Pengen Konsisten Ngeblog? Yuk, Ikutan SETIP with Estrilook Community

By Siska Dwyta - Sunday, February 03, 2019


Bulan Januari kemarin Estrilook ngadain ODOP (one day one post) selama 31 hari penuh, aturannya juga nggak ketat-ketat amat. Nggak mesti tiap hari update postingan, bisa dirapel atau dikejar ketertinggalannya. Sayangnya, saya nggak ikut. Kenapa? Ya, nggak sempat aja sih, *ngeles.

Nah, ternyata bulan Februari ini hingga dua bulan ke depan Estrilook kembali hadir dengan event menulis yang tak kalah seru dengan ODOP, namanya SETIP. Tentunya, saya tidak ingin melewatkan event menulis bersama Estrilook yang satu ini. Apalagi setelah melihat logo dan sertifikat yang didapatkan para penakluk ODOP dari Estrilook kemarin, bikin envy euy😅 Eh tapi bukan karena incar penghargaan juga saya jadi ngebet mau ikut SETIP.

Sekilas Tentang Estrilook Community


Dari tadi ngomongin Estrilook mulu, emang Estrilook itu apa? Oh iya ding, saya belum kenalin ke kamu. Estrilook adalah nama komunitas terbaru saya. Saya baru gabung dengan komunitas kece yang semua membernya adalah perempuan ini akhir tahun lalu. Tahu Estrilook sendiri sebenarnya sudah dari awal terbentuk, secara saya kan sering liat postingannya mbak Muyas di blog maupun instagramnya, hehe. Cuma tadinya saya pikir, untuk gabung di Estrilook harus daftar jadi kontributor di situsnya dulu.

Waktu itu saya sama sekali belum tertarik daftar jadi kontributor di situs media online. Baru tertariknya dua bulan terakhir ini, masih belajar sih. Tahu sendiri kan, bikin artikel yang bisa tembus di situs media online itu nggak gampang. Apalagi bagi pemula macam saya. Di situs Estrilook sendiri baru satu artikel saya yang terbit, itu pun ngantrinya lumayan lama. Kalau di situs lain jangan tanya, karena emang saya belum pernah jadi kontributor atau mengirim artikel di situs media online mana pun kecuali di Estrilook.com🙊

Jadi Estrilook ini sebenarnya merupakan situs media online. CEO dan foundernya adalah Mbak Muyassaroh atau biasa disapa dengan mbak Muyas. Saya sudah pernah cerita tentang beliau lho di Kamar Kenangan saya ini. Masih ingat postingan saya yang berjudul Lima Blogger yang Menginspirasi.

Yup, mbak Muyas merupakan salah satu dari lima blogger yang menginspirasi saya. Orangnya baik, ramah, jago masak, jago gambar, lebih-lebih menulis. FYI, beliau udah nulis lebih dari 1000 artikel di situs media online ternama, udah punya puluhan buku antologi dan buku solo juga. Udah gitu, masih produktif nulis di blog pula. Gimana saya nggak terinspirasi coba?

Berawal dari situs Estrilook.com yang sebagian besar kontributornya adalah blogger inilah sehingga terbentuk Estrilook Community. Awalnya, tujuan terbentuknya Estrilook Community sebagai wadah belajar para kontributor dari situs tersebut, tapi makin ke sini komunitas ini semakin mengembangkan sayap. Jadi anggotanya bukan cuma kontributor atau blogger saja, asal kamu perempuan dan punya ketertarikan dengan dunia menulis, kamu bisa gabung kok di komunitas ini, hayoo tunggu apalagi.

Yuk, Ikutan SETIP with Estrilook

Nah, kalau sudah gabung dengan Estrilook Community, kamu bisa ikut SETIP. Pasti kamu udah familiar dong dengan kata SETIP. Itu lho benda yang biasa digunakan untuk menghapus.

Event menulis yang diadakan Estrilook kali ini sengaja dinamakan SETIP karena tujuannya nggak jauh-jauh dari aktivitas menghapus. Apa yang dihapus? RASA MALAS. Tak dimungkiri, meski udah berkomitmen ingin konsisten ngeblog, sampai-sampai konsisten menjadi poin utama yang wajib ada dalam resolusi blogging kita, namun berhadapan dengan rasa malas itu pasti ada. Makanya, kita selalu butuh penghapus untuk menghapus rasa malas itu.

Well, poin konsisten dalam resolusi blogging kamu bisa terwujud dengan ikut SETIP with Estrilook lho. Ya, karena even menulis ini bisa menghapus rasa malas kamu. Kok bisa? Bisa dong, karena even ini mewajibkan kamu harus menulis di blog dalam Seminggu Tiga Postingan dan berlangsung selama tiga bulan lamanya.

Alasan saya ikut SETIP juga karena salah satu resolusi blogging 2019 saya adalah konsisten ngeblog; minimal update 5 postingan tiap sebulan. Kan lumayan, kalau berhasil menaklukkan SETIP, saya bisa update 12 postingan dalam sebulan. Selain itu, event menulis kayak SETIP ini lebih santai dibanding ODOP.

Jujur saja, kalau selama tiga bulan ikut ODOP berturut-turut, saya merasa nggak sanggup. Bisa sih bisa, tapi ngos-ngosannya itu lho. Apalagi saya masih punya bayi kecil yang tanggal 4 ini udah masuk masa MPASI. Tentu, saya harus fokus dengan urusan makan si Bunay, bukan lebih fokus dengan urusan ngeblog. Ada bayi besar juga yang mesti saya perhatikan😅 makanya bila ditanya pengen jadi full time blogger or part time blogger, saya prefer dengan part time blogger karena aktivitas sebagai IRT yang menjadi prioritas utama saya.


Tapi kalau ikut SETIP selama tiga bulan berturut-turut, in syaa Allaah bisa.  Jadi dengan ikut SETIP with Estrilook kita dilatih untuk belajar konsisten sekaligus disiplin sebagai blogger. Gimana? Tertarik pengen ikutan? Yuk ah, langsung saja penuhi persyaratannya.

Syarat Ikut SETIP with Estrilook

Syarat untuk ikut event SETIP with Estrilook ini gampang saja, guys, nggak pake ribet. Silakan penuhi lima syarat berikut;

Blogger

Syarat pertama dan yang utama, tentu saja kamu harus jadi blogger (memiliki blog baik di platform blogspot maupun wordpress), sebab postingan yang disertakan ikut SETIP harus dipublish di platform blog.

Bergabung di Grup FB Estrilook Community

Selanjutnya, untuk bisa ikut event menulis ini kamu diwajibkan untuk  gabung di grup FB Estrilook Community. Nah, ini yang saya maksud, untuk bisa ikut SETIP kamu harus jadi member Estrilook Community dulu. Kalau nggak gabung ya kamu nggak bisa ikut.

Follow Media Sosial Estrilook

Jangan lupa follow akun Estrilook Community di Instagram dan Fanpage Estrilook di Facebook.

Share Postingan About SETIP

Bagi postingan tentang SETIP (termasuk gambar SETIP) di semua akun media sosial yang kamu punya. FB, IG, Twitter, atau media sosial lainnya. Namun jika hanya satu akun media sosial kamu yang aktif, tak apa, yang penting posting tentang event menulis ini supaya banyak blogger yang bisa ikutan.

Posting juga tentang SETIP di blogmu sekaligus alasan kenapa kamu ingin ikut event tersebut. Sertakan pula link estrilook.com di postinganmu itu

Komitmen untuk Konsisten Ikut SETIP

Sekalipun empat syarat di atas gampang, bukan berarti kamu bisa asal ikut SETIP  tanpa komitmen ya. Kamu harus awali ikut event menulis dengan Estrilook ini dengan niat yang lurus dan komitmen untuk konsisten, agar tak mudah mundur di tengah jalan.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, aturan dari SETIP ini nggak terlalu ketat. Kalau terlambat, kamu masih bisa merapelnya kok. Tapi kamu hanya diberi waktu satu pekan setelah event SETIP selesai untuk mengejar ketertinggalanmu.

Nah, setelah memenuhi lima persyaratan di atas kamu sudah bisa ikut SETIP with Estrilook yang dimulai dari tanggal 4 Februari sampai 30 April 2019. Jangan lupa setor link postingan kamu setiap hari Senin, Rabu dan Jumat di Grup FB Estrilook Community pada postingan yang telah disediakan Admin. Kuy, semangat ikut SETIP, semoga kita bisa sama-sama tiba di garis finish ya😊

Salam,






  • Share:

You Might Also Like

13 comments

  1. Saya juga ikutan mbak :) semangat ! :D

    ReplyDelete
  2. Saya ikutan Challenge Januari, tapi failed. Hiks. Sekarang mau ikutan lagi. Semoga nggak failed.

    Semangaaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak ikutan yang Challenge Januari itu. Ya, semoga kali nggak failed lagi yang Mbak. Keep fighting😉

      Delete
  3. Semangat mba, aku juga ikutan nih...sukses bersama-sama ya :)

    ReplyDelete
  4. Yuk semangat mba nulis SETIP bareng estrilook, saya baru bulan ini ikutan bulan lalu telat ikut hiks ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan lalu saya juga nggak ikut huhu. Yap, semoga kita bisa sama2 menjaga semangat ikut SETIP ini hingga akhir April ke depan😀

      Delete
  5. Masya Allah.. Lebay banget deh kalau cerita soal sy yang remahan rengginang ini teronggok di dalam kaleng bekas wafer 😅 semangat terus mbak.. Semoga sukses di SETIP kali ini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya dong Mbak, secara mbak kan Blogger yang menginspirasiku *eaa. Makasih supportnya Mbak Muyass😍

      Delete
  6. Karena di postingan dalam list sudah kukomen, maka saya komen di sini saja na.

    Ternyata dunia ini sempit sekali di. Kita pale orang Makassar makanya ketemu juga di AM. Saya juga sudah gabung di Estrilook tapi belum pernah ikuti programnya. Takut saja kalau saya tidak konsisten. Tapi suatu saat saya mau beranikan ikut tantangannya. Semangat ya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)