Kontribusi PGN Saka dan Upayanya Menjaga Lingkungan

Kontribusi PGN Saka dan Upayanya Menjaga Lingkungan

PGN Saka adalah salah satu anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi. Perusahaan ini fokus pada kegiatan eksplorasi, pengembangan, dan produksi di lapangan minyak dan gas bumi di Indonesia. 

Sejak berdiri pada 27 Juni 2011 di Jakarta, PGN Saka aktif berkontribusi terhadap negeri dan memiliki kepedulian yang tinggi pada lingkungan. 

Saat ini PGN Saka memiliki 11 aset hulu migas, 10 diantaranya berada di Indonesia dan 1 blok shale gas di Texas, Amerika Serikat. Seluruhnya sangat konsen terhadap aspek lingkungan dan sosial masyarakat.

Nah, apa saja kontribusi yang sudah diberikan PGN Saka dan bagaimana komitmennya dalam menjaga lingkungan? Yuk kita ulas!

Kontribusi PGN Saka untuk Negeri

Jika berkunjung ke website PGN Saka Energi  atau akun media sosialnya, teman-teman bisa melihat sendiri kontribusi yang diberikan anak PGN ini untuk negeri. 

Mulai dari meningkatkan pasokan energi di Indonesia, meningkatkan pendapat negara hingga turut serta dalam memberdayakan masyarakat lokal.

Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat kobtribusi PGN Saka untuk negeri, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Peningkatan pasokan energi

Kita patut bersyukur karena melalui kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, PGN Saka berperan penting dalam meningkatkan pasokan energi di Indonesia. Hal ini membantu memenuhi kebutuhan energi domestik dan mengurangi ketergantungan negara kita pada impor energi.

Pengembangan lapangan minyak dan gas

PGN Saka Energi melakukan kegiatan eksplorasi dan pengembangan lapangan minyak dan gas yang belum dieksplorasi sepenuhnya. 

Dengan menemukan dan mengembangkan sumber daya baru, perusahaan ini membantu meningkatkan cadangan energi dan mendorong pertumbuhan industri minyak dan gas di Indonesia.

Inovasi teknologi

Dalam perjalanannya, PGN Saka Energi terus melakukan inovasi dan pengembangan teknologi dalam eksplorasi dan produksi minyak dan gas. 

Dengan inovasi teknologinya ini PGN Saga berhasil membantu peningkatan efisiensi operasional, pengurangan dampak lingkungan, dan peningkatan keberlanjutan industri minyak dan gas.

Pendapatan negara

Melalui kegiatan produksi minyak dan gas, PGN Saka Energi memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan negara melalui pembayaran royalti, pajak, dan dividen kepada pemerintah. 

Kontribusinya ini membantu membiayai pembangunan infrastruktur dan program-program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat lokal

PGN Saka juga berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat lokal di sekitar area operasionalnya. Perusahaan ini menyediakan peluang kerja, pelatihan, dan pengembangan keterampilan bagi masyarakat sekitar. 

Selain itu, PGN Saka juga aktif dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) seperti pembangunan infrastruktur sosial, pendidikan, dan kesehatan.

Dengan kontribusi-kontribusi tersebut, PGN Saka berperan penting dalam pengembangan industri minyak dan gas di Indonesia serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Tidak hanya itu, perusahaan dengan pengalaman puluhan tahun di sektor energi dan terlibat dalam produksi minyak dan gas ini juga memiliki kepedulian yang tingi terhadap lingkungan. Mereka menjalankan aktivitas operasionalnya sambil menjaga lingkungan.

Upaya PGN Saka Menjaga Lingkungan

PGN Saka memiliki komitmen untuk melindungi bumi dan menjaga lingkungan dalam setiap aspek operasionalnya. Berikut adalah beberapa aksi nyata yang sudah dilakukan anak usaha PGN ini dalam melindungi bumi:

Praktik operasional berkelanjutan

PGN Saka menerapkan praktik operasional yang berkelanjutan guna mengurangi dampak terhadap lingkungan. Praktik ini meliputi pengelolaan limbah, pengurangan emisi gas rumah kaca, penghematan energi, dan pelestarian ekosistem di sekitar wilayah operasionalnya.

Perlindungan keanekaragaman hayati

PGN Saka senantiasa memperhatikan perlindungan keanekaragaman hayati di area operasionalnya. Perusahaan ini berusaha untuk meminimalkan dampak negatif pada flora dan fauna lokal dengan melakukan pemantauan aktif serta mematuhi peraturan lingkungan yang berlaku.

Pengelolaan air

PGN Saka juga memiliki program pengelolaan air yang bertujuan untuk meminimalkan penggunaan air, mengurangi limbah cair, dan melibatkan komunitas lokal dalam pemeliharaan sumber daya air di sekitar area operasionalnya.

Peduli lingkungan lokal

Selain menjalankan praktik operasional yang berkelanjutan, PGN Saka juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan lingkungan di sekitar wilayah operasionalnya.

Perusahaan ini turut serta dalam program pemulihan lingkungan, pembersihan pantai, penghijauan, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk membantu melestarikan dan mengembalikan keseimbangan alam.

Menjalankan program dekarbonisasi

Tidak hanya itu, PGN Saka baru-baru ini juga telah melakukan inovasi dengan menjalankan program dekarbonisasi yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dalam operasionalnya. 

Dekarbonisasi yang dilakukan PGN Saka saat ini merupakan hasil penyusunan road map program inisiatif dekarbonisasi PGN Saka untuk periode 2022 – 2030.

Program dekarbonisasi tersbut diterapkan pada sejumlah fasilitas offshore maupun onshore PGN Saka, seperti Gas Processing Facility (GPF), Oil Treating Facility (OTF), dan LPG Facility (LPGF). 

Berikut program dekarbonisasi yang diterapkan PGN Saka :

  • Solar Panel Offshore – Sidayu sebagai penambahan sumber energi yang secara independent untuk membarikan catu daya pada peralatan listrik pada fasilitas proses di proyek Sidayu. Program ini dapat mereduksi emisi sebesar 67,42 ton CO2eq per semester, dengan potensi penghematan sebesar 25.052 liter solar.
  • Carbon offset. Program ini diinisiasi karena dalam proses produksi gas dapat menghasilkan emisi gas CO2. Dari hasil mitigasi, masih menyisakan sisa-sisa gas rumah kaca. Inovasi carbon offset dilakukan dengan menanam mangrove di sekitar area industri untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Program ini berpotensi mereduksi emisi sebesar 16.417 ton CO2 equivalen per tahun.
  • Pemanfaatan gas buang Gas Turbine Generator (GTG). Gas turbin generator yang beroperasi di offshore dan onshore menghasilkan gas buang dengan temperatur yang cukup tinggi. Pemanfaatan gas buang GTG ini dapat mereduksi emisi sebesar 1.687 ton CO2 equivalen per tahun dengan potensi penghematan energi sebesar 34.047 MMSCF.
  • Subtitusi gas engine pada flash gas compressor. PGN Saka terdorong untuk mengimplementasikan program ini, karena engine pada flash gas compressor masih menghasilkan emisi CO2. Program ini mampu mereduksi emisi sebesar 4.143 ton CO2 eq per tahun dengan potensi penghematan energi sebesar 41,3 MMSCF.

Konservasi Mangrove

Kepedulian PGN Saka terhadap lingkungan tidak berhenti di situ. Perusahaan ini juga fokus pada program konvervasi mangrove untuk menjaga kelestarian hayati pesisir pantai dan ekosistem laut. 

PGN Saka berkontribusi mulai dari pembibitan hingga penanaman mangrove di Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Selain itu, PGN Saka juga mendukung pemulihan ekosistem mangrove khususnya di Ujungpangkah, serta berbagai lokasi di pesisir Kabupaten Gresik.

Melalui berbagai upaya tersebut, PGN Saka berkomitmen untuk menjaga dan melindungi lingkungan, serta berkontribusi dalam melestarikan bumi bagi generasi mendatang.

Penutup

Sejauh ini PGN Saka selaku perusahaan yang bergerak di eksplorasi dan produksi minyak dan gas ini telah memberikan banyak kontribusi untuk negeri. 

Kehadirannya tidak hanya fokus menjalankan aktivitas operasional untuk keuntungan perusahaan semata, melainkan juga turut aktif membantu pemerintah melalui program-programnya yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat 

Tidak hanya itu, dalam menjalankan proses produksinya, PGN Saka juga sangat memperhatikan lingkungan. Sejumlah aksi nyata melindungi bumi telah dilakukan sebagai bukti komitmen perusahaan ini peduli terhadap lingkungan.

Posting Komentar untuk "Kontribusi PGN Saka dan Upayanya Menjaga Lingkungan"