Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Service Motor secara Berkala

Pentingnya servis motor secara berkala

Apa pentingnya service motor secara berkala? Hayoo, kebanyakan perempuan seperti saya biasanya hanya pandai mengendarai motor tapi kalau ditanya terkait bagian-bagian apa saja yang  perlu dicek saat service motor, bingung, nggak bisa jawab. Iya, kan?

Maklum ya, perempuan memang suka cuek dengan urusan service motor karena menganggap itu tugasnya laki-laki. 

Padahal anggapan seperti itu tuh sebenarnya keliru lho. Kaum hawa juga harus paham mengenai service motor karena nggak selamanya bisa mengandalkan laki-laki.

Apalagi kalau di rumah kita nggak ada personil laki-laki. Kayak yang pernah keluarga saya alami dulu. Eniwei, satu-satunya laki-laki di rumah kami cuma papa.

Nah, waktu itu beliau ada tugas belajar di luar kota dengan jangka waktu yang cukup lama. Selama papa nggak ada, motor di rumah kami nggak keurus. Istri dan anak-anaknya tahunya pake motor doang lalu dibiarin gitu saja. Nggak pernah dibawa servis.

Alhasil apa? Yup, si motor matic itu tetiba ngambek eh mogok, nggak bisa dipake sama sekali. Akhirnya dibawalah ke bengkel dan lumayan juga nih biaya perbaikannya.

Duh, dari satu saya jadi sadar kalau merawat motor itu bukan urusan laki-laki saja, perempuan juga harus paham pentingnya servis motor kalau mau kendaraan kesayangan kita berumur panjang.

Ini pentingnya service motor secara berkala

Ini pentingnya service motor secara berkala

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Proses ini penting dilakukan untuk menjaga kinerja motor tetap optimal sehingga aman dan nyaman saat dikendarai.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita perlu rutin membawa motor ke bengkel untuk di-service :

Keamanan

Paling utama adalah masalah keamanan. Dengan melakukan service motor secara rutin, kita dapat memastikan bahwa semua komponen kendaraan berfungsi dengan baik dan aman saat digunakan. 

Jadi saat di-service akan terdeteksi komponen mana saja yang masih berfungsi dan mana yang tidak. Kalau ditemukan ada bagian yang rusak, mekanik akan segera memperbaiki atau mengganti komponen yang bermasalah tersebut. Dengan begitu kita juga bisa terhidar dari kecelakaan yang biasa disebabkan karena adanya kerusakan mesin.

Service motor yang berkaitan dengan keamanan ini melibatkan pemeriksaan dan pemeliharaan sistem rem, suspensi, kelistrikan, dan lainnya dengan tujuan untuk memastikan motor kita dalam kondisi yang aman untuk dikendarai.

Pemeliharaan

Service motor secara teratur juga dapat membantu dalam pemeliharaan kendaraan kita. Tentunya dengan melakukan perawatan atau pemilharaan yang tepat, kita dapat memperpanjang umur kendaraan motor dan menghindari kerusakan yang lebih serius.

Proses pemeliharan ini biasanya meliputi penggantian oli, filter, busi, dan komponen lainnya yang aus atau tidak berfungsi dengan maksimal. 

Efisiensi bahan bakar

Pernah mengalami masalah boros bensin? Padahal baru isi bahan bakar, full tangki lagi tapi kok belum lama digunakan jarum indikator bensin motor sudah hampir menyentuh huruf E?

Kalau mengalami seperti itu artinya motor kamu mungkin jarang diservis. Pasalnya, servis motor secara berkala dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan.

Ketika komponen seperti busi dan filter udara dipelihara dengan baik, mesin dapat bekerja lebih efisien dan menghasilkan tenaga yang lebih baik. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar pun akan lebih optimal. Karena itu kalau nggak mau boros bensin jangan malas bawa motor ke bengkel untuk dicek kondisinya ya.

Menghindari kerusakan yang lebih serius

Jangan tunggu motor kita mengalami kerusakan baru dibawa ke bengkel karena biayanya pasti lebih membengkak.

Untuk menghindari kerusakan yang serius sebaiknya kira rutin membawa motor ke bengkel untuk mendapkan perawatan motor yang tepat.

Melalui service motor secara teratur ini mekanik dapat mendeteksi masalah kecil yang ada pada motor kita sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih serius.

Pengecekan keselamatan

Tidak hanya berfungsi untuk menjaga kinerja mesin, service motor juga mencakup pengecekan keselamatan,  seperti pengecekan lampu, klakson, ban, dan sistem penggerak lainnya.

Dengan pengecekan bagian-bagian motor yang berkaitan dengan keselamatan dapat membantu memastikan bahwa kendaraan kita siap digunakan dengan aman di jalan.

Mempertahankan nilai motor 

Satu lagi pentingnya service motor secara berkala. Kendaraan yang memiliki catatan perawatan yang lengkap dan teratur cenderung mempertahankan nilai yang lebih tinggi. 

Jadi nggak perlu khawatir, kalau kamu ada rencana menjual motor di masa depan, selama motor kamu itu terawat dengan baik pasti akan cepat laku dan masih mungkin mendapat harga tinggi dibanding motor yang kurang perawatan.

Karena pembeli potensial pastinya lebih tertarik pada kendaraan yang kondisnya masih prima dan memiliki riwayat perawatan yang baik.

Nah, dengan memahami pentingnya service motor, penting bagi kita nih sebagai pemilik kendaraan untuk menjadwalkan perawatan rutin dan memilih bengkel yang terpercaya untuk melakukan service motor. 

Dengan cara ini, kita dapat memastikan kendaraan kita tetap berjalan dengan baik, aman, dan efisien.

Komponen yang wajib diperiksa saat service motor

Sebelum membawa motor kita ke bengkel sebaiknya kita cari tahu dulu yuk apa saja komponen yang wajib dicek saat service motor. 

Berikut ini adalah beberapa komponen penting yang harus diperiksa saat membawa motor ke bengkel untuk diservis :

Oli Mesin

Oli mesin termasuk komponen penting pada motor yang berfungsi sebagai pelumas, pendingin sekaligus pelindung mesin.

Untuk menjaga motor tetap prima, oli mesin ini harus kita ganti secara berkala. Penggantiannya disesuaikan dengan jarak tempuh yang tercapai. Dari pabrikan sendiri biasanya merekomendasikan penggantian di 2500 km.

Ketika hendak menganti oli mesin, kita akan dikenai biaya pembelian oli dengan harga sesuai merek dan juga biaya jasa ganti oli.

Penggantian oli ini biasanya dilakukan 2-3 bulan sekali. Namun untunglah sekarang sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km. Atau bisa dibilang penggantian ini 2x lebih lama dari oli biasa. Jadi bisa 4-6 bulan baru ganti oli lagi.

Itu karena oli mereka sudah menggunakan tenaga ester. Jadi nggak heran sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa karena memang oli mereka adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli Gardan

Berbeda dengan motor biasa yang hanya membutuhkan oli mesin, pada motor matic terdapat oli gardan yang juga perlu perhatian.

Jika tidak diganti secara berkala, oli gardan dapat memengaruhi kinerja bagian transmisi kendaraan seperti gear dan bearing sehingga menjadi tidak optimal.

Akibatnya bisa menimbukan suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT (Continuously Variable Transmission). Pasalnya oli gardan inilah yang berfungsi melumasi gear yang ada di CVT.

Untuk penggantian oli gardan ini kita menggunakan rumus 2x ganti oli mesin. Jadi setelah 2x mengganti oli mesin baru kemudian kita barengi dengan 1x ganti oli gardan.

Kampas Rem

Kompenen yang satu ini juga penting dicek karena berkaitan dengan keamanan dan keselamatan kita saat berkendara. 

Bayangkan, kalau kampas rem tips, pasti jadi kurang pakem dan hal ini sangat rawan karena bisa menyebabkan kecelakaan. Itu sebabnya kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Busi

Komponen penting yang wajib dicek berikutnya adalah busi, yaitu bagian dari motor yang berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. 

Ketika busi tidak berfungsi dengan baik akan berpengaruh pada kinerja motor sebab bisa menyebabkan kendaraan roda dua ini sulit dinyalakan. 

Pastinya nggak enak banget ya kalau mengalami masalah sulit menyalakan motor apalagi jika sedang terburu-buru. Karena itu kondisi busi juga harus diperiksa secara rutin saat service motor agar bisa segera diganti dengan yang baru jika ada kerusakan pada busi lama.

Accu atau aki

Selanjutnya ada accu atau biasa disebut aki yang berfungsi menghasilkan listrik pada komponen elektrikal. Sebut saja stater elektrik, lampu motor, klakson dan fitur elektrik lainnya, semua bisa berfungsi dengan baik jika kondisi aki bagus.

Tegangan pada aki sendiri idealnnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sedangkan  jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Mekanik baru akan melakukan pemeriksaan secara detail apabila tegangan aki tak sesuai dengan ketentuan tersebut, termasuk juga bila ditemukan ada kebocoran maupun kondisi terminal berkarat.

Tentunya kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kita tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

Filter Udara

Masalah seperti tarikan motor terasa berat dan konsumsi bahan bakar cepat habis atau terasa lebih boros berkaitan dengan komponen yang satu ini.

Kotoran yang terdapat pada filter udara yang menjadi penyebabnya. Karena itu filter udara harus rutin dicek dan dipastikan dalam keadaan bersih.

Pasalnya filter udara inilah yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Nantinya mekanik akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

Ban

Satu lagi bagian motor yang wajib dicek secara berkala yaitu pemeriksaan ban. Bahkan kita dianjurkan untuk memeriksa kondisi ban terlebih dahulu setiap sebelum menggunakan motor karena hal ini juga berkaitan dengan keamanan dan keselamatan kita dalam berkendara.

Pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban dan kondisi ban secara keseluruhan termasuk mengecek apakah ban gundul atau tidak. 

Tune up Motor 

Terakhir ada tune up yaitu opsi yang bisa kamu pilih jika ingin melakukan pemeriksaan terhadap semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. 

Pemeriksaan ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Selain itu, tune up juga bisa disertai dengan  dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart

Namun tentunya mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada kita. Tidak langsung main eksekusi karena biaya penggantian ini terutama untuk sparepart cukup menguras kantong. Kalau kita setuju baru deh mekanik melakukan penggantian.

Servis Mesin Rasa Baru di Bengkel Servis Motor Terbaik

Service Motor Rasa Mesin Baru di Planet Ban

Ingin dapat layanan servis motor yang bagus dengan hasil memuaskan? Nggak perlu pusing cari ke sana kemari, karena di artikel ini saya mau sekaligus rekomendasikan bengkel servis terbaik yang patut banget kamu coba layanannya. 

Mungkin kamu juga sudah familiar dengan bengkel yang satu ini. Ya, namanya Planet Ban, bengkel terbaik yang bisa kamu andalkan untuk service motor.

Dijamin kamu nggak bakal nyesel membawa servis motor di Planet Ban, malah yang ada kamu bakal ketagihan karena bengkel ini bisa menyulap motor kamu jadi punya mesin rasa baru.

Jadi, Planet Ban ini punya layanan servis motor rasa mesin baru yaitu servis motor modern yang cepat dengan kualitas terbaik dan harga sesuai.

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru ini yaitu pada bagian vital motor yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Service Motor di Planet Ban

Servis motor di Planet Ban akan memberikan kamu pengalaman servis motor rasa mesin baru yang menggunakan sistem servis terpadu. 

Service motor modern ini akan meningkatkan performa dan ketahanan motor kamu dengan cara yang cepat dan tentunya dengan biaya lebih hemat.

Nah, astinya banyaklah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memercayakan motor di Planet Ban untuk diservis. Apa saja manfaatnya?

  • Planet Ban menggunakan oli motor matic dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis kalau rutin  service motor di sini bisa bikin mesin motor kamu jadi lebih tahan lama
  • Servis motor di Planet Ban bisa dipadukan dengan penggunaan sparepart asli. Hasilnya? Tentu pemakaian motor kita menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Servis motor di Planet Ban memungkinkan kita untuk ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja atau antara 4-6 bulan sekali. Sehingga kamu nggak perlu sering-sering ke bengkel. Ini juga bikin biaya servis jadi lebih hemat.
  • Service motor di Planet Ban juga bermafaat untuk lingkungan lho karena dapat menurunkan emisi hingga 70%. Maka secara tidak langsung dengan service motor di sini artinya kamu juga sudah ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Ini Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Memang apa sih bedanya service motor di Planet Ban dengan di tempat lain? 

Perbedaannya bisa kamu temukan dari hasil servisnya. Pengalaman nih, jika servis  di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Tidak benar-benar bersih

Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. Padahal baru-baru diservis lho.

Tidak seperti service motor di Planet Ban, mekaniknya akan memastikan semua bagian mesin motor benar-benar bersih. Semua dibersihkan sampai ke dalam-dalamnya.

Termasuk kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semua dijamin bebas dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Itulah alasannya mengapa service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru dengan tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Waah!

Dengan kualitas servis motor yang sebagus itu, berapa kira-kira biaya yang perlu kamu keluarkan?

Nggak perlu khawatir soal harga karena biaya service motor di Planet Ban yang lengkap ini masih sangat terjangkau kok. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, tunggu apalagi? Kalau mau merasakan servis motor rasa mesin baru, buruan langsung saja datang ke Toko Planet Ban terdekat yang ada di kota kamu. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

25 komentar untuk "Pentingnya Service Motor secara Berkala"

  1. Mau dong dibonceng Kak SiskaπŸ˜‚

    Merawat motor itu penting banget ya. Mulai dari ganti oli, aki, ban, dll.
    Jangan taunya make aja tapi ga permah masuk bengkel.

    BalasHapus
  2. Sekalipun perempuan, urusan motor tetap harus ceki ceki ya mbak. Biar motornya sehat dan awet. Karena urusannya sama mesin sih. tapi ngomong-ngomong, aku kalau servis juga suka banget di planet ban. harga merakyat. servisnya oke banget

    BalasHapus
  3. Service motor secara berkala sesuai km pemakaian dapat membuat motor memiliki lifetime yg lebih lama, Kak.
    Selain itu, service jg sbnrnya dpt meminimalisir kecelakaan seperti perawatan rem maupun sisi kelistrikan motor.

    BalasHapus
  4. Aku pernah malee service motor dan ganti oli. Akhirnya motorku turun mesin mba
    Yuk yang punya motor lebih perhatiin lagi motorny

    BalasHapus
  5. Sebulan sekali ganti oli, rencananya gitu tapi sayang sering lupa πŸ™ˆ

    BalasHapus
  6. Servis motor memang penting ya, Mbak. Supaya performa motor terjaga, dan pilihan bengkelnyanya harus terpercaya. Mana lagi kalo bukan di Planet Ban.

    BalasHapus
  7. Ternyata manfaat servis motor selain bikin mesin awet, keamanan pengendara juga bisa lebih menghemat BBM yaa.. Ini jadi bisa bikin gorengan sambil ngopi enaakk~
    Kudu ke Planet Ban biar dapet pelayanan paripurna dan hasil servis yang memuaskan.

    BalasHapus
  8. Saya ndak bisa berkendara sendiri Kak wkwkwkk
    Tapi harus tau juga dong ya bagian penting saat melakukan servis motor, biar motor tetap awet dan nyaman digunakan.

    BalasHapus
  9. Saya dulu punya motor sewaktu kuliah di JOgja belum pernah menservicenya sendiri suka bingung apa saja yang harus diservice, jadi biasanya ditemani teman. baca ini akhirnya tahu apa saja yang wajib diservice saat service motor

    BalasHapus
  10. Betul, servis rutin motor matic itu perlu banget supaya mesin awet dan ttp enak di pake. S

    BalasHapus
  11. Setuju kak, servis rutin motor matic itu perlu banget supaya mesin awet dan ttp enak dipake. Btw servis di Planetban komplit ya pilihan jasanya, affordable juga

    BalasHapus
  12. Lengkap juga ya layanan Planet Ban. Aku bisanya isi bensin. Soal servis gini biasanya aku serahkan ke suami sih... Bisa ngobrol sama montir apa aja yang musti dicek. Ada nih Planet Ban deket rumah.

    BalasHapus
  13. Motor itu kendaraan yang rutin dipakai, jadi untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara, wajib banget dirawat dengan baik. Termasuk melakukan servis rutin agar selalu terasa baru. Tentu saja servisnya ya diPlanet Ban

    BalasHapus
  14. Jarang servis motor memang berpengaruh sama kenyamanan dan keawetan motor ya ka. Apalagi kalau motornya dipakai jarak jauh, terus menerus tapi nggak diservis. Haduh kalau mesinnya bisa ngomong pasti udah teriak. Kebetulan ada Planet Ban dekat rumah jadi ga bingung2 lagi bikin mesin lama rasa mesin baru.

    BalasHapus
  15. Service motor rutin memang penting ya Kak supaya performanya ga turun sehingga nyaman dipakai, memang betul kok miantenance itu lebih baik daripada kalau sudah rusak duh menghabiskan dana banyak untuk perbaikannya

    BalasHapus
  16. Aku termasuk tipe yg ga paham sebenernya service kendaraan ini πŸ˜‚. Krn memang semua motor dan mobil di rumah, pasti suami yg urus. Harusnya ttp paham sih, tapi memang aku sendiri ga pernah bawa kendaraan di rumah, secara ga berani mba bawa di JKT 🀣🀣.

    Penting sih menjaga kendaraan kita tetep rutin di service supaya performanya maksimal. Biar gimana namanya mesin kalo ga dirawat ya pasti keropos. Yg rugi kita juga kalo sampe mogoklah, turun mesin atau amit2 kecelakaan Krn rem ga berfungsi misalnya πŸ˜”

    Suamiku untungnya rutin kalo urusan kendaran mba. Sayang banget malah Ama motor dan mobil2nya. Selalu disediain budget khusus dan jadwal buat service.

    Efeknya, semua kendaraan dia kalo dijual pasti laku cepeeet! Malah kadang blm ada niat jual aja udh ditawar temennya Krn mereka tahu suami telaten ngerawat dan pasti kondisinya masih bagus. Jadi so far, belum pernah ngalamin jual motor atau mobil lama baru laku, pasti selalu cepat. Makanya kalo punya kendaraan, memang udh seharusnya rajin diservice

    Sayang nih planet ban ga ada di Deket rumahku.

    BalasHapus
  17. Setuju banget nih, meski kita perempuan tapi harus care sama service berkala kendaraan bermotor, demi kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara.
    Jika semua sudah diupayakan secara maksimal, maka kendaraan akan lebih terawat dan dijendarai lebih nyaman serta aman ya

    BalasHapus
  18. deket rumahku ada Planet Ban jugaaa

    service nya mantab jiwa

    banyak yg rekomen

    BalasHapus
  19. Ini nih kekurangannya anak gadisku, tahunya hanya pakai servicenya malas sekali. Kalau bukan kakaknya yg ingatkan untuk service motornya maka berkarat deh itu motor. Oh yah, Planet Ban sudah adakah di Makassar?

    BalasHapus
  20. Servis yang sering kulakukan adalah saat aki habis dan ban bocor. Selebihnya dinaikin terus. Kalau suami lebih rewel. Jadi yang biasa servis total ke bengkel ya suami. Kadang juga ke Planet Ban. Aku sendiri baru tahu kalau mereka bisa servis segala macam. Karena namanya BAN, kukira ya hanya perawatan ban, hehe.

    BalasHapus
  21. Iya motor yang rajin diservis lebih aman dipakai, lebih hemat bahan bakar dan juga enak dikendarai ya harga jual pun bagus

    BalasHapus
  22. service motor secara berkala memang penting. Selain untuk keamanan, juga untuk pemeliharaan supaya kendaraan selalu terawat dan nyaman juga pakenya. Tapi sayang..... sering lupaaa wkwkwwkk

    BalasHapus
  23. Jadi paham manfaat servis motor secara berkala.
    Jadi gak boleh menunda-nunda servis karena selain keamanan, juga bisa bikin nyaman saat berkendara. Hemat BBM dan menjadikan motor ramah lingkungan dengan gas emisi karbon yang dihasilkan.

    BalasHapus
  24. Sebersih itu kalau servis motor di Planet Ban. Pantes saja langsung rame banget tiap buka cabang. Di kota saya saja ada beberapa cabang, lho. Mudah kalau mau nyari.

    BalasHapus
  25. Waktu gadis dulu ada papa sebagai alarm ngingetinuntuk service motor atau kalau memang pas beliau datang berkunjung, ya beliau bawain ke bengkel. Sudah nikah jadi urusan suami. Tapi kalau kepepet ya tinggal meluncur dan serahin aja sama mekanik di Planet Ban :D

    BalasHapus