9 Tips Memilih Jasa Servis Mobil yang Tepat dan Terpercaya

9 Tips Memilih Jasa Servis Mobil yang Tepat dan Terpercaya
Gambar : freepik.com

Servis mobil harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kendaraan tetap dalam kondisi baik. Komponen rem tromol merupakan salah satu dari bagian mobil yang juga perlu mendapatkan perawatan berkala.

Komponen ini memiliki peran vital dalam sistem pengereman sehingga kondisinya memang harus selalu prima. Rem tromol sendiri berfungsi untuk memperlambat kecepatan dan laju kendaraan agar mobil bisa berhenti secara perlahan.

Kebayang dong kalau misalkan komponen ini tidak terawat dengan baik? Belum lagi dengan komponen lainnya. Karena itu servis mobil secara berkala sangatlah penting.

Namun kamu juga harus cermat dalam memilih bengkel untuk service mobil. Pasalnya tidak semua bengkel kendaraan roda empat memiliki kualitas dan layanan terbaik.

Kamu akan kecewa jika salah memilih jasa servis mobil karena harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sementara hasil maintenance-nya tidak maksimal.

Nah, biar tidak salah pilih ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membawa mobil ke bengkel. Apa saja tipsnya? Baca sampai selesai ya!

Tips memilih jasa servis mobil yang tepat 

Memilih bengkel untuk service mobil  merupakan keputusan penting yang dapat memengaruhi kinerja dan umur kendaraan kamu.

Tentu kamu tidak ingin kendaraanmu sering mengalami kendala, bukan? Karena itu pastikan  kamu hanya melakukan perawatan mobil di bengkel yang benar-benar terjamin kualitasnya. 

Yuk, langsung saja simak tips memilih bengkel mobil terbaik berikut ini.

Jasa servis mobil
Gambar : freepik.com

Cek reputasi bengkel dari ulasan konsumen

Pertama yang harus kamu lakukan adalah cek reputasi bengkel. Untuk itu kamu perlu cari tahu ulasan para pelanggan. Apakah banyak yang memberikan testimoni positif dan rating tinggi atau sebaliknya?

Kamu bisa dengan mudah mengecek track record bengkel tersebut lewat internet atau media sosial. Berbagai ulasan jujur dari konsumen itu bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan.

Pastinya bengkel dengan reputasi yang baik cenderung memberikan pelayanan yang memuaskan dan memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi.

SOP dan QC yang berkualitas tinggi

Namun tidak cukup memilih bengkel berdasarkan ulasan pelanggan saja. Kamu juga harus memastikan kredibilitas dari bengkel tersebut.

Bengkel terpercaya biasanya memiliki SOP (Standard Operating Procedure) dan QC (Quality Control) yang berkualitas tinggi. Jadi, kamu juga harus tahu bagaimana SOP dan QC di bengkel yang kamu tuju.

Perhatikan pengalaman dan keahlian teknisi

Tidak hanya SOP dan QC yang berkualitas tinggi, bengkel terbaik dan terpercaya juga memiliki teknisi yang terlatih, berpengalaman dan bersertifikasi. 

Keahlian teknisi ini merupakan faktor kunci yang menjamin bahwa perawatan dan perbaikan mobil kamu berada dalam penanganan dengan standar tertinggi. Karena itu pastikan kamu memilih bengkel yang memiliki teknisi dengan keahlian mumpuni.

Pastikan penggunaan suku cadang asli

Penting untuk memastikan bahwa bengkel menggunakan suku cadang asli untuk kinerja optimal dan keandalan kendaraan kamu dalam jangka panjang.

Kamu bisa membedakan suku cadang asli dan palsu dengan melihat harganya. Biasanya, suku cadang yang asli memiliki garansi dan harga lebih mahal daripada yang palsu.

Memang harganya terbilang mahal tetapi sebenarnya bikin kamu lebih hemat pengeluaran. Pasalnya suku cadang asli memiliki kualitas yang terjamin dan kompatibel dengan mobil serta lebih awet.

Pertimbangkan harga dan kualitas

Selanjutnya kamu juga perlu membandingkan harga dari beberapa bengkel yang berbeda untuk mendapatkan gambaran mengenai biaya perawatan atau perbaikan yang wajar.

Namun ingat bahwa harga service mobil yang terlalu murah mungkin tidak menjamin kualitas yang baik, jadi pertimbangkanlah nilai dari layanan yang ditawarkan.

Pilih bengkel dengan alat lengkap dan teknologi canggih

Tentunya akan lebih hemat waktu jika kamu langsung mendatangi bengkel yang memiliki peralatan service lengkap. Dengan begitu apapun masalah mobil kamu bisa langung ditangani saat itu juga sehingga kamu tidak harus berpindah ke bengkel lain.

Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan teknologinya. Jasa service mobil profesional biasanya sudah didukung pula dengan teknologi canggih yakni komputerisasi yang dapat mendeteksi sejumlah kerusakan dengan cepat. Dengan begitu proses pengerjaan pun akan lebih cepat dibanding bengkel yang masih mengguna cara manual untuk pengecekan kondisi mobil.

Memiliki fasilitas yang nyaman

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah fasilitas yang nyaman untuk menunggu. Mengingat pengerjaan service mobil memakan waktu yang cukup lama maka keberadaan ruang tunggu dengan fasilitas yang nyaman bisa menjadi nilai plus.

Bengkel mobil berkualitas umumnya sudah dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman dan lengkap dengan fasilitas seperti kursi sofa, meja, AC, TV, koneksi WiFi gratis, toilet hingga musala. Menunggu di ruangan dengan fasilitas nyaman pasti tidak akan membuat kamu mudah bosan, bukan?

Ada garansi servis mobil

Tips berikut ini juga patut kamu pertimbangkan. Walau sudah ditanganin oleh teknisi berpengalaman dan didukung dengan peralatan lengkap dan canggih namun kemungkinan terjadinya kerusakan kembali bisa saja terjadi.

Untuk mengantisipasinya kamu perlu memilih bengkel yang memberikan garansi service mobil. Memang tidak semua perawatan mobil mendapatkan garansi namun setidaknya masih ada jenis servis tertentu yang memperoleh jaminan perbaikan kembali ketika mengalami kerusakan.

Lokasi strategis 

Satu lagi tips memilih bengkel untuk servis mobil yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu  terkait lokasinya. Pilihlah bengkel yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal atau tempat kerjamu agar mudah diakses.

Jasa servis mobil yang profesional umumnya memiliki beberapa cabang yang mudah dijangkau karena lokasinya berada di pinggir jalan poros.

Itu dia beberapa tips memilih bengkel yang tepat untuk servis mobil. Jadi banyak hal yang memang perlu kamu perhatikan sebelum memilih jasa servis mobil, mulai dari reputasi bengkel, standar operasional, teknisinya hingga lokasi bengkel.

Nah, biar tidak bingung memilih kamu juga bisa pertimbangkan untuk melakukan perawatan mobil di Otoklix. 

Rekomendasi bengkel mobil terpercaya

Apa itu Otoklix? Mungkin masih ada yang belum kenal dengan jasa servis mobil profesional yang satu ini. Otoklix adalah bengkel yang hadir dengan layanan servis mobil to the next level dan berbagai keunggulan lainnya.

Apapun masalah mobil kamu, Otoklix bisa jadi solusinya. Bengkel mobil dengan kualitas bengkel resmi ini melayani berbagai jenis servis mobil, di antaranya ganti oli, spooring and balancing, tune up, ganti aki original dan lain sebagainya.

Otoklix memiliki beberapa keunggulan dibanding bengkel lain. Apa saja keunggulan Otoklix?
  • Harga transparan dan terjangkau, kamu bisa langsung tahu biaya servis mobil sebelum datang ke bengkel. Tarifnya pun masih terjangkau lho. Apalagi kalau kamu booking via aplikasi Otoklix, bisa dapat harga sampai 50% lebih murah dari bengkel resmi
  • Mobile apps, Otoklix juga sudah ditunjang dengan teknologi cangih. Lewat aplikasinya kamu bisa memantau kesehatan mobilmu secara rutin.
  • Terdapat fitur pengingat servis, tidak ada lagi alasan buat lupa ke bengkel karena aplikasi Otoklix ini juga sudah dilengkali dengan fitur penginvat servis.
  • Garansi 14 hari, tidak perlu ragu untuk perawatan mobil di Otoklix karena kamu bakal dapat garansi selama 2 pekan pasca servis
  • Tersedia banyak cabang, lokasi bengkel Otoklix mudah ditemukan karena selain di Jabodetabek, cabangnya juga sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Bahkan ada 600 lebih mitra yang sudah bergabung dengan Otoklix. 
  • Bengkel mobil kualitas bengkel resmi, soal kualitas bisa bandingkan sendiri dengan bengkel resmi. 
  • Testimoni positif, sudah banyak pelanggan Otoklix yang memberikan ulasan jujur dan menyatakan puas dengan layanan servis mobil di Otoklix. Artinya Otoklix memang memiliki reputasi yang bagus.

Penutup

Memilih bengkel untuk servis mobil memang susah-susah gampang. Namun kamu jangan sampai asal memilih ya. 

Setidaknya dengan menerapkan semua tips di atas, kamu dapat memilih bengkel yang tepat untuk merawat mobilmu dengan baik. 

Atau kamu juga bisa pertimbangkan untuk servis kendaraan roda empatmu di Otoklix, jasa servis mobil yang recommended dan terpercaya. Dengan kualitas bengkel resmi apapun masalah mobilmu Otoklix bisa jadi solusinya.

Posting Komentar untuk "9 Tips Memilih Jasa Servis Mobil yang Tepat dan Terpercaya"