Tentang Follow Loop dan Cara Meningkatkan Engagement Rate

By Siska Dwyta - Sunday, September 01, 2019


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Ingin memperbanyak followers Instagram dengan mudah, cepat dan GRATISSS? GAMPANG! Ikutan saja ajang follow loop. Sebenarnya saya sudah pernah bahas soal ini sih di postingan saya beberapa waktu lalu, namun saya hanya bahas sekilas tentang follow loop. Di postingan tersebut saya sengaja menyebutkan beberapa cara mudah dan cepat untuk menambahkan followers Instagram which is salah satunya ya itu dia, dengan ikut follow loop. Dan memang terbukti lho cara yang satu ini sangat manjur.


See! Berkat ikut follow loop, dalam waktu kurang lebih sebulan ini, followers Instagram saya berhasil bertambah 3K. Tinggal 2K lagi menuju 10K followers. Semoga sebulan atau dua bulan ke depan target saya untuk bisa suipp aaap terwujud. Aamiin. Mohon dukungannya ya. So ayuk, yang belum follow IG @siskadwyta cuss follow. Dijamin bakal langsung difolbek. Eh, ini sekadar intermezo saja ya, hehe.

Oke lanjut, setelah mem-publish postingan tersebut, ternyata masih banyak blogger yang belum tahu dan bertanya-tanya, apa itu follow loop? Nah, baru saat ini saya tertarik membahas lebih detail tentang follow loop even sudah banyak yang tahu dan mengikuti ajang tersebut. Selain itu, saya juga ingin membahas sedikit terkait cara meningkatkan engagement rate (ER).

Apa Itu Follow Loop Instagram ?


gambar : @super.follow.loop

Follow loop Instagram adalah ajang menambah followers dengan kegiatan saling follow antara akun instagram dan dikelola oleh suatu akun khusus. Umumnya admin akun yang mengelola follow loop ini akan memberikan beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh peserta.

Oya, akun-akun khusus untuk ajang saling follow ini banyak bertebaran di Instagram. Ada akun follow loop yang berasal dari dalam negeri dan lebih banyak lagi yang berasal dari luar negeri.

Saya sendiri pertama kali berkenalan dengan akun follow loop awal tahun ini, sekira bulan Januari, Februari, atau Maret ya? Hehe, saya lupa kapan persisnya, yang jelas saya masih ingat sekali, follow loop yang pertama saya ikuti adalah yang diadakan oleh akun @indonesia_follow_loop (IFL).

Etapi waktu itu saya ikutnya cuma sekali doang, itupun ikutnya saat acara follow loopnya sedang berlangsung. Jadi waktu itu saya asal ikut-ikutan pasang banner, trus follow akun-akun yang ada di list followers dan following IFL, even dengan perasaan berat karena itu kali pertama saya harus follow akun-akun IG di luar keinginan. After that, saya nunggu dong di-follow balik, eh ditunggu-tunggu berjam-jam yang folbek cuma dikit yowes saya hapus bannernya dan unfollow semua akun yang sebelumnya sudah saya follow dan nggak balas follow, termasuk adminnya, haha😅  Untung nggak di-blokir selamanya.

Maklum ya, waktu itu saya benar-benar nggak mudeng dengan cara mengikuti ajang follow loop. Sampai-sampai ikut follow juga akun-akun yang ada pada list followers IFL, padahal kan seharusnya yang di-follow cuma akun-akun yang ada pada list following saja, wkwkw.

Bagaimana Cara Mengikuti Follow Loop Instagram?


Mungkin banyak di antara kamu yang saat di tag, atau melihat post banner follow loop untuk kali pertama, reaksinya serupa dengan saya. Bingung. Nggak ngerti, ini apaan sih?

Baiklah, itu reaksi yang wajar. Tapi hati-hati ya, karena kalau sudah paham dengan cara mengikuti ajang follow loop ini, efeknya bisa bikin kamu ketagihan ingin ikutan terus-terusan, hihi. Memang bukan hal yang aneh lagi kalau sekarang ini banyak pengguna instagram berbondong-bondong mencari followers. Bahkan ada yang sampai rela mengeluarkan duit demi punya banyak followers. For what?

Yap, siapa sih yang nggak berminat punya followers banyak. Mengeluarkan duit untuk beli followers pun rasanya nggak rugi-rugi amat kalau nyatanya followers yang beribu-ribu atau berjuta-juta itu bisa menjelma rupiah di rekening kita. Tapi kalau saya ditawari buat beli followers mah ogah. Boro-boro mau beli, minat punya ribuan followers saja nggak. Asal bisa nyampai 10k+ followers saya sudah bersyukur banget, yang penting bisa sweep up, haha.  Lagipula kalau ada cara mudah plus cepat menambah followers instagram secara gratisss, kenapa harus beli. Iya nggak?

Ikut saja follow loop. Toh, cara mengikutinya juga simple banget, yang penting paham dan patuhi rules yang diberikan admin penyelenggara. So far, saya perhatikan rata-rata akun follow loop baik dalam maupun luar negeri memiliki rules yang tidak jauh berbeda. Setidaknya ada tiga poin yang harus kamu perhatikan  jika berminat ikut ajang follow loop,

Jangan lupa DAFTAR atau SIGN UP


Beberapa hari sebelum acara follow loop berlangsung akan terbuka pendaftaran atau sign up yang diumumkan pada post banner khusus sign up dengan caption berupa rules mengikuti follow loop tersebut.  

Nah, rules dari setiap akun follow loop ini yang saya maksud, tidak jauh berbeda. Rata-rata rulesnya mensyaratkan kamu wajib, follow, like, komen dan tag. Sebenarnya rulesnya sudah jelas di caption ya tapi tak apa, saya kasih gambaran di sini biar lebih jelas buat kamu yang masih awam dengan follow loop.

  • Kamu wajib follow akun penyelenggara. Oya ada beberapa akun follow loop yang juga mensyaratkan kamu wajib follow akun pribadi adminnya.
  • Setelah follow, like post banner sign up
  • Kemudian komen dengan kalimat sesuai rule yang ada pada caption banner post sign up lalu tag teman-teman kamu. Untuk jumlah teman yang harus ditag tergantung dari rule akun follow loop yang kamu ikuti.
Gimana? Rulesnya simple banget, kan? Setelah memenuhi rules tersebut, silakan menunggu. Nantinya kamu akan dimasukkan ke dalam grup instagram bersama calon peserta follow loop lainnya. Di dalam grup, admin akan membagikan post banner dan caption follow loop yang wajib dipajang selama 24 jam di feed Instagram peserta.

Jangan Telat Pasang Banner dan Caption Follow Loop


Jadi setelah memenuhi persyaratan daftar atau sign up, kamu akan dimasukkan ke dalam grup instagram oleh admin follow loop bersama calon peserta lainnya. Kenapa saya bilang calon peserta? Ya, karena meskipun sudah dimasukkan dalam grup masih ada kemungkinan kamu tidak akan masuk dalam list following akun penyelenggara follow loop.

FYI, peserta follow loop adalah peserta yang masuk dalam list following akun follow loop. Artinya, kita baru resmi dianggap peserta setelah di-follow oleh akun penyelenggara follow loop yang kita ikuti. Sementara akun penyelenggara tersebut hanya akan follow akun-akun yang telah memajang post banner beserta caption follow loop yang telah dibagikan dalam grup sesuai batas waktu. Biasanya sih admin penyelenggara hanya memberikan batas waktu 30 menit untuk pajang post banner dan caption follow loop di feed.

Jadi pastikan kamu harus bisa pajang post banner dan caption yang dibagikan tersebut, on time. Jangan sampai terlambat karena itu akan membuat kamu keluar atau tidak masuk dalam list following admin.

Follow semua Akun Instagram yang ada pada List Following akun Follow Loop


Selanjutnya, setelah batas waktu pajang post banner dan caption follow loop usai, setiap peserta akan diberi waktu selama 1x24 jam untuk melakukan kegiatan saling follow. Jadi tugas kamu tinggal follow saja semua akun instagram yang ada pada list following dan silakan tunggu. Dalam waktu kurang lebih 24 jam itu followers kamu bakal bertambah.

Bahkan yang follow akun kamu nantinya bukan cuma dari peserta saja lho, kamu juga bakal dapat banyak followers dari akun-akun yang ikut berpartisipasi saat acara follow loop berlangsung. Yah, meskipun akun-akun tersebut bukan peserta atau tidak masuk dalam list following, tapi kamu tetap harus folbek mereka ya biar nggak di-unfollow.

Eh tapi  ada juga lho peserta yang masuk dalam list following akun follow loop namun tidak wajib folbek. Mereka disebut ghost. Kalau kamu ikutan follow loop luar negeri kamu pasti bakal familiar dengan istilah ini. Awalnya saya juga bingung dengan istilah ghost, apa yang dimaksud ini hantu beneran atau sekadar akun bayangan, haha. Belakangan baru saya tahu kalau ghost merupakan peserta yang ikut follow loop tapi berbeda dengan peserta biasanya, mereka tidak diwajibkan untuk follow balik bahkan kalau ketahuan ada peserta biasa yang tidak follow akun ghost atau unfollow akun mereka terancam bisa diblokir. Kenapa?

Ya, karena boleh dibilang ghost ini semacam peserta follow loop VIP. Mereka ikut ajang tersebut dengan mengeluarkan duit alias bayar, sehingga dibebaskan dari kewajiban follow balik.

Oke, itulah tiga hal yang harus kamu perhatikan bila ingin ikut follow loop. Oh ya hampir lupa, ada tambahan satu lagi. Saat ajang follow loop berlangsung, biarkan post banner dan captionnya tetap terpajang di feed instagram kamu. Kamu baru boleh menghapus atau mengarsipkannya setelah ajang tersebut selesai.

Rekomendasi Akun-akun Follow Loop Luar Negeri & Dalam Negeri


Saya mulai ketagihan ikut follow loop waktu bulan Mei lalu. Hasilnya, followers yang saya dapatkan selama kurang lebih tiga bulan ini meningkat drastis. Dari yang mulanya baru 2K sekarang sudah 8K lebih. So far, sudah lumayanlah pengalaman saya dalam mengikuti ajang loop-loopan ini.

Untuk itu buat kamu yang tertarik ingin menambah followers dengan cara ini, berikut saya akan rekomendasikan beberapa akun yang menyelenggarakan ajang follow loop baik dalam maupun luar negeri.

Akun Follow Loop Luar Negeri


Untuk luar negeri, saya lebih rekomendasikan kamu mengikuti akun-akun penyelenggara follow loop yang berasal dari Australia. Why? Karena zona waktu mereka tidak jauh berbeda dengan kita yang ada di Indonesia.

Beda halnya dengan akun-akun penyelenggara follow loop yang berasal dari UK atau Kanada. Acara follow loop mereka biasanya berlangsung tengah malam, sekitar jam 1 atau jam 2 gitu. Saya sempat dua kali ikut ajang yang mereka selenggarakan, itupun karena terbangun tengah malam, hehe. Tapi cukup dua kali saja deh, setelahnya saya nggak berminat lagi sekalipun ajang follow loop yang mereka adakan adalah MEGA LOOP.

FYI saja nih, setahu saya mega loop merupakan ajang loop terbesar karena diselenggarakan oleh belasan atau puluhan akun follow loop. Nantinya peserta yang ikut mega loop ini diwajibkan untuk follow semua list following dari akun-akun penyelengara tersebut. Jadi kegiatan saling follownya semacam berantai gitu, berpindah dari satu akun ke akun follow loop yang lain sampai kembali ke akun semula saat kita start follow.

Nah, seharusnya kalau ikut mega loop, jumlah followers kita bisa meningkat drastis namun pengalaman yang saya dapatkan tidak demikian. Malahan lebih banyak followers yang saya dapatkan dari mengikuti single loop yang diadakan akun @women_follow_loop ketimbang mega loop tersebut. Padahal saya sudah follow ratusan akun saat ikut sekali sesi, tapi hasilnya yang balas balik follow cuma sedikit. That's why,  saya nggak berminat lagi ikutan mega loop yang berlangsung tengah malam. Tapi kalau kamu berminat ikutan, silakan saja.

Nah, berikut ini tiga akun penyelenggara follow loop dari negara Australia yang sering saya ikuti,

@women_follow_loop (WFL)

Yang pertama ada akun WFL. Pertama kali saya ikut ajang follow loop luar negeri ya di akun ini. Saya masih ingat sekali, waktu awal-awal ikut follow loop di akun WFL, saya sempat maju mundur syaantiiik, hehe. Rasanya berat saja atuh, masa' saya harus follow akun bule. Duh, yang benar saja. Tapi begitulah konsekuensinya kalau kita ikut ajang follow loop dari luar negeri. Kudu follow akun peserta yang didominasi bule.

Pengalaman saya dalam sekali ikut sesi follow loop dari akun WFL bisa dapat tambahan 100-200 followers, atau bahkan lebih. Ya, meskipun makin ke sini sepertinya tambahan followers dari mengikut follow loop di akun WFL ini semakin berkurang karena kebanyakan peserta yang daftar juga adalah peserta dari sesi-sesi sebelumnya.

Oya dalam sepekan, WFL rutin mengadakan ajang loop. Waktu loopnya berlangsung setiap pukul 8pm AEST atau sekitar pukul 18.00 WITA pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Untuk waktu sign upnya sendiri biasa dibuka sehari sebelum loop berlangsung.

@empowering_loop_mums (ELM)

Selanjutnya ada ELM yang waktu loopnya juga berlangsung pukul 8pm AEST. Untuk jadwal loopnya dalam sepekan saya nggak hapal, biasa saya ikut sign up saja saat diinformasikan di grup.

Beidewei, saya suka dengan rules follow loop yang dibuat ELM. Simple banget. Saat sign up, kamu cuma diwajibkan untuk tag 1 teman saja. Caption untuk post banner follow loopnya pun nggak panjang-panjang amat sampai harus disalin dulu ke WA buat disatukan. Yah, meskipun tambahan followers yang saya dapatkan dari mengikuti ajang follow loop ELM ini tidak sebanyak saat mengikuti follow loop bersama WFL.

@aussie_looping (AL)

Rules dari akun yang satu ini juga tak kalah simple. Kurang lebih samalah dengan rules dari ELM, toh keduanya juga sering mengadakan acara loop bersamaan baik itu double loop, triple loop maupun mega loop. Hanya saja saat sign up akun ini mensyaratkan harus tag 2 orang teman.

Plusnya lagi kalau kamu ikut follow loop bersama AL, ER kamu kemungkinan bisa naik karena baik admin maupun pesertanya rata-rata cukup aktif berinteraksi saat loop berlangsung.

Selain ketiga akun yang saya sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi akun follow loop yang berasal dari negeri Kangguru. But, cuma tiga akun itu yang bisa saya rekomendasikan ke kamu.

Akun Follow Loop Dalam Negeri


Honestly, saya lebih suka ikut follow loop dalam negeri ketimbang luar negeri. Setidaknya kalau ikut follow loop dalam negeri saya nggak harus follow akun-akun bule, hehe. Tapi untuk mendapatkan tambahan followers sebanyak 6K dalam jangka waktu 3 bulan rasanya mustahil deh bila hanya mengharapkan tambahan followers dari follow loop dalam negeri.

Yup, tambahan followers dari follow loop dalam negeri memang tidak sebanyak saat kita mengikuti follow loop luar negeri. Mungkin karena peminatnya juga masih sedikit ya. Selain itu, akun-akun follow loop dari dalam negeri juga cuma segelintir.  Bahkan setahu saya waktu baru mulai terjun ikutan ajang ini, akun follow loop dalam negeri yang ada cuma @indonesia_saling_follow (ISF). Belakangan ini baru bermunculan akun-akun follow loop yang lain.

Nah, kalau kamu berminat ingin ikutan follow loop dalam negeri, silakan meluncur ke 4 akun ini;

@indonesia_followloop (IFL)
Ini merupakan akun follow loop pertama yang ada di Indonesia dan sudah hadir sejak tahun 2018 lho. Cuma saya baru kenal dan ikut ajang loop bersama IFL di tahun ini. Saat menulis postingan ini, IFL sedang membuka pendaftaran untuk sesi ke-85.

FYI, di IFL untuk setiap sesi loopnya terdapat peran sebagai anggota dan peserta dengan ketentuan hampir sama. Hanya saja bedanya, anggota IFL adalah yang masuk dalam list following dan wajib post banner loop IFL saat acara berlangsung. Sementara peserta IFL tidak masuk dalam list follow dan tidak wajib pajang  post banner tapi dibolehkan untuk repost

Tentunya, peluang untuk lebih banyak mendapatkan followers dari mengikuti loop bersama IFL ini adalah ketika kita masuk dalam list followingnya atau berperan sebagai anggota. Untuk itu jika ingin menjadi anggota IFL, kita harus melakukan pendaftaran H-1 sebelum loop berlangsung.

Mengenai konsep loop bersama IFL ini cukup unik, karena setiap sesi loop selesai, admin IFL akan bagi-bagi poin. Untuk anggota mendapat 2 poin sementara peserta hanya mendapat 1 poin. Nantinya bila jumlah poin yang kita dapatkan mencapai 30 bisa ditukar lho dengan uang senilai Rp10.000. Lumayan juga ya, hehe. Namun bila ingin mendapat banyak poin kita harus rajin untuk daftar sebagai anggota setiap pendaftaran sesi loop IFL terbuka.

@sweet_follow_loop (SFL)
Sebelumnya saya sempat mengira ini merupakan akun loop luar negeri, tapi setelah cek feednya ternyata SFL merupakan akun loop Indonesia. Lalu gimana reaksi saya saat pertama kali tahu SFL? Senang dong karena akhirnya saya bisa ketemu dengan akun loop dalam negeri selain IFL yang bisa membantu menambah jumlah real followers dari akun-akun orang Indonesia bukan bule meski bertambahnya tidak seberapa.

Konsep loop bersama SFL agak berbeda dengan konsep loop dari akun-akun follow loop lainnya yang mengharuskan kita untuk daftar kembali saat terbuka pendaftaran loop yang baru. Jadi kalau kamu ingin ikut loop bersama IFL ini cukup daftarnya sekali saja maka selamanya kamu bisa menjadi member yang masuk dalam list following SFL asal saat loop berlangsung kamu harus pajang poster dan caption yang dibagikan di grup. Jika tidak kamu bakal dikeluarkan dari grup member dan harus daftar ulang bilang ingin ikut kembali.

Eniwei, saya suka dengan konsep loop dari SFL karena saya nggak mesti daftar berulang-ulang untuk ikutan sesi loop yang baru. Yah, walaupun adminnya memang agak tegas sih dan nggak sungkan-sungkan mengumumkan di grup akun-akun yang dianggap melanggar rules.

@indonesia_saling_follow (ISF)
Sebelum lanjut saya pengen bilang, saya salut deh sama pendiri ISF, yang baru berkenalan dengan dunia loop tapi sudah punya inisiatif untuk buat akun loop dalam negeri. Lha saya yang sudah lumayan sering ikutan loop, yang ngajakin mereka juga buat ikutan malah nggak kepikiran sama sekali.

Seperti namanya, konsep ISF ini memang Indonesia banget. Unik pula. Uniknya apa? Yah, uniknya kalau rata-rata ajang loop lain berlangsung hanya 1x24 jam, ajang loop bersama ISF ini berlangsung sampai 4x24 jam. Untuk batas posting banner dan caption loop juga lumayan lama, ya kalau akun follow loop lain membatasi hanya 30 menit, ISF memberi kelonggaran waktu hingga berjam-jam.

Intinya konsep ISF ingin memudahkan peserta dalam mengikuti ajang saling follow namun sayangnya banyak peserta yang masih tidak paham rules, bahkan ada juga yang tidak komit. Maunya di-follow saja, belakangan main unfollow. Tapi tenang, pasti akan ketahuan karena adminnya cukup ketat dalam hal ini.

@connecting.mama
Selanjutnya ada connecting.mama, akun loop dengan konsep yang kekinian banget. Konsep loopnya merupakan perpaduan antara loop luar dan dalam negeri. Pokoknya modern bangetlah. Serupa dengan IFL, di connecting.mama ini juga ada dua jenis peserta, yang masuk dalam list following dan yang ikut berkomentar pada banner utama akun loop.

Pastinya peserta yang masuk dalam list following @connecting.mama punya peluang lebih besar untuk mendapat tambahan followers ketimbang yang hanya ikut berkomentar pada banner utama saat loop berlangsung. Untuk itu jika ingin masuk dalam list followingnya kita harus daftar dulu.

Nah, saya juga suka ikut loop dari @connecting.mama, tapi sayangnya jadwal loopnya berlangsung pukul 21.00 WIB, artinya di tempat saya menunjukkan pukul 22.00 WITA. Jam segitu seringkali saya sudah keburu tidur duluan eh maksud saya ketiduran. Yap, biasanya saya jadi ikut ketiduran saat kasih tidur si Kecil alhasil saat loop Connecting Mama berlangsung saya nggak bisa ikutan, padahal sudah daftar, huhu.

Plus Minus Mengikuti Follow Loop

Kegiatan menambah followers melalui ajang loop-loopan ini juga tidak lepas dari plus minus, jadi sebelum memutuskan untuk ikut follow loop mungkin kamu bisa pertimbangkan terlebih dahulu plus minusnya.

Setidaknya ada dua kelebihan yang saya dapatkan setelah ikut follow loop selama tiga bulan terakhir ini ;


Mendapatkan Real Followers 

persentase real followers akun @siskadwyta

Saya tidak punya pengalaman beli
followers, jadi nggak tahu pasti apakah mereka yang beli followers itu mendapatkan real akun atau malah sebaliknya. Namun yang pasti followers yang saya dapatkan dari ikut followers itu sungguhan ya bukan berasal dari akun-akun bodong. Untuk mengecek persentase real followers akun IG kamu bisa cek di situs https://igaudit.io

Followers Meningkat Drastis

Selain mendapatkan real followers, jumlah followers akun @siskadwyta juga meningkat drastisss. Padahal sebelumnya untuk nyampai 1K followers saja butuh waktu bertahun-tahun, lha sekarang untuk bisa meraih 1K followers saya harus cukup rutin ikut follow loop selama sepekan.

Adapun kekurangan yang saya dapatkan dari mengikuti follow loop instagram, antara lain:


Following Tidak sesuai Keinginan

Konsekuensi dari mengikuti ajang follow loop adalah kita harus patuhi rules yang telah dibuat akun penyelenggara. Terutama rule untuk follow semua akun yang masuk dalam list following akun loop yang diikuti, even kita tidak suka dengan akun tersebut.

Awal ikut loop saya berat juga sih dengan aturan yang satu ini, apalagi semenjak ikut follow loop luar negeri. Saya kudu follow akun-akun bule. Bukan saya banget deh. Bayangkan, dulu, jangankan follow akun-akun bule, akun-akun artis yang suka pajang foto-foto sexy saja ogah saya follow. Seidealis itu saya dulu, but now? Duh, jangan ditanya, soalnya pemahaman saya tentang medsos dulu dan sekarang juga sudah jauh berbeda.

Baca juga. Media Sosial : Before and After Married


Jumlah Following Meningkat

Namanya juga kegiatan saling follow, ada timbal baliknya. Mereka follow kita ya kita juga wajib follow mereka. Jadi kalau kamu ikutan follow loop, bukan cuma jumlah followers saja yang meningkat tapi jumlah following kamu juga bakal meningkat drastis. Dan saya pun baru tahu nih, ternyata jumlah following instagram ada limitnya ya. Beda dengan jumlah followers yang nggak ada batasan maksimalnya.

Yup, instagram cuma membatasi maksimal following kita hanya sampai 7500. Kalau jumlah following kita sudah mencapai batasan tersebut kita sudah nggak bisa follow orang lagi, termasuk nggak bisa ikutan ajang loop-loopan. And you know, jumlah following instagram saya sudah hampir mencapai limit tersebut. Jadi mau tidak mau saya bakal unfollow sebagian akun yang telah saya follow, terutama akun-akun yang tidak follow saya balik.


Engagement Rate (ER) Terjun Bebas

Satu lagi minus yang bakal kamu dapatkan kalau ikutan follow loop. Engagement Rate (ER) bakal terjun bebas. Mempertahankan ER memang bukan hal yang mudah sih apalagi bagi pengguna Instagram yang kurang aktif seperti saya. Posting konten di feed maupun story pun jarang. Seringnya muncul di feed IG kalau waktunya pajang post banner dan caption loop. Setelah itu menghilang lagi.

So, apa gunanya punya banyak followers kalau ER rendah gitu? Well, saya baru menyadari ER rendah setelah followers IG saya mencapai lebih dari 5K. Thats why, sejak followers saya telah mencapai 5K saya nggak cuma fokus saja nambah followers dengan ikutan loop, tapi juga berusaha menaikkan ER IG saya. Gimana caranya? Ok, skip dulu ya nanti saya paparkan di pembahasan terakhir.

Jadi itulah beberapa plus minus ikut follow loop yang bisa jadi pertimbangan buat kamu. Oya, banyak juga yang ikut ajang ini tapi tidak komitmen dan main unfollow belakangan. Untuk itu, kalau kamu berminat ikut follow loop, kamu kudu juga donwload aplikasi khusus untuk cek siapa-siapa saja akun yang unfollow kamu, seperti aplikasi follower tracker atau followers chief. Pastikan juga, pada saat melakukan kegiatan saling follow, lakukanlah secara bertahap, jangan langsung follow ratusan akun dalam waktu kurang dari 60 menit secara bersamaan untuk menghindari banned Instagram.

Meningkatkan Engagement Rate (ER) bersama Friend Engagement Support (FES)


@friends_engagement

Seperti halnya akun khusus follow loop, di Instagram juga banyak beredar akun-akun yang memfasilitasi kita untuk menaikkan Engagement Rate dengan cara saling like maupun komen. Bahkan ada beberapa akun follow loop yang nggak cuma fokus menyelenggarakan ajang buat nambah followers melainkan juga menyelingi dengan kegiatan saling like dan komen.

Salah satunya adalah akun @indonesia_followloop. Awalnya akun ini memang hadir untuk ajang follow loop saja namun belakangan ini ISF juga rutin mengadakan ajang support likes dan support comments yang tujuannya tentu saja untuk menaikkan ER. Saya belum pernah ikut ajang support commentsnya sih, namun cukup sekali dua kali ikutan support likes bersama ISF dan langsung kepincut.

Yup, berawal dari ikutan support likes yang diadakan ISF, ide itu sekonyong-konyong muncul maka hadirlah akun @friends_engagement_support (FES). Sebelum membuat akun FES saya sempat ngajak beberapa teman dari WAG follow for follow untuk ikutan saling like dengan hastag yang saya berikan. Yang ikutan nggak seberapa tapi lumayan. Setelah itu saya jadi kepikiran, kenapa nggak buat akun khusus saja untuk saling support menaikkan ER?

Nah, akun @friends_engagement_support hadir dengan tujuan semata-mata ingin mengajak teman-teman untuk saling support dalam meningkatkan Engangement Rate (ER).

Sebagaimana yang kita ketahui ER merupakan indikator dalam menentukan seberapa besar atau kecilnya interaksi sebuah akun dengan pengikutnya dimana formulanya berhubungan dengan jumlah likes, comments dan followers. Namun FES hanya fokus pada program meningkatkan ER dengan memperbanyak jumlah likes dan comments pada feed IG peserta. Tidak ada kewajiban saling follow sesama peserta pada program ini. Bahkan peserta pun tidak diwajibkan follow akun pribadi admin. Saling follow baik sesama peserta maupun admin bisa dilakukan secara sukarela.

Adapun program saling support untuk meningkatkan ER yang berlangsung di akun FES adalah #SupportLikes, #SupportComments #SupportLikesandComments dan satu program khusus untuk blogger #SupportBlogwalking

Sekilas, program saling support yang berlangsung di FES ini mirip dengan Sosmed Walking atau IG walking yang biasa diadakan di grup-grup WhatsApp. Ya, memang ada kemiripan, toh tujuannya juga sama. Sama-sama ingin saling support untuk menaikkan ER cuma bedanya peserta yang ikut FES akan dimasukkan di grup Instagram bukan di WAG.

Selain itu, peserta juga nggak perlu drop link. Cukup pasang hastag tertentu saja yang diberikan admin pada postingan yang ingin dilike atau dikomen. Sedangkan untuk yang ikut blogwalking cukup taruh link blog post yang dikunjungi pada bio profilnya. Dengan begitu bukan cuma blognya saja yang bakal dikunjungi peserta lain melainkan juga profil Instagramnya. So, lumayan kan bisa dapat tambahan kunjungan profil.

Alhamdulillaah, sejauh ini semua program yang ada di FES sudah berjalan walau pesertanya tidak terlalu banyak. Mungkin karena jangkauan FES belum begitu luas atau karena adminnya baru saya doang jadi nggak ada yang bantu promosiin, hehe. Apalagi rules yang saya buat di FES juga simple banget. Nggak ada kewajiban untuk share banner dan caption seperti rules pada follow loop. Cukup follow akun @friends_engagement_suppport dan komen dengan tag beberapa teman untuk ikutan pada banner sign up (baik itu untuk support likes, comments, likesandcomments maupun blogwalking).

Namun sepertinya saya harus memikirkan ulang tentang rules tersebut dan pastinya saya butuh tambahan admin kalau peserta yang daftar melebihi batas maksimal anggota grup Instagram. Ya kali siapa tahu (kamu yang baca postingan ini) berminat mau gabung atau ikutan acara saling support yang berlangsung di FES. Yuk, langsung saja meluncur ke akun @friends_engagement_support.

Oke, sekian dulu cuap-cuap saya terkait menambah followers dengan follow loop dan meningkatkan Engagement Rate bersama FES.

Salam,
@siskadwyta


  • Share:

You Might Also Like

25 comments

  1. hahahaha, follower saya naik pesat dan ER terjun bebas wakakakkaa.
    Tapi who cares sih.

    Nanti bisa dinaikin lagi setelah target tercapai.
    Btw saya juga ikutan yang Australia itu, paling laris deh kayaknya, soalnya waktunya nggak terlalu beda ama Indonesia.

    kalau yang di Indonesia cuman ikut 2 akun kalau ga salah yang indonesia saling follow itu ama connecting mama, cuman belum pernah ikutan komen for komen sih, lebih suka ikut komen for komen melalui list di WA.

    Karena keterbatasan waktu, saat ini saya fokus ngejar follower dulu, lumayan berat dah kalau udah mendekati 10K karena kita ga bisa folbek semuanya lagi, alhasil follower naik dan turun dengan ekstrim pula.

    Kapan2 saya ikutan juga nih FES nya, syaratnya juga simple banget ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, kebetulan kan saya belum pernah ikutan kayak FES gini, kadang sedikit parno takut akun di blokir gara-gara kebanyakan like dan komen kayak nyepam.

      Sering liat yang acaranya 5likes bahkan 10 likes.

      Selama ini sih saya cuman ikutan dari list IW di WAG, jadi kepo pengen ikutan di IG :)

      Delete
  2. Wah keren banget mbaa bisa urusin follow loop untuk menaikkan engagement rate instagram

    Semoga makin banyaaak yang jadi peserta yaaa :D
    Aku kalo mau ikutan gimana caranya ?

    ReplyDelete
  3. Berat banget jadi admin follow loop itu. Membangunnya gimana, ya. Jumpalitan atau pontang-panting, mana di awal mula saya juga kerja sendiri karena harus menentukan konsep yang tepat. Setelah nemu konsepnya barulah bisa lega dan ingin lebih leluasa melakukan sesuatu yang lama tertunda.
    Terima kasih sudah colek saya untuk ikut follow loop meski saya juga pada mulanya gak ngerti.
    Mbak Ida Raihan yang ajak saya bikin follow loop. Sekarang semoga Indonesia Saling Follow bisa maju, ya. Sama seperti Friends Engangement Support.
    Terima kasih sudah jadi admin Indonesia Saling Follow dan banyak bantu dari segi teknis serta masukan lainnya. Semoga ada yang bantu FES.

    ReplyDelete
  4. aku baru banget nih ikut loop2an ini..
    awalnya sih kurang minat, karena ku gak mau follow orang2 yang tak ku kenal.
    eh, tapi ternyata sekarang itu punya followers banyak adalah suatu kebutuhan. hehe..

    selain karena beberapa job nulis mensyaratkan harus punya follower banyak, aku juga pingin bisa suip ap supaya lebih mudah promo blog. hahaha

    aku baru ikut 2 kali sih mba, dari luar itu jam 2 pagi harus posting nyaa.. huhu. untung pas lagi bangun bikinin susu anak. kalo akun dalam negeri, aku baru ikutan connecting mama doang.

    btw, terimakasih infonya.. next aku mau ikutan yg dari australia sama akun dalam negeri aja.

    ReplyDelete
  5. Lengkaaappp banget, Maak.
    Makasiii sharingnya
    mau kepoin masing2 akun IG itu aahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Soal follow memfollow sellu menjadi tema menarik ya buat dibahas, karena faktanya memang banyaknya foower itu dibutuhkan. Sebelnya kadang follow kekun komunitas blogger, enggak sema juga langsung pada folbek, hehe

    ReplyDelete
  7. Aku pengin juga ikutan follow loop, tapi kalau waktu foloow2annya cuma 1 x 24 jam, ngeri juga kalo tiba2 akun IG di take down gara2 kebanyakan follow. Sehari itu di IG ada batasankah untuk follow itu maksimal berapa akun? Masih kurang paham soalnya :D

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah ikut loop, makanya follower saya segitu-gitu aja. Perlahan naiknya hehehe. Ternyata ada keseruannya juga, ya. Saya pertimbangkan dulu plus minusnya untuk memutuskan ikut atau enggak :)

    ReplyDelete
  9. aku ikut loop buat having fun aja sih awalnya, pengen bisa swipe up juga hehe, tapi kalo lagi semangat sih bisa aj kekejar, tapi kalo lagi malesssaa bgt, ga pengen ikut dulu, tapi konsekuensinya followers turun lagi banyk yg unfol haha

    ReplyDelete
  10. Asik ya follow up bisa menambah dengan meningkat. Sayangnya friends_angament_support sudah tidak aktif sejak 23 Agustus

    ReplyDelete
  11. Wah pertama dulu suka bingung dengan Loop ini mbak tapi kemarinya jadi tahu dan lebih jelas melalui penjelasan ini. Semoga bisa ikutan lagi biar naikkin follower hihi

    ReplyDelete
  12. Duh, aku masih gaptek dengan Follow Loop. Dan terusnya, aku juga baperan kalo ikutan follow2ab gitu saat gak difolbek. :D

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah nyobain ikutan follow loop itu kak,masih pake cara klasik follow orang-orang yang me-like postingan temen kita aja, hehehe

    ReplyDelete
  14. hihihi sebenernya Ujame ini tipe yang lebih mentingin ER ketimbang followers.. tapi kalau di ulik lagi.. keberadaan followers yang banyak juga bisa jadi nilai pendukung kalau mau kerja sama sama sebuah brand hehehe.. Ujame juga baru-baru ini ukutan loop followers hehehe..

    ReplyDelete
  15. Aku juga udah ikut beberapaaa nih mba dan sepertinya it works well

    ReplyDelete
  16. Eh kemarin baru baca ttg ini punya siapa ya? Rey kayaknya ya? Aku udah coba ikut tapi break dulu, nggak tlaten. Ntar ikut lagi kalau udah selo. Malesnya krn nggak bisa nandain mana host & ghost. Skrg daftar host yg luar makin panjang krn mereka bayar, udah jadi bisnis. Trus yg member bule2 suka bandel nggak folbek jadi kerjaan tambahan krn aku selalu bersih2 sebelum ikut loop selanjutnya. Kalau yg indo sukanya drama 😒

    ReplyDelete
  17. Aku sering lihat aja karena ramai di timeline, tapi belum pernah ikutan follow loop seperti ini . Awalnay dari luar ya, tapi sekarang udah banyak ya di Indonesia

    ReplyDelete
  18. Ini cara keren untuk tingkatin follower dan engagement dengan organik. Terima kasih udah berbagi tips keren ini, mbak

    ReplyDelete
  19. Pernah mau nyoba wkt blm ada yg dlm negerinya tp ternyata utk aku mah terlalu ribet hehe..jd ga selesai..

    ReplyDelete
  20. Menarik nih yang untuk FES, ntar taunya sudah pada menjalankan kewajiban gimana ya adminnya? Ya kan kalik aja ada yang nakal, cuma mau dapet like dan komen, tapi ga mau menunaikan kewajibannya.

    ReplyDelete
  21. Lagi hits banget ya follow loop ini hehe rasanya kalau saya susah euy waktunya ga sempat juga makanya followers bertahun2 masih aja 2K haha.

    ReplyDelete
  22. Pengin coba juga doonk...loop-loopan.
    Hehhe...gak harus konsisten mantengin IG kan yaa...

    ReplyDelete
  23. terimakasih buat penjelasannya ya mbak, jadi saya lebih mengerti sistem dari follow loop ini. lumayan juga ya

    ReplyDelete
  24. oh ini toh maksudnya follow loop. Informasi ini aku butuhkan banget mba. Followers IG ku ga naik2.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.