Inilah Penyebab serta Cara Agar Ibu Hamil Cepat Tidur

by - Tuesday, January 28, 2020



cara agar ibu hamil cepat tidur

Ibu hamil kerap mengalami banyak keluhan hingga membuatnya sulit tidur di malam hari. Yuk cari tahu penyebab dan cara agar ibu hamil cepat tidur.

Saat hamil memang banyak sekali keluhan yang akan dialami seorang ibu, seperti yang sering terjadi adalah gangguan tidur. Seorang ibu hamil akan rentan terkena insomnia yang tentu jika dibiarkan akan tidak baik untuk ibu dan juga janin. Waktu istirahat yang seharusnya dilakukan saat tidur justru tidak terjadi. Untuk itu haruslah diketahui cara agar ibu hamil cepat tidur, sehingga akan mampu menghindari hal yang tidak diinginkan.


Penyebab Ibu Hamil Sulit Tidur

Ibu hamil rentan sekali mengalami gangguan tidur, semua itu karena ibu hamil lebih mudah stress sehingga akan membuatnya sulit tertidur. Kadar stress ibu hamil memang lebih mudah meningkat karena banyaknya tekanan dan rasa khawatir. 

Belum lagi jika ibu hamil juga bekerja, tentu akan meningkatkan kadar stres lagi. Jika seharusnya banyaknya kerjaan yang dilakukan akan membuat tubuh mudah tidur di malam hari. Ini justru tidak pada ibu hamil, semua itu karena kadar stres akan mampu mengalahkan rasa lelah.

Ditambah lagi jika perut telah semakin membesar akan semakin menyulitkan seorang ibu untuk tidur. Belum lagi ada beberapa keluhan perihal rasa mual, nyeri perut hingga pusing yang tentu akan membuat tidur menjadi tidak nyaman. 

Apalagi jika pasangan juga sibuk bekerja dan tidak meluangkan lebih banyak waktu, hal itu tentu akan buruk bagi ibu hamil. Sehingga solusinya tentu saja harus mengetahui cara agar ibu hamil cepat tidur, sehingga kadar istirahat cukup dan besoknya akan bugar kembali.


Cara Agar Ibu Hamil Cepat Tidur Yang Perlu Diketahui

Penyebab ibu hamil tidak cepat tidur memang cukup banyak penyebabnya, namun jangan khawatir karena hal tersebut masih dapat dihindari. Cukup dengan mengetahui solusinya, berikut cara agar ibu hamil cepat tidur yang dapat dijadikan referensi:

1. Olahraga Pagi

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat ibu hamil cepat tidur adalah dengan olahraga pagi. Dengan melakukan hal tersebut, tubuh akan terasa bugar dan saat malam hari akan terasa jauh lebih santai dan mudah untuk tertidur. Namun ingat karena sedang hamil ada baiknya olahraga yang ringan saja. Jangan sampai niat untuk ingin mudah tidur di malam hari justru membawa bahaya.

Ada baiknya rutin melakukan senam ibu hamil dan kegiatan olahraga ringan lainnya seperti berjalan, berenang dan lain sebagainnya. Selain itu ada baiknya saat berolahraga diawasi oleh seseorang, sehingga jika ada masalah tidak akan berbahaya karena pastinya dapat langsung diobati.

2. Istirahatkan Pikiran Di Siang Hari

Seorang ibu hamil memang sangat rentan kelelahan untuk itu istirahat harus lebih sering dilakukan namun ingat jangan sampai justru bermalas-malasan. Untuk itu istirahatkanlah pikiran pada Siang hari. Ibu hamil dapat melakukan kegiatan ringan seperti membaca buku, menonton televisi atau bahkan tidur siang. Hal tersebut akan membuat ibu hamil terhindar dari stres yang akan mengakibatkan sulit tidur di malam hari.

3. Batasi Konsumsi Kafein

Cara agar ibu hamil cepat tidur selanjutnya adalah dengan membatasi konsumsi kafein, seperti yang diketahui kafein akan membuat diri semakin terjaga saja. Jadi ada baiknya batasi hal tersebut, namun ingat kafein bukan hanya ada di kopi saja. Namun juga ada pada teh, coklat dan makanan serta minuman lainnya. Untuk itu lebih selektif melihat apa yang dikonsumsi saat sedang hamil.

4. Membiarkan Diri Terpapar Sinar Matahari

Tidak hanya bayi saja yang memerlukan sinar matahari bagi tubuh namun juga ibu hamil, semua itu karena paparan sinar matahari akan menyeimbangkan tubuh. Sehingga akan membuat saat malam tubuh menjadi lebih mudah untuk tertidur. Ada baiknya lakukan joging di bawah jam 10 pagi. Selain itu bisa juga bertemu teman di luar ruangan untuk sekedar mengobrol. Buatlah tubuh sesantai mungkin hingga terhindar dari stres

5. Porsi Makan Dan Minum Harus Diperhatikan

Saat sedang hamil memang berbagai hal sangatlah rentan dan harus lebih diperhatikan untuk itu ada baiknya perhatikan porsi makan dan minum. Saat sedang hamil biasanya rasa ingin makan dan minum sebelum tidur cukuplah tinggi. Namun ada baiknya hal tersebut dihindari karena akan membuat ibu hamil semakin terjaga saja saat malam. Selain itu banyak minum juga akan membuat ibu hamil terbangun saat tidur karena ingin buang air kecil.

Namun ingat ibu hamil tidak boleh kekurangan asupan makanan dan minuman karena tidak baik untuk ibu dan juga janin. Sehingga perhatikan dengan baik porsi makan dan minum yang pas bagi tubuh. Ada baiknya hindari minuman alkohol dan juga soda.

Selain mengetahui penyebab dan cara agar ibu hamil cepat tidur, kamu bisa membaca artikel terkait apa saja yang bisa dilakukan  bumil agar tidak stres untuk tambahan informasi seperti artikel pada link berikut


Itulah beberapa hal penyebab dan cara agar ibu hamil cepat tidur yang dapat dilakukan. Saat hamil memang berbagai hal menjadi lebih sensitif sehingga tentunya membutuhkan kesabaran dan perhatian yang ekstra.


You May Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.