Resep Mochi Bites yang Viral di Tiktok Bisa Jadi Ide Usaha

Suami dan anak-anak di rumah doyan banget ngemil, makanya saya juga rajin membuatkan mereka cemilan. Padahal aselinya saya nggak jago di dapur. 

Waktu masih lajang saya cuma tahu bikin masakan rumahan doang. Itu pun yang simple-simple saja seperti masak sayur bening, goreng ikan, bikin telur dadar atau telur mata sapi dan tumis kangkung. Sedangkan urusan cemilan selalu beli di luar.

Tapi semenjak berkeluarga terutama setelah kehadiran anak-anak, saya yang tadinya tidak pandai membuat cemilan akhirnya turun tangan. Demi bisa menyajikan hidangan sehat dan lezat ala homemade untuk keluarga, apa sih yang nggak bisa? hehe

Untungnya zaman sekarang mau belajar masak maupun bikin cemilan enak dan sehat nggak susah. Tinggal cari saja resepnya di Tiktok. Mau cari resep cemilan di platform lain seperti Youtube atau Facebook juga bisa, cuma untuk saat ini saya lebih suka pantengin Tiktok.

Apalagi makanan-makanan yang sering trending di medsos itu biasa viral pertama kali di Tiktok. Seperti cemilan yang satu ini. Mochi Bites. Ada yang sudah pernah buat?

Resep Mochi Bites yang Viral di Tiktok Bisa Jadi Ide Usaha

Mochi Bites, Hidangan Sehat dan Lezat untuk Keluarga, Bisa Jadi Ide Usaha Juga

Sebelum intip resepnya kita kenalan dulu yuk dengan si mochi bites. Mochi sendiri  merupakan makanan tradisional khas Jepang yang memiliki tekstur kenyal dan lembut.

Sedangkan mochi bites bisa dibilang mochi versi modern yang memiliki ukuran lebih kecil dengan taburan bubuk coklat atau rasa lain serta disajikan dengan saus yang bervariasi, mulai dari coklat hingga matcha.

Rasanya tidak hanya lezat tapi juga unik. Tidak heran jika cemilan ini populer di kalangan anak muda dan ibu-ibu muda. Selain dijadikan sebagai cemilan untuk diri sendiri dan keluarga, tentunya mochi bites juga bisa jadi ide jualan yang menarik.

Terlebih jika di tempat Moms belum ada yang jualan cemilan viral ini, bisa jadi peluang yang sangat menguntungkan. Bakal auto laris!

Tertarik mau jualan mochi bites? Yuk praktekin dulu resepnya di bawah ini. Nggak perlu takut gagal, sekali coba Moms bisa langsung berhasil kok karena cara buatnya gampang banget.

Resep Mochi Bites Viral, Rasa Bikin Nagih

Resep Mochi Bites Viral, Rasa Bikin Nagih
Gambar : IG @ngemill.ya

Buat Moms yang belum pernah buat mochi bites, buruan bikin buat jadi cemilan enak dan sehat untuk keluarga. Dijamin suami dan anak-anak bakalan doyan. Di sini saya bakal sharing 2 variasi resep mochi bites. Yuk intip resepnya!

Resep Mochi Bites Matcha Cokelat

Bahan Mochi

  • 200 gr tepung ketan putih
  • 30  tepung maizena
  • 60 gr gula pasir
  • 280 ml susu cair (UHT)
  • 5 sdm minyak goreng

Bahan vla keju:

  • 60 gram keju parut
  • 15 gram gula
  • 150 ml susu
  • 1 sdt maizena

Bahan tambahan:

  • Bubuk pure matcha
  • Bubuk pure cokelat
  • Oreo yang sudah dihancurkan

Cara Membuat Mochi Bites Matcha Cokelat

  • Campur semua bahan mochi
  • Olesi wadah tahan panas dengan minyak, tuang adonan mochi ke wadah tersebut, kemudian kukus selama kurang lebuh 20 menit.
  • Uleni adonan mochi lalu bulatkan mochi seperti membuat bakso, 
  • Lumuri sebagian mochi dengan bubuk pure matcha dan sebagian lagi dengan pure cokelat.
  • Buat saus vla dengan memasak keju parut, gula dan susu. Masak hingga gula larut lalu tuang adonan maizena, aduk rata sampai mengental.
  • Sajikan mochi dengan saus keju dan oreo yang sudah dihancurkan 

Resep Mochi Bites Saus Cokelat

Bahan Mochi

  • 250 gram tepung ketan
  • 170 ml susu cair
  • 35 gram gula pasir

Baluran:

  • Tepung maizena,sangrai

Bahan saus cokelat:

  • 100 gram dark chocolate
  • 60 gram susu cokelat
  • 2 sdm gula pasir
  • 200 ml susu cair
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdm air

Cara Membuat Mochi Bites Saus Cokelat

  • Aduk rata semua bahan mochi, kemudian saring hingga halus.
  • Masak sampai mengental, matikan api, biarkan hangat.
  • Baluri tangan dengan maizena supaya tidak lengket. Bentuk bulatan mochi. Lakukan sampai selesai.
  • Baluri mochi dengan maizena yang sudah disangrai.
  • Buat saus cokelat: campur maizena dengan air, aduk rata.
  • Masak susu dan cokelat, aduk terus sampai cokelat larut. Tambahkan larutan maizena.
  • Masak sampai mengental. Angkat, sajikan bersama mochi. 

Itu dia resep mochi bites yang viral di media sosial. Sebenarnya masih banyak varian mochi yang lainnya, terutama untuk cocolannya. Bisa Moms buat sesuai selera.

Produk Maizenaku
Gambar : egafood.co.id

Biar mochi buatan Moms semakin lezat dan sehat jangan lupa gunakan Produk Maizenaku ya. Di rumah pun saya selalu stok Maizenaku. Tentu bukan tanpa alasan dong saya memilih produk dari egafood ini.

Tepung Maizenaku merupakan tepung jagung asli dengan kualitas nomor satu. Produk dari egafood ini diantaranya dapat mengentalkan 2x lebih kuat dari merk lain, membuat warna saus yang lebih bening dan non GMO.

Keunggulan lainnya tepung ini dibuat dengan proses yang higienis, memiliki warna cerah dengan kualitas yang terjaga. Tidak hanya itu, teksturnya pun renyah dan memiliki rasa yang lezat.

Selain itu produk ini juga sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI sertifikasi TOP BRAND jadi nggak usah ragu kalau mau buat hidangan sehat dengan Produk Maizenaku.

Bagaimana? Cara membuat mochi bites mudah banget kan, Moms?  Semoga resep di atas bermanfaat ya. Selamat mencoba!

14 komentar untuk "Resep Mochi Bites yang Viral di Tiktok Bisa Jadi Ide Usaha"

Comment Author Avatar
Aaa aku pecinta mochi tau kak.. suka banget sama kenyal2nya mochi dan isian-isiannya. Klo dl kan hanya kacang y skg beranekaragam.

Dapat resep ini langsung coba bikin ah.. makasih ya kak..
Comment Author Avatar
tiba-tiba pengen bikin mochi mbak sis. kalau mencermati resep cenderung mudah. tapi cukup challenging bagikut yang memang amatiran kalau beikinan kue beginian. Noted du;u resepnya
Comment Author Avatar
Anak saya tuh doyan banget dengan mochi. Terutama yang isiannya coklat atau keju. Sekotak bisa habis sendiri. Kalau saya sih cuma nyoba sedikit aja karena gak kuat dengan rasa manisnya.
Comment Author Avatar
Saya belum pernah coba nih, Mochi Bites, Mbak. Tapi dari baca di sini, resepnya mudah saja ya, Mbak. Apalagi bahannya juga mudah didapatkan. Nanti coba buat. Bisa buat camilan buat keluarga.
Comment Author Avatar
Ternyata mudah ya?
Kebetulan saya juga selalu stock Maizenaku
Bahkan harus selalu ada, karena saya sering bikin puding yang butuh tepung maizena
Duh jadi pingin bikin puding :D
Comment Author Avatar
Cianjur Sukabumi terkenal oleh oleh khas nya itu moci. Tapi saya sebagai warga lokal justru gak tahu bagaimana cara buatnya hehehe. Ini senang banget dapat resepnya disini. Izin saved ya. Kapan kapan lengkap bahan, mau mencoba membuatnya
Comment Author Avatar
Bikin hidangan maupun camilan memang asiknya bisa berkreasi apalagi punya tepung maizena andalan, jadinya makin kreatif lagi. Siip bikin mochi kuy
Comment Author Avatar
Wah iya, ini seliweran di TikTok
Kok kayaknya mudah ya, mau coba bikin ah
Comment Author Avatar
Udah lama pengen bikin mochi sendiri, anak-anak selalu ketagihan kalau dibeliin mochi, tapi kadang suka bingung isiannya, ternyata pakai bahan yang ada biasa di mini market bisa juga ya. Terimakasih banyak resepnya..
Comment Author Avatar
Ya ampun mochi bites lagi ngetren dan dijual cukup mahal di mal..Kalau gini kan bisa bikin sendiri biar kalau mau nambah tinggal ambil lagi. Pakai saja Tepung Maizenaku yang merupakan tepung jagung asli dengan kualitas nomor satu.
Comment Author Avatar
Nyaaamm keliatannya kok gampang bikinnya dari resep ini mbak hehe. Bisa jadi ide jualan nih.Minimal buat coba2 dulu jualan pas ada praktik wirausaha di sekolah anak atau pas ada bazar tujuh belasan deket2 ini hehe. Thanks ide dan resepnya.
Comment Author Avatar
Kak Siiiss..
Anakku seriusan lagi doyan banget sama kue mochi.
Biasanya kalau beli di sekolah cuma dapet 3 bola mochi harganya Rp 6000.

Jadi kalau mengolah sendiri Mochi Bites menggunakan bahan terbaik yakni Produk Maizenaku, maka hasilnya juga yummmiii dan sehat, tentunya yaa..
Comment Author Avatar
Sharing yg bermanfaat, boleh juga sebagai ide membuat cemilan di rumah apalagi bahannya pun terlihat cukup mudah dijumpai dan yg ga kalah penting. Proses membuatnya ga terlalu ribet
Comment Author Avatar
Mochiiiii, saya suka banget dengan mochi. Kalau lihat resepnya kok kayaknya simpel ya Mba? Perlu dicoba juga ini, saya juga nggak pinter kalau udah urusan masak yang bikin kue-kue begini..hehe

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.