Mengenal Jurusan Teknologi Pangan dan Prospeknya

Gambar : sevima.com

Apa yang kamu ketahui tentang jurusan teknologi pangan? Atau kamu baru tahu tentang jurusan yang berkaitan dengan makanan ini? 

Jurusan teknologi pangan ini cukup populer di luar negeri lho. Dikenal dengan nama food technology atau singkatnya food tech. Belakangan jurusan ini juga semakin banyak peminatnya di Indonesia. 

Apalagi dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang. Jurusan Teknologi Pangan diprediksikan akan terus berkembang seiring dengan banyak produk yanug dihasilkan.

Kamu tentu tidak asing dengan produk-produk yang dijual di pasaran seperti teh celup, susu kental manis, kopi kemasan mie instan dan berbagai jenis frozen. Nah, semua itu merupakan produk hasil teknologi pangan.

Sebenarnya apa itu jurusan teknologi pangan dan bagaimana prospeknya di dunia kerja? Yuk kita bahas!

Mengenal Jurusan Teknologi Pangan

Teknologi pangan adalah bidang studi yang berkaitan dengan pengolahan, penyimpanan, dan keamanan pangan. Jurusan ini mempelajari berbagai aspek penting dalam industri makanan, termasuk teknik pengolahan makanan, konservasi bahan pangan, analisis mikrobiologi, teknik pemrosesan, dan pengembangan produk pangan baru.

Fokus utama dari ilmu teknologi pangan terdapat pada panganan dalam kemasan. Namu mahasiswa di jurusan ini juga akan mempelajari proses panganan lainnya.

Industri pangan pasti terus berkembang, apalagi dengan kecanggihan teknologi masa kini. Dengan ilmu yang didapat semasa kuliah di jurusan Teknologi Pangan, kamu dapat berkontribusi untuk menciptakan makanan yang sehat, bergizi, dan aman dikonsumsi. 

Bagi kamu yang punya passion di bidang makanan, kesehatan, dan sains, tentu jurusan Teknologi Pangan akan sangat cocok!

Prospek karir bagi lulusan teknologi pangan

Prospek karir bagi lulusan teknologi pangan sangatlah menjanjikan, karena industri pangan merupakan industri yang terus berkembang. Berikut adalah beberapa prospek karir yang dapat dijalani oleh lulusan jurusan teknologi pangan:

Food Technologist

Sebagai ahli teknologi pangan, lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai food technologist di industri makanan. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan formulasi produk pangan baru, menganalisis bahan baku, dan memastikan keamanan pangan.

Quality Assurance Manager

Lulusan teknologi pangan juga dapat bekerja sebagai manajer jaminan kualitas dalam industri makanan. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk pangan memenuhi standar kualitas dan keamanan yang ditetapkan.

R&D Scientist

Sebagai ilmuwan riset dan pengembangan (R&D) di perusahaan makanan, lulusan teknologi pangan dapat terlibat dalam penelitian untuk menciptakan inovasi produk pangan baru dan meningkatkan proses produksi.

Konsultan Pangan

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai konsultan untuk membantu industri makanan dalam mengoptimalkan proses produksi, memenuhi regulasi keamanan pangan, dan mengembangkan produk baru.

Pengusaha

Beberapa lulusan teknologi pangan juga memilih untuk menjadi pengusaha dengan mendirikan usaha dalam bidang pengolahan makanan atau produk pangan baru.

Bidang studi teknologi pangan juga memberikan kesempatan untuk terlibat dalam penelitian ilmiah dan pengembangan produk inovatif. Dengan pertumbuhan terus-menerus dalam industri makanan, lulusan jurusan ini memiliki peluang yang besar untuk berkembang karirnya

Itu dia beberapa peluang karir yang bisa kamu raih ketika mengambil jurusan food tech. Peluangnya cukup menjanjikan, bukan?

Universitas dengan jurusan teknologi pangan

Kamu bisa menemukan jurusan Teknologi Pangan di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Karena jurusan ini tergolong dalam  Fakultas Teknologi Pertanian jadi setelah lulus, kamu akan menyandang gelar Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP.).  

Berikut ini daftar PTN yang bisa kamu pilih untuk kuliah jurusan Teknologi Pangan.

  • Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  • IPB University, Bogor
  • Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  • Universitas Brawijaya (UB), Malang
  • Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  • Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  • Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

So far buat kamu yang cari teknologi pangan di Bandung bisa masuk di ITB atau jika tidak lolos kamu bisa pertimbangkan untuk masuk di Universitas Swasta di Bandung yang kualitasnya tidak kalah unggul.

Penutup

Demikian ulasan mengenai jurusan teknologi pangan dan proseknya. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu yang saat ini mungkin masih bingung dalam menentukan jurusan. Terlebih jika kamu memang tertarik pada hal yang berkaitan dengan makanan. Kamu bisa pertimbangkan jurusan teknologi pangan dengan prospeknya yang bagus untuk masa depan kamu.


Posting Komentar untuk "Mengenal Jurusan Teknologi Pangan dan Prospeknya"