Ngeblog dengan Hp, Yay or Nay?

By Siska Dwyta - Monday, September 09, 2019



Bismillaahirrahmaanirrahiim

Ngeblog dengan Hp, Yay or Nay? Aktivitas ngeblog tentunya tidak lepas dari gadget baik itu berupa laptop maupun hp. Nah, ngomong-ngomong soal gadget, umumnya para blogger lebih doyan ngeblog menggunakan laptop ketimbang hp. Salah satu alasannya tentu saja karena ngeblog dengan laptop dirasa lebih mudah.

Namun tidak sedikit pula blogger yang yang lebih memilih ngeblog dengan hp. Contohnya kayak saya dong, hehe nunjuk diri sendiri. Yap, selama ini, tepatnya semenjak kembali aktif sebagai blogger sejak 2017 silam, saya memang ngeblognya hanya dengan mengandalkan hp. Bahkan selama kurun waktu tersebut saya nyaris tidak pernah membuka blog via laptop kecuali dalam keadaan yang benar-benar sangat mendesak dan terpaksa.

Baca juga Lama Hiatus, Ini Alasan Saya Kembali Ngeblog

Alasan Ngeblog dengan Hp


gambar : unplash

Lho kok kamu malah lebih memilih ngeblog dengan hp sih? Apa nggak riweh? Apa kamu nggak kesulitan gitu nulis di gadget dengan layar dan tombol huruf yang kecil?

Tentu saja tidak. Sebaliknya, saya malah merasa sangat kesulitan menulis via laptop. Entah kenapa kalau menulis blog post di laptop, jari jemari saya tidak bisa menari selincah saat saya menarikan jemari di atas keypad hp.

Otak saya pun seakan lambat loading. Kadang-kadang saya bahkan seperti orang linglung, karena terlalu lama menatap layar sembari berpikir keras. Bingung menentukan kalimat apa lagi yang harus saya torehkan selanjutnya. Setidakbiasa itu saya ngeblog menggunakan laptop.

Beda halnya bila saya menulis blog post via hp. Seolah melewati jalan tol, lancar jaya tanpa hambatan. Meski tidak bisa dibilang juga kalau saya lihai menulis cepat, but least ngeblog dengan hp nggak bikin saya jadi kayak orang linglung karena kelamaan berpikir, hehe.

Nah, kalau ditanya kenapa saya lebih memilih ngeblog dengan hp, tepatnya alasan saya cuma satu. TERBIASA. Karena terbiasa itulah makanya saya cuma nyaman ngeblog dengan hp. Kalau dengan laptop, saya beneran nggak betah.

Padahal dulu, waktu awal-awal kenal dunia blog, mana kepikiran saya mau ngeblog dengan hp. Yup, gini-gini saya juga pernah ngeblog dengan laptop kok. Tapi itu dulu yee, zaman saya masih kuliah, masih lajang, masih belum punya anak. Mulai ngeblog dengan hp pun baru setelah saya lulus kuliah dan pulang kampung ke Serui, Kepulauan Yapen.


Waktu itu alasan saya terpaksa ngeblog dengan hp bukan karena di kampung kelahiran nggak ada laptop, jaringannya yang nggak ada aka sussaaahnya minta ampun, hehe. Makanya saya jadi malas ngeblog. Malas juga buka laptop. Tapi tetap berusaha buat ngeblog dengan hp sekalipun cuma posting tulisan sekali sebulan atau sekali dalam dua sampai tiga bulan, sekali dalam setahun pun pernah, ckckck.

Tak heran kalau saya sampai terbiasa ngeblog dengan gadget berlayar kecil karena semenjak balik ke Serui (awal tahun 2015) saya memang nggak pernah lagi ngeblog dengan laptop. Baru kembali bukan blog di laptop kurang lebih dua tahun kemudian. Itupun cuma untuk mengubah tampilan blog. Bahkan saat mengganti url blog ini yang sebelumnya masih gratisan ke TLD pun saya lebih memilih melakukannya dengan hp ketimbang laptop dan untungnya bisa, hehe.

Baca juga 5+1 Alasan Beralih dengan Blog TLD

Plus Minus Ngeblog dengan Hp


gambar : unplash

Sebelum lanjut, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai aktivitas ngeblog yang saya maksud. Ya, mungkin saja ada pembaca Kamar Kenangan ini yang masih awam dan mengira aktivitas ngeblog itu hanya sebatas posting tulisan di blog, padahal tidak demikian.

Aktivitas ngeblog ada banyak ya, guys. Jadi blogger itu kerjaannya bukan cuma menulis di blog doang. Apalagi bagi blogger yang menjadikan blog bukan semata-mata menyalurkan hobi melainkan juga sebagai job yang dapat mendulang rupiah. Tentu dia harus lebih ekstra mengurus blognya. Menulis postingan di blog pun nggak asal-asalan.

Berkutat dengan edit template, mencari atau mengedit gambar yang bagus, membuat infografis, blogwalking atau berkunjung ke blog tetangga, mempromosikan blog post di media sosial, memperhatikan SEO, meriset keyword, memastikan blog post yang dibuatnya terindeks google, mengecek traffic blog secara berkala di google analytics, dsb. Itu semua termasuk aktivitas yang digeluti para blogger ketika ngeblog.

Pertanyaan yang muncul kemudian, apakah saya melakukan semua aktivitas blogging tersebut dengan hp?

Jawaban saya iya, kecuali untuk edit html karena memang agak berat dibuka lewat hp. Oya, terkait SEO, saya baru belajar sih. Toh, misal saya sudah paham teori SEO pun, untuk praktik bisa tetap dengan hp, kan?

Setidaknya bagi saya ngeblog dengan hp itu asyik. Namun seperti halnya ngeblog via laptop, ngeblog dengan gadget yang satu ini pun tidak lepas dari plus minus.

Kelebihan Ngeblog dengan Hp


Praktis
Semua orang pastinya setuju, hp merupakan alat canggih yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Mengaktifkan layar hp pun hanya sekejap mata, tidak perlu menunggu beberapa saat. Kita juga nggak butuh tempat khusus untuk membuka hp. Mau di rumah, di tempat umum, atau di mana saja. Jadi kalau menurut saya, aktivitas ngeblog akan lebih lancar dengan hp karena memang sangat praktis.

Mudah
Bagi yang terbiasa ngeblog via laptop, tentu akan menganggap aktivitas ngeblog dengan hp itu susah. Nah, Itu juga yang saya alami, kesusahan setiap kali ingin ngeblog menggunakan laptop. Alasannya ya karena selama ini saya sudah terbiasa ngeblog pake hp.

Setidaknya selama ini saya nyaris nggak pernah mengalami kesusahan saat ngeblog via hp, baik itu untuk update blog post, blogwalking dan meninggalkan jejak komentar di sana, promosi postingan blog di medsos, bersih-bersih brokenlinks, dll.

Yah kecuali untuk beberapa hal, seperti edit kode html atau berkomentar di blog yang ternyata nggak bisa dikomentari lewat hp tapi ini jarang terjadi ya. Rata-rata blog post yang saya kunjungi, aman-aman saja untuk dikomentari dengan hp namun ada satu dua blog yang sepertinya bermasalah sehingga komentar saya baru bisa terkirim saat saya membukannya lewat laptop.

Bebas
Pada dasarnya kalau kita ngeblog dengan hp nggak ada batasannya. Bebas, mau ngeblog dimanapun dan kapanpun bisa saja. Toh, zaman sekarang hp sudah termasuk benda wajib yang hampir selalu ada dalam genggaman kita. Jadi dengan menggunakan hp, kita bebas ngeblog suka-suka tanpa menemui banyak hambatan, seperti terhambat masalah waktu maupun tempat yang tidak memungkinkan untuk ngeblog.

Kekurangan Ngeblog dengan Hp


Susah Fokus
Sebenarnya bukan cuma lewat hp doang yang bikin kita susah fokus ngeblog, lewat laptop pun demikian. Namun tergantung masing-masing individu juga sih. Jujur saja, selama ngeblog dengan hp saya sering nggak fokus.

Ya gimana mau fokus coba, sementara ngeblog, tapi masih sempat pula baca-baca pesan di WAG, asyik main instagram dan lihat-lihat status yang muncul di beranda FB, ckckck. Alhasil, untuk memosting 1 tulisan saja, lama kelarnya. Kewajiban blogwalking pun biasa baru bisa tuntas menjelang deadline, semangat ikut ODOP tapi selalu telat posting. Hah dasar!

Susah Edit HTML
Kalau ada yang tahu cara edit kode-kode html lewat hp, please kasih tahu dong. Jadi kalau sudah berurusan dengan edit html, saya rasanya malas banget. Karena itu berarti saya harus buka blog lewat laptop. Kalau dibuka lewat hp, susah dan berat. Syukurnya saya jarang berurusan dengan edit html.

Paling saya baru berurusan lagi dengan kode-kode yang satu ini kalau mau ganti template. Sudah ada rencana sih mau ganti tema blog, pengen pake template yang berbayar saja tapi menurut info yang saya dapat, kalau ganti template itu bisa bikin traffic kita anjlok parah. Jadinya sampai sekarang saya masih mikir-mikir deh, belum berani eksekusi.

Kurang Profesional
Karena ngeblog dengan hp otomatis saya sering berkutat dengan benda pintar ini. Tapi gara-gara terlalu sering pegang hp, saya jadi sering ditegur pula sama suami. Dikiranya saya cuma main hp doang, padahal saya kan lagi ngeblog, lagi tuntaskan kewajiban saya buat blogwalking.

Begitulah salah satu minusnya  kalau kita ngeblog dengan hp, dianggap kurang atau bahkan tidak profesional. Padahal kan zaman sekarang orang yang cari uang lewat hp juga banyak, kan? Tuh, coba liat ibu-ibu bekerja di rumah sambil jualan online. Kerjaannya juga pasti nggak lepas dari hp. Jadi bukan berarti orang yang pegang hp itu kerjannya cuma main medsos atau game online saja. Ngeblog even menggunakan hp juga termasuk aktivitas yang bisa menghasilkan uang lho.

Cara Mudah Ngeblog dengan Hp


gambar : unplash

Siapa bilang ngeblog dengan hp itu susah? Mudah kok asal terbiasa. Kalau sudah terbiasa pasti kamu juga bakal merasakan nyamannya ngeblog dengan hp seperti yang saya rasakan.

Nah, terkait bagaimana cara ngeblog dengan hp, sebenarnya sama saja dengan cara ngeblog menggunakan laptop. Masuknya juga di situs www.blogger.com. Oya, saya bahas khusus yang menggunakan platform blogger saja ya, karena saya kurang paham dengan wordpress. Atau kalau mau ngeblog menggunakan aplikasi blogger juga boleh.

Sejauh ini saya sudah pernah mencoba tiga aplikasi blogger yang berbeda, itupun saya gunakan hanya untuk menulis dan memposting draft. Selebihnya saya lebih suka menyelesaikan tulisan langsung di situs blogger yang saya buka lewat chrome.

Sekarang, saya malah tidak lagi menggunakan aplikasi blogger dan lebih memilih memposting tulisan langsung di situs blogger dengan aplikasi chrome. Namun tetap dong saya membutuhkan beberapa tools untuk menunjang aktivitas ngeblog saya di hp. Seperti, google dokumen untuk menulis, canva untuk mengedit gambar, lit photo untuk mengecilkan ukuran gambar serta berbagai aplikasi medsos untuk promosi blog

Baca juga Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Ingin Ngeblog dengan Hp

Satu lagi, untuk melancarkan aktivitas ngeblog dengan hp pastikan baterai hp kita full dan ada kuota internet. Ya kali, mana bisa kita ngeblog tanpa kuota, hehe. Kalau saya sih sering terkendala di baterai hp, pasalnya hp yang saya gunakan ini sudah tua, baterainya cepat lemah mana charger-nya sudah rusak. Hiks. Semoga ada rejeki biar bisa ganti hp baru biar ngeblognga makin lancar, hehe.

Kuy, sekian dulu sharing saya tentang ngeblog dengan hp. Kalau kamu juga termasuk tim yay, boleh dong sharing pengalaman ngeblog kamu dengan hp di kolom komentar.

Salam,

@siskadwyta

  • Share:

You Might Also Like

10 comments

  1. Saya pernah nih ngeblog di hape waktu laptop rusak, tapi ya gitu agak rempong karena jari saya gede-gede hahaha.

    Paling suka di laptop deh.
    Di hape cuman buat media sosial :)

    ReplyDelete
  2. Aku pernah menulis blog dari aplikasi ponsel. Sayangnya, aplikasinya kurang nyaman. Enggak bisa unggah foto dan variasi blog dengan macam-macam. Lebih ke nulis saja. Padahal saya tadinya juga pengen bisa nulis blog dari ponsel. Pegel bawa-bawa laptop. Ahahaha. Sayangnya, terkendala di situ, Mbak :D Kalau saya tipenya bisa nulis di ponsel maupun di laptop. Kebiasaan dulu pas masih jadi jurnalis, kalau nulis dan kirim laporan via ponsel soalnya. Makasih ya Mbak, atasp tips nya soal ngeblog di ponsel. :)))

    ReplyDelete
  3. Saya lebih nyaman ngeblog via laptop. Salut ka' sama yang bisa ngeblog via HP. Tapi uniknya Siska merasa kayak jalan tol ya kalo pake HP 😘

    ReplyDelete
  4. Wkwkw, iya kali ya mungkin faktor kebiasaan saja. Saya pertama kali ngeblog juga lewat komputer warnet, terus jadi kebiasaan dan akhirnya ngeblog di laptop sendiri. Sampai sekarang belum pernah ngeblog lewat hape. Hape paling buat nulis ide yang suka tiba-tiba muncul di kepala saja. Untuk nulis panjang buat diposting, selalu di laptop. Lebih enak dan lebih cepat hehe.

    ReplyDelete
  5. Toss! Sesama blogger HP, hehee...
    Karena udah keenakan jempolku menari di atas layar HP, jadinya udah kaku aja kalo semua jari digerakkan di atas keyboard laptop.

    ReplyDelete
  6. Nah ini nih yang saya butuhkan, bagaimana caranya ngeblog di hp. Kesulitan saya tuh masukkan gambar. Perlu kursus singkat ini sama kita.

    ReplyDelete
  7. saya juga ngedraft postingan blog selalu menggunakan hp kak. entah kenapa kalo pake laptop juga suka bingung hahaah. meskipun untuk publishnua tetap menggunakan laptop

    ReplyDelete
  8. Saya termasuk salah satu orang yang sulit ngeblog pakai Hp. Gk tau kenapa, merasa ribet aja gitu.

    ReplyDelete
  9. saya juga lebih sering ngedraft blog pake hape kak, tapi untuk upload foto dan publish blog nya, baru deh pakai laptop

    ReplyDelete
  10. Kalau edit html mau enggak mau pakai lappy. G bisa via hp. Disesuaikan kondisi aja Karena tiap orang beda sih.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.