5 Tempat Buka Puasa yang Asyik dan Kekinian di Parepare

By Siska Dwyta - Tuesday, May 07, 2019



Bismillaahirrahmaanirrahiim

Ramadan selalu identik dengan buka puasa bersama. Ya, biasa akan ada banyak agenda buka bersama (baca : bukber) di bulan puasa ini, baik bersama keluarga, teman sekolah, teman kerja, teman, komunitas, dsb. Nah, kamu sudah punya agenda buka bersama siapa saja nih?

Kalau saya pribadi sih lebih suka buka puasa di rumah bareng keluarga. Rasanya lebih nikmat saja, tidak terlalu rempong juga dibanding bukber di luar. Dan memang sampai saat ini saya belum menemukan tempat lain yang mampu menyaingi nikmatnya berbuka puasa bersama keluarga selain di rumah.

Makanya bila ada yang bertanya, tempat buka puasa favorit saya di Parepare di mana? Jawaban saya ya di rumah. Dan meski posisi saya saat Ramadan lagi di Serui, Makassar, Gowa, Barru atau dimanapun, lantas mendapat pertanyaan serupa maka jawaban saya pun akan tetap sama. Iyes, tempat buka puasa favorit saya selalu di rumah.

Kadang-kadang saja sih saya buka puasa di luar bareng teman-teman. Itu pun jarang sekali. Apalagi semenjak hijrah ikut suami dan melewati Ramadan di kota kelahiran asalnya ini. Sudah nggak ada lagi tuh yang namanya agenda buka puasa bersama teman-teman di luar. Lagian di sini mau ikut agenda bukber sama teman-teman yang man coba, lha teman-teman yang biasa ngajakin saya bukber kebanyakan adanya di Serui dan Makassar atau Gowa. Sementara suami juga bukan tipikal orang yang suka makan di luar. Dia lebih doyan buka puasa dengan takjil buatan istrinya ketimbang cari takjil di luar.

Eh tapi kalau sekali-kali buka di luar bareng suami dan si kecil, boleh juga ya. Cuma saya nggak kebayang rempongnya buka di luar sambil bawa bayi, haha. Nah, saya juga sudah cari tempat referensi untuk buka puasa di Parepare yang bagus nih. Yang pastinya tempatnya kekinian banget, pokoknya cocok bangetlah tempat buka puasa anak muda dan orang tua millineals kayak saya dan suami *eaa. Well, dari hasil pencarian, saya akhirnya menemukan 5 tempat buka puasa yang asyik dan kekinian di kota Parepare.

Pales Teduh


foto : @pales_teduh

Pengen cari tempat buka puasa dengan konsep yang teduh di kota Parepare? Buka puasa di Pales Teduh saja. Sesuai namanya, kedai yang terletak di jalan Kelapa Gading, samping SMA Parepare ini teduh banget lho.

Ya, sekalipun saya belum pernah ke sana sih, hehe tapi dengan kepo akun instagram @pales_teduh saja saya sudah bisa membayangkan betapa teduhnya berbuka puasa di kedai ini. Pasalnya Kedai Pales Teduh memang benar-benar mengusung konsep rumah pohon dengan nuansa alam.

Material bangunannya terbuat dari bambu dan kayu dengan tanaman yang tumbuh di sekitarnya. Konsep yang selain teduh, begitu unik dan kekinian ya.  Banyak spot cantik ala instagramable juga di sini. Cocok banget nih buat kamu yang ingin cari tempat bukan puasa dengan latar foto yang keren.

Tidak hanya itu, tersedia mushalla juga di pales teduh, jadi kamu tidak perlu khawatir bakal telat shalat maghrib bila berbuka di sini. Nah, di bulan Ramadan ini Pales teduh mulai buka dari jam 5 sore sampai 12 malam.

Paputo Beach


foto : @nongkicantiks

Jika ingin merasakan sensasi buka puasa di pinggir pantai dengan suasana yang sejuk dan cantik banget, Potato Beach bisa jadi pilihan tempat buka puasa yang tepat buat kamu.

Hampir sama dengan Pales Teduh, cafe yang terletak di Pantai Tonrangeng, Kelurahan Lumpue Kecamatan Bacukiki Barat ini masih mengusung konsep alam yang kekinian dengan suasana yang lebih terbuka.

Oh ya karena Potato Beach berada dalam area rekreasi sehingga untuk ke sini nggak gratis ya. Tiket masuknya 5000 per orang plus biaya parkir. Tidak terlalu mahal kan untuk tempat berbuka seindah ini.

Teras Empang Cafe & Resto


foto : @teras_empang

Ada satu lagi tempat buka puasa yang kekinian banget di Kota Parepare. Namanya Teras Empang Cafe & Resto. Cafe dan Resto ini berada di dekat poros jalan lintas provinsi tepatnya di Jalan Andi Dewang 99, depan Pasar Sumpang Minangae.

Teras Empang juga masih mengusung konsep alam dengan menggunakan bahan alami seperti kayu untuk kerangka bangunan dan jerami untuk bagian atapnya. Konsep yang sangat unik kan? Pasti suasananya juga sejuk dan nyaman

Kamu pun bisa menunggi waktu berbuka sambil merasakan sensasi berfoto di atas Anjungan dengan background perpaduan solo antara sungai Saloe Karajae dan Jembatan Sumpang di Cafe & Resto ini. Pasti hasil fotonya keren banget?



D'daenk Cafe House


foto : @d.daenk_cafehouse

Tempat berbuka kekinian yang tidak kalah keren di kota Parepare adalah di D'daenk Cafe House yang terletak di jalan Jenderal Sudirma . Jika berbuka puasa di sini kamu bisa melihat keindahan Kota Parepare dari ketinggian sekaligus menikmati pemandangan lautnya. Apalagi menikmati pemandangan menjelang senja buka puasa , pasti indah sekali dengan konsepnya yang memang mengusung ruangan terbuka.

Monumen Korban 40 Ribu Jiwa


foto : tagar.id/Irsal Masudi

Nah, kalau kamu pengen cari tempat buka puasa dengan suasana berbeda, bukan di kedai, cafe maupun resto, ke Monumen Korban 40 ribu jiwa saja. Banyak anak muda juga yang memilih monumen ini untuk tempat berbuka. Selain karena terdapat banyak penjual dengan beragam menu takjil dan harga yang sangat terjangkau, letaknya juga dengan dekat dengan Masjid Raya Parepare, sehingga kamu tidak perlu khawatir bakal telat shalat maghrib.


Itulah beberapa referensi tempat buka puasa yang asyik dan kekinian di Kota Parepare. Namun saran saya sih, jika kamu memilih tempat berbuka di luar, sebaiknya berbuka di masjid saja dulu atau paling tidak cari tempat berbuka yang dekat dengan masjid atau ada mushallanya karena waktu berbuka dan maghrib mepet sekali. Begitupula jarak antara waktu maghrib dan isya, jadi usahakan pula kamu bisa menggunakan waktu bukber dengan produktif dan jangan sampai kebablasan karena masih ada kewajiban shalat isya dan ibadah sunnah tarawih yang harus dikerjakan.

Oya satu lagi, menjelang berbuka atau saat ngabuburit (menunggu waktu berbuka) ada sunnah-sunnah yang jika diamalkan bisa bikin kamu panen amalan lho. Jadi sekalipun berbuka di luar, kamu tetap masih bisa kok menyempatkan diri minimal melakukan satu amalan sunnah tersebut. Intinya buka puasa bersama di luar sah-sah saja namun pastikan agenda tersebut tidak berjung sia-sia.

Baca juga Ingin Panen Pahala di Bulan Ramadhan? Ini 5 Amalan Sunnah yang Bisa Kamu Amalkan

So far, kalau ke Parepare kamu tertarik ingin buka puasa di mana nih? Atau barangkali kamu pernah ke kota kelahiran pak Habibie ini dan punya tempat referensi lain. Boleh dong share di kolom komentar.

Salam,
@siskadwyta



  • Share:

You Might Also Like

21 comments

  1. Penasaran sama Pare-Pare kapan sampai ke sana ya pengen banget menikmati setiap sudutnya kota

    ReplyDelete
  2. Pales teduh dan teras empang kyknya bgus di jadikan spot foto juga. Bisa buat tempat bukber yg kece iniii..

    ReplyDelete
  3. Suka banget sama suasananya Pales Teduh, adem gitu deh kesannya.

    ReplyDelete
  4. makasih remindernya ka, kalo udah mau akhir akhr malah sibuk di dapur bukannya mengejakan amalan sunnah^_^

    ReplyDelete
  5. Wow buka puasa di paputo beach pasti asyik ya. Keren mbak tempatnya.

    ReplyDelete
  6. Duh mantap pare pare ya, walau blm pernah kesana dengar cerita jd pelingin visit ke pare pare.. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  7. waaaww parepare.... aku koq gagal fokus sama monumen korban 40ribu jiwa, ku googling aahh

    ReplyDelete
  8. wah tempat berbuka nuansa alam begitu jd berbuka smkin seger y mb. apalagi kl minumnya es kelapa muda. aduhhh masya alloh #eh, malah ngebayangin saya (。-_-。)

    ReplyDelete
  9. mau yang paputo beach, hehe, keknya seru. sambil rangkulan kan sama paksu dan membicarakan masa depan *cailah. terus abis itu honeymoon, wkwkw. suka banget sih sama angin sore di pantai tuh. bikin tenang gitu. tapi kukapan ke parepare. jauh yes, semoga ada kesempatan, hihi. Aamiin.

    ReplyDelete
  10. Bagus-bagus tempatnya ya, di sana. Pengen ke D'daeng Cafe House lihat pemandangan lembayung sore.

    ReplyDelete
  11. itu d'daeng cofee and resto, senjanya cantik banget. Indah banget kayaknya sambil berbuka menikmati senja.

    ReplyDelete
  12. Wow... pemandangan d'daenk cantik banget mba. Ish.... mau ke sana. Mudah-mudahan bisa pelesir ke pare-pare.

    ReplyDelete
  13. wah tempatnya keren-keren mbak....

    ReplyDelete
  14. Wah memang kekinian tauuwwa, keep deh infonya. Nanti kalau ke pare2 udah ada referensi Cafe yg nyaman 😊

    ReplyDelete
  15. Pare pare semakin berkembang. Tempat nongkrong beraliran anak muda makin banyak.

    Keluarga banyak di sana. Sebelum lebaran kayaknya akan ke sana. Saya akan ke tempat ini satu satu.

    ReplyDelete
  16. bulan lalu saya ke Pare-pare, jujur kebingungan mau singgah dimana waktu itu.. semua makanannya enak2 dan beragam.. makin asik ditemani suasana pantai..

    ReplyDelete
  17. Penasaran sama Monumen Korban 40ribu Jiwa. Itu monumen perjuangankah mbak? Pare-pare itu sering saya dengar dahulu, salah satu kota di Sulsel ya?
    Semoga suatu saat bisa sampai sana. Aamiin...

    ReplyDelete
  18. Saya juga lebih sering bukber nya di rumah bareng keluarga daripada di luar, lebih hemat pula, hihihih. Makanya bingung klo ditanya soal tmpat buka puasa favorit di Kotaku ini.
    Btw, tempatnya kece2 ya Mbak, penasaran deh sama Teras Empang Cafe & Resto nya itu, instagramable banget kelihatannya.
    Ohyaaa, penasaran kenapa itu dinamakan Korban 40 ribu jiwa. Ada apakah itu?

    ReplyDelete
  19. Kapan ya bisa ngerasain makan di Parepare? Saya ngebayangin seafoodnya pasti enak banget dan ikannya seger-seger. Di Jakarta susah banget cari ikan seger. Mudah-mudahan besok-besok bisa ke sana.

    ReplyDelete
  20. Wah, mau banget buka puasa di D'daenk cafe house...apalagi sambil lihat pemandangan seindah itu...

    ReplyDelete
  21. Sama nih, Mbak. Kalau buka puasa sih sebenernya lebih suka di rumah. Kalaupun harus keluar rumah, Kami nyari spot yg dekat dengan masjid.
    Wah, kapan ya saya bisa ke Pare-pare? Menarik semua lho tempat wisata kulinernya. Sip.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.