Susu etawarich untuk Atasi Nyeri Sendi pada Ibu Hamil

Susu etawarich untuk Atasi Nyeri Sendi pada Ibu Hamil

Sebenarnya dari sejak hamil anak pertama suami sudah menyarankan saya untuk mengonsumsi susu etawarich. Tapi sampai lahir anak kedua saya masih menolak. Tidak berani. 

Membayangkan baunya saja saya sudah eneg duluan. Apalagi sampai meminumnya. Oh no! Saya tidak sanggup.

Lalu bagaimana ceritanya saya bisa ketagihan minum susu kambing etawa sekarang? Ada yang penasaran? Nah, ini yang pengen saya ceritakan ke kalian. Baca sampai selesai ya!

Drama Nyeri Sendi saat Hamil Anak Ketiga

Drama Nyeri Sendi saat Hamil Anak Ketiga
Gambar ilustrasi : freepik.com

Nyeri sendiri saat hamil sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya penambahan berat badan yang memberikan tekanan lebih pada sendi-sendi tubuh.

Akibatnya bagian tubuh seperti pinggul, lutut dan kaki kerap mengalami nyeri dan peradangan. Selain itu, ibu hamil juga rentan mengalami retensi air atau tertahannya air dalam tubuh terutama pada bagian tangan dan kaki yang menyebabkan pembengkakan.

Pengalaman saya waktu hamil anak pertama dan kedua, nyeri sendi ini baru saya keluhkan saat masuk trimester akhir. Normalnya memang begitu, namun beda dengan yang saya alami saat hamil anak ketiga.

Baru trimester awal saja saya sudah sering mengeluh badan pegal-pegal. Masuk trimester kedua, setiap bangun tidur badan rasanya remuk semua. Seperti orang yang baru mengerjakan pekerjaan berat padahal selama hamil itu saya kebanyakan nyantainya lho.

Puncaknya menginjak awal trimester akhir, nyeri sendi yang saya rasakan di bagian pinggul dan kaki semakin tak tertahankan. Kaki juga sering bengkak dan kesemutan. Saya sampai mewek kala itu karena nyerinya minta ampun. Tulang-tulang seperti mau lepas. Tidur jadi tak tenang, bergerak pun susah.

Padahal waktu hamil anak pertama dan kedua nyeri yang saya rasakan nggak segitunya deh. BB saya pada kehamilan ketiga juga justru lebih ringan dibanding dua kehamilan sebelumnya tapi kok keluhan nyeri sendinya lebih berat ya?

Hmm, saya curiganya sih karena faktor U. Saya hamil anak ketiga saat usia sudah menginjak kepala 3. Banyak yang bilang hamil usia 30-an lebih berat dibanding saat masih usia 20-an.

Ternyata benar, setelah saya cari tahu plus tanya ke teman-teman yang juga punya pengalaman hamil usia 30 tahun ke atas, rata-rata mereka pun mengalami keluhan serupa, nyeri sendi yang hebat pada kehamilannya itu.

Atasi nyeri sendi pada ibu hamil

Walau nyeri sendi yang dialami oleh ibu hamil dianggap normal namun kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri sendi pada ibu hamil : 

  • Asupan nutrisi, konsumsi makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, omega-3 dan antioksidan karena dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi.
  • Rutin olahraga, lakukan olahraga ringan seperti senam, yoga atau jalan kaki. Olahrga secara rutin dapat menjaga kemampuan gerak tubuh dan kelenturan atau fleksibitas sendi sehingga mengurangi peredangan.
  • Kompres atau mandi air hangat,  mengurangi rasa pegal, memperlancar peredaran darah sehingga membuat ibu hamil lebih rileks.
  • Kompres dingin, bungkus es menggunakan handuk lalu kompres pada bagian sendi yang terasa nyeri. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.
  • Pijat, membantu mengatasi rasa nyeri serta mengendurkan sendi-sendi yang kaku.
  • Istirahat yang cukup, lakukan gerakan relaksasi dengan memposisikan kaki agak sedikit naik saat tidur agar membantu meredakan nyeri di lutut dan pergelangan kaki. Bisa juga gunakan bantal hamil agar tidur lebih nyaman.
  • Konsultasikan ke dokter, jika  kondisi nyeri tidak teratasi segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Semua cara-cara di atas sudah saya lakukan, termasuk konsultasi ke dokter terkait permasalahan nyeri sendi saat hamil yang masih suka datang dan pergi sesuka hati.

Memang semua poin yang saya sebutkan mulai dari menjaga asupan nutrisi, olahraga teratur, kompres air hangat hingga beristirahat ampuh meredakan rasa nyeri sendi namun tidak benar-benar menghilangkan.

Nah, saat saya konsultasikan, alih-alih meresepkan obat anti nyeri, dokter obgyn lebih menyarankan saya untuk mengonsumsi susu nyeri sendi

Tahu nggak susu apa yang dimaksud?

Yup, susu kambing etawa. Saya langsung lemas dong. Pas melirik ke arah suami yang ikut menemani, dia langsung senyum-senyum menahan ketawa.

“Tuh, kan dari dulu sudah saya saranin minum susu kambing, kamunya yang nggak mau. Padahal khasiatnya bagus banget untuk kesehatan sendi dan tulang” seloroh suami waktu kami keluar dari ruangan dokter.

“Iya deh, iyaa” 

Pada akhirnya saya mencoba minum susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi ini. Demi terbebas dari rasa nyeri yang menghantui setiap hari.

Tapi tahu nggak, baru coba minum seteguk saya langsung muntah. Oeek. Bau prengus-nya itu lho. Please, saya nggak kuat.

Berkenalan dengan Susu etawarich yang bebas bau prengus

Minuman kesehatan untuk tulang dan sendi

Nyatanya meski masa kehamilan anak ketiga sudah berlalu, nyeri sendi masih kerap menyerang tubuh ini. 

I know, faktor umur adalah penyebab utamanya. Semakin bertambah umur, semakin berisiko mengalami nyeri sendi dan pengapuran tulang. Terutama buat yang usianya sudah 30+ seperti saya. Jadi memang kudu lebih aware nih.

Kabar baiknya, sekarang saya sudah nggak anti dengan susu nyeri sendi lho, karena sudah ada etawarich, susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi yang nggak bau prengus sama sekali.

Berawal dari baca review susu etawarich di medsos saya jadi penasaran dong. Tadinya kayak nggak percaya gitu, mana ada susu kambing yang nggak bau prengus. Pasti bohong nih, pasti cuma iklan doang

Tapi karena kadung penasaran, saya coba order saja. Siapa tahu benar. Kalau pun nanti bau prengus, ada suami  yang siap habisin susunya, hihi.

Rasa penasaran saya pun akhirnya terjawab setelah produk minuman kesehatan untuk tulang dan sendi ini sampai ke tangan saya dan saya coba sendiri.

Bagaimana rasanya? Hayoo siapa yang penasaran?

Saya sampai speechless dengan rasa dan aromanya. Really, ini pertama kalinya saya minum susu kambing etawa yang beneran nggak ada bau prengus sedikit pun. Mana rasanya manis dan enak pula. Gimana saya nggak ketagihan coba? 

Buat yang belum kenal, etawarich adalah susu bubuk yang terbuat dari susu kambing etawa asli yang rendah gula dan lemak tanpa tambahan bahan pengawet dan mengandung bahan-bahan alami.

Menariknya, susu untuk kesehatan ini memiliki rasa yang lezat dan tidak berbau amis atau prengus. Jadi buat kamu yang pengen minum susu untuk kesehatan tulang dan sendi tapi nggak suka dengan bau prengus, susu kambing dari etawarich adalah pilihan yang tepat.

Kandungan Susu etawarich untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Ada yang tahu nggak kenapa disebut susu kambing etawa? Ternyata ada cerita dibalik sebutan ini. Jadi susu kambing etawa merupakan susu yang dihasilkan oleh kambing-kambing cantik dari India.

Kambing-kambing ini namanya Jamunapari atau Jamnapari, tapi orang Indonesia lebih suka menyebut kambing etawa. Kenapa? Karena asal kambing-kambing tersebut berasal dari daerah yang bernama Etawah di India. 

Kandungan susu etawa sendiri sudah terbukti bagus untuk kesehatan, bahkan kandungannya lebih bagus dari susu sapi. Untuk jelasnya, berikut ini beberapa kandungan susu etawa :

  • Mengandung protein yang lebih tinggi daripada susu sapi. 
  • Mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi 
  • Mengandung vitamin A, B1, B3, dan C yang fungsinya sebagai antioksidan, menjaga kesehatan mata, kulit, saraf, dan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengandung tembaga, seng, selenium, dan kalium yang berperan dalam metabolisme tubuh, menjaga keseimbangan cairan, dan menangkal radikal bebas.
  • Mengandung laktosa yang lebih rendah daripada susu sapi. Hal ini membuat susu kambing etawa lebih mudah dicerna dan tidak menyebabkan alergi atau intoleransi pada sebagian orang.

Wah, banyak sekali kandungan susu kambing etawa ya? Lalu bagaimana dengan kandungan yang terdapat dalam susu etawarich. Yuk, kita lihat!

  • Susu etawa, berasal dari susu kambing etawa dengan kandungan fosfor, kalsium, sodium, hingga florin yang bermanfaat untuk pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, untuk tulang, nyeri sendi dan juga manfaat lainnya.
  • Ekstra Gamat, dengan kandungan gizi tinggi protein kolagen, glukosamin, dan kondroitin untuk mengatasi nyeri sendi serta membantu pembentukan tulang rawan pada tubuh.
  • Daun Sirsak, mengandung flavanoid. Berfungsi untuk mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat enzim xhantine oxidase.
  • Kayu Manis, memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Bermanfaat untuk peningkatan metabolisme, pengendalian kadar gula dalam darah, pencegahan peradangan, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas.
  • Bee Pollen, mengandung flavaoid, quercetin, dan glutahione dapat menangkal efek radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat, memelihara fungsi hati dan juga dapat menjaga kesehatan jantung.
  • Gula Stevia sebagai bahan pemanis alami dengan kandungan nol kalori. Jadi nggak perlu khawatir gemuk saat konsumsi susu etawa.
Gimana? Selain mengandung susu kambing etawa yang kandungannya melimpah, susu tulang keropos ini juga masih ditambahkan dengan bahan alami lain yang kandungannya tidak kalah bagus untuk kesehatan. 

Nggak heran ya kalau ada segudang manfaat susu etawa etawarich. Lantas, apa saja khasiat susu kambing etawarich? Ayo kita cari tahu!

Khasiat Susu Kambing etawarich

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang, berikut manfaat susu etawa etawarich yang juga perlu kamu ketahui :
  • Melancarkan pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah pengeroposan tulang
  • Mengatasi masalah sistem pernafasan
  • Menjaga kesehatan sel dalam tubuh
  • Mencegah pengeroposan tulang dan anemia
Sebelumnya, niat saya konsumsi susu untuk pengeroposan tulang ini semata-mata buat jaga kesehatan sekaligus mencegah pengapuran tulang tapi beneran nggak nyangka bakal dapat impact lebih dengan khasiatnya yang luar biasa.

Sudah bebas bau prengus, khasiat susu kambing etawarich bejibun pula. Duh, beneran bersyukur banget bisa kenal dengan produk susu tulang keropos dengan kualitas terbaik ini.

Cara Mengonsumsi Susu etawarich

Suka banget dengan kemasan susu bubuk etawarich yang praktis. Tidak seperti susu untuk pengeroposan tulang pada umumnya yang dikemas dalam kemasan besar. Dalam kotak susu etawarich terdapat 14 sachet yang sudah siap diseduh. Praktis banget, kan?

Susu etawarich bisa dikonsumsi setiap hari, baik pagi, siang, atau malam. Caranya penyajiannya cukup mudah :
  • Ambil satu sachet susu etawarich, sobek bagian atasnya
  • Tuangkan susu etawarich dalam gelas berisi 120 ml hangat lalu aduk rata
  • Susu etawarich siap dinikmati
Oke, sekarang waktunya review susu etawarich versi saya. For me, Susu etawarich beda dengan susu kambing etawa lainnya karena punya aroma yang enak, beneran nggak ada bau-bau prengus yang bikin eneg

See! Saya yang sebelum-sebelumnya nggak berani minum susu kambing karena baunya yang prengus, sekarang jadi doyan. Kamu nggak penasaran?

Penutup

Susu nyeri sendi susu etawarich

Itulah cerita pengalaman saya dari yang awalnya nggak berani minum susu etawa kambing untuk atasi nyeri sendi saat hamil meski sudah disarankan oleh suami dan dokter hingga akhirnya jadi ketagihan.

Ya, kalau nggak ada minuman kesehatan untuk tulang dan sendi dari etawarich mungkin sampai detik ini saya nggak berani cobain minum susu kambing.

Overall, saya merasa bersyukur dan senang sekali karena etawarich menghadirkan produksi susu berkualitas tinggi dengan klaim 98% kandungannya adalah susu kambing etawa tapi tidak bau prengis sama sekali.

Susu etawarich pun menjadi pilihan banyak orang karena beberapa keunggulan lainnya yaitu merupakan 100% produk organik susu berkulitas tinggi dengan nutrisi 3x lebih tinggi dan kalsium yang juga lebih tinggi dari susu sapi serta aman untuk dikonsumsi semua usia mulai dari anak-anak usia 2 tahun hingga lansia, termasuk untuk ibu hamil dan menyusui.

Sampai di sini tertarik mau konsumsi susu etawarich juga? Pastikan kamu beli produk resmi ya dan berhati-hati terhadap produk palsu/tiruan serta ilegal yang banyak beredar di pasaran.

Untuk amannya mending kamu langsung beli produk susu etawarich untuk kesehatan ini di etawarich official store yang ada di Shopee atau Tokopedia.

Semoga bermanfaat. 

33 komentar untuk "Susu etawarich untuk Atasi Nyeri Sendi pada Ibu Hamil"

Comment Author Avatar
Wah, betapa berat ya seorang ibu hamil. Sampai merasakan nyeri sendi segala, dari yang tadinya sehat saja. Susu kambing etawa memang cocok banget buat ibu hamil.
Comment Author Avatar
Kami keluarga besar yang suka suka susu, dari bayi sampai lansia. Kalau keluarga lain ngumpul minumnya teh, keluarga kami ngumpul minumnya susu murni. Tapi belum pernah minum susu kambing. Kudu dicoba nih buat variasi.
Comment Author Avatar
nanti kalo aku udah hamil, mau coba susunya ah :D
Comment Author Avatar
bener kak, rasa manisnya ini memang enak, gak yang kemanisan gitu. Masih pas.
Jadinya bisa semangat deh jaga sendi biar sehat ya
Comment Author Avatar
Denger kalau ini dari kambing, responku, "apa gak bau ya?" Eh ternyata emang gak bau prengis ya. Alhamdulillah.

Aku kepoin kandungannya. Dari gamat hingga stevia, komplet banget! Bayangin kalau harus ambil kandungan masing-masing secara terpisah, repooot. Alhamdulillah etawarich udah menggabungkan segala kandungannya.
Comment Author Avatar
Kalau untuk mengatasi nyeri sendi yg terjadi karena faktor U alias menuju Lansia, bisa juga kan ya? Wah..ini nih yg aku butuhkan.. Terima kasih sharing infonya ya
Comment Author Avatar
Jadi nemu solusi mengatasi masalah nyeri sendi pada lengan nih, ternyata bisa dengan mengonsumsi secara rutin susu etawarich. Makasih banget infonya kak.
Comment Author Avatar
Pamanku juga rutin konsumsi susu kambing etawarich ini, Mbak. Aku malah belum pernah minum susu kambing sama sekali. Kan aku jadi penasaran pengen minum susu kambing setelah baca postingan ini.
Comment Author Avatar
Wah, pengalaman menarik nih mbak Siska. Aku kira nyeri sendi cuma terjadi pada usia lanjut aja. Ternyata pas hamil trimester akhir pun mengalami yah.
Baguslah ada Etawarich ya. Mau coba ah... sebagai pencegahan supaya engga terjadi masalah pada tulang dan sendi.
Comment Author Avatar
Wah baru tahu aku kalau susu kambing aman dikonsumsi untuk ibu hamil malah disarankan dokter obgyn yaa. Fix nanti kalau hamil lagi dan nyeri sendi minumnya susu kambing aja, hehe.
Comment Author Avatar
nyeri sendi selama hamil juga saya rasakan mba sis. apalagi saya hamil anak-anak keduanya di usia lewat 30. duuhh itu masyaAllah deh rasanya. dulu cuman di pijat aja, sekarang mah bumil enak deh ada etawarich. tapi saya bisa konsumsi juga ya mengingat si sendi masih sering kerasa apalagu usia udah gak muda lagi, hihihi
Comment Author Avatar
nyeri sendi selama hamil juga saya rasakan mba sis. apalagi saya hamil anak-anak keduanya di usia lewat 30. duuhh itu masyaAllah deh rasanya. dulu cuman di pijat aja, sekarang mah bumil enak deh ada etawarich. tapi saya bisa konsumsi juga ya mengingat si sendi masih sering kerasa apalagu usia udah gak muda lagi, hihihi
Comment Author Avatar
Masuk usia 40 tahun, kekuatan tulang dan sendi perlahan mulai berkurang. Makanya saya rutin minum susu. Nah sekarang udah nyobain susu kambing etawa etawarich. Nggak begitu bau prengus ya. Saya udah nyoba sendiri. Padahal saya nggak suka makan daging kambing 🐐. Tapi kalo susu kambing etawa oke lah.
Comment Author Avatar
Saya itu baru tahu manfaatnya yang banyak sekarang ini. Sebelumnya, mengira kalau susu kambing lebih rendah kualitasnya dari susu sapi. Ternyata punya khasiat tersendiri yang unggul ya.
Comment Author Avatar
Nyeri sendi itu ga enak banget dududu, aku juga pernah nih mbak, duh sakitnya
sepertinya ingin coba juga susu etawarich ini, belum pernah cob saya
Comment Author Avatar
Dulu juga berpikirnya gitu, semua susu kambing pasti prengus. eeehhh... ternyata salah yaaa.. ada Etawarich yang rasanya enak dan siap membantu kita menjaga kondisi tubuh.
Comment Author Avatar
bener banget ini, terakhir hamil waktu itu punggung sama dengkul berasa banget ga nyaman. mungkin karena udah 30an juga nih usiaku saat hamil xD butuh suplemen atau susu kya nya, ga bisa ngandelin makanan aja
Comment Author Avatar
Saya juga mengkonsumsi susu etawa ini kak terbukti bagus manfaatnya dan bagus juga mempertahankan daya tahan tubuh
Comment Author Avatar
Hamil itu udah berat, kalau ditambah ada nyeri sendi, duh pasti tambah payah jadinya.
Eh etawarich ini nggak bau prengus ya mbak, jadi aman banget lah ya buat ibu hamil, yang kadang cium bau masakan pun bisa mual.
Comment Author Avatar
Saya juga lagi coba konsumsi produk susu ini buat ibu karena persendiannya sedang sakit, semoga cocok, dan pastinya ini bagus banget ya buat yang sedang hamil
Comment Author Avatar
Nyeri sendi saat hamil itu bisa jadi karena kurang asupan kalsium ya? Makanya selalu dianjurkan minum susu termasuk susu kambing etawa. Daku belum pernah minum susu Etawarich nih, jadi penasaran.
Comment Author Avatar
Berhubung di rumah alergi susu sapi, jadi beralih ke susu etawa dan cocok... alhamdulillah, gak susah lagi deh memenuhi kebutuhan tubuh akan susu... semua terjawab dengan etawarich
Comment Author Avatar
Sangat informatif dan kandungan susu etawa sangat bagus banget buat di konsumsi bumil, serta kita-kita juga nih.
Biasanya kalau minum susu takut ada bau prengus atau anyir, ternyata susu etawa enggak. Keren banget nih, bisa di rutinkan minum susu etawa.
Comment Author Avatar
Aku tiap bulan selalu kirim ke mama susu kambing etawa mba. Tp jujurnya beda brand dari yg ini. Soalnya keluhan mama juga nyeri sendjri, maklum aja udh tua kan.

Dan sejak konsumsi yg aku kirim, mama bilang enakan badannya. Jadi beliau suka.

Nah aku sendiri, memang ga kuat Ama susu mba... Mau susu sapi atau susu kambing, langsung mual pas minum. Dan pasti muntah 🥴. Dari kecil sih udh gini. Makanya aku ganti ke susu almond atau susu soya.

Ntr kalo mama udh habisin susu yg skr, aku coba beliin 1 etawarich, biar mama bisa bandingin enak yg mana Ama susu yg diminum skr.
Comment Author Avatar
Wah baru tau etawarich ini berkhasiat tuk sendi juga. Jd bagus ya tuk dikonsumsi bumil dan orang tua. Eh untuk remaja bisa jg kan ya, kan mereka masih masa pertumbuhan, dan perlu tulang yg kuat dan sehat
Comment Author Avatar
Beberapa artikel membahas tentang susu kambing yg memang bagus untuk mengurangi nyeri sendi, dan ternyata susu kambing etawa ini yg terbaik.
Comment Author Avatar
berat ya memang bun jadi ibu hamil dan harus benar-benar dijaga kondisi badan serta asupan gizinya. Mantap juga susu etawarich ini gak ada bau prengusnya, cocok banget nih buat yang pengen merasakan khasiat susu kambing tapi tidak tahan dengan bau prengus
Comment Author Avatar
Melawan ketakutan diri sendiri akan konsumsi sesuatu ini berat yaa, ka Siska.
Dan akhirnya ka Siska mampu mengatasinya hingga menjadi jalan ikhtiar untuk tetap hidup sehat bersama Susu etawarich yang bagus terutama untuk kesehatan tulang dan sendi.

Memang masa-masa kehamilan ini butuh banget asupan 2x lebih banyak dari biasanya karena semuanya dibagi untuk Ibu dan sang calon bayi. Sehat-sehat selalu, ka Siska dan keluarga.
Comment Author Avatar
Waah, ternyata lumayan banyak ya manfaat dari susu etawarich ini. Bisa untuk ngatasi nyeri sendi juga yang sering jadi masalah buat bumil.
Aku udah beberapa kali baca sih, jadi penasaran dan tertarik mau coba juga.
Comment Author Avatar
ternyata manfaat dari susu etawa ini bagus banget ya kak, selain untuk sendi juga aku baru tahu untuk melancarkan pencernaan. aku yang jarang konsumsi sayur sering banget pencernaan yang kurang lancar hahah. BOleh nih buat minuman di kala sembelit, selain itu juga baru tahu kalo susu etawa ini gak ada bau samsek, duh jadi pensirin
Comment Author Avatar
Susu etawarich ini bagus untuk sendi ya , berasal dari susu kambing tapi aku agak nggak suka baunya.
Comment Author Avatar
Memang sebagus itu ya manfaatnya susu yang satu ini. Jadi ngiler juga

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.