5 Hal yang Perlu Ibu Hamil Ketahui tentang USG

gambar : kumparan.com

Bismilaahirrahmaanirrahiim

5 Hal yang Perlu Ibu Hamil Ketahui tentang USG - Alhamdulillaah saat menulis postingan ini usia kehamilan kedua saya sudah menginjak trimester akhir. Itu artinya tidak lama lagi adiknya Zhafran akan segera lahir. Duh, saya jadi deg-degan. Yah, meski sudah ada pengalaman sebelumnya tetap saja melahirkan akan selalu menjadi momen yang mendebarkan. 

Melihat si kecil yang sedang bertumbuh dalam rahim lewat layar USG saja sudah mengundang debar-debar yang indah, apalagi bisa menatapnya langsung segera setelah melalui proses melahirkan. Maa syaa Allah. 

Oh ya, ngomong-ngomong soal USG,  selama kehamilan kedua ini saya baru sekali melakukannya. Itu pun saya baru USG setelah usia kehamilan masuk 19 weeks. Lho kok USGnya baru sekali? kok nggak USG dari trimester awal?  

Ya, nggak kenapa-kenapa juga. Saya baru sempat saja pergi check up kehamilan di dokter obgyn pas usia 19 weeks itu. Eh tepatnya sih suami yang baru sempat menemani periksa saat usia kehamilan istrinya ini sudah masuk trimester dua. Selama ini kan saya kalau periksanya di dokter obgyn memang selalu ditemani suami. 

Ini bukan karena saya nggak bisa mandiri lho ya tapi karena suami sendiri yang seolah nggak mau ketinggalan ikuti perkembangan anaknya dalem perut. Waktu hamil anak pertama malah dia sampai rela ambil cuti demi membersamai istrinya masuk ke dalam ruangan dokter obgyn. Seantusias itu dia, wkwk.

Pada kehamilan kedua ini juga masih antusias kok even periksa ke dokternya nggak lagi se-excited kehamilan pertama. Mungkin karena sudah ada pengalaman kali ya jadi bisa lebih mempertimbangkan kapan sebaiknya harus periksa ke dokter obgyn untuk USG.

Kalau pada kehamilan pertama karena belum ada pengalaman sama sekali jadi wajar kami masih minim pertimbangan, minim ilmu pula. Apalagi yang menyangkut pemeriksaan lewat alat yang bernama ultrasonografi atau lebih dikenal dengan sebutan USG, banyak kelirunya.

Hayoo siapa pembaca Kamar Kenangan ini yang mengira fungsi USG hanya untuk mengetahui jenis kelamin saja atau siapa yang menganggap keseringan USG dapat membahayakan si ibu dan janinnya. 

Nah, pada postingan kali ini saya tertarik pengen sharing tentang USG, karena ternyata masih banyak juga lho ibu hamil yang pandangannya sama seperti saya waktu hamil pertama kali, keliru mengenai alat yang dirancang khusus untuk pemeriksaan kehamilan ini. 

Setidaknya ada lima hal yang perlu ibu hamil ketahui terkait USG. Kira-kira apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini;

Mengenal USG dan Jenis-jenisnya


Pemeriksaan kehamilan dengan alat bernama ultrasonografi atau USG bukan hal yang aneh lagi di zaman canggih seperti sekarang ini. Malah pemeriksaan dengan USG rutin dilakukan oleh hampir setiap ibu hamil, tak terkecuali saya. 

Meski tak dimungkiri masih ada juga segelintir ibu hamil yang enggan melakukan USG dan lebih memilih memeriksakan kandungannya di bidan ketimbang di dokter. Padahal USG itu penting banget lho untuk ibu hamil, yang pasti karena manfaatnya banyak, bukan untuk mengetahui jenis kelamin janin saja, lebih dari itu. Makanya selain rutin periksa kehamilan di bidan, saya tetap datang ke dokter juga untuk USG.

Nah, Ultrasonografi atau USG merupakan alat pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memproduksi gambar tubuh bagian dalam. That's why, pemeriksaan USG lekat dengan kehamilan untuk mengetahui keadaan janin di dalam perut. Meski sebenarnya pemeriksaan USG bukan hanya untuk ibu hamil saja ya. 

Adapun jenis-jenis USG yang secara umum digunakan untuk memeriksa kondisi ibu hamil dan janinnya, antara lain; USG trasvaginal, biasa digunakan pada ibu dengan usia kehamilan masih sangat muda, lalu ada USG standar yang dikenal dengan USG 2D, hanya menampakkan janin yang sedang berkembang dengan gambar 2 dimensi. Ada pula USG 3D dimana dengan USG ini kita dapat melihat gambar janin  lebih jelas layaknya gambar 3 dimensi dan yang terakhir ada USG 4D, merupakan jenis USG paling canggih karena tidak hanya menampakkan gambar janin namun dapat juga melihat pergerakannya.

Jangan Terburu-buru Melakukan USG


Walau pemeriksaan USG penting namun saran saya sebaiknya kita jangan langsung terburu-buru periksa kehamilan ke dokter setelah mendapati test pack menunjukkan dua strip merah. Well, saya paham gimana rasanya berada dalam posisi sebagai seorang ibu yang baru pertama kali merasakan kehamilan. Pasti ingin segera memastikan kehamilan di dokter karena hasil test pack yang masih tampak samar atau bahkan sudah terlihat jelas itu dirasa belum cukup meyakinkan.

Tapi toh sama saja, sekalipun kamu ke dokter saat usia kandungan masih terlalu dini, hasil yang kamu dapatkan tidak akan berbeda jauh alias kehamilan kamu masih dipertanyakan. Pasalnya kalau kamu datang ke dokter saat usia kandungan masih di bawah 8 weeks, paling hasil USG kamu baru menunjukkan kantung janin. Janinnya sendiri belum kelihatan sehingga status kehamilan kamu pun masih fifty fifty. 

Yup, sekalipun kantung janin sudah terlihat namun bisa saja kamu tidak sedang hamil atau kehamilan kamu mengalami gangguan. Segala kemungkinan masih bisa terjadi pada rentang waktu itu, kan? Entah gangguan itu berupa hamil anggur, hamil di luar rahim atau bahkan kehamilan kosong dimana kantung janin ada tapi janinnya nggak ada.

Makanya setelah periksa kehamilan dengan USG pertama kali dan yang terlihat baru kantung janin, si dokter obgyn yang kamu datangi pasti akan menyarankan untuk datang periksa kembali dua atau tiga pekan ke depan untuk memastikan kehamilanmu.

Nah, biaya USG sendiri bagi saya nggak murah, apalagi kalau kamu periksa ke dokter obgyn tanpa BPJS. Jadi daripada terburu-buru periksa kehamilan di dokter dan nggak dapat hasil yang memuaskan padahal sudah keluarin duit ratusan ribu, mending kamunya yang bersabar. Tunggu sampai usia kehamilanmu menginjak 8 weeks ke atas karena umumnya janin baru bisa terlihat di usia segitu.

That's why, pada kehamilan kali ini setelah mendapat hasil test pack positif saya tidak lantas memeriksakan diri ke dokter. Belajar dari pengalaman sebelumnya, untuk pemeriksaan awal kehamilan kedua saya memang lebih memilih mendatangi bidan puskesmas ketimbang ke dokter obgyn dengan pertimbangan ya itu tadi. 

Kalau langsung periksa kehamilannya ke dokter cuma di-USG doang dan hasilnya juga belum pasti, baru tampak kantung janin. Sementara kalau periksa di bidan puskesmas setidaknya saya bisa dapat layanan cek laboratorium sesuai yang tertulis di buku KIA secara gratis dengan BPJS, hehe

Rencananya sih saya maunya pas usia kandungan masuk akhir trimester akhir, sekira 11-12 weeks baru USG, biar bisa memastikan langsung perihal kepastian kehamilan saya. Terlebih di usia segitu bukan cuma janin saja yang sudah nampak, denyut jantungnya juga sudah kedengaran. 

Sayangnya, pak suami baru bisa menemani ke dokter obgyn saat usia kandungan istrinya ini sudah menginjak awal trimester kedua. But whateverlah yang penting selama kehamilan kedua ini saya sudah pernah USG even baru sekali😅

USG Bukan Hanya untuk Mengetahui Jenis Kelamin Janin


Fakta ini baru saya ketahui setelah hamil dan mengalami sendiri bagaimana rasanya di-USG. Sebelumnya, sama seperti orang kebanyakan, saya juga sempat keliru, menyangka bumil yang melakukan USG itu tujuannya hanya untuk mengetahui jenis kelamin janin yang sedang dikandungnya. Padahal tidak demikian.

Mengetahui jenis kelamin janin hanya merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat dari USG. Lagipula kalau manfaatnya memang cuma itu, toh buktinya tidak semua bumil dapat segera mengetahui jenis kelamin janinnya sekalipun dia sudah USG berkali-kali.

Untungnya jenis kelamin bayi yang saya kandung baik pada kehamilan pertama maupun kedua ini selalu tampak jelas saat di-USG. Kata orang-orang, mungkin karena laki-laki ya jadi mudah ditebak, hehe. Etapi belum tentu juga, hanya karena gampang ketahuan jk-nya, pasti laki-laki. Tergantung posisi janinnya juga kan saat diintipin.

Kalau pas di-USG, posisi janin tidak menutupi jk-nya pasti dengan jelas bisa ketahuan. Sebaliknya kalau diintipin posisi janin malah menutupi jk-nya, jelas nggak ketahuan dong. But it's ok, bagi saya jenis kelamin janin mau langsung terlihat atau tidak bukan masalah. Yang penting saat di-USG, kondisi janin saya baik-baik saja, itu yang utama.


Jadi apa saja manfaat USG selain dapat mengetahui jenis kelamin janin? Dilansir dari situs hamil.co.id berikut beberapa manfaat dari USG ;
  • Memastikan kehamilan (dapat dilakukan setelah usia kehamilan minimal enam minggu).
  • Dapat menentukan usia kehamilan dengan melihat langsung pada ukuran tubuh fetus sehingga hasilnya lebih tepat dibandingkan dengan perhitungan HPHT (hari pertama haid terakhir) 
  • Mengamati pertumbuhan dan perkembangan janin.
  • Menentukan lokasi dan mengukur plasenta sehingga dapat diketahui jika ada masalah, misalnya plasenta yang menempel di dinding rahim terlalu rendah atau sampai plasenta yang menutupi jalan lahir .
  • Mengukur jumlah air ketuban.
  • Dapat memeriksa kelainan yang mungkin terjadi pada janin misalnya kelainan letak atau posisi, atau ada cacat fisik seperti hidung sumbing, kelainan jantung, pembesaran kepala karena hydrocephalus, anensephali (ketidak-adaan tempurung kepala yang menutupi otak), sampai kelainan seperti Down Syndrom.
  • Mengetahui jumlah pasti janin (misal tunggal, atau kembar).
  • Apabila terjadi perdarahan semasa kehamilan, dilakukan USG untuk memastikan keadaan janin atau kemungkinan adanya ancaman keguguran.
  • Memeriksa kesehatan janin.
Nah, ternyata ada banyak manfaat dari USG, kan? Jadi jangan lagi mengira manfaat USG hanya untuk mengetahui jenis kelamin janin ya.

USG Tidak Membahayakan Ibu dan Janinnya


Banyak juga yang beranggapan USG dapat membahayakan ibu hamil dan janinnya. Padahal faktanya menurut penelitian sebenarnya tidak ada lho bukti yang menunjukkan bahwa melakukan USG semasa kehamilan adalah berbahaya. USG sendiri merupakan alat yang memang sudah dirancang khusus terhadap kehamilan, namun alat ini berbeda sekali dengan X-ray, rontgen, atau MRI.

Mari kita lihat pendapat para ahli USG maupun pendapat WHO yang saya kutip dari laman hamil.co id

Menurut ahli, alat Ultrasonografi (USG) merupakan alat pemeriksaan yang aman dilakukan saat kehamilan karena alat ini bekerja dengan memakai energi mekanik yang berasal dari gelombang suara sebesar 20.000 Hertz yang akan menyebar dan hanya sekitar 0 – 1% saja yang sampai ke tubuh. Menurut WHO (World Health Organization) sendiri, gelombang suara ini baru akan menimbulkan efek bahaya apabila dilakukan sebanyak 400 kali.

Jadi kesimpulannya USG ini sama sekali tidak membahayakan ya namun tidak disarankan pula ibu hamil harus melakukan USG sesering mungkin.

Dianjurkan Minimal 3 Kali Melakukan Pemeriksaan USG selama Masa Kehamilan


Yang juga perlu ibu hamil ketahui, berapa kali idealnya melakukan pemeriksaan USG. Tentu, karena USG tidak membahayakan bumil dan janinnya sehingga bisa dilakukan lebih dari sekali malah yang dianjurkan adalah minimal 3 kali selama masa kehamilan, yakni masing-masing satu kali pada setiap trimester.

Waktu hamil Zhafran saya malah sampai  5 kali melakukan USG. Satu kali pada trimester pertama, Satu kali pada trimester kedua dan tiga kali pada trimester ketiga. Pada kehamilan kedua ini saya belum tahu akan USG berapa kali? Mungkin juga bakal lebih dari satu. Tapi sebenarnya melakukan USG hanya 2 atau 3 kali semasa kehamilan itu sudah cukup kok. 

Itulah lima hal yang ibu hamil perlu ketahui tentang USG. Karena pemeriksaan USG termasuk penting dan dianjurkan so jangan lupa pantau kehamilan bumil ya di dokter obgyn.

Salam,

@siskadwyta

25 komentar untuk "5 Hal yang Perlu Ibu Hamil Ketahui tentang USG"

Comment Author Avatar
Perihal kantong bayi, saya jadi inget raditya dika waktu stand up comedy. Ceritanya lagi dikasih tau sama istrinya kalau istrinya hamil, tapi masih dalam berbentuk kantung. Belum ada isinya hahahaa

Wah edukasi banget ini, Saya belum menikah tapi kalau baca baca beginian selalu dibaca dari awaal-akhir. karena ya.. supaya nambah wawasan sebelum menikah gapapa kan :D
Comment Author Avatar
Betul, nih, begitu positif test pack rasanya pengen2 cepet ke dokter. Makin tua kehamilan makin sering usg. Yg paling seru USG 4D ya, tapi karena mahal, cuma sekali doang selama hamil.
Comment Author Avatar
Ketika hamil, saya seneng dengan USG. Rasanya seperti diajak ketemuan sama anak hehehe. Tiap kali USG, saya uga gak pernah tanya ke dokter tentang kelamin anak. Saya udha seneng banget kalau dokter keadaan bayi di dalam kandungan baik-baik aja.

Semoga dilancarkan persalinannya, Mbak. Sehat dan selamat untuk keduanya. Aamiin
Comment Author Avatar
USG memang banyaaaakk banget manfaatnya
Ibu2 hamil kadang males periksa ke Spog, dan males di USG.
Padahal ini PENTING BANGET ya kan
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Comment Author Avatar
Di tempat saya tinggal juga sudah seolah jadi kebiasaan baku, kalau mau USG itu nunggu 4 bulan kehamilan, alias janin sudah bergerak, istilahnya katanya sudah ditiupkan roh kepada si janin. Itu sih di temoat saya hehehe...
Comment Author Avatar
Jadi inget waktu hamil anak pertama saya sering USG padahal ga usah banyak ya. Hehe.. pas anak kedua alhamdulillah cuma 3x 😆😊
Comment Author Avatar
Kalau di desa tuh mikirnya USG buat mengetahui jenis kelamin bayi aja. Padahal mah banyak juga manfaatnya, misal soal kelainan pada bayi. Kalau diketahui lebih awal, siapa tahu kan bisa diobati. Jadi inget salah satu drama yang pakai usg dan berhasil operasi janin
Comment Author Avatar
Di lingkungan saya masih banyak yg takut kalau usg berkali2...kuatir bahaya pdhl sebenernya tidak sebegitunya... dan setuju utk usg di trimester pertama sebaiknya dilakukan utk mengetahui apakah bayi berkembang dgn baik, apakah ada cacat dsb....itu kt obgynku
Comment Author Avatar
Sebagai cewek yg belum nikah aku baru ngeh ternyata usg nggak hanya buat tau jenis kelamin aja ya mbak.. Byk bgt manfaatnya
Comment Author Avatar
Wah informasi ini nih yang perlu semua orang tahu. Gak hanya bumilnya, tapi juga orang-orang di sekitarnya. Soalnya banyak yang gak ngerti USG, dan percaya dengan mitos kalo USG bahaya buat bayi. Jadinya bumil gak dibolehin USG sama keluarganya. Aku waktu hamil pertama gitu. Mertua melarang untuk USG. Tapi karena kandunganku lemah, jadinya harus. Alhamdulillah deh semua lancar. Abis itu, hamil anak kedua dan seterusnya, mertua udah gak melarang-larang lagi.
Comment Author Avatar
selama hamil 2x aku rutin USG tiap bulan mba hehehe karena suka parno takut aja ada apa-apa gitu dan pas anak kedua akhirnya cobain USG 4D alhamdulilah makin happy banget liat hasil USGnya
Comment Author Avatar
ahh baca ini aku jadi kangen hamil tapi rasanya belum siap kalau disuruh hamil lagi dalam waktu dekat hehe
Comment Author Avatar
Jd ingat masa2 hamil deh liat ini tuh... Hehe. Usg skrg mah jauh lbh canggih yak
Comment Author Avatar
Terima kasih Mba udah sharing soal USG-nya. Nambah pengetahuan aku nih meski belum nikah. Yang penting tahu aja dulu yaa hehehe
Comment Author Avatar
Dulu waktu Hamil tiap kontrol di USG ga sampailah 400 kali ya paling tidak kurang dari 8 kali
Comment Author Avatar
Untuk USG biasanya aku selalu konsultasi ke dokter kandungan.
Istilahnya, apa kata dokter, aku manut.

Pas pertama USG, waktu dinyatakan hamil Yasmin, aku terharu banget, karena momen ini sudah hampir 8 tahun, aku nanti.
Comment Author Avatar
Setuju banget, USG itu nggak hanya until melihat Jeni's kelamin. Aku dulu hamil anak pertama gak ketahuan kalo ari-ari posisi di pinggir Kanan. Jadi gak bisa untuk dorong babyku
Comment Author Avatar
Dulu waktu hamil melakukan USG biasanya kalau udah lewat usia hamil 3 bulan. Memang lebih ke pemantauan kondisi janin sih, enggak terlalu penasaran dengan jenis kelamin anak. Alhamdulillah pas aja, anak pertama perempuan, anak kedua lelaki. Apapun jenis kelaminnya tetap dooong sayangnya ga bakalan luntur ye kaaann..
Comment Author Avatar
Pas hamil saya di USG sebanyak 3x dan memang jatahnya dari perusahaan segitu. Sejah usia 4 bulan sudah ketahuan jenis kelaminnya.
Comment Author Avatar
Oh ini tuh...untuk USG 3D maksudnya?
Karena setiap hamil selalu USG rutin tiap bulan. Kalo di kumpulin minimal 9 kali yaa...hihii...belum pas trimester ketiga, rasanya USG tuh bisa tiap minggu.

Barakallahu fiikum, kak.
Semoga lancar hingga lahiran.
Comment Author Avatar
Tindakan USG perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan janin. Bahkan dokter bs memperkirakan berat lahirnya dan jenis kelamin bayi. Rasanya kalau di USG itu adem banget gelnya haha
Comment Author Avatar
waktu hamil anak pertama pernah pernah diomongin jangan sering usg nggak baik buat bayi, katanya ada radiasinya, untung nanya ke dokter kandungan katanya itu mitos
Comment Author Avatar
Aku masih nyimpen print out an hasil usg anak-anakku sanpe Sekarang
Comment Author Avatar
Wah artikelnya bagus nih. Kebetulan adik bungsuku sedang hamil muda. Aku mau referensiin artikelnya Mbak Siska ini untuk dia baca nih, karena dia masi suka galau tentang penting tidaknya melakukan USG dan apa manfaat dari USG tersebut. Dia perlu banget nih tahu 5 hal penting tentang USG di artikel ini
Comment Author Avatar
wah aku tuh dulu buru2 banget mau langsung usg cepet-cepet, heheheeh sampe baru 3 bulan udah pengen tau jenis kelaminnya hahaha

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.