Intip! 7 Tips Memilih Batu Alam untuk Dinding Kamar Mandi

Intip! 7 Tips Memilih Batu Alam untuk Dinding Kamar Mandi
Gambar : freepik

Batu alam telah menjadi pilihan populer untuk dinding kamar mandi karena keindahan alamnya yang mempesona dan kekuatan yang tahan lama. Namun, memilih batu alam yang tepat untuk dinding kamar mandi bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk dalam urusan memilih lem keramik dinding untuk merekatkannya.

Artikel ini akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu kamu memilih batu alam yang cocok untuk dinding kamar mandi.

7 Tips Memilih Batu Alam yang Cocok untuk Dinding Kamar Mandi

Batu alam memang sangat bagus untuk dinding kamar mandi. Namun, tidak semuanya cocok. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih batu alam ini. Apa saja?

Pilih Batu Alam yang Tepat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih batu alam yang tepat untuk dinding kamar mandimu. Pastikan untuk memilih batu alam yang tahan terhadap kelembapan dan kondisi lingkungan yang khas di kamar mandi.

Sebab, batu alam ini memiliki dua sifat, yaitu solid dan nonsolid. untuk yang memiliki daya serap air rendah, maka batu tersebut disebut solid. Biasanya, digunakan pada bagian luar maupun dalam rumah, termasuk kamar mandi.

Jenis batu ini tidak mudah ditumbuhi oleh jamur dan lumut, karena tidak punya pori-pori. Salah satu contohnya adalah batu andesit.

Kenali Jenis-Jenis Batu Alam

Sebelum membeli, penting untuk mengenali berbagai jenis batu alam yang tersedia. Beberapa pilihan yang umum termasuk granit, marmer, batu kapur, dan travertine. 

Setiap jenis batu alam memiliki karakteristik uniknya sendiri, seperti tingkat porositas (pori-pori), warna, dan tekstur. Penting untuk memahami perbedaan di antara mereka, supaya dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Melakukan Survei ke Toko

Sebelum membuat keputusan akhir, luangkan waktu untuk melakukan survei ke toko-toko batu alam lokal. Dengan melihat secara langsung dan menyentuh berbagai jenis batu alam yang ditawarkan, kamu dapat memperoleh gambaran yang lebih baik tentang kualitas, warna, dan tekstur yang sesuai dengan preferensimu.

Sebaiknya, jangan hanya sekali datang. Kamu perlu melihat-lihat lebih detail sebelum memutuskan untuk membeli. Kamu juga bisa datang bersama profesional untuk hasil yang lebih baik.

Padu Padankan Beberapa Jenis Batuan Alam

Jangan ragu untuk mencoba padu padan beberapa jenis batu alam untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik pada dinding kamar mandimu.

Misalnya, kamu bisa memilih kombinasi batu alam yang berbeda untuk dinding utama. Kemudian, mencampur batu alam dengan material lain, seperti keramik atau kayu, untuk menciptakan kontras yang menarik.

Tapi sebaiknya, kamu menggambar terlebih dahulu, atau mencocokkan langsung saat di toko, supaya padu padannya lebih tepat dan sesuai keinginan.

Padu Padankan Beberapa Jenis Batuan Alam
Gambar : freepik

Pilih Warna Batu Alam yang Estetik

Warna adalah faktor penting dalam memilih batu alam untuk dinding kamar mandi. Pilihlah warna yang sesuai dengan tema atau gaya dekorasi kamar mandimu. Jika kamu menginginkan tampilan yang bersih dan minimalis, mungkin warna putih atau abu-abu akan menjadi pilihan yang sempurna.

Lalu, warna-warna hangat seperti cokelat atau krem dapat memberikan sentuhan alami dan hangat untuk ruanganmu. Ini menjadikan kamar mandi lebih terlihat estetik dan juga instagramable.

Sesuaikan dengan Konsep Rumah

Selain mempertimbangkan gaya kamar mandi, penting juga untuk mempertimbangkan keseluruhan konsep rumahmu. Pastikan batu alam yang kamu pilih sesuai dengan desain dan estetika keseluruhan rumah. 

Jika rumah kamu memiliki nuansa modern, kamu mungkin ingin memilih batu alam dengan tekstur yang halus dan warna yang netral. Sedangkan untuk rumah bergaya tradisional, batu alam dengan tekstur kasar dan warna alami mungkin lebih sesuai.

Gunakan Perekat Khusus

Terakhir, pastikan untuk menggunakan lem keramik dinding yang dirancang untuk batu alam saat memasang di kamar mandi kamu. Perekat ini memiliki formula yang dirancang khusus untuk menahan kelembapan dan kondisi lingkungan yang khas di kamar mandi. 

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan SikaCeram®-200 TA Tilefix, lem keramik paling top. Produk ini memiliki daya lekat yang sangat baik, cocok untuk keramik ukuran besar, aplikasi pada area terendam air, aplikasi tile on tile, mudah digunakan dan diaplikasikan, dan hanya menambahkan air.

Lem keramik dinding kamar mandi ini dapat memastikan bahwa batu alam tetap kuat dan kokoh dalam jangka waktu yang lama. Kamu pun lebih tenang dalam perawatan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat memilih batu alam yang tepat untuk dinding kamar mandi. Tidak hanya cantik secara visual, tetapi juga tahan lama dan mudah perawatannya. Kamu pun dapat menciptakan kamar mandi impianmu yang menjadi pusat perhatian dalam rumah.

Kamu bisa menggunakan perekat keramik dinding untuk memasang batu alam. Fungsi lem keramik dinding untuk memastikan jika batu alam meerkat sempurna di dinding kamar mandi.

Selain SikaCeram®-200 TA Tilefix, kamu juga bisa menggunakan SikaCeram®-850 Design sebagai perekat keramik. Produk ini memiliki jarak lebar nat : 2–15 mm, mudah diaplikasikan menggunakan cartridge gun dan 2-komponen cartridge ganda berdampingan dengan static mixer nozzle.

Lem keramik dinding dapur ini bisa diaplikasikan pada lantai dan dinding, tersedia banyak pilihan warna, penyusutan kecil, tahan abrasi, ketahanan yang baik terhadap kimia, workability bagus, dan tahan noda dan mudah dibersihkan. 

Sika sudah memiliki pengalaman selama 113 tahun dan sudah meng-handle proyek global, salah satunya proyek MRT di Indonesia. Sika juga menjadi yang pertama dalam menciptakan waterproofing semen di Indonesia. Apabila kamu ingin mencari tahu mengenai lem keramik dinding Sika, segera kontak di sini!

Posting Komentar untuk "Intip! 7 Tips Memilih Batu Alam untuk Dinding Kamar Mandi"