Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Ingin Ngeblog dengan Hp

by - Saturday, September 14, 2019


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Bagi blogger yang sudah terbiasa ngeblog dengan hp seperti saya, tentu saja itu bukan hal yang sulit. Sebaliknya bagi yang terbiasa ngeblog menggunakan laptop pastinya bakal menganggap ngeblog dengan hp bukanlah hal yang mudah. Baiklah, kalau begitu mari kita sepakat, mudah karena terbiasa, susah karena tak terbiasa, hehe. 

Eh tapi sebenarnya faktor kebiasaan saja nggak cukup lho. Selama ini saya bisa lancar ngeblog dengan hp itu juga karena ditunjang dengan aplikasi-aplikasi canggih yang mudah saya dapatkan lewat play store. Kalau nggak dibantu dengan beberapa aplikasi for blogging, pasti saya juga bakal kesulitan ngeblog dengan gadget berlayar kecil ini.

That's why, ngeblog dengan hp di zaman sekarang bukan hal yang aneh lagi. Nggak sama kayak dulu, rata-rata blogger ngeblognya ya dengan laptop. Kalaupun ada yang ngeblog dengan hp itu masih sedikit atau langka sekali. Wajar sih, karena hp zaman dulu memang belum terlalu menunjang aktivitas kita sebagai blogger.

Beda dengan hp zaman sekarang. Kalau hp zaman sekarang kan rata-rata pada pinter semua makanya disebut smartphone😀 Makin ke sini juga makin banyak aplikasi-aplikasi canggih, termasuk aplikasi yang dirancang khusus untuk blogger yang berminat ngeblog dengan hp. 

Nah, kalau di postingan sebelumnya saya sudah singgung alasan kenapa lebih memilih ngeblog dengan hp, kali ini saya bakal kasih bocoran aplikasi-aplikasi apa saja yang sering atau pernah saya gunakan untuk melancarkan aktivitas saya ketika ngeblog menggunakan hp.


Bloggeroid



Saya memulai  kebiasaan ngeblog lewat hp dengan aplikasi yang satu ini. Sebenarnya blogger atau blogspot punya bawaan aplikasi android sediri. Nama aplikasinya blogger dan dengan tampilan yang kurang lebih sama dengan versi web. Sayangnya aplikasi blogger di android ini nggak se-friendly aplikasi punya wordpress. Etapi nggak tahu ya dengan aplikasi blogger versi sekarang, soalnya saya juga sudah lama nggak pake aplikasi tersebut.

Nah, kalau aplikasi bloggeroid tampilannya beda dengan versi web dan jelasnya lebih simple even ada kode-kode tertentu yang harus kita masukkan saat menulis seperti bila ingin menebalkan atau memiringkan huruf serta menambah link. Kode-kodenya sederhana saja sih (bisa lihat pada gambar).



Dulu saya suka banget pake bloggeroid karena selain simple, postingan yang saya tulis di aplikasi ini bisa awet alias nggak hilang sekalipun saya nulisnya dalam keadaan offline. Kalau saya langsung keluar dari aplikasi ini tanpa publish draft, tulisan saya juga akan tetap tersimpan secara otomatis. Bahkan kalau saya sementara nulis trus tiba-tiba hp saya error atau mendadak mati, postingan yang saya tulis di bloggeroid akan tetap ada. 

Plusnya lagi kalau saya publish postingan lewat aplikasi ini, fontnya akan sesuai dengan font bawaan template blog yang saya gunakan. Tidak sama seperti saat kita menulis postingan di word, kalau dipindahkan ke blog, baik font maupun sizenya bakal berubah.

So far, ini salah satu aplikasi blogger yang recommended buat menulis postingan di hp, meskipun sekarang sudah nggak saya pake lagi. Saya memang biasa cuma gunakan aplikasi ini buat menulis draft saja, selebihnya saya lebih suka menyelesaikan tulisan langsung di laman blogger via chrome. 

Google Chrome



Aplikasi buatan google ini merupakan aplikasi wajib yang sangat menunjang aktivitas saya saat ngeblog dengan hp. Mulai dari proses mencari ide, edit tulisan, mencari gambar memasukkan gambar, posting tulisan hingga kegiatan blogwalking, semua saya lakukan lewat chrome.

Kadang-kadang saya juga suka nulis langsung di laman edit entries pada web blogger yang  saya buka lewat aplikasi ini. Cuma minesnya kalau nulis langsung di web blogger, tulisan kita rentan hilang alias tidak tersimpan, apalagi kalau nulisnya dalam keadaan offline.

Yap, aplikasi chrome memang nggak recommended dipake buat menulis postingan, tapi untuk aktivitas blogging lainnya sangat menunjang. Bahkan kalau kamu berminat tambah widget lewat aplikasi ini juga masih bisa kok, kecuali kalau ingin edit html, memang nggak bisa sama sekali karena loading dibuka lewat hp.

Google Dokumen



Setelah tidak lagi menulis lewat aplikasi bloggeroid, saya beralih dan menggunakan tool dokumen dari google. Well, ini aplikasi yang recommended banget kalau kamu ingin menulis di hp. Belum ada setahunan sih saya pake aplikasi ini dan langsung kesemsem, nggak bisa berpindah ke lain hati, hehe.

Soal keamanannya sama seperti bloggeroid, tulisan kita juga nggak bakal hilang karena akan tersimpan secara otomatis even hp kita mendadak mati. Mau nulis secara online maupun offline di aplikasi ini juga yesss.

Tapi kalau soal lain-lainnya jelas google dokumen jauh lebih unggul daripada bloggeroid. Fitur menulisnya lengkap, nggak perlu masuk-masukkan kode segala hanya untuk menebalkan atau memiringkan huruf. Tampilannya miriplah dengan word  tapi dengan versi yang benar-benar mobile friendly. 

Plusnya lagi kalau menulis lewat aplikasi ini, kita bisa dengan mudah menemukan tulisan yang typo. Mau mengganti semua kata 'saya' yang terlanjur kita tulis menjadi 'aku' juga bisa banget. Mau mengecek jumlah kata, karakter, karakter tanpa spasi pun sangat bisa. Pokoknya aplikasi google dokumen ini sangat memudahkan kita menulis postingan di hp.

Canva



Waktu awal-awal ngeblog, saya nggak terlalu peduli dengan yang namanya gambar. Yang penting menulis dan update postingan, sementara update gambar bagi saya saat itu nggak terlalu penting. Nah, baru dua tahun belakangan ini gambar menjadi komponen wajib yang harus ada di setiap postingan blog saya. Kenapa?

Karena tampilan visual itu ternyata penting lho. Ah, kenapa saya telat menyadari hal ini. Kenapa nggak dari dulu saya berpikir kalau orang-orang juga pastinya bakal bosan baca tulisan saya yang panjang lebar tanpa disertai gambar. Mungkin ibaratnya sama seperti sayur tanpa garam, hambar rasanya. Tulisan tanpa gambar pun pasti akan hampa dilihat. 

Berhubung aktivitas ngeblog saya sekarang bukan sebatas menulis melainkan juga mencari, mengedit dan memasukkan gambar, maka punya tool atau aplikasi desain dan photo editor seperti Canva ini wajib banget. Pokoknya ini aplikasi andalan gue dalam mengedit gambar. Biasanya saya suka langsung ambil gambar di Canva tapi sering pula ambil gambar di google baru editnya di aplikasi ini. 

Namanya juga aplikasi untuk mendesain, jadi kita bisa buat banyak desain sendiri lho. Mau buat kartu undangan, logo, kartu ucapan, sampul buku, infografis, dll, semuanya bisa kita lakukan lewat Canva. Banyak pilihan template gratis di aplikasi ini, jadi kalau kita nggak pinter buat desain sendiri, kita cukup edit saja desain yang sudah tersedia sesuai dengan versinya kita.

Lit Photo



Selain canva, aplikasi seperti Lit Photo ini juga wajib banget diinstal. Eh sebenarnya nggak wajib-wajib amat, kalau kamu lebih suka mengompres gambar secara online ya silakan. Mulanya juga saya langganan kompres photo via tinyjpg.com. Tapi karena hasil kompresnya nggak sesuai dengan ukuran yang saya mau, masih terlalu besar makanya saya beralih ke aplikasi ini.

Jadi lit photo merupakan salah satu aplikasi kompres dan mengubah resolusi atau ukuran foto yang bisa kamu instal di play store. Cara menggunakannya cukup simple, cukup dengan dua langkah. Pilih gambar, kompres sesuai ukuran yang kita mau (saya biasanya pillih select quality 80% dan hasilnya ukuran resolusi foto saya jadi berkurang drastis, efeknya hampir tidak terlihat meskipun sudah dikompres sedemikian rupa)

hasil kompres gambar menggunakan lit photo

FYI,  mengompres atau mengubah resolusi ukuran gambar menjadi lebih kecil sebelum di posting ke blog ini juga penting ya. Saya baru menyadarinya setelah blog ini loadingnya parah banget, hiks. Jadi selama ini memang nggak pernah kompres gambar sih, asal input saja.

Kalau dulu kan postingan di blog ini jarang ada gambarnya, so nggak terlalu berefek. Baru dua tahun belakangan ini saya rutin memasukkan gambar tanpa dikompres, hasilnya beneran deh bikin blog saya jadi lama dibuka. Apalagi blog saya juga banyak iklannya. Jadi untuk mengakalinya kita memang perlu mengoptimasi resolusi gambar dan aplikasi yang saya rekomendasikan untuk itu ya Lit Photo ini.

Google Analytics



Aplikasi yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk para blogger karena manfaatnya sangat banyak. Lewat google analytics kita dapat memantau lalu lintas atau statistik pengunjung blog kita, mengetahui halaman yang paling banyak dikunjungi serta berapa lama tayangan di masing-masing postingan, dsb. Laporan lengkap dan akurat mengenai banyaknya pengunjung blog kita dalam hitungan hari, minggu, bulan dan tahun pun bisa kita dapatkan dengan mudah lewat aplikasi ini.

Oya, sebenarnya khusus untuk pengguna platform blogger/blogspot sendiri sudah tersedia menu statistik untuk memantau lalu lintas pengunjung blog seperti halnya google analytics tapi data yang tampil di sana kurang akurat. Beda halnya dengan layanan dari google ini yang memang benar-benar menunjukkan data statistik blog kita secara real time.

Media Sosial



Aktivitas ngeblog juga tidak terlepas dari media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, dsb. Lha bukannya blog sendiri termasuk media sosial? Iya, namun platfrom blog jelas berbeda dengan platform media sosial lainnya yang lebih friendly untuk berinteraksi, baik itu dalam bentuk saling like maupun komen.

Kalau di blog mah jarang ya ada pengunjung yang suka meninggalkan jejak, kalau pun ada ya cuma beberapa. Blog kita bisa ramai dengan komentar itu juga  karena ada aktivitas blogwalking yang sering dilakukan sesama blogger, coba kalau nggak?

Baca juga Media Sosial ; Before and After Married

Yup, media sosial bisa jadi sarana kita untuk promosi blog. Apalagi di media sosial seperti FB, IG, twitter maupun WA, ada banyak komunitas blogger yang biasa melancarkan aktivitas kita sebagai blogger, terutama untuk saling blogwalking. Tak hanya itu, lewat media sosial juga kita bisa dapat tawaran job lho. As we know, sekarang ini para agency or brand kalau menawarkan job pasti syaratnya tidak jauh-jauh dari jumlah followers akun media sosial kita.

Baca juga Bukan Sekadar Menjadi Influncer, Ini Pentingnya Followers bagi Blogger

So far, punya aplikasi media sosial di hp untuk menunjang aktivitas ngeblog bukan sekadar untuk bermedsos itu juga penting ya. Sayangnya saya masih kurang rajin promosi blog di medsos padahal punya beberapa aplikasinya. Duh, ini masih jadi PR banget buat saya.

Itulah beberapa aplikasi yang menunjang dan mempermudah aktivitas saya saat ngeblog dengan hp. Jadi kalau kamu kesulitan ngeblog dengan gadget berlayar kecil ini, coba deh kamu pake aplikasi yang saya rekomendasikan di atas. Atau mungkin kamu juga punya rekomendasi aplikasi yang bagus for blogging di hp, boleh dong share di kolom komentar.

Salam,

@siskadwyta

You May Also Like

4 comments

  1. ngeblognya pakek wordpress sepertinya lebih asyik kalau pakek hp, tapi untuk ngedit css dan htmlnya jika wpnya bukan yang premium, yaa cuman buat nulis biasa.

    bagiku blogger masih kalah dengan wp klo ngeblognya pakek android, tapi masih bisa ngulik kodenya walaupun tidak seleluasa pakek tab ata pakek pc

    ReplyDelete
  2. PR yang kudu di download buatku itu Lit Photo sama Google Analytics. Aku nih emang rada payah, baca data di GA aja masih gelagapan. Semoga kalo di app lebih friendly ya.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal Mbak, wah perlu lit photo nih, buat mengkompres foto di blog, sekarang besar-besar filenya. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  4. Blom pernah ngompresin gambar buat blog paling nge ss aja iyu masih kebesaran ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.