Ngeblog via Hp Jadi Lebih Mudah dengan Tampilan Baru Blogger yang Mobile Friendly

by - Friday, January 10, 2020

tampilan baru blogger, mobile friendly, mudahnya ngblog via hp

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Sering dengar alasan beberapa blogger yang stuck ngeblog karena laptop rusak. Padahal kalau laptop rusak kan masih ada hp. Kenapa nggak ngeblog via hp saja? Seharusnya alasan laptop rusak bukan menjadi penghalang seorang blogger untuk hiatus dari aktivitasnya di dunia blog. Apalagi kalau kita sudah punya komitmen bakal aktif meski hanya dengan satu postingan dalam sebulan.

Tak ada rotan pakai akar pun jadi. Tak ada laptop, ngeblog dengan hp pun bisa. Iya nggak? Eh tapi kalau hp saya yang rusak, nggak tahu ding! Apa saya masih bisa lancar ngeblog via laptop atau nggak?hehe


Yup, saya sudah terbiasa ngeblog via hp, jadi rada kesulitan kalau menggunakan laptop. Berarti nggak bisa disalahin dong bila ada blogger yang stuck ngeblog karena laptop rusak. Mungkin mereka pun mengalami kesulitan yang sama saat menggunakan hp.

Intinya, kembali ke masalah kebiasaan saja sih. Sulit ngeblog dengan gadget yang tidak biasa kita gunakan bukan berarti tidak bisa, kan? Ala bisa karena terbiasa. Sebenarnya, sebelum terbiasa ngeblog dengan hp, saya juga dulunya menggunakan laptop kok.

Cuma kalau sekarang mah, saya merasa lebih enjoy ngeblog via hp. Lebih praktis saja untuk emak-emak rempong kayak saya yang mana sempat buka laptop sementara anak-anak belum tidur. Yang ada malah urusan ngeblog nggak bakal kelar-kelar. Kalau mau tungguin anak-anak tidur juga kelamaan. Yang ada malah saya yang ikut ketiduran. Mata susah diajak kompromi kalau malam, makanya tipikal emak blogger kayak saya memang lebih cocok ngeblognya pake hp.

Senangnya, kini ngeblog via hp jadi lebih mudah dengan tampilan fitur terbaru dari blogger yang mobile friendly. Oh tentu, sebagai blogger yang boleh dibilang hampir 100% ngeblog mengandalkan mobile phone, saya sangat terbantu dengan adanya perubahan pada dashboard blogger. Bahkan sejak munculnya fitur baru tersebut, mau ganti atau edit template blog lewat hp pun sudah bisa lho. Keren ya?


Google Luncurkan Tampilan Baru Blogger versi Mobile

Mungkin masih banyak pengguna platform blogger atau blogspot yang belum tahu, sejak pertengahan Oktober 2019 lalu Google telah merilis tampilan baru pada dashboard blogger  untuk perangkat seluler yang tentunya lebih mobile friendly. 

Selama ini kalau kita perhatikan, tampilan dashboard blogger memang monoton eh maksud saya terkesan itu-itu saja dan tidak responsive terhadap smartphone. Tampilannya pada versi mobile tidak berbeda dengan versi dekstop. Alhasil, ketika dashboard blogger dibuka lewat mobile browser, penggunanya bakal kesulitan  mengakses karena harus main zoom in, zoom out.

Beda kalau tampilan Blogger sudah mobile friendly, pastinya bakal responsive juga (ukuran dashboard menyesuaikan dengan layar gadget yang kita gunakan). Nah, inilah pembaharuan yang dilakukan Google pada tampilan Blogger untuk perangkat seluler. Akhirnya Google peka juga, pengguna platform miliknya ini sudah banyak diakses oleh mereka yang lebih suka menggunakan mobile phone ketimbang desktop.

Yup, blogger yang ngeblog via hp sekarang juga sudah banyak kok. Bukan cuma saya saja, dan barangkali dengan adanya perubahan tampilan blogger yang mobile friendly, peminat blogger yang mau ngeblog via hp pun makin banyak, mungkin saja kan, hehe.

Bagaimana tampilan baru blogger?

Untuk mengetahui jelas bagaimana tampilan baru blogger, kamu silakan buka dashboard lewat mobile browser. Saya biasa bukanya lewat chrome.  Setelah laman dashboard terbuka lihat pojok kiri bawah, di sana pasti ada tulisan "Coba Blogger Baru". 

Fyi, tulisan tersebut hanya muncul pada dashboard  blogger yang masih menggunakan tampilan versi klasik. Kalau kamu belum pernah coba, silakan langsung klik tulisan tersebut maka akan muncul pop up berikut.

Yuk, cobain tampilan Blogger baru
Seperti keterangan yang tertera pada pop up di atas, perubahan pada tampilan baru blogger ini dikenalkan secara bertahap, semacam uji coba. Untuk tampilan barunya secara utuh bisa kamu nikmati beberapa bulan ke depan atau mungkin tidak lama lagi.

Pasalnya, saat pertama kali mencoba tampilan baru blogger akhir Oktober lalu, tampilan fiturnya yang berubah baru pada menu Statistik, Komentar dan Tema.

Sekarang, perubahannya sudah sekira 80%, tinggal dua menu saja yang masih menggunakan tampilan blogger versi lama. Eh tapi kalau kamu baru mencoba tampilan ini mungkin baru tiga menu di atas yang ketika di-klik mengalami perubahan ke versi mobile friendly.  

Kenapa saya bisa beranggapan demikian? Karena saya ingat, tampilan dashboard blogger suami masih versi lama. Sempat heran juga, kok tampilan blogger saya sudah beralih ke versi baru, dia nggak. Pas saya cek, ternyata belum dialihkan ke versi uji coba tampilan blogger yang baru. Itu pun setelah saya alihkan baru menu Statistik, Komentar dan Tema yang berubah tampilannya, menu yang lain masih versi lama. Tapi entahlah, kalau di dashboard blogger lain gimana? Silakan kamu coba sendiri.

Fitur apa saja sih yang sudah berubah pada dashboard blogger?

Setidaknya ada 8 menu termasuk pop up berisi komponen menu pada dashboard blogger yang sudah saya nikmati tampilan terbarunya ala mobile version. 

Tampilan komponen menu pada
dashboard blogger ala mobile version
Dari gambar di atas, kita bisa lihat ada 10 menu yang terdapat pada dashboard blogger, yaitu Postingan, Statistik, Komentar, Penghasilan, Halaman, Tata Letak, Tema, Setelan, Daftar Bacaan dan Bantuan & Masukan.

Tadi saya sudah singgung, ada dua menu yang tampilannya belum berubah. Kira-kira menu -menu mana nih yang masih menggunakan versi klasik? Hayoo ada yang bisa tebak?

Jadi yang masih menggunakan versi klasik alias belum mobile friendly tampilannya adalah menu Penghasilan dan Setelan. Oya hampir lupa, fitur untuk menulis postingan baru juga masih menggunakan versi lama, belum responsive. Menu yang lain tampilannya sudah oke.

Sekarang, kita intip yuk menu-menu yang tampilannya telah berubah ke mobile verssion.

Postingan

Saya baru mendapati tampilan Menu Postingan berubah ke versi mobile di penghujung tahun kemarin, setelah sebulan lebih mencoba tampilan blogger baru. 

Menu Postingan dengan Mode Deskripsi
Dibanding versi klasik, tampilan versi terbarunya ini jelas lebih keren karena dilengkapi dengan thumbnail, selain itu ada tombol share-nya juga yang ketika di-klik bisa langsung terhubung dengan berbagai aplikasi media sosial yang ada di smartphone. Yah, meski mungkin kamu akan sedikit kebingungan dengan perubahan yang ada pada menu postingan.

Menu Postingan dengan Menu Daftar
Tapi tak masalah, untuk bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut, kamu bisa mulai dengan meng-klik icon-icon yang ada pada menu ini sehingga kamu bisa langsung mengetahui fungsinya. 

Seperti  icon persegi kecil di atas, yang jika kamu klik akan mengubah mode dari menu postingan. Ada dua mode postingan pada versi terbaru, sebut saja mode deskripsi dan mode daftar. Tampilannya seperti gambar di atas. 

Jadi kalau kamu ingin lihat postingan dengan mode daftar atau ingin mengembalikan ke mode deskripsi kamu tinggal klik icon persegi tersebut.

Di sebelah icon persegi ada segi lima kecil. Itu adalah icon label, ketika di klik akan muncul pop up berisi daftar label yang sering kamu gunakan.

Tampilan daftar laber pada Kamar Kenangan ini
Kamu bisa mencari postingan dengan memberi centang pada label yang kamu inginkan lalu pilih terapkan. Maka semua postingan berdasarkan label yang kamu pilih akan muncul.

Atau kamu ingin mencari postingan berdasarkan blogpost yang baru kamu buat, atau yang paling lama dibuat, atau yang baru kamu perbaharui. Nah, itu fungsi icon yang ada di samping kanan icon label. 

Urutan penelusuran postingan
Ketika kamu klik icon tiga garis kecil tersebut akan muncul pop up seperti di atas, yang tentu saja memudahkan kita menelusuri postingan dengan beragam pilihan yang ditawarkan. Bahkan kamu juga bisa mencari postingan tertentu hanya dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian. Keren ya?

Sayangnya tampilan pada menu ini belum sepenuhnya mobile friendly. Coba kamu perhatikan gambar tampilan menu postingan baik pada mode deskripsi maupun daftar, ada icon tanda tambah dalam lingkaran orange. Itu merupakan icon untuk membuat postingan baru. Namun ketika di-klik tampilannya masih seperti versi klasik.

Statistik

Saya sudah menikmati Menu Statistik dengan versi mobile sejak mencoba tampilan baru blogger. Tampilan barunya ini jelas lebih dinamis dibanding versi klasik. 

Ada berbagai data yang disajikan dengan tampilan menarik pada versi terbaru ini, mulai dari data jumlah pengikut blog, jumlah postingan secara keseluruhan hingga jumlah page views postingan yang populer dan masih banyak lagi. Saya hanya menunjukkan dua tampilan seperti gammbar di bawah ini, selebihnya kamu bisa explore sendiri.

Data Statistik "Kamar Kenangan" ini secara keseluruhan.
Gambar di atas adalah salah satu tampilan dari menu statistik yang menunjukkan data blog ini dari awal berdirinya hingga sekarang. Untuk mengetahui lebih detail data terkait demografi, URL dengan perunjuk teratas, audiense, dan lain sebagainya bisa dilihat dengan meng-klik tulisan LEBIH LANJUT TENTANG BLOG INI.

Postingan paling populer yang ada di Kamar Kenangan ini
Pada menu statistik versi terbaru, kita juga bisa melihat data postingan populer yang bisa di-setting waktunya. Tergantung, kita ingin melihat data postingan populer dalam sepekan, sebulan, setahun atau secara keseluruhan. 

Komentar

Selanjutnya mari kita lihat perubahan pada Menu Komentar. Tampilannya juga tak kalah menarik, kan?

Tampilan komentar di Kamar Kenangan yang sudah dipublikasikan
Gambar di atas merupakan tampilan komentar yang sudah publish di blog sayaBagaimana untuk melihat komentar moderasi atau yang masuk kandang spam? Gampang! Kamu tinggal klik saja icon tanda panah ke bawah seperti yang ada pada gambar. Nanti akan ada pilihannya di situ. 

Oya jangan heran kalau kamu mendapati beberapa komentar dengan akun anonim (tidak diketahui) seperti komentar pertama pada gambar di atas. Itu salah satu kekurangan yang ada pada menu dengan versi terbaru ini, tapi kalau kita lihat komentar tersebut langsung di halaman blogspot, bukan anonim yang muncul melainkan nama dari akun yang berkomentar.

Halaman

 Menu Halaman dengan Mode Daftar
Saya sebenarnya jarang sekali membuka menu halaman. Memanfaatkan menu ini pun hanya pada saat saya membuat halaman berupa About Me, Disclosure dan Sitemap awal tahun lalu. Menu halaman sendiri fungsinya mirip dengan menu postingan, sama-sama untuk membuat postingan, hanya saja postingan yang ada pada menu ini dikhususkan untuk tampilan menu blog. Makanya untuk tampilan baru menu halaman tidak jauh berbeda dengan tampilan pada menu postingan.

Tata Letak

Tampilan menu selanjutnya yang baru mengalami perubahan adalah Menu Tata Letak. Well, saya merasa bersyukur dengan adanya perubahan ini. Pasalnya, saat masih menggunakan versi klasik, saya tidak bisa melakukan edit gadget yang sudah terpasang di Kamar Kenangan ini lewat chrome padahal lewat browser lain bisa. Aneh ya?

Sekarang, saya tidak membutuhkan browser lain lagi ketika hendak berurusan dengan menu tata letak. Fitur terbaru dari blogger ini sudah bisa memfasilitasi saya melakukan pengeditan gadget lewat chrome.

Tampilan terbaru Menu Tata Letak
Oya, meski tampilan Menu Tata Letak sudah mobile friendly dan lebih responsive, namun untuk melakukan penataan ulang (klik dan tarik) gadget masih belum bisa dilakukan.

Tema

Satu-satunya hal yang tidak bisa saya lakukan saat ngeblog dengan hp adalah melakukan edit html yang ada pada Menu Tema. Eh tapi itu dulu, sebelum Google meluncurkan fitur terbaru untuk Blogger.


Sekarang? Mau edit atau otak atik kode html lewat hp sudah bisa dong. Mau ganti template lewat hp juga bisa banget. Fyi, template yang saya gunakan saat ini juga gantinya lewat hp kok dan caranya ternyata mudah banget. Sudah saya singgung di postingan ini ya.

Cuma satu saja sih kekurangannya, nggak bisa control + F eh masuk saya belum dilengkapi dengan fitur kolom untuk pencarian kode jadi masih agak susah melakukan edit html lewat hp. Tapi setidaknya masih mendinglah tampilan yang sekarang daripada versi lama, yang kalau submenu edit html ini dibuka pasti lag dan macet.

Daftar Bacaan

Saya sering merasa heran dan penasaran dengan blogger (baca : pengguna blogspot) yang tidak memasang gadget ikuti (follow). Alasannya kira-kira apa ya?

Padahal gadget yang satu ini menurut saya penting banget. Kenapa? Karena kalau ada yang mengikuti blog kita otomatis postingan yang kita update akan muncul juga di Menu Daftar Bacaan dashboard blog mereka. Itu artinya ada peluang blogspot yang kita update dibaca oleh mereka.

Tampilan baru Menu Daftar Bacaan,
lebih keren dan minimalis
Jujur saja,  saya paling suka blogwalking lewat menu ini. Yah, memang sih ada banyak cara untuk melakukan blogwalking, baik itu lewat media sosial maupun ikut list blogwalking. Tapi blogwalking dengan cara mengintip postingan blogger yang saya ikuti blognya adalah favorit saya. Makanya saya tidak sungkan-sungkan follow blog para blogger yang tersedia gadget follow-nya biar daftar bacaan yang muncul di menu ini semakin banyak.

Bantuan & Masukan


Selain Menu Halaman, menu yang paling jarang saya buka adalah Menu Bantuan & Masukan. Padahal menu yang satu ini penting juga ya terutama bagi pemula. Daripada sibuk googling ke sana-kemari mending langsung saja meluncur ke laman ini jika ada pertanyaan terkait blogging

Mungkin saja jawaban yang kamu dapatkan lebih jelas, jika belum baru deh kamu bisa meluncur tanya eyang google untuk mendapatkan lebih banyak referensi.

Nah, karena jarang buka menu ini saya tidak terlalu memperhatikan tampilan versi lamanya. Kalau tampilannya sekarang, seperti yang kamu lihat pada gambar, mobile friendly.

Demikian beberapa perubahan yang dapat kamu nikmati pada tampilan baru blogger jika mengaksesnya lewat smartphone. Tampilannya lebih keren, kan? Pastinya juga karena sudah menyesuaikan dengan versi mobile jadi sangat memudahkan dan membantu kamu yang terbiasa ngeblog dengan hp. 

Mengenai perubahan tampilan secara keseluruhannya sih belum ada informasi waktu yang pasti. Entah satu atau dua bulan lagi. Kita tunggu saja tanggal mainnya, hehe. Yang jelas perubahan tampilan blogger sejauh ini sudah cukup memuaskan buat saya. Bagaimana menurutmu? Silakan share opinimu di kolom komentar ya.

Salam,

You May Also Like

50 comments

  1. Aku juga ngeblog pake hp mbak, Krn kadang inspirasi dateng secara tiba2 jd enak tgl buka Chrome, masuk ke blog tgl ketik. Dan aku juga sudah pakai
    versi mobile, tapi masih bingung pilih template yg bagus yg mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, lebih praktis memang ngeblog pake hp ya Mbak. Ada banyak sekali template yang bagus Mbak, coba kepoin situs penyedia jasa template. Bisa di cari di sana.

      Delete
  2. Lengkap banget infonya...makasih banyak ya mba...😊

    ReplyDelete
  3. Seanngnya kalau bisa ngeblog via HP. Saya menyerah karena typo terus hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kak, memang ada plus minusnya kalau ngeblog via hp. Salah satu minusnya ya itu. Suka typo.

      Delete
  4. Zaman skrg mmg kebanyakan org ngeblog pake HP, lebih praktis ya mb.

    ReplyDelete
  5. aku gak kuat matanya kalau negblog lewat hp

    ReplyDelete
  6. Aku udah ngrasain yang fitur ganti template nya lebih gampang mba. Trus statistiknya emang jadi mirip google analitic gitu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sama banget. Mataku juga ndak kuat kalau pakai hp

      Delete
  7. Aku malah agak kikuk pake blogger baru, Mbak. Blogger baru kayaknya lebih compactible jika pake theme dari bloggernya sendiri, agak susah kalau pakai theme hasil kita beli :D

    ReplyDelete
  8. Ku masih kagok lah kalau ngeblog via hp. Pengen banget sebenernya, karena, yah.. sama lah alasannya dengan Mbak, haha..
    Coba ku telatenin lagi pake tampilan mobile-friendly ini. Will I work better or not.

    ReplyDelete
  9. Saya juga senang ngeblog pakai HP mba. Dulu waktu laptop saya rusak, HP lah penyelamatnya. Bahkan, nulis lomba di HP juga dan menang lomba blog. Alhamdulillah, sekarang sudah ada laptop baru, jadi saya bisa gunain dua2anya. Kalau bosan nulis di laptop, ya di HP karena lebih praktis dan mudah bawanya.

    ReplyDelete
  10. Saya kira cuma versi webnya saja yang berubah, ternyata tujuannya ini toh. Pantas terkesan lebih simple sekarang. Saya jujur belum pernah melihat tampilan mobilenya sejak google mengupdate tampilan blog. Bagus juga nih inovasinya

    ReplyDelete
  11. Ini pakai aplikasi blogger kah mba? Aku belum pernah sama sekali ngeblog pakai hape karena daridulu liatnya layar laptop. Tapi tampilannya lucu juga yah, minimalis :D

    ReplyDelete
  12. Wah beneran jadi lebih cakep nih tampilan barunya. Beberapa fiturnya memang terasa lebih mobile friendly ya. Awa-awal mungkin kagok. Lama-ama bakalan biasa dan nyaman

    ReplyDelete
  13. Wahh bener juga si, sempet juga pake kalo pas di kereta atau di perjalanan

    ReplyDelete
  14. Saya itu tiap hari buka blog, Mbak Siska, dan sekali melihat "Coba Tampilan Blog Baru". Pernah saya klik, tapi tidak saya lanjutkan hahaha.
    Ternyata semakin memudahkan kita ngeblog ya, Mbak. jadi tidak tergantung harus duduk manis depan laptop dulu. Saya juga pernah unduh blogger di playstore, tapi saya hapus.
    Keren nih, blogspot. Jadi semakin semangat ngeblog, karena semakin mudah dan menyenangkan

    ReplyDelete
  15. Udah lama ga ngeblog dari hape. Awal awal android muncul duluuu,sempet ngeblog dari hp. Sekarang sering dari laptop

    ReplyDelete
  16. Sebelumnya ga nyaman banget ngeblog pake hp, soalnya versi mobile ga enak. Kayak... ga puas gitu. Makanya aku selalu ribet harus buka laptop dulu kalo mau ngeblog. Tapi sekarang udah makin banyak pembaruan, jadi makin mudah aja ya kak.

    ReplyDelete
  17. wah baru ngeh. kemarin pas buka via hp emang ada notif itu, tapi saya skip. saya pikir, "ah ntar ribet". ternyata kalau dipakai oke juga sih. apalagi dari statistik jd kelihatan banget grafiknya

    ReplyDelete
  18. Saya masih jarang nge blog pakai hape, lebih leluasa pakai laptop. Tapi kalau ada tulisan deadline sementara kita dalam perjalanan yang pakai hape nge blog nya. Kalau ada aplikasi kayak gini mau dong lebih sering nge blog pakai hape, bisa sambil tiduran hahaha

    ReplyDelete
  19. kadang bikin kaget sih buat pemakai blog lawas. Loh kok jadi gini :)
    Diganti bentuk per thumbnail macam puzzle yang bisa ditarik-tarik emang asik.

    ReplyDelete
  20. Aku biasanya kalo lagi ada ide dan dak buka laptop, langsung eksekusi dari hape. Tapi aku pake nya yang aplikasi blogger itu.

    ReplyDelete
  21. Saya jarang ngeblog pakai HP, palingan ngintipin komen doang hahah.
    bahkan IW/BW saya pakai laptop, biar lebih cepat sih.
    Kalau pakai HP nulisnya typo mulu, maklum jari saya terlalu menguasai layar hahaha

    Tapi tampilan barunya memang kece ya, memudahkan banget tuh.
    Cuman butuh penyesuaian lagi sih, karena biasanya udah familier ama yang lama :)

    ReplyDelete
  22. Aku juga ngeblog pakai HP lebih praktis klo ide muncul cus langsung tulis jadi draf deh, aku mo coba nih tampilan baru semoga cocok

    ReplyDelete
  23. aku juga kemarin baru ngeklik tampilan baru ini mbak
    memang kelihatan lebih enak dipandang mata dan lebih memudahkan penggunaanya di handphone

    ReplyDelete
  24. Udah nggak ada lagi alasan males nulis karena malas buka pc atau laptop. Sebab kini ngeblog bisa lewat HP. Keren banget, thanks infonya mbak.

    ReplyDelete
  25. Wah, aku baru tahu kalau jadi memudahkan ya. Aku malah kurang nyaman dan kukembalikan ke classic editor hehe. Keren ih berani ganti template pakai HP, aku tetap masih nyaman di laptop kalau urusan utak-atik templat.

    ReplyDelete
  26. Saya sangat mengapresiasi teman teman blogger yang menulis postingannya via smartphone. Tanguh banget. Kalau saya, apa apa masih larinya ke laptop. Kecuali blogwalking, baru deh pakai smartphone.

    Tampilannya asik, tapi mungkin karena kebiasaan pake laptop, jadinya walaupun sesekali pakai mobile karena butuh, tetap kagok aja rasanya.

    ReplyDelete
  27. Aku pun lebih sering ngeblog pake hp
    Lebih fleksibel buat aku. Yg kadang ngeblognya saat anak2 lagi tidur. Hehe

    ReplyDelete
  28. Wah pas banget nemu tulisan ini, sangat bermanfaat. Kebetulan saya baru aja bikin blog dengan platform blogger.

    ReplyDelete
  29. Aku udh beberap kali ngeblog pake hp, user friendly bgt deh pokoknya

    ReplyDelete
  30. Wah kerenn...
    Mau coba ah, Penting banget nih bisa nulis pakai smart phone

    ReplyDelete
  31. Sebenarnya dari dulu Blogger punya applikasi mobilenya tapi ga se-TOP sekarang. Bahkan ga ada pengaturan paragraphnya kalau aku ga salah. Dulu WP aku yang ngeblog lewat HP.

    Kalau lihat dr review ini sih, ngebloh dari HP beneran ga masalah karena beneran user friendly. Tab-tabnya gampang dicari.

    ReplyDelete
  32. Sejak 2008 saya ngeblog menggunakan hape lho. Penerbit leutika Prio memberikan julukan ke saya si penulis jempol. Karena saat itu saya ngeblog pakai Nokia N73 yang keypad dan trackball nya bikin tangan saya keras, kapalan. Hehehe... Sampai sekarang Alhamdulillah ada hape layar sentuh. Jari gak kasar kasar amat hehehe

    ReplyDelete
  33. Kabar baik untuk teman-teman blogger terutama pengguna blogspot ya, Mbak. Aku sendiri bukan salah satu penggunanya. Tapi meskipun bisa mobile friendly, aku akan tetap memilih menulis menggunakan laptop. Menulis di hp memang kelihatannya praktis, tapi nggak buatku. Menulis untuk blogpost sudah pasti panjang ya, dan aku selalu limbung kalau menulis panjang di laptop, hihihi ... Di mana pun media menulisnya, intinya harus tetap produktif ya, Mbak ...

    ReplyDelete
  34. Iya mba aku udah coba tampilan blogger yang baru. Memang lebih mobile friendly yaa, semoga bisa bikin pembaca betah berlama-lama baca blog kita.

    ReplyDelete
  35. setelah lama gak pake blogspot, baru ngeh kalo beberapa fitur yang dulu ada sekarang gak ada, seperti recent comment dulu tinggal pasang, sekarang harus otak-atik sendiri di html template. Tapi so far memang lebih cakep sekarang sih ya, makin terkesan modern dan kekinian.

    ReplyDelete
  36. Wah aku udah lama gak buka-buka blogspot. Tampilannya jadi kece banget. Jadi lebih gampang juga nulis via ponsel

    ReplyDelete
  37. Waaah udah seru ya mba, sekarang lebih mobile friendly. Walaupun tidak pake blogspot, tapi informatif nih coretannya.

    ReplyDelete
  38. Saya juga sudah menggunakan fitur ini mbak, rasanya lebih simple dan nyaman diliat.. tp bentuk post saya kok ga thumbnail ya? Apa pengaruh template juga?

    ReplyDelete
  39. Saya pernah klik coba blogger baru, lihat-lihat sebentar, keknya karena belum terbiasa jadi keder sendiri. Akhirnya balik lagi ke blogger klasik.
    Sementara ini masih nyaman dengan yang lama. Entah besok. Eh

    ReplyDelete
  40. Samaan kita mba, aku ada satu blog yang kuupdate dengan ini jadi enak di henpon, serua aja dan suasana baru. Tapi belum pernah mencoba nulis di henpon dengan penampilan yang baru ini

    ReplyDelete
  41. Wah makiin dimudahkan ya untuk ngeblog dari HP. Kalau UI nya cakep kaya gini, pengennya dikit dikit nulis terus ngedraft di app yaa. Asal ga lupa di publish aja biar fix jadi blog post hehe.

    ReplyDelete
  42. Saya sering posting via mobile mbak. Dulu sudah ada juga yang versi mobilenya dari blogger, lebih simple ya.
    Mungkin yang baru diluncurkan ini versi terbarunya yang lebih ciamik yaa.

    ReplyDelete
  43. Iyaaaa aku juga udah nyobain yang baru. Makin uhuy yaaa buat dibaca. Sayangnya aku masih belum puas klo submit post dr hape. Font nya gak seragam euy. Jadi deh mesti balik ke laptop klo mo submit post. Maklum perfeksionis hehehe

    ReplyDelete
  44. Ngeblog pakai HP itu lebih cepet dan ide lebih cepat tertuang juga. Wah, boleh juga nih saya hijrah ke versi blogger yang terbaru. Dari kemarin mau cobain itu ragu-ragu. Takut berantakan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  45. Aku udah bias ngetik menggunakan laptop. Sekarang laptop aku rusak. Jadi agak susah ngetik di hp. Ya karena kebiasaan tadi seperti yang mbak bilang. Dan keadaan pula yang memaksa aku harus ngetik makai hp. Karena ngeblog juga udah jadi kebutuhan. Hehe . Btw, tampilan baru blogger ini juga muncul di blog aku. Mau coba juga ah. . Siapa tau aku nyaman kan. Hehe

    ReplyDelete
  46. Aku udah bias ngetik menggunakan laptop. Sekarang laptop aku rusak. Jadi agak susah ngetik di hp. Ya karena kebiasaan tadi seperti yang mbak bilang. Dan keadaan pula yang memaksa aku harus ngetik makai hp. Karena ngeblog juga udah jadi kebutuhan. Hehe . Btw, tampilan baru blogger ini juga muncul di blog aku. Mau coba juga ah. . Siapa tau aku nyaman kan. Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.