Kenali Tanda Masa Subur Wanita untuk Merencanakan Kehamilan

by - 19:10

Yuk, ketahui masa subur untuk
merencanakan kehamilan
(gambar : hallobunda.com)
Kenali Tanda Masa Subur Wanita untuk Merencanakan Kehamilan. Setiap pasangan yang baru maupun telah lama menikah pasti mendamba kehadiran buah hati. Memang sih ada pasangan yang setelah menikah tidak langsung ingin punya momongan. Namun tidak sedikit pula pasangan yang ingin segera memiliki momongan setelah hidup berumah tangga.

Nah, saya dan suami termasuk pasangan yang tidak ingin menunda momongan. Pengennya sih saya bisa segera hamil satu atau dua bulan setelah menikah. Qadarullaah, amanah itu baru Allah titipkan di rahim saya ketika usia pernikahan saya dan suami menginjak bulan ketujuh.

Selama masa penantian sang buah hati, saya dan suami tidak lepas dari ikhtiar. Berhubung usia pernikahan kami saat itu juga masih terlalu dini sehingga ikhtiar yang kami lakukan untuk merencanakan kehamilan baru sebatas menerapkan promil alami. Tentunya promil alami yang kami jalankan tidak lepas dari memperhatikan masa subur. Masa subur sendiri dapat diperhatikan dengan terlebih dahulu mengetahui siklus haid.

Salah satu cara menghitung siklus haid adalah dengan menggunakan kalkulator masa subur yang dihitung berdasarkan satu siklus periode bulanan. Sayangnya, beberapa wanita yang tidak teratur periode haidnya tentu akan kesulitan menggunakan kalkulator ini. Sebagai gantinya, kita bisa lho mendiagnosa kapan masa subur dengan memperhatikan tanda-tandanya untuk merencanakan program kehamilan.

Apa itu Masa Subur (Ovulasi)?

Masa subur adalah masa dimana sel telur dilepaskan dari indung telur. Sel telur ini kemudian bergerak menuju tuba falopi. Apabila ada sperma yang masuk maka sel telur ini dapat dibuahi dan terbentuklah janin. 

Perlu kamu ketahui bahwa sel telur yang dilepaskan dari ovarium atau indung telur hanya akan dapat bertahan selama 24 jam saja. Meski masa hidupnya pendek, namun dikarenakan sel sperma dapat bertahan hidup di dalam rahim dalam waktu 4 sampai 5 hari maka selama masa ini sperma akan tetap dapat membuahi sel telur yang dilepaskan. Masa inilah yang disebut sebagai masa subur karena kemungkinan hamil akan tinggi. 

Tanda Masa Subur 

Bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan, memperhatikan masa subur tentu merupakan hal yang penting. Apalagi jika siklus haid kamu tidak teratur, kamu bisa tahu waktu masa subur dengan mengetahui tanda-tanda berikut ;

1. Suhu Tubuh Meningkat
Saat terjadinya siklus ovulasi maka hormon progesterone akan diproduksi dan menimbulkan peningkatan suhu tubuh. Suhu tubuh yang dapat dicek adalah suhu tubuh di pagi hari saat bangun tidur atau basal. Untuk mengetahui kapan terjadinya perubahan, kamu disarankan untuk rutin mencatat suhu tubuh basal setiap bangun tidur selama beberapa bulan sebelumnya. 

2. Karakteristik Keputihan atau Lendir Mulut Rahim
Salah satu cara lain untuk mengecek kapan masa subur adalah dengan melihat struktur keputihan atau lendir yang diproduksi di mulut rahim. Tekstur lendir yang berubah ini disebabkan oleh jumlah hormon estrogen yang meningkat. Akibatnya lendir akan berubah teksturnya menjadi transparan, basah, licin dan mirip seperti putih telur. Selain itu, jumlah lendir yang dikeluarkan juga biasanya lebih banyak.

3. Nyeri pada Bagian Tubuh
Selain memperhatikan suhu tubuh dan lendir mulut rahim, masa subur juga bisa dikenali dengan munculnya rasa nyeri yang dirasakan di payudara ataupun panggul. Nyeri timbul karena perubahan hormon yang juga menjadi penyebab nyeri haid hari pertama.

Itulah beberapa tanda masa subur yang penting untuk kamu ketahui. Saya sendiri bisa dengan mudah mengetahui masa subur lewat tanda tersebut, terutama melihat lendir serviks (lendir yang diproduksi di mulut rahim.

Nah, kalau sudah tahu masa subur, kesempatan untuk hamil in syaa Allaah semakin besar. Jadi jangan sampai lewatkan kesempatan itu. Semoga ikhtiar kamu dan pasangan segera diijabah Tuhan.

Salam,


You May Also Like

11 komentar

  1. Mbak aku suka nyeri haid saat haid. Berarti itu tanda haid hari pertama. Top banget mbak. Buat bekal nanti kalau ke jenjang pernikahan Bookmark ah.

    BalasHapus
  2. Aamiin

    Saya termasuk yang teratur haidnya. Jadi memang tidak kesulitan menghitung masa subur. Tetapi, informasi ini bisa sangat berguna bagi yang tidak teratur, ya

    BalasHapus
  3. Tips yang oke banget nih untuk perempuan yang sedang merencanakan kehamilan. Akunya sudah seumur ini lho baru tahu beberapa hal terkait masa subur ini. Cuma memang agak susah kali ya menentukan masa subur kalau haid tak teratur. Benar tidak sih, Mbak?

    BalasHapus
  4. Buat moms, memang harus diperhatiin. Apalagi seperti saya yg gak KB. Bisa-bisa bobol kalau gak teliti hehe

    BalasHapus
  5. Berhubung aku suka lupa orangnya, jadi mengandalkan bantuan aplikasi di handphone deh untuk inget tanggal datang bulan hadir hehehe. So far so good karena dibantu kontrasepsi

    BalasHapus
  6. Cara no.1 sering saya lakukan ketika promil anak dulu dgn m'gunakan termometer,
    efektif buat saya yang sulit menentukan masa subur tidak seperti wanita pada umumnya

    BalasHapus
  7. Saya sendiri menghitung masa subur selalu dari berpatokan kepada tanggal setelah haid. Tapi kalau dikaitkan sama ciri-cirinya malah ga ada yang mirip hehehe...

    Amin, yang penting segera dapat momongan ya ...

    BalasHapus
  8. Aku dah tutup pabrik heheee. Pengetahuan ini penting juga untuk semua wanita yg masih produktif (belum menopouse), nggak hanya untuk yg hamil saja, supaya lebih memahami tubuhnya secara biologis.

    BalasHapus
  9. Nice mba aku jadi tahu untuk mengetahui tanda-tanda di masa suburku :) plus kalo aku pakai kalendar digital yang mencatat jadwal menstruasi biasanya ada juga tuh info masa subur kita

    BalasHapus
  10. Semoga yang sedang berikhtiar untuk punya momongan bisa disegerakan ya. Salah satunya dengan memantau masa subur ini. Tentu saja dengan berdoa dan mengharap yang terbaik kepada Allah.

    BalasHapus
  11. Terima kasih Mbak catatannya. Saya simpan ah baik-baik takut lupa. Kebetulan lagi promil juga sudah kosong selama 5 tahun selepas KB.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.