9 Cara Seru Mengajari Anak Memasak Sejak Dini

Cara Seru Mengajari Anak Memasak
Gambar : freepik

Cara seru mengajari anak memasak perlu diketahui oleh para orang tua nih. Sebaiknya  sedari dini kita memang sudah mengenalkan anak dengan aktivitas memasak, mengingat manfaatnya bukan sekadar untuk membantu orang tua tetapi sekaligus sebagai basic life skill bagi si kecil.

Lebih dari itu, mengajari anak memasak bukan hanya tentang memberikan pengetahuan tentang makanan dan keterampilan memasak, melainkan juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. 

Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengajari anak keterampilan memasak sejak kecil. Namun tidak seperti orang dewasa, mengajari anak-anak tentu butuh trik khusus.

Mengingat mereka mudah bosan dan masih sedikit rentang waktunya untuk fokus sehingga sebagai orang tua, kita sendiri yang harus mencari cara seru dan menyenangkan agar anak mau diajak belajar memasak. Bagaimana caranya? Yuk kita ulas!

Cara seru mengajari anak memasak

Mengajari anak memasak sejak dini
Gambar : freepik

Mengajari anak memasak sebenarnya adalah kegiatan yang menyenangkan lho. Namun ini tergantung juga dengan bagaimana cara kita mengajarkan. So, biar anak-anak hepi belajar memasaknya, ayo ikuti tips jitu berikut ini.

Pilih resep yang mudah

Cara seru mengajari anak memasak yang pertama bisa kita mulai dengan membuat resep-resep yang mudah. Resep yang kita pilih untuk diolah sebaiknya disesuaikan dengan usia anak ya.

Untuk anak yang masih usia dini bisa kita ajari memasak menu yang simple-simple saja. Atau bisa juga kita buatkan menu favoritnya, seperti cookies, pancake, atau sandwich

Sedangkan untuk anak yang lebih besar bisa kita libatkan dalam proses memasak yang mungkin agak ribet tapi masih masuk kategori masakan yang mudah dibuat, seperti membuat nasi goreng, ayam goreng kentucky dan lain sebagainya.

Jadi jangan langsung mengajari anak praktik resep masakan yang susah. Nanti yang ada bukannya antusias malah mereka kabur dari dapur, hehe. Ajarinya bertahap saja dulu. Dengan begitu mereka bisa lebih antusias dan tertarik untuk belajar.

Ajak mereka berbelanja

Agar anak-anak semakin antusias belajar memasak, sebaiknya kita libatkan juga mereka dalam kegiatan berbelanja bahan makanan di pasar atau supermarket. 

Biarkan mereka memilih sendiri sayuran, buah-buahan, atau bahan makanan lainnya yang akan digunakan saat memasak. 

Sembari berbelanja kita juga bisa sambil mengajarkan anak mengenal bahan-bahan makanan yang bergizi dan memberitahunya cara memilih bahan yang segar.

Libatkan mereka dalam persiapan bahan

Tidak hanya saat berbelanja, kita juga perlu melibatkan mereka dalam proses menyiapkan bahan. Biarkan anak-anak membantu mencuci, mengupas, atau memotong bahan makanan yang aman dan sesuai dengan usia mereka. Jelaskan juga mengenai alat dapur yang digunakan dan teknik-teknik dasar memasak.

Berikan tugas-tugas yang sesuai dengan usia anak

Tips selanjutnya agar aktivitas di dapur jadi semakin seru yaitu berikan tugas. Anak dapat diberi tugas sesuai dengan tingkat kematangannya.

Misalnya, anak usia dini dapat membantu mencampurkan adonan. Sedangkan anak yang lebih tua dapat membantu dalam pemanggangan.

Jadikan proses memasak menyenangkan

Tips yang satu ini juga terbilang efektif. Jadikan proses memasak sebagai momen yang menyenangkan. Sambil mengajar, ajak si kecil berbicara, bernyanyi, atau mendengarkan musik favorit mereka saat memasak. Hal ini akan membuatnya tidak merasa terbebani, justru merasa santai dan lebih bersemangat.

Buatlah agenda rutin

Karena baru tahap berlatih, kita tidak perlu memaksa anak untuk ikut belajar memasak setiap hari. Cukup agendakan saja kegiatan memasak bersama anak ini secara rutin. 

Misalnya, setiap pekan ada satu hari di mana anak bertanggung jawab sepenuhnya atas makanan yang akan ia masak. Hal ini akan memberi mereka kesempatan untuk terus berlatih dan meningkatkan keterampilannya.

Ajak mereka mencoba hal baru

Selain memasak hidangan favorit, ajak juga anak untuk mencoba hal baru. Misalnya dengan mengeksplorasi makanan dari berbagai daerah atau mencoba resep makanan sehat yang mereka belum pernah coba sebelumnya. Hal ini akan membuka wawasan mereka tentang variasi makanan yang berbeda.

Bikin kompetisi memasak keluarga

Cara yang satu ini juga nggak kalah asyik. Sesekali bolehlah adakan kompetisi memasak antar anggota keluarga.

Bagilah keluarga menjadi tim dan berikan tugas memasak yang sama kepada masing-masing tim. Ajak anak-anak untuk berkolaborasi dalam tim dan bersenang-senang bersama. Seru banget, kan?

Ajak anak bermain game kuliner

Satu lagi cara seru mengajari anak memasak yang sangat patut dicoba yaitu dengan mengajak mereka bermain game bertema masakan atau kuliner. 

Yup, namanya anak-anak pasti senang bermain game. Game sendiri memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak diantaranya melatih otak, meningkatkan kecerdasan, mengasah keterampilan dan lain-lain.

Tentu ada banyak jenis game yang bisa dimainkan oleh anak. Salah satunya adalah game bertemakan kuliner atau memasak. Dengan mengajak anak bermain game kuliner secara tidak langsung kita sudah mengajari sekaligus menumbuhkan rasa suka atau ketertarikan anak pada aktivitas di dapur.

Nah, kalau mau ajak anak main game kuliner online tanpa perlu unduh dan pake acara daftar atau log in segala, pokoknya bisa langsung main plus bebas iklan juga, kunjungi saja deh kunjungi website Cullinary Schools. Very recommended!

Kids food games
Gambar : cullinaryschools.org/kids-foods/

Rekomendasi Game Kuliner Online untuk Anak

Culinary Schools hadir dengan koleksi ratusan game online gratis seputar kuliner, termasuk permainan tentang seni kuliner, bisnis restoran, karir yang berkaitan dengan perhotelan hingga pertanian juga ada.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, saya senang ajak anak main game sekaligus belajar tentang kuliner di Cullinary Schools karena praktis, nggak perlu unduh game yang bisa bikin memori hp cepat penuh.

Tinggal meluncur saja ke websitenya dan bebas pilih game mana yang ingin kita dan si kecil mainkan. Semua gamenya gratis diakses dan bebas iklan pula.

Menariknya lagi, semua game tersebut sudah diterbitkan menggunakan desain web HTML5 yang ramah seluler dan desktop sehingga pastinya menambah kenyamanan pengguna.

Senangnya pula, kalau main game di sini benar-benar bebas hambatan karena selain nggak ada iklan, tautan game yang ingin dimainkan juga langsung mengarahkan kita ke tab baru sehingga kita bisa lebih fokus bermain karena di layar hanya menampilkan game terkait.

Nah, berikut ini saya mau rekomendasikan beberapa game kuliner online favorit saya dan si kecil yang ada di Cullinary Schools. Apa saja?

Bunicullas Kaotic Kitchen

Bunicullas Kaotic Kitchen

Pertama ada game Bunicullas Kaotic Kitchen
game adalah permainan membuat resep sederhana di mana anak-anak membantu Bunnicula memasak hidangan unik. 

Cara mainnya gampang banget. Kita tinggal buka kulkas atau lemari es untuk menemukan resep makanan yang hendak dibuat. 

Cara melihat resepnya adalah dengan meng-klik menu yang berwarna gelap. Untuk menu yang sudah dimasak, warnanya akan berubah menjadi terang. Game ini dapat melatih daya ingat anak sekaligus dapat mengajarinya berhitung.

Sweety Cooking Chocolate Cake 


Selanjutnya ada game Sweety Cooking Chocolate Cake. Sesuai namanya, ini adalah game membuat kue coklat. Lewat game ini kita dapat mengenalkan anak bahan-bahan dan alat yang biasa digunakan dalam membuat kue.

Game ini bisa dimainkan oleh anak usia dini baik yang baru kelas 1 SD atau yang masih duduk di bangku TK karena cara mainnya juga sangat gampang, tinggal mengikuti petunjuk yang ada di layar.


Berikut ada game The Boiled Egss yang cukup menantang tapi masih bisa dimainkan oleh anak usia dini.  Cara bermainnya adalah dengan merebus telur dalam beberapa panci berbeda secara bersamaan dan kita juga harus memperhatikan suhu panci.

Permainan ini diawali dengan merebus telur dalam 1 panci baru kemudian bertambah dari 2 panci hingga 6 panci secara bersamaan.

Di sinilah dilihat tingkat kejelian seseorang dalam bekerja di dapur dan mencatat segala hal yang dibutuhkan dalam satu waktu.

Penutup

Mengajari anak memasak bukan hanya memberikan mereka keterampilan yang berguna, tetapi juga membangun kepercayaan diri, rasa tanggung jawab, dan kreativitas mereka. Dengan mengikuti cara-cara seru di atas, anak-anak akan merasa lebih antusias dalam belajar memasak dan dapat menciptakan momen berharga dengan keluarga.


14 komentar untuk "9 Cara Seru Mengajari Anak Memasak Sejak Dini"

Comment Author Avatar
Memang salah satu todolist terwajib sih buat ngajarin anak masak, terlepas dari gendernya apa. Soalnya kalo menurutku, ilmu masak memasak itu lebih ke basic life skill. Yang kaitannya dengan teknik bertahan hidup.

Game masaknya bagus baguus euy. Nanyi kalo udah beli tablet, saya mau coba aaah.
Comment Author Avatar
Kunci lain orang tua harus sabar hihi. Aku beruntung dulu dibebaskan oleh ibu buat bereksperimen di dapur. Usia SMP ya udah bisa masak nasi goreng sendiri. SD sih, masak mie, telor, nasi, air juga udah bisa (banyak temenku yang SMA masak nasi pake magicom aja gak bisaaa). Orang tua yang gak sabaran, atau suka sebel liat dapur berantakan agak susah menerapkan cara-cara di atas.

Dan aku baru tahu itu ada simulasinya segala walau lewat game. Bener-bener kemanfaatan teknologi yang baik.

Comment Author Avatar
Saya dari dulu suka banget main game yang berkaitan dengan makanan apalagi yang hias kue cake gitu
Comment Author Avatar
Menurut aku game-game sejenis makanan itu memang harus lebih banyak dipopulerin ketimbang yang main berantem karena emosinya ikut ke sulut nggak sih apalgi anak2. aku kerasa banget efek main game yang masak-masak dengan efek main game yang berantem-berantem,gk jauh-jauh main game berantem main catur aja kalau kalah aku stress:')
Comment Author Avatar
Aku juga mau main game kuliner wkwkwkw. Nanti ah ngajak Saladin main bareng.

Bener banget Kak. Kalau anak2 memasak kudu menyenangkan. Keingat dulu pas belajar masak malah stress karena disuruh ngiris yg simetris, ada aja salahnya. Akibatnya baru bisa masak di usia 20an. Eh maap malah jadi curcol.
Comment Author Avatar
Nah, ini nyokapkuh dulu skip ngajarin aku masak, karena menurut dia aku akan lebih mengacaukan dapur daripada belajarnya. Aku paling kebagian cuci piring daripada ikut sibuk mikirin mau masak hari ini, resepnya apa, budget-nya bagaimana... Tapi mungkin memang aku lebih minat makan, heheheh
Comment Author Avatar
Nah iyaah anak-anakupun uda biasa masak sendiri kalau emaknya sibuk diluar, yang penting sedia bahan telur, frozeen food dan sejenisnyaa yaah apalagi skarang di tiktok menu resep gampang byk yg sharee bawaan pd pengen praktek aja walau kenyataan dan hasilnyanya tak seperti dalam video :)
Comment Author Avatar
Ini memang penting sih mba, bisa dibilang itu basic skill setiap manusia sbnrnya. Toh suatu saat anak2' bakal jauh dari kita kan, diharapkan mereka bisa lah setidaknya masak yg gampang aja dulu

Aku udh mulai juga ngajarin anak2' masak.walo aku bukan jago masak juga, tapi at least yg gampang2 masih bisa 😁

Kayak si Kaka udh aku ajarin masak nasi, masak mie dan telur dadar.

Adeknya Krn blm sampe tinggi ke kompor, jadinya cara ngocok telur buat dibikin telur dadar dulu.

Dan kemarin kami Nemu Webtoon lazy cooking di mana buanyaak bgt resep mudah buat dilakuin bareng. Udh sepakat ntr mau cobain 1-1 😄
Comment Author Avatar
Cara seru mengajari anak memasak emang beneran se-fun itu 🥰😍 Aku bahkan baru tau kalau ada games yang bagus dan rekomend buat anak, kemudian enggak pernah kepikiran bikin kompetisi memasak di keluarga, terpenting goals nya terwujud dengan baik ya membangun rasa pecaya diri pada anak.
Comment Author Avatar
Seru banget ya.. bermain game kuliner di Culinary Schools.
Karena selain ini adalah permainan, tapi juga membantu anak lebih kreatif ketika berada di dapur. Memang memasak itu adalah seni dan life skills.
Comment Author Avatar
Wah jadi inget game masak masak yg dulu rame disukai anak kecil, emang feeling menciptakan sesuatu seorang anak itu harus dipupuk ya
Comment Author Avatar
Seru yaa main game masak-masak ini, anak jadi tertarik untuk belajar masak betulan karena memang masak tuh menyenangkan apalagi bareng anak
Comment Author Avatar
Aku suka juga main game simulasi bikin kue, pizza, atau pelayanan resto gitu.. Padahal game bocah yak hee.. Bener jg game ky gitu bisa jd salah satu cara ajarin anak masak y
Comment Author Avatar
Ponakanku suka banget game masak-masakan. Dia jadi kepo nama-nama bahan masakan dan suka banget lihat ibunya masak. Kadang dia pengen ikutan tapi sama ibunya belum dibolehin, hehe.

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.