Begini Tahapan Perkembangan Motorik Anak 0-5 Tahun

by - Monday, October 28, 2019

Tahap perkembangan motorik si kecil
(gambar : brainfit.co.id)
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Begini Tahapan Perkembangan Motorik Anak 0-5 Tahun. Perkembangan anak terutama dalam hal motorik perlu dipahami lebih dalam oleh orang tua. Perkembangan motorik anak menjadi hal yang  cukup penting untuk diperhatikan. Kenapa? Karena sebagai orang tua tentu kita menginginkan anak-anak dapat berkembang dengan baik. Untuk itu setidaknya kita harus memahami secara lengkap mengenai tahapan dalam perkembangannya.
Perkembangan motorik yang ada pada anak memang tidak berlangsung secara cepat, melainkan berkembang secara bertahap. Terutama, berdasarkan usia dari anak tersebut. Semakin bertumbuhnya usia, semakin berkembang juga motorik anak.
Nah, Bunda ingin tahu bagaimana tahapan perkembangan motorik anak? Yuk, simak ulasannya berikut ini ;

Tahapan Lengkap Perkembangan Motorik Anak

Dalam perkembangannya, terdapat beberapa tahapan yang terjadi pada anak. Berikut ini tahapan lebih jelasnya:

Usia 0-6 Bulan


Pada usia ini, perkembangan motorik pada anak memang berjalan dengan tidak terlalu cepat. Hanya saja, si kecil sudah bisa melakukan beberapa gerakan pada tubuh. Seperti si kecil sudah mulai belajar untuk menggenggam jemarinya atau bersentuhan dengan jari yang lainnya. Hal kecil inilah yang sudah bisa dianggap sebagai perkembangan motorik.

Tidak hanya itu saja, anak juga sudah mulai melakukan gerakan untuk memiringkan badannya ke kiri atau kanan serta melakukan beberapa tindakan dasar seperti menggulingkan badan dan lainnya. Selain itu, si kecil juga sudah mulai belajar untuk bisa menggapai sesuatu yang menarik lho.

Usia 7-12 Bulan


Tanpa orang tua sadari, perkembangan motorik pada anak terjadi dengan baik pada usia 7 bulan sampai 1 tahun. Seperti anak sudah mulai melakukan beberapa gerakan kecil merangkak, duduk atau mulai belajar berdiri. 

Tentunya, melihat kemampuan baru si kecil dalam mengeksplorasi lingkungannya erupakan hal yang menyenangkan bagi orang tua, meski di sisi lain perkembangan tersebut juga dapat membuat orang tua menjadi kerepotan. 

Untuk itu, sudah seharusnya orang tua memahami perkembangan ini. Tak perlu khawatir jika anak sudah bisa melakukan banyak gerakan. Justru sebagai orang tua kita seharusnya bangga karena itu pertanda perkembangan motorik anak berjalan dengan baik.

Usia 1-2 Tahun


Setelah berada di usia 1 – 2 tahun, anak akan mengalami perkembangan yang begitu pesat. Kini, anak sudah bisa mulai berjalan dengan baik. Proses ini tentu harus diapresiasi secara penuh oleh orang tua. Sebab itu artinya si kecil telah mengalami perkembangan motorik yang baik. 

Lalu, anak juga sudah mulai bisa untuk melakukan beberapa aktivitas lain. Seperti sudah bisa menggunakan baju secara mandiri, makan sendiri atau hal lainnya. Memang, secara umum untuk usia inilah yang tepat untuk proses perkembangan seperti itu.

Usia 2-5 Tahun


Pada usia ini, perkembangan dari si kecil sudah begitu cepat. Seperti untuk proses berjalan semakin baik, bahkan bisa berlarian tanpa terjatuh. Kemampuan anak dalam gerakan juga semakin lebih baik. Sudah bisa melakukan berbagai macam gerakan yang berkaitan dengan aktivitasnya.

Si kecil bahkan sudah bisa menuruni tangga, melompat-lompat memanjat dengan baik, dan lain sebagainya. Jadi, dalam usia ini untuk kemampuan motorik yang dimiliki si kecil sudah sangat baik. Tinggal orang tua saja yang tetap perlu memberi pendampingan yang tepat agar, si kecil semakin terdidik dengan baik.

Setiap anak akan melalui proses perkembangan motorik anak seperti di atas. Nah, tugas kita sebagai orang tua cukup memastikan perkembangan motorik anak dapat berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Jangan lupa pula untuk, selalu memberikan dukungan dan pendampingan ke anak.

Demikian tahap perkembangan motorik anak usia 0-5 tahun. Semoga postingan ini bermanfaat.

Salam,
@siskadwyta

You May Also Like

1 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.