Tips Jitu Menghilangkan Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi

by - Wednesday, May 15, 2019

Tips menghilangkan bau mulut tanpa sikat gigi
gambar : wartabromo.com

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Tips Jitu Menghilangkan Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi. Cara yang paling sering digunakan untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan rutin sikat gigi. Ya, kita biasanya menggunakan sikat gigi untuk mengatasi bau mulut yang membandel. Tapi bagaimana caranya menghilangkan bau mulut bila tidak ada sikat gigi. Misalnya ketika kita dalam kondisi sedang bepergian dan lupa membawa sikat gigi. Nah, saya beberapa kali punya pengalaman seperti ini. Suka lupa bawa sikat gigi saat bepergian jadi terpaksa beli sikat gigi baru lagi sebelum bau mulut saya menyebar kemana-mana, hehe.

Padahal sebenarnya masih banyak cara lain untuk menghilangkan bau mulut, bukan cuma dengan sikat gigi saja. Ups, ini juga saya baru tahu setelah bertanya ke eyang google. Mungkin kamu juga penasaran, apa saja cara jitu menghilangkan bau mulut selain sikat gigi. Yuk simak ulasan berikut ini.

Makan Buah


Ternyata selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, buah juga berperan aktif lho dalam menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Ada banyak buah yang bisa kita makan untuk menghidari bau mulut. Sebut saja buah apel yang memiliki kandungan polifenol yang ampuh membasmi bakteri sekaligus membantu menghilangkan senyawa atau gas yang berbau pada mulut. Buah-buahan jenis lain seperti jeruk, stroberi, jambu, anggur, dsb yang kaya akan vitamin C juga dipercaya menghasilkan asam pada mulut sehingga dapat mencegah bakteri berkembang biak.

Nah, jika lupa membawa sikat gigi maka makan buah termasuk cara  praktis untuk mengatasi bau mulut. Kamu pun tidak perlu bingung untuk memilah-milih buah apa yang paling ampuh karena pada dasarnya semua buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi dapat menghilangkan bau mulut. Kenapa bisa demikian? Ya, karena pada saat makan buah, mulut kita akan me.produksi banyak air liur. Air liur inilah yang secara perlahan akan mengatasi bau mulut.

Makan Yoghurt


Bila tak ada buah, maka makan yoghurt pun bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan bau mulut membandel. Pasalnya, yoghurt memiliki kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut dan menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri. Adanya bakteri di mulutlah yang menimbulkan bau tak sedap.

Namun pastikan kamu jangan pilih yoghurt rasa buah-buahan atau cokelat ya karena kandungan gulanya bisa jadi berlebihan. Kenapa tidak disarankan makan cemilan yang mengandung gula berlebihan? Jawabannya ada di poin berikutnya. Jadi, untuk mengatasi bau mulut dengan yoghurt, pilihlah yoghurt plain tanpa rasa.

Makan Permen Karet 


Cara yang satu ini tak kalah ampuh dan simple sekali. Cukup dengan mengunyah permen. Namun permen yang dimaksud di sini bukan sembarang permen ya, tapi pilihlah permen rasa mint, jangan pilih permen dengan rasa yang manis.

Kenapa tidak dianjurkan makan permen dengan rasa yang manis untuk mengatasi bau mulut? Sebab, rupanya bakteri dalam mulut bisa memakan kandungan gula yang terdapat dalam permen karet rasa manis. Jika itu terjadi maka akan dihasilkan asam dalam mulut. FYI, kondisi asam pada mulut bisa merusak enamel gigi sekaligus menyebabkan aroma napas tidak sedap.

Itulah juga sebabnya bila ingin menghilangkan bau mulut, kita tidak dianjurkan makan yoghurt dengan rasa buah karena dikhawatirkan mengandung gula berlebihan yang dapat mengundang asam pada mulut sehingga ujung-ujungnya bisa bikin bau mulut kita makin parah.

Bersihkan Lidah


Cara lain mengatasi bau mulut adalah dengan membersihkan lidah. Jujur saja, sebelum menikah saya sama sekali tidak pernah membersihkan lidah karena tahunya cuma sikat gigi doang. Suami yang pertama kali mengajarkan saya cara membersihkan lidah. Awalnya saya agak heran juga, ngapain repot-repot bersihkan lidah?

Oh ternyata membersihkan lidah juga ada manfaatnya, yakni dapat menghilangkan atau paling tidak meminimalisir bau mulut. Lho kok bisa? Ya, karena bisa jadi ada banyak kuman-kuman yang bersembunyi di lidah kita. Mulut kita mungkin sudah bebas dari kuman, tapi belum tentu dengan kuman-kuman yang berhasil sembunyi di lidah. Kehadiran kuman-kuman tersebutlah yang bisa menjadi sarang penyebab bau mulut.

Cara membersihkan lidah pun cukup mudah. Kamu bisa menggunakan alat pembersih lidah dengan cara menggosok dari bagian pangkal ludah yang paling dalam lalu tarik ke arah depan. Akhiri dengan berkumur beberapa kali. Dengan demikian kamu akan terasa bersih, segar kembali dan sudah pasti terbebas dari kuman-kuman nakal.

Gunakan Obat Kumur


Kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk menjaga kebersihan gigi. Tentunya selain dapat menyegarkan aroma napas karena rasa mint yang terkandung di dalamnya, obat kumur juga bisa memberikan perlindungan ekstra lho dalam membasmi bakteri.

Nah, untuk mebdapatkan hasil terbaik, pastikan kamu menggunakan obat kumur yang mengandung zat aktif ya karena fungsi zat tersebutlah yang dapat membasmi bakteri pernyebab bau mulut.

Minum Banyak Air Putih


Satu lagi cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan untuk mengatasi bau mulut yakni dengan minum banyak air putih, terutama saat baru bangun tidur. Pastinya kamu sering kan mendapati mulut dengan aroma tidak sedap ketika baru bangun tidur. Aroma mulut yang tak sedap itu muncul karena produksi air liur kita yang berkurang saat terlelap.

Nah, produksi air liur yang sedikit itulah yang memicu pertumbuhan bakteri karena sifatnya anaerobik, artinya bakteri tersebut akan tumbuh subur pada suasana kering. Itulah sebabnya air putih sangat dibutuhkan untuk menghalangi pertumbuhan bakteri yang dapat menimbulkan bau mulut.

Hindari Makan Makanan yang Merupakan Sumber Bau Mulut


Cara yang satu ini juga tidak bisa diabaikan. Bila memang kamu tidak membawa sikat gigi saat bepergian maka pastikan makanan yang kamu makan bukan jenis makanan yang merupakan sumber bau mulut

Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber bau mulut diantaranya bawang putoh, bawang merah, bawang bombai, petai dan jengkol. Itulah makanan yang harus kamu hindari agar terbebas dari kondisi bau mulut yang tak sedap. Apalagi khusus makanan seperti petai dan jengkol yang bau tak sedapnya sangat tajam menyengat. Bahkan meski setelah menggunakan sikat gigi maupun obat kumur bau dari dua makanan tersebut susah hilang jadi usahakan hindari makanan yang bisa menyebabkan bau mulut kami makan parah ya.

Itulah beberapa tips jitu menghilangkan bau mulut tanpa sikat gigi yang bisa kamu praktikkan. Sederhana, praktis dan mudah banget, kan? Tapi jangan karena sudah tahu ada cara lain menghilangkan bau mulut kamu jadi ogah-ogahan sikat gigi atau malah sengaja meninggalkan kebiasaan sikat gigi secara rutin karena selalu menyediakan permen mint di tas. Perlu kamu tahu, tips jitu yang saya bocorkan di atas sebatas mengatasi bau mulut saja dan sama sekali tidak mengganti peran sikat gigi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mulut. Kuy, jangan lupa sikat gigi, heheu.

Salam,
@siskadwyta

Sumber : hallosehat.com

You May Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.