa nggak terlibat dari awal, kenapa nggak bikin perencanaan sebaik mungkin dulu, kenapa nggak coba cari informasi sebanyak mungkin seputar tips membangun dapur minimalis yang modern baru eksekusi, kenapa dan kenapa?

Tapi ah sudahlah. 

Nggak bisa juga saya salahkan suami mengingat itu juga merupakan pengalaman pertamanya membangun dapur.

Nasi sudah menjadi bubur. Yang terjadi biarlah terjadi. Nggak ada gunanya menyesal, yang penting sekarang saya dan suami harus rajin nabung lagi biar kami bisa menyulap dapur yang sekarang menjadi dapur minimalis yang keren.

Wujudkan Dapur Minimalis Impian dengan Material Terbaik 

Setidaknya dari pengalaman pertama itu saya dan suami kini sudah punya gambaran jika ingin kembali merenovasi dapur maupun rumah.

Pertama yang paling penting adalah persiapan. Seperti halnya rumah atau bangunan lainnya, membangun dapur juga nggak bisa asal-asalan. Tetap butuh persiapan dan perencanaan yang tepat. Paling tidak harus ada target dan sesuaikan dengan anggaran yang ada. 

Kedua, bekali diri dengan pengetahuan terlebih dahulu. Ya, tidak ada salahnya mencari referensi sebanyak mungkin atau membaca pengalaman orang lain terkait pembangunan dapur minimalis guna terhindar dari kesalahan. 

Jangan sampai menyesal kayak saya ya. Masalahnya membangun dapur itu juga butuh modal yang tidak sedikit lho.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pemilihan material atau bahan baku seperti pasir, semen dan batu bata. Pastikan hanya memilih material yang terbaik.

Dibanding bata merah atau batako, bata ringan kini menjadi pilihan banyak orang karena memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya ketahanannya sekuat beton, memiliki insulator yang baik, pemasangannya cepat, finishing-nya lebih indah dan yang pasti lebih hemat biaya juga.

Berikutnya semen juga menjadi hal yang krusial dalam pembangunan. Tentu, karena pasir dan bata ringan hanya dapat terpasang sempurna jika didukung dengan semen berkualitas baik. 

Karena itu untuk bahan baku yang satu ini, pada proses pembangunan berikutnya kami hanya menggunakan semen terbaik yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

3 Piihan Semen Berkualitas untuk Bangunan Kokoh

Kokoh atau tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung pada semen yang kita pilih. Pemilihan semen ini tidak boleh sembarang.. Pasalnya kalau asal pilih, kita sendiri yang akan rugi. Bukannya hemat malah biaya pembangunan yang akan membengkak.

Untuk itu saya sudah cari informasi mengenai beberapa merek semen berkualitas terbaik di Indonesia. Hasilnya, ada tiga merek yang menarik perhatian saya :

Semen Tiga Roda  PCC 50 kg

Semen Tiga Roda merupakan produk semen yang diproduksi oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (“Indocement”). Dengan mengedepankan kualitas terbaik dan inovasi yang berbaur dengan alam, Semen Tiga Roda diproduksi guna memenuhi kebutuhan pembangunan di dalam dan luar negeri.

Salah satu produknya yaitu PCC 50 kg yang digunakan untuk bangunan-bangunan pada umumnya. Semen ini memiliki panas hidrasi yang lebih rendah selama proses pendinginan sehingga dalam pengerjaannya lebih mudah dan menghasilkan permukaan beton atau plester yang lebih rapat dan halus.

Semen Gresik PCC 50 kg

Berikutnya ada Semen Gresik PCC 50 kg yang lebih dari 60 tahun telah dipercaya dalam menyediakan produk semen berkualitas bagi jutaan keluarga dan pelanggan di Indonesia. 

Berbagai mahakarya kelas dunia menjadi bukti nyata kekokohan produk yang diproduksi melalui proses yang ramah lingkungan dan menggunakan teknologi terkini.

Semen SCG PCC 50 kg

Semen SCG PCC 50 kg

Satu lagi nih merek semen sekaligus menjadi favorit keluarga kami yaitu Semen SCG PCC 50 kg yang merupakan semen berkualitas premium dari pabrik semen lapangan hijau pertama SCG di Indonesia.

Keunggulan Semen SCG PCC 50 kg (gambar : FB SCG Brand)

Semen ini memiliki tekstur yang lebih halus dan rendah penyusutan serta daya ikat kuat. Selain itu mudah diaplikasikan karena memiliki formula khusus untuk memberikan hasil plastering atau acian yang lebih baik. Termasuk untuk pemasangan bata sehingga pastinya dapat membantu pengerjaan tukang menjadi lebih cepat.

Itu dia 3 rekomendasi semen berkualitas yang dapat menjadi pilihan teman-teman. Dimana salah satunya ada Semen SCG PCC 50 kg dengan keunggulannya mudah diaplikasikan dan menghasilkan acian atau plastering yang oke karena daya ikatnya kuat dan penyusutan rendah.

Demikian sedikit cerita saya mengenai pengalaman membangun dapur pertama kali dan keinginan untuk kembali merenovasinya demi mendapatkan dapur minimalis impian.

Tentunya dapur minimalis impian tidak dapat terwujud tanpa dukungan materi seperti semen yang berkualifas. Untuk itu pastikan hanya memilih semem yang teruji kokoh ya.

Sekian. Semoga sharing ini bermanfaat 

14 komentar untuk "3 Semen Berkualitas untuk Wujudkan Dapur Minimalis Impian"

Comment Author Avatar
Iya, dong, memilih semen itu tidak boleh asal-asalan. Soalnya ini menyangkut efek jangka panjang. Pasti sedih kalau bangunan yang kita tempati mengalami kerusakan. Benar-benar bikin nggak nyaman.
Comment Author Avatar
Jadi pengingat banget buat yang akan membangun dapur.
Kudu memilih material berkualitas dan tentunya semen yg digunakan juga dari merek yg dipercaya seperti Tiga Roda ini.
Comment Author Avatar
Semoga dapur impian segera terwujud ya, mbaa.. Biar makin betah acara masak-masaknya. Btw, makasih referensi semennya. Berguna banget niih
Comment Author Avatar
Membangun rumah meskipun hanya seruangan memang harus dengan perencanaan matang. Karena biayanya lumayan. Selain itu juga pengennya kan tahan lama. Pastinya harus mencari bahan bangunan yang bagus, termasuk memilih semen
Comment Author Avatar
MashaAllah~
Dapur tuh bagaikan laboratorium istri ketika ada di rumah ya.. Tempat eksperimen berbagai menu masakan yang tentunya memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Dengan didesain cantik menggunakan semen pilihan yang kuat, maka membangun dapur impian bisa terwujud.
Comment Author Avatar
Woaaaa Semen Gresik PCC legenda nih, eh, aku dulu ingetnya karena dipakai buat perbaiki bangunan rumah Emak.
Penasaran banget dengan Semen SCG ini mbak
Next klo mw perbaiki rumah lagi bisa coba semen satu ini deh
Comment Author Avatar
Masha Allah, aku juga lagi punya niatan bangun dapur dan naikin lantai mba. Cari bahan bangunan yang harga terjangkau tapi berkualitas. Alhamdulillah ada referensi nih. Bismillah semoga Allah ijabah segera doa doa kita yaa
Comment Author Avatar
Bahan baku yang penting dalam sebuah bangunan salah satunya adalah semen. Maka dengan berkualitasnya semen, bagus pula untuk bangunan yang digarap
Comment Author Avatar
Dapur emang tempat semedinya emak2 dirumah. Kalau dapurnya asyik dan nyaman pasti lebih betah lagi deh berdiam di dapur. Untungnya ada semen SGC , bisa realisasi dapur idaman kita.
Comment Author Avatar
yeayyy inspiring bgt ya mbaaa

pastinya mupeng buat bs dapat hasil terbaik utk bangunan kita ya mbaaa🔥
Comment Author Avatar
Thank you remindernya...kyknya diriku harus mulai memikirkan desain rumah terutama dapur yg aku mau nih. Biar nggak nyesel juga. Yg paling penting saat pemilihan bahan bangunan ga boleh sembarangan ya.
Comment Author Avatar
saya baru tau merk lain selain semen gresik itu mba, nggak pernah ngeh sama persemenan soalnya hehe ini rumah juga kebetulan langsung beli jadi ngga pakai ngebangun sendiri
Comment Author Avatar
Kalau dapurnya cakep, bersih, dan estetik kita jadi semangat banget buat masak, ya, Mbak. Hahaha. Btw, thank you buat rekomendasi 3 semen yang berkualitas. Bapakku biasanya pakai Semen Tiga Roda.
Comment Author Avatar
Banyak banget pilihan ya mba, tapi dari dulu saya pakai yang tiga roda memang kta harga lebih sedikit tinggi . Tapi saya baru lihat semen SCG Kya perlu dicoba

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.