Monday, January 14, 2019

Ternyata Kartu Prabayar yang Terlanjur Hangus Bisa Aktif Kembali Lho, Gaes


Ternyata kartu bayar yang terlanjur hangus, beneran bisa aktif kembali, lho. Awalnya juga saya nggak percaya. Gimana mungkin nomor kartu AS saya yang sudah "mati" dari akhir tahun 2017 lalu bisa "hidup" kembali. Wong jelas-jelas pihak telkomsel sendiri yang menyampaikan pesan kayak gini ke saya. 



Yup, nomor kesayangan saya itu sudah tidak terdaftar dalam sistem dan TIDAK BISA DIAKTIFKAN KEMBALI. Demikian penjelasan yang pernah saya dapatkan dari pihak telkomsel.

Baca juga Kartu Prabayar Hangus, Bisa Aktif Kembali?

Apa boleh buat, saya terpaksa harus merelakan nomor hp yang bertahun-tahun telah membersamaiku. Lagipula, nomor tersebut hangus karena keteledoran saya sendiri. Ya kali, saya tidak bisa menyalahkan siapa-siapa kecuali menyalahkan diri sendiri. Tapi karena saking sayangnya, saya tetap mempertahankan nomor yang didominasi dengan angka 9 itu sebagai nomor WhatsApp. 

Jadi, meski tidak bisa digunakan sebagaimana fungsinya,  setidaknya nomor kesayanganku itu masih bisa terhubung dengan WhatsApp. Oh ya selain WhatsApp, nomor tersebut juga terhubung dengan akun Telegram, cuma saya memang lebih eksis di WA.

Well, tidak pernah terpikirkan sama sekali, bila keputusan mempertahankan nomor kartu yang sudah hangus menjadi nomor WA maupun Telegram bakal jadi masalah bagi saya di kemudian hari.

Ceritanya bermula di suatu pagi, tepatnya tanggal 26 Oktober 2018 lalu. WA tiba-tiba minta verifikasi nomor. Mampus lah saya. Sejak nomor kartu AS saya hangus alias tidak bisa digunakan lagi, saya memang sengaja tidak meng-unistall dan log out dari applikasi WA demi menghindari permintaan verifikasi.

Padahal sudah hampir setahun lho, karena nomor tersebut mulai "kadaluwarsa" sejak akhir bulan November atau awal Desember 2017, lupa persisnya. Lantas kok tidak ada angin, tidak ada hujan, tiba-tiba muncul permintaan verifikasi nomor di WA?

So, mau nggak mau, pagi itu juga saya terpaksa mendaftar akun WA dengan nomor baru, karena tidak bisa mendapatkan kode verifikasi yang sudah pasti dikirim ke nomor yang saya sangka telah kadaluwarsa itu.

Oh ya, saya sampai curcol terkait insiden pagi itu di status WA dan insta story IG.



Tapi sangkaan saya ternyata keliru, pemirsa. Tahu nggak kenapa tiba-tiba pagi itu muncul permintaan verikasi nomor WA padahal sebelum-sebelumnya tidak. Tadinya saya juga nggak curiga sama sekali. Suami yang pertama kali curiga plus heran ketika mendapati istrinya muncul dengan akun WA baru sementara status akun WA saya yang lama masih online.

Saya juga sempat bergidik lho pas lihat status akun WA lama saya sedang ONLINE. Padahal saya sudah beralih ke akun WA baru, lantas siapa pula yang menggunakan akun WA yang nomornya sudah lama tidak aktif itu? Apa mungkin hantu😱


Yup, ternyata munculnya permintaan verifikasi nomor WA pagi itu karena nomor 085399090*** yang sudah lama "mati" hidup kembali, gaes? Tapi apalah artinya nomor tersebut AKTIF KEMBALI, kalau pemiliknya bukan lagi saya.

Lho kok bisa?

Jangan tanyakan pada saya, silakan tanyakan pada pihak telkomsel.

Tentu saja, dengan aktifnya kembali nomor kartu yang sudah dinyatakan hangus itu menimbulkan masalah, baik masalah bagi pemilik barunya, lebih-lebih pemilik lama *nunjuk diri. 

Coba simak percakapan di bawah ini;


See! Pemilik barunya kebingungan karena nomor yang baru dia beli dan baru diaktifkan sebagai nomor WhatsApp langsung ramai dengan banyaknya grup dan kontak-kontak yang tidak dikenalinya. Dia pun khawatir kalau-kalau disangka nyuri hape.

Lalu bagaimana dengan saya?

Ya, sejujurnya saya sudah lama merelakan nomor tersebut namun saat mendapati ada orang lain yang menggunakan nomor kesayanganku itu saya jadi nggak rela dong. Mending nomor tersebut nggak usah aktif kembali untuk selama-lamanya daripada aktif tapi jadi milik orang lain, huhuhu. Berasa pengen komplain deh ke pihak Telkomsel.

Masalahnya, bila nomor tersebut aktif kembali dan jatuh ke tangan orang yang tak bertanggung jawab, bisa-bisa disalahgunakan, kan? Apalagi masih banyak keluarga, teman dan kerabat yang menyimpan nomor tersebut atas nama saya. (Salah lo juga sih, ngapain nomor yang sudah kadaluwarsa dipertahanin)

Syukurnya saja, yang dapet nomor saya adalah orang baik (nampak dari percakapannya) coba kalau nggak? But whatever lah, intinya kartu prabayar yang terlanjur hangus masih bisa aktif kembali ya, gaes, tapi sekali pun aktif sangat kecil kemungkinan bisa jadi milik kamu. Kecuali kalau memang kamu beruntung dan berjodoh kembali dengan nomormu yang sudah hangus itu ..

Oh ya, suamiku juga sudah berusaha negosiasi dengan si pemilik baru nomor lamaku. Rencananya dia pengen beli kartu prabayar dengan nomor yang persis dengan nomor kesayanganku itu. Sayangnya, si pemilik baru nomor 085399090*** yang katanya berdomisili di Nunukan itu tidak merespon sama sekali. Yowes lah, saat menulis postingan ini saya telah sepenuhnya merelakan nomor tersebut. Jadi bagi kamu yang pernah menyimpan nomor 085399090*** atas nama saya, silakan dihapus saja, karena nomor tersebut sudah berpindah tangan ke orang lain.

Salam,





19 comments:

  1. Nomor Yang sudah kadaluarsa bisa mbak aktif lagi kalo dulu jangka waktu produksi ulang lama. tapi entah mengapa kalo sekarang jadi cepat.
    Saya punya pengalaman mirip sama mbak,

    Jadi kartu uridu saya kan hangus baru seminggu malah. lalu saya ke galeri, maksud hati mau aktifkan ulang dan ternyata tidak bisa.

    malah dijelasken sama cs nya nomer lama ku itu sudah masuk masa karantina sebelum di lepas kembali ke publik 3-4 bulan berikut.

    ReplyDelete
  2. Saya kala bikin akun WA pakai nomor baru yang sampai sekarang aktif, Smartfren. Bersyukur tak pakai nomor Simpati karena pada akhirnya terpaksa hangus sebab ponsel lama rusak dan malas pakai modem Flash pakai Simpati lagi jika sudah ada ponsel ANDROMAX PRINE yang bisa jadi hotspot portabel secara murah.
    Yang harus saya lakukajn adalah mempertahankan nomor dengan rajin isi ulang paket data setiap 2 minggu sekali untuk PUAS 20 ribu sepuasnya.
    Takut juga jika hangus karena saya pakai nomor itu untuk WA dan sekian kontak lain.
    Entah bagaimana dengan nomor Simpati 4G yang terpaksa hangus karena tak bisa dipakai jika ponsel satunya untuk GSM rusak, apakah telah beralih ke pemilik baru pula?
    Ke depannya kita hanya harus berupaya agar nomor yang kita punya tetap aktif masanya, ya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Aku punya pengalaman yg mirip dgn ini. Jadi nomer papaku ada 2 dan yg 1nya kadaluarsa, trus aku gaktau sama skali. Trus muncul di WA kontak papa dgn nomor yg kadaluarsa tp fotonya ibu2 lain dgn anaknya. Aku jadi mikir yg nggak2. Hahaha...
    Sukurlah kecurigaan itu tdk terbukti krn ternyata nomer papaku emg diaktifkan kembali sama telk*ms*l dan dibeli org lain.

    ReplyDelete
  4. Beda perusahaan ki bela Telkomsel, WA, dan Telegram jadi ndak seiya sekata.
    Jadi ingat teman, saya sudah pernah hubungi no WAnya jadi saya hubungi lagi kira-kira 3 bln setelahnya. Eeeh, rupanya sudah berganti milik dan pemilik baru omel-omeli ka' ... ddeh ndak enaknya. Langsung saya blokir nomornya biar ndak salah lagi terkirim ke situ.

    ReplyDelete
  5. Memang, nomor lama bisa diaktifkan kembali. Tapi setahu saya dulu waktunya 5 tahun sejak terakhir aktif. Sekarang koq makin cepat ya?
    Apa karena permintaan nomor semakin tinggi?

    ReplyDelete
  6. Sebaiknya sih kalo urusan pengaktifan kembali atau semacamnya, kita langsung ke Grapari aja. Biar bisa dapat penjelasan langsung dari CSnya.

    ReplyDelete
  7. No yang bagus emang suka diaktifin dan dijual lagi mba tapi jadinya merugikan untuk pemilik lama sih yaa

    ReplyDelete
  8. Mudahan ini jadi pengajaran ajha supaya kita tetap maintain kartu kita yang sudah lama kita pake..Apalagi nomor cantik, plus udah lama di pakai..Pasti bnyak yang save.klw jatuh ke tangan orang lain bisa kacau..hehe

    ReplyDelete
  9. setahu saya nomer lama yang hangus memang akan disimpan dulu oleh provider (istilahnya dikarantina) selama enam bulan atau tergantung providernya berapa lama. jika tidak ada yang klaim maka akan dihidupkan dan dijual kembali.

    ReplyDelete
  10. Ada banyak nomorku yang harusnya ndak mati jadi mati juga, kadang menyesal juga tidak pelihara itu nomor. Memang apa-apa kalau sudah hilang baru terasa berharga. XD

    ReplyDelete
  11. Hahaha sama nih kejadiannya dengan nomor indosat mentari lama saya, nomor WA masih aktif di saya sedangkan nomornya sudah hangus, saat teman menelpon nomor itu yang nerima bukan saya tapi orang lain. Sejak saat itu saya gak pakai lagi itu nomor WA takut kenapa2 😁

    ReplyDelete
  12. adaww ternyata bisa yah, saya juga punya nomor kesayangan, tp udah 4 thn yg lalu, aktf gak yah? tapi klupun mau diaktfin sygnya aku lupa nomornya yg tepat huhu

    ReplyDelete
  13. Iya, saya pernah dengar seperti ini. Nomer yang sudah "mati" bisa diaktifkan dan dijual kembali. Makanya lebih baij kalau nomernya terlanjur hangus, nomer kontak di aplikasi chat juga diubah. Untung nda ada kejadian yang tidak diharapkan yaa...

    ReplyDelete
  14. User ID untuk WA memang memakai no telp sih. Jadi ga peduli nomornya masih aktif atau tidak, WA nya akan tetap aktif kecuali pemiliknya delete account. Gawat juga yah kalau sampai nomor kita yang sudah mati trus dijual kembali dan jatuh ke tangan yang tidak bertanggungjawab.

    ReplyDelete
  15. Setahu saya nomor yang sudah lama hangus bisa dijual kembali oleh pihak operator dengan jangka waktu tertentu

    ReplyDelete
  16. Senasib.sy baru aja dr grapari.sama.expired.heheh

    ReplyDelete
  17. Senasib, kebijakan telkomsel terhadap pelanggan memang payah....harus dipetisi di change.org

    ReplyDelete
  18. mau nagis rasanya no cantik dan lama ku hangus.. keteledoran.. udah 17 th bersama ternyata sekarang.. ya allah syedihh banget...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)