Hati-hati! Modus Baru Penipuan Salah Transfer Uang

Hati-hati! Modus Baru Penipuan Salah Transfer Uang
Gambar : freepik

Di era digital ini, modus penipuan online semakin beragam. Perkembangannya semakin meningkat hingga meresahkan, bahkan menjadi ancaman bagi masyarakat. Salah satu modus yang paling sering terjadi adalah modus penipuan salah transfer uang.

Bagi orang awam, ketika menerima pesan lewat ponsel untuk mentransfer sejumlah uang bisa saja langsung melakukannya. Namun, kamu yang melek teknologi digital sebaiknya waspada apabila menerima pesan demikian, karena kebanyakan tujuannya adalah menjebak korban untuk menanggung beban tagihan pinjaman online yang tidak dilakukannya. 

Jenis-Jenis Penipuan Online yang Sering Terjadi

Makin meningkatnya aktivitas online masyarakat saat ini, berbagai macam kejahatan lewat dunia maya pun semakin beragam. Contohnya adalah modus penipuan online yang cukup meresahkan dan merugikan masyarakat. Banyak yang telah merugi hingga puluhan juta karena modus penipuan online ini.

Bagi kamu yang belum pernah mengalami, ada baiknya mengenali apa saja jenis-jenis penipuan online yang marak terjadi agar tidak mengalami banyak kerugian materi, di antaranya:

Phising

Salah satu modus kejahatan online yang sering terjadi adalah phising. Yaitu modus praktik penipuan online yang dilakukan dengan cara mengelabui korbannya melalui link atau email. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi pribadi dari korban.

Modus ini sering terjadi karena email atau tautan yang disajikan sangat terlihat mirip dengan tautan atau email aslinya.

Identitas yang dicuri dari penipuan online ini adalah kode PIN, password hingga one time password. Dampaknya banyak korban yang mengalami kerugian berupa hilangnya materi hingga puluhan juta. Rata-rata modus ini mengincar akun keuangan milik korban seperti kartu kredit, paylater hingga dompet digital.

Ransomware

Modus penipuan online selanjutnya yang sering terjadi adalah ransomware yang merupakan salah satu jenis malware atau software perusak yang bekerja untuk mengolah data pribadi korban menjadi kode-kode yang tidak dapat dibaca oleh perangkat.

Efek dari modus ini adalah korban tidak dapat lagi mengakses kembali perangkat yang berisikan banyak data pribadi penting yang berkaitan dengan akun keuangan milik korban. 

Untuk mengembalikannya, umumnya diperlukan kode enkripsi dimana hanya pelaku yang memilikinya dan kamu harus transfer uang sejumlah uang tebusan untuk mendapatkan kode tersebut.

Skimming

Skimming adalah kejahatan perbankan yang dilakukan dengan cara mencuri data kartu kredit atau debet untuk menarik dana di rekeningmu. Biasanya pelaku membobol informasi pengguna memakai alat rekam yang dipasang pada mesin ATM atau mesin gesek EDC. 

Akibatnya data perbankan akan dipindahkan pelaku ke kartu ATM kosong yang dimilikinya sehingga saldo rekening milik kamu akan terkuras. Oleh karena itu, disarankan bahwasannya ketika akan transaksi keuangan memang paling aman adalah menggunakan aplikasi transfer uang untuk menghindari modus kejahatan tersebut.

Money Mule

Modus kejahatan online selanjutnya adalah money mule. Modus jenis ini biasanya dipancing dengan tawaran pekerjaan atau bisnis yang terlihat sah atau menjanjikan, seperti pekerjaan dari rumah atau peluang investasi yang menguntungkan. 

Kamu mungkin diberi instruksi untuk menerima dana dari berbagai sumber dan kemudian mentransfernya ke rekening lain atau negara lain. Kegiatan ini adalah ilegal dan dapat memiliki konsekuensi hukum serius bagi money mule jika mereka tertangkap.

Spoofing

Spoofing adalah modus penipuan online yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya modus kejahatan ini telah berhasil memakan banyak korban. Cara kerja dari modus ini adalah dengan cara mengelabui korban dan mengaku sebagai orang atau organisasi yang telah kamu kenal.

Setelah mendapatkan kepercayaan dari pembicaraan tersebut, pelaku akan dengan mudah melakukan tindakan lanjutan demi memudahkan mereka mereka mengambil semua data dan informasi terkait akun akun keuangan kamu dengan sangat mudah.

Tips Cara Menghindari Kejahatan Modus Penipuan Online

Semakin banyak korban dari modus penipuan online ini seharusnya membuat kamu waspada, karena siapapun bisa menjadi korban. Untuk menghindarinya ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan diantaranya adalah;

Gunakan Aplikasi Transfer Uang

Modus ini paling banyak memakan korban bukan hanya melalui pesan berantai yang dikirim melalui ponsel dan korban nantinya akan mengikuti alur yang dikirim. Kejahatan ini juga banyak terjadi melalui pemindaian identitas lewat mesin ATM. Sehingga yang paling aman adalah menggunakan aplikasi transfer uang untuk melakukan transaksi keuangan agar informasi akun tetap aman.

Jangan Mudah Tergiur dengan Pesan yang Dikirim Pelaku

Banyak yang menjadi korban dari modus ini karena tergiur dengan iming-iming yang ditawarkan pelaku. Apabila kamu menerima pesan dengan iming-iming tertentu sebaiknya waspada dan tidak mudah tergiur. Cek dulu kebenarannya sehingga bisa terhindar dari modus ini.

Abaikan Pesan Mencurigakan

Pernah mendapat pesan untuk mengirim sejumlah uang? Apabila pesan tersebut berasal dari nomor tidak dikenal sebaiknya jangan dihiraukan. Sedangkan pesan yang mengatasnamakan keluarga atau teman, sebaiknya kamu konfirmasi dahulu.

Gunakan Aplikasi Transfer Online Terpercaya Agar Terhindar dari Penipuan

Gunakan Aplikasi Transfer Online Terpercaya Agar Terhindar dari Penipuan
Gambar : pexels.com

Ingin transfer uang sejumlah uang saat ini memang harus hati-hati karena banyak modus kejahatan penipuan online yang makin marak terjadi. Sering terjadi melalui mesin ATM juga, cara paling aman untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi transaksi keuangan secara online. Kenapa?

Alasannya, aplikasi transfer online kebanyakan menggunakan enkripsi kuat untuk melindungi data pengguna. Selain itu, adanya autentikasi Dua Faktor yang membuat akunmu lebih sulit diakses oleh orang yang tidak berwenang.

Nah, salah satu aplikasi transfer uang yang direkomendasikan adalah bank digital digibank by DBS yang memiliki beberapa keunggulan, di antaranya: 

  • Gratis transfer tanpa kuota pakai BI-Fast
  • Real-time antar bank
  • Limit transaksi Rp250 juta/transaksi/hari
  • 24/7 lewat aplikasi

Bagaimana, tertarik untuk beralih ke aplikasi transfer online digibank by DBS? Bisa dikatakan bahwa dengan adanya aplikasi bank digital ini pasti akan memudahkan dalam hal transaksi perbankan. 

Untuk urusan keamanan data pun sangat terjamin karena digibank by DBS sangat peduli dengan data-data nasabahnya. Intinya, transfer atau transaksi di digibank by DBS terjamin aman banget. Untuk informasi lengkapnya bisa kamu klik di sini.

Posting Komentar untuk "Hati-hati! Modus Baru Penipuan Salah Transfer Uang"