9 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat

By Siska Dwyta - Monday, May 13, 2019

cara mudah menghilangkan jerawat
gambar : merahitujambu.blogspot.com

Bismillaahirrahmaanirrahiim

9 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat - Dulu saya sempat pede banget, menyangka kulit wajah saya tidak akan bermasalah dengan yang namanya jerawat. Faktanya memang semenjak memasuki masa pubertas hingga berstatus mahasiswi, wajah saya selalu mulus tanpa jerawat. Serius deh. Saya baru benar-benar berhadapan dengan permasalahan kulit yang satu ini setelah lulus kuliah. Itupun setelah menggunakan produk skincare yang ternyata tidak cocok dengan kulit wajah saya.

Sejak saat itulah (maksud saya sejak salah menggunakan produk skincare)  jerawat mulai betah bersarang. Munculnya tidak langsung banyak sih, cuma satu-satu. Hilang satu, muncul jerawat yang baru. Jerawat di dagu pergi, datang lagi jerawat di pipi, begitu seterusnya. Well, saya sampai pusing sendiri, mikirin bagaimana cara mengusir jerawat di wajah ini sejauh mungkin agar tidak datang kembali.

Hijrahlah saya ke produk skincare yang lain, yang klaimnya ampuh menghilangkan jerawat eh tapi hasilnya malah bikin jerawat di wajah saya makin tumbuh subur. Akhirnya saya berinisiatif untuk istirahat dulu dari menggunakan skincare apapun. Hasilnya lumayan sih, jerawat yang biasa menghiasi kulit wajah saya mulai berkurang. Namun belum sepenuhnya hilang, eh saya kembali lagi berhadapan dengan masalah jerawat yang jauh lebih parah. Dan itu terjadi menjelang hari pernikahan saya. Duh, bayangkan, gimana paniknya saya saat mendapati wajah ini dinodai dengan jerawat sementara tidak lama lagi saya akan duduk di pelaminan.

Baiklah, hari H semakin mepet sementara tidak ada cara instan untuk menghilangkan jerawat jadi saat itu saya cuma bisa pasrah saja deh, hehe. Yah, syukur saja setelah di-make up pengantin jerawat di kulit wajah saya tidak terlalu nampak. Eh tapi sekarang kulit wajah saya sudah kembali bebas tanpa jerawat lho.

Dilansir dari alodokter jerawat berasal dari pengeluaran sebum atau minyak dari kelenjar di kulit secara alami. Hanya saja ketika terjadi perubahan hormon yang memicu produksi sebum berlebih, dapat menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit. Sumbatan yang bercampur dengan sel kulit mati tersebut, akan membentuk komedo. Ditambah dengan bakteri di permukaan kulit, maka akan terbentuk jerawat.

Dari penjelasan alodokter di atas jelas ya, jerawat paling sering muncul ketika terjadi perubahan hormon dalam tubuh kita. Jadi saya curiganya sih, tubuh saya sedang mengalami lonjakan perubahan hormon menjelang hari pernikahan, makanya saya sampai jerawatan parah banget saat itu. Well, jerawat ini memang bukan masalah yang serius dan berbahaya bagi kulit tapi keberadaannya sudah pasti bikin kita merasa tidak nyaman pun mengurangi rasa percaya diri.

Nah, sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat, bisa langsung dengan menggunakan bahan alami, menggunakan produk anti jerawat atau bisa juga dengan cara medis. Namun kali ini saya pengen share cara mudah menghilangkan jerawat bukan dengan ketiga cara tersebut melainkan dengan mengubah gaya hidup. Cara ini saya dapatkan dari salah satu artikel yang diterbitkan situs honestdocs.

Baca juga 7 Cara Alami dan Ampuh Menghilangkan Ketombe

Menurut honestdocs cara menghilangkan jerawat dengan mengubah gaya hidup merupakan langkah wajib sebelum menggunakan metode lain baik alami dan atau medis. Menurut saya sendiri cara ini terbilang cukup mudah walau sebenarnya lumayan sulit dalam pengaplikasiaannya. Apalagi bagi orang yang tidak terbiasa hidup disiplin. Namun tidak ada salahnya mencoba cara ini karena manfaatnya selain bisa mengilangkan jerawat juga membuat hidup kita jadi lebih sehat. Berikut 9 cara mudah menghilangkan jerawat yang bisa kamu praktikkan di rumah :

Mencuci Wajah. Cuci wajah dengan teratur 2 kali sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur. Sebaiknya gunakan pencuci wajah yang memiliki pH seimbang antara 5 sampai 5,5. Oh ya penting untuk diingat, jika kamu memakai make-up maka jangan pernah pergi tidur tanpa mencuci wajah terlebih dahulu. Pastikan wajah kamu sudah bersih dari make up sebelum tidur.

Rajin Mandi. Mandi secara teratur memiliki banyak manfaat diantaranya dapat membantu menjaga produksi minyak supaya tidak berlebihan, membunuh bakteri, dan membuang sel-sel kulit mati. Jadi rutinlah mandi 2 kali sehari dan akan lebih baik bila kamu mandi setelah berolahraga untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari tubuh yang keluar bersama keringat.

Olah Raga Teratur. Olahraga memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah membantu mengurangi jerawat. Yap, jadi ketika tubuh berolah raga, ia akan melepaskan endorfin, sebuah hormon yang dapat menurunkan stres sehingga dapat mengurangi produksi minyak, dan juga membuat tubuh berkeringat yang artinya dapat membersihkan sel-sel kulit mati. Cobalah berolahraga setiap hari selama minimal tiga puluh menit untuk membantu menghilangkan jerawat.

Makan sehat. Ingin jerawat cepat hilang? Hindarilah makanan berminyak, karena makanan jenis ini sering memicu timbulnya jerawat. Pilihlah jenis makanan sehat yang berupa biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein. Semua itu akan membantu regenerasi kulit lebih cepat dan membatasi produksi minyak yang tidak perlu.

Tidur Cukup. Tidurlah sedikitnya delapan jam permalam dengan jadwal yang teratur. Tidur yang cukup akan memberikan sel-sel tubuh waktu untuk memperbaharui diri dan tentunya akan bisa memiliki kemampuan untuk mengusir jerawat.

Minum Air Putih. Tubuh kita membutuhkan air yang cukup.  Air putih sendiri berguna untuk detoksifikasi atau membuang racun dan memurnikan kulit, jadi pastikan kita minum air putih dengan cukup setiap hari (untuk orang dewasa rata-rata 8 gelas perhari).

Hindari Stress. Beban pikiran berlebihan atau stress juga akan membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak sehingga akibatnya dapat membuat jerawat di kulit kita makin parah. Jadi jika ingin menghilangkan stress usahakan jangan stress ya atau paling tidak kita mampu mengola stress dengan baik.

Jangan menyentuh jerawat. Kebiasaan saya banget nih waktu masih berjerawat, tangan suka gatel mencetin jerawat. Padahal ini kebiasaan yang nggak baik lho, karena bukannya menghilangkan jerawat malah meninggalkan bekas di wajah kita untuk selama-lamanya. Jadi berhentilah menyentuh jerawat, apalagi sampai memencetnya atau mencoba untuk mengeluarkan komedo dengan kuku, karena kebiasaan buruk ini akan menyebarkan lebih banyak bakteri pada kulit dan akhirnya akan membuat jerawat lebih parah.


Mencuci Kain. Do you know, setiap kain yang menempel pada wajah seperti pakaian, sarung bantal, handuk, dll. harus selalu dicuci dengan bersih, karena jika tidak itu bisa menjadi sarang debu dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.


Itulah 9 cara menghilangkan jerawat yang super mudah bukan? Praktiknya yang susah, hehe. Dimulai dari mengubah gaya hidup. Tentu ini juga jadi PR besar buat saya. Meski saat ini saya sudah terbebas dari permasalahan jerawat namun bila gaya hidup saya masih tidak sehat maka bukan tidak mungkin jerawat akan datang kembali. So, buat kamu yang masih bermasalah dengan jerawat silakan praktikkan cara di atas. Semoga berhasil.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.