SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan MPASI pada Si Kecil?

by - 06 Februari


Tanggal 4 Februari kemarin Zhafran mulai MPASI pertamanya. Alhamdulillah, MPASI pertama Zhafran berjalan lancar meski sempat melalui drama menjelang hari H. Untung, dramanya nggak seheboh Drama Ketika Zhafran Sakit Pertama Kali. Yup, kali ini si ayah bersedia mengalah dan mengikuti kemauan istrinya. Itu pun karena saya pake acara mewek dulu coba kalau nggak, hehe. Padahal masalahnya sepele sekali, dasar sayanya saja yang cengeng dan gampang baperan.

Jadi ceritanya, suami pengen ngasih makan si kecil tanggal 3, mumpung lagi weekend dan dianya libur. Bahkan sebenarnya dia sudah bilang pengen ngasih makan Zhafran dari usia 4 bulan, saking nggak sabarnya, haha. Jelas saya nolaklah, Zhafran kan nggak ada indikasi sama sekali untuk dikasih MPASI dini. BBnya normal (naik tiap bulan), ASInya juga cukup, ngapain di-MPASI dini? Jadi saya cuma kasih nasihat ke dia untuk SABAR, tinggal dua bulan lagi. Padahal dalem hati juga sebenarnya bunda nggak sabar pengen Zhafran cepat-cepat makan, kwkwk.

Well, saya kembali menasihati suami untuk sabar menjelang enam bulannya Zhafran yang tinggal sehari. Ya, pokoknya mau saya Zhafran harus dikasih makan pertama kali pas di hari ulang bulannya yang keenam. Eh tapi sekarang saya malah merasa bersalah, gegara kengototan saya itu suami sampai rela ambil cuti sehari dari kantor karena tidak ingin melewatkan hari pertama anaknya makan. Padahal apa yang dibilang suami benar juga.

Nggak mesti tunggu tanggal 4 baru MPASI. Hitungan bulan kan 30 hari bukan 31. Lagipula sejak Zhafran lahir hingga masuk usia 6 bulan udah beberapa kali tanggal 31 terlewati.

Nah, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI pada si kecil?

Dari berbagai referensi yang saya baca, jawaban yang saya temukan semuanya sama. Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) dapat diberikan bila ASI saja tidak cukup memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi si kecil. Umumnya kebutuhan energi dan nutrisi bayi masih tercukupi dengan ASI hingga usia 6 bulan, namun setelah 6 bulan kebutuhan tersebut tidak lagi tercukupi, sehingga si kecil harus diberikan MPASI.

Tapi ada juga lho bayi yang sebelum 6 bulan sudah dianjurkan oleh DSA-nya untuk diberikan MPASI atau lebih dikenal dengan istilah MPASI dini. Makanya, tak heran bila ada bayi yang masih usia 4 atau 5 bulan sudah dikasih makan duluan. Tentunya, pemberian MPASI dini hanya dianjurkan untuk bayi-bayi yang kebutuhan energi dan nutrisinya dari usia 4 bulan sudah tidak tercukupi hanya dengan ASI. Indikatornya pun jelas, dilihat dari grafik pertumbuhan (salah satunya BB) si kecil yang malah menurun, meski sudah digenjot ASI atau ASIP yang banyak.

Jadi masalah tepat waktu pemberian MPASI tergantung dengan kesiapan si kecil masing-masing. Tapi umumnya ya di usia 6 bulan itu. Kenapa? Merujuk pada pendapat IDAI, MPASI sudah mulai dapat diberikan pada si kecil bila menunjukkan tanda siap makan. Nah, rata-rata bayi dengan tumbuh kembang yang normal akan menunjukkan tanda–tanda siap makan ketika menjelang dan atau menginjak usia 6 bulan.

Tanda-tandanya apa saja sih. Yuk, kita simak;

  • Kepala sudah tegak
  • Duduk dengan bantuan
  • Refleks menjulurkan lidah berkurang,
  • Tertarik melihat orang makan
  • Mencoba meraih makanan, dan membuka mulut jika disodori sendok/makanan.
Lima tanda yang disebutkan di atas itu juga yang terdapat pada Zhafran menjelang enam bulannya. Kepala Zhafran mulai tegak dari usia 4 bulan, di usia 5 bulan dia sudah bisa duduk dengan bantuan. Kalau poin refleks menjulurkan lidah berkurang ini saya nggak terlalu perhatikan sih, tapi seingat saya Zhafran kayaknya jarang menjulurkan lidah deh. Kalau tertarik melihat orang makan? Wah, ini mah jangan ditanya, ilernya sampai keluar bo'😅

Di usia 5 bulannya juga saya udah sering makan nyambi pangku Zhafran. Sesekali saya coba tes-tes dia dengan menyodori sendok, pelan-pelan pula mulut mungilnya terbuka, hendak melahap. Dia juga kadang-kadang suka mencoba meraih sendok/makanan yang saya pegang.


idai.or.id
Oh, ya satu lagi tanda yang ditunjukkan Zhafran ketika masa MPASI-nya semakin dekat. Menjadi lebih lapar dan tetap menunjukkan tanda lapar. Alhasil, saya yang kewalahan meladeni kelaparannya, hehe. Padahal biasanya Zhafran cuma bangun satu atau dua kali di malam hari buat nenen, tapi belakangan ini bangunnya bisa sampai lebih dari tiga kali. Sepanjang hari pun, dia bisa nenen hampir setiap jam, ckckck.

So far, tanda-tanda tersebut menunjukkan kalau Zhafran sebenarnya udah bisa diberikan MPASI bahkan sebelum hari ulang bulannya yang ke-6. Yup, kalau mau pake perhitungan 1 bulan sama dengan 30 hari, artinya Zhafran sudah bisa diberi MPASI dari tanggal 31 Januari atau ada juga sih Bunda yang memilih memberikan MPASI bayinya di usia 5 bulan 30 hari. 

Eh tapi sepertinya sih kebanyakan orang tua, terutama ibuk-ibuk (seperti halnya saya) lebih memilih hari ulang bulan bayinya yang ke-6 menjadi hari pertama MPASI, iya nggak?

Kalau pengalaman Bunda gimana? Share yuk di kolom komentar :)

Salam,

Baca Juga

38 komentar

  1. Mb jumat lnjut artikel menu mpasi pertama donk...putri sy jg 6 bulan krg smgu nih.
    Bingung mo ngasih yg pure atau langsung 4*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbak. Artikelnya masih di draft😊

      Hapus
  2. Kalo saya waktu itu coba mpasi pas si jagoan umur 6 bulan dari hari ulang tahunnya mba, yang pertamakali dicoba pure buah selama seminggu, abis itu pure sayur seminggu, baru deh di minggu ketiga kasi menu mpasi yang lengkap 4* dengan tujuan mengenalkan berbagai macam rasa dulu ke dia begitu hehe mungkin beda beda ya tiap orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kebanyakan saran pemberian menu MPASI yang beredar buah dan sayur dulu tapi klu ikut panduan WHO dan rekomendasi dari IDAI bisa langsung dengan menu 4*

      Hapus
  3. Kalau saya beberapa hari menjelang 6 bulan, sudah mulai saya cobain duduk di baby chair, sediakan irisan alpukat atau pisang untuk dipegang-pegang. Pas 6 bulan baru deh dikasih makan bubur beneran. Semoga lancar proses MPASInya ya mbak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, itu untuk melatih si kecil ya sebelum masuk masa MPASI. OK Mbak, makasih doanya :)

      Hapus
  4. Moment MPASI pertama bagi saya penuh perjuangan banget, segala menu dicari, segala resep dicoba, segala printilannya dibeli. Tapi yang disiapkan itu malah ga dipake semua. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang namamya ekspektasi tak sesuai dengan realita ya mbak, makanya saya juga nggak terlalu banyak beli perintilan MPASI. Pakenya peralatan yang sudah ada saja.

      Hapus
  5. 4 anakku dulu sudah saya berikan MPASI sejak usia 4 bulan. Sepertinya, dulu anjurannya memang seperti itu. Baru, belakangan ini MP Asi dianjurkan diberikan ketika bayi berumur 6 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti anaknya mbak Haeriah ini udah gede2 ya😊 saya juga pernah dengar dulu anak2 MPASInya sudah dari usia 4 bulan

      Hapus
  6. Anak mulai mpasi tuh memang excited banget ya... Klo mpasinya habis dilahap si kecil tuh seneng banget 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya mbak, bahagia banget klu anak makannya lahap dan habis😀

      Hapus
  7. Samaaa Julio nanti 3 Maret mau mpasi Juga nih. Skrang Bujo lagi bingung mau nyiapin alat apa aja buat Julio. Lagi nimbang nimbang jga perlu beli high chair ato tidak. Hehehe
    Walau selalu ada drama tapi seru kali punya anak ya Sis.. Hihi. Julio sudah ada semua tanda tanda itu yg siap makan cuma tunggu 6 bulan saja BB dia jga masih terus naik alhamdulillah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya Mbak, hidup ibuk-ibuk memang penuh dengan drama, jadi dinikmati saja dramanya haha...

      Ya pertimbangkan baik2 aja Mbak peralatan2 MPASI yang mau beli, kalau saya nggak banyak peralatan yang dibeli krn pake alat yang konvensional aja😊

      Yeay, baby Julio juga udah mau MPASI ya, alhamdulillaah😊

      Hapus
  8. Selamat ya mbak, udah disibukkan dengan MPASI. Semoga lancar MPASI-nya Bunay.
    Kalo anak saya, sejak 6 bulan hingga 2 tahunan MPASI lancar dan doyan, setelah usia 2 tahunan susah makan, sampe sekarang 2,5 tahun pilih2 banget makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yip, saya juga udah sering dengar anak usia 2 tahun ke atas udah mulai suka pilih2 makanan. Mungkin krn mereka udah mengenali makanan yang sesuai dengan selera mereka, kalau baru MPASI gini kan, makanan apa aja dikasih langsung dilahap😅

      Hapus
  9. Kalau aku patokannya umur enam bulan mba :D

    BalasHapus
  10. Wih luar biasa suaminya, bela2in lembur buat liat makan perdana anaknya. Hihi.. emang lucu bgt sih mba liat anak pertama kali makan, gemess..

    Aku dulu mpasi pertama gak pas banget di tgl ulang bulannya tapi malah maju 5 hari. Sengaja aku kasih makan pertama pas hari sabtu karena aku dan suami libur, jadi biar bisa liat makan pertama si anak bayik. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, Mbak. Begitulah kalau suami juga excited pengen liat anaknya maem.

      Nah, harusnya saya juga ambil waktu MPASI Bunay pas ayahnya lagi libur makanya agak nyesel juga karena saya terlalu kaku banget ikuti aturan yang padahal nggak mesti pas hari ulang bulannya yg ke 6

      Hapus
  11. Betul bun kebanyakan nunggu bulan ke 6 buat MPASI. Itu yang aku lihat dari saudara or temen hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, anjuran untuk MPASI anak yang tumbangnya normal memang pas usia 6 bulan

      Hapus
  12. Untuk anak saya sendiri kurang dari 6 bulan sudah saya perkenalkan MPASI mb. Kalau liat ada orang nyuapin maunya ngerebut dan mulutnya mangap. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, karena menjelang 6 bulan itu si kecil umumnya udah menunjukkan tanda siap makan😄

      Hapus
  13. Saya malah ga terlalu ngikutin teori harus 6 bulan hihii. Usia 5 bulan udah dicobain sedikit MPASI. Jadi saat 6 bulan anakku udah langsung lahap makan. Sementara ada beberapa teman yg masih bermasalah dgn bayinya hingga usia 7-8 bulan belum doyan makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, harusnya sebelum 6 bulan si anak udah mulai diajarkan makan ya, cuma saya pikirnya karena si Bunay masih ASIX jadi dia belum boleh cicipi makanan apa pun selain ASI

      Hapus
  14. Biar mudah diingat Mbak, pas aja 6 bulan ngasih MPASI nya, heheheh.
    Semangat makannya yaaa Bunay sayang, moga fak ada drama GTM hihihih :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ammah Diah, hehe ya bundanya juga ngarep nggak bakal ada drama GTM tapi kayaknya drama ini pernah dialami ibuk2 deh, haha

      Yup, selain mudah diingat, pun krn saya ingin Bunay lulus ASIX di hari ulang bulannya😊

      Hapus
  15. Kalau aku sih pas 6 bulan lewat satu hari. Senang kasih bayi makan tapi kalau dah besar malah minta makanan, jadi gemas..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya mbak, begitulah bayi. Gemesin😁

      Hapus
  16. Jadi teringat momen MPASI dua anak-anak aku mbak, 5 dan 11 tahun lalu, sehat-sehat ya Bunay :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, anaknya udah besar2 ya Mbak😊 iya, Ammah , makasih doanya untuk Bunay

      Hapus
  17. dua anak saya mulai MPASI pas 5 bulan lebih 3 minggu mbak. heheheh

    BalasHapus
  18. Dua anak saya mulai Mpasi usia 5 bulan 3 minggu, Mbak🙈🙈

    BalasHapus
  19. banyak memang yang mulai dari bulan ke-6. padahal kata dr. tiwi bisa lho dimulai dari bulan ke-4 kalau memang ASI yang dihasilkan oleh ibu kurang. jadi, biar ada makanan lain yang bisa menjadi pendamping ASI ini.

    thanks for sharing mbak. jadi makin tercerahkan nih.

    BalasHapus
  20. Hari pertama MPASI memang tak terlupakan ya. Dulu misua juga pas di rumah waktu MPASI Day 1 untuk adek. Drama, sih. Dilepeh itu bubur saringnya, hehe. Baru pas day 2 udah mau dia. Saya pun ngasih MPASI nya Pas 6 bulan.

    BalasHapus
  21. anak saya yang pertama diberi makan usia 4 bulan mbak, selain ciri-ciri di atas juga karena giginya sudah tumbuh. Anak kedua dan ketiga 6 bulan baru diberi mpasi.

    BalasHapus
  22. Pemberian MP-ASI yang benar adalah setelah bayi berusia 6 bln. Jikapun ada yg sebelum 6 bln itu namanya PASI (pengganti ASI) berupa cairan juga.
    Mengapa harus 6 bulan? Ada bbrp alasan. Pertama karena organ pencernaan bayi baru siap mencerna makanan selain cairan setelah berusia 6 bln,kedua ASI eksklusif (sd usia 6 bln) akan memaksimalkan tumbuh kembang seorang anak baik daya tahan dan kecerdasannya dll.
    Jika ada kesulitan atau hal yang belum jelas bisa menghubungi ahli gizi setempat. Kebetulan saya ahli gizi mbak😊😊. Semoga bunay sehat selalu ya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.