Anggaran Biaya Grooming Kucing Kesayangan. Catat!

Anggaran Biaya Grooming Kucing Kesayangan. Catat!
Gambar : pexels.com

Kucing yang memiliki bulu indah dan terawat, tentu memiliki daya tarik tersendiri, terlebih bagi para pecinta kucing. Khusus kucing-kucing yang memiliki jenis bulu indah, seperti Persia, juga membutuhkan biaya perawatan khusus. Karena jika tidak dirawat, justru bisa menjadi sarang jamur. 

Namun, banyak juga yang mengatakan jika biaya perawatan kucing tidaklah kecil. Bahkan untuk kucing dengan ras tertentu, membutuhkan biaya ratusan hingga jutaan rupiah. 

Benarkah biayanya semahal itu? Berapapun biayanya, jika kamu sudah menyediakan budget khusus tentu akan meringankan dan semakin mudah membayarnya menggunakan bank digital.

Berapa Anggaran Biaya Grooming Kucing?

Sebelum kamu menyediakan anggaran biaya untuk grooming kucing, cobalah untuk membuat rencana perawatan untuk kucing kesayangan kamu. Apabila kamu memiliki rencana yang matang, maka akan semakin mudah untuk mengalokasikan budget setiap waktunya.

Grooming kucing sendiri terdiri dari berbagai jenis perawatan dengan biaya yang berbeda untuk setiap perawatannya. Rerata biaya yang kamu butuhkan dalam setahun untuk grooming, sekitar 500.000—2.000.000  rupiah. 

Itu adalah biaya akumulasi untuk berbagai jenis perawatan. Mengapa range harganya cukup jauh? Ini dikarenakan dalam setiap kunjungan, umumnya kucing-kucing membutuhkan treatment yang berbeda, mulai dari membersihkan telinga, potong kuku, potong bulu, membersihkan jamur di lidah hingga membersihkan kutu. 

Bagaimana Cara Menyediakan Biaya Perawatan Kucing?

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk menyediakan anggaran untuk berbagai pos kebutuhan, tidak hanya untuk grooming kucing saja. Pertama, cobalah untuk membuat tujuan, apa yang ingin kamu capai dengan memiliki biaya tersebut? 

Kemudian, alokasikan biaya khusus untuk hal tersebut secara berkala. Misal, kamu bisa menyisihkan uang sebesar Rp100.000 tiap bulan untuk grooming kucing. Lalu, jangan lupa untuk menyimpan uang tersebut di tempat yang aman dan terpercaya.

Kamu juga bisa mengecek jumlahnya, apakah sudah sesuai target atau belum. Yang tidak kalah penting, sebaiknya kamu menghindari perilaku konsumtif saat sedang menyiapkan anggaran keuangan untuk berbagai kebutuhan. 

Jika anggaran keuangan khusus untuk grooming kucing, maka jangan ambil uang tersebut untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan kamu yang lain. Bagi para cat lovers, hal tersebut (perawatan kucing) sama pentingnya dengan merawat diri sendiri. 

Biaya grooming kucing juga berbeda di setiap daerah. Jika kamu tinggal di kota, umumnya budget juga lebih besar dibanding jika kamu tinggal di daerah. Jadi, jangan lupa survei harga dulu.

Manfaat Grooming untuk Kucing

Manfaat grooming kucing tidak hanya untuk membersihkan badannya dari berbagai kotoran yang tersembunyi di balik buku-bulu halusnya. Namun grooming juga memiliki manfaat lain untuk kucing, antara lain : 

  • Mencegah Munculnya Hairball pada Kucing

Beberapa jenis kucing memiliki masalah dengan hairball karena bulunya yang lebat dan rontok dan tertelan.

  • Mencegah Bulu Kusut

Bulu yang kusut akan menghalangi kemampuan kulit untuk memproduksi minyak alami. Minyak alami ini diperlukan kucing agar bulu dan kulit tetap sehat. Sebaiknya lakukan grooming dan sisir rambut kucing dengan teratur.

  • Menghindari Cakaran

Apalagi jika kamu memiliki hewan peliharaan lain atau anak kecil dirumah. Untuk menghindari resiko tercakar kucing, sebaiknya potong kuku kucing segera.

  • Deteksi Jamur Dini

Ketika kamu melakukan grooming, kutu dan parasit akan lebih cepat dideteksi sehingga kucing bisa mendapat perawatan yang tepat sebelum terjadi infeksi pada kulit.

  • Mengurangi Bulu yang Rontok

Mungkin kamu seringkali menemukan bulu kucing menempel di baju, bantal dan sofa. Nah, untuk menghindari hal tersebut, lakukanlah grooming sehingga bulu kucing akan lebih sehat dan tidak mudah rontok.

Gambar : pexels.com

Ayo Pakai Bank Digital untuk Sediakan dan Bayar Perawatan Kucing

Jika dilihat kembali, memang perawatan kucing ada beberapa jenis. Perawatan tersebut juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, sehingga untuk besaran biaya, juga tidak bisa disamaratakan. 

Namun, jika kamu memiliki kucing dan ingin memberikan perawatan agar anabul sehat, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan berbagai keuntungan dari bank digital

Bank semacam ini, memang sepenuhnya mengandalkan layanan perbankan secara virtual, jadi kamu bisa mengakses aplikasi mobile banking kapan saja dan di mana saja.

Rekomendasi aplikasi mobile banking yang bisa kamu gunakan adalah digibank by DBS. Mengapa? Pertama, digibank by DBS memiliki banyak pilihan transaksi, sehingga kamu bisa mengakses semuanya hanya dari satu pintu saja. 

Tidak hanya itu, sebagai digital banking, digibank by DBS memberikan jaminan keamanan untuk semua transaksi. 

Berbagai keuntungan lain dari Aplikasi digibank by DBS, antara lain : 

  • Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik bikin hidup kamu lebih all-out. Bayar ini-itu GRATIS pakai Rewards. 
  • Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun nggak perlu nunda rencana untuk masa depan. Ini cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah, investasi mulai Rp 100 ribu di 120+ pilihan.
  • Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet, semua transaksi harianmu dalam 1 aplikasi. 

Sangat menarik, bukan? Namun, tidak hanya itu saja. digibank by DBS ini juga memiliki program Maxi Booster. Maxi Booster ini akan bantu boost bunga Tabungan Maxi sampai dengan 7% tiap tahunnya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu meningkatkan saldo Tabungan Maxi dan memperbanyak transaksi pada berbagai produk digibank by DBS. 

Bagaimana? Menarik, bukan? selain itu, jika kamu ingin kemudahan transaksi saat melakukan grooming kucing di pet shop maupun dokter hewan, Paylater dari digibank by DBS juga bisa diandalkan kapan saja.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera unduh Aplikasi digibank by DBS ini pada App Store dan Google Play agar bisa menikmati berbagai keuntungannya.

1 komentar untuk "Anggaran Biaya Grooming Kucing Kesayangan. Catat!"

Comment Author Avatar
untuk mengurus anabul memang butuh banyak uang dan kesabaran ya :") semoga kita selalu dilancarkan rejekinya amin~

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.