Me Time ala Ibu Rumah Tangga, Intip Idenya Di Sini

by - Sunday, February 16, 2020

Me time

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Me Time ala Ibu Rumah Tangga, Intip Idenya Di Sini - Sebelum menikah saya sudah sering melakukan aktivitas me time, baik itu dengan mengurung diri di kamar lalu menghabiskan waktu seharian dengan membaca, menulis, menonton maupun jalan-jalan ke mall atau ke pantai sendiri. Sesederhana itu aktivitas me time yang kerap saya lakukan semasa lajang. Yang pasti saat itu saya masih bisa menikmati me time, kapan pun dan dimana pun yang saya inginkan.

But now? Hidup saya setelah menikah tidak sama lagi seperti saat masih single. Saya harus berbagi waktu dengan suami dan anak-anak. Belum lagi waktu yang tersita dengan urusan domestik yang seolah tak ada habis-habisnya. Rasanya waktu 24 jam saja tidak cukup untuk melakukan aktivitas saya sebagai ibu rumah tangga. 

Kalau sudah seperti itu kapan me time-nya?

Oke seperti yang kita ketahui, me time adalah waktu dimana kita bisa rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari dan menghabiskan waktu sendirian dengan melakukan hal-hal yang kita sukai.

Saya yakin setiap orang, sesibuk apapun ia, pasti butuh waktu untuk dirinya sendiri. Termasuk ibu rumah tangga seperti saya, yang sekalipun cuma tinggal di rumah bukan berarti tidak mengerjakan apa-apa lho. Justru pekerjaan ibu rumah tangga itu full time, terutama bagi yang memiliki bayi karena meski larut malam ia masih harus terbangun untuk menyusui bayinya pun terkadang mesti terjaga sampai pagi bila si kecil rewel.

Bahkan menurut saya nih, ibu rumah tangga wajib punya me time agar kewarasannya tetap terjaga. Apalagi kita tahu seorang ibu memang rentan mengalami stres bahkan depresi yang penyebabnya bukan semata-mata karena perubahan hormon melainkan juga kelelahan. Padahal tubuh juga punya hak ya untuk bisa rehat sejenak dari aktivitas yang terlalu melelahkan dan menjenuhkan.

Itulah sebabnya me time juga sangat penting bagi ibu rumah tangga. Jadi sesibuk apapun seorang ibu, ia harus bisa meluangkan waktu untuk ber-me time dan tentu akan lebih baik jika suami maupun keluarga mendukung.

Lagipula aktivitas me time bagi ibu rumah tangga nggak mesti harus selalu mengeluarkan duit atau dilakukan di luar rumah seperti pergi ke salon atau cuci mata di mall dan lain sebagainya. Toh aktivitas me time yang bisa dilakukan di rumah juga banyak dan tidak menguras isi tabungan sama sekali.

Dan berhubung saya tipe ibu rumah tangga yang lebih suka ber-me time ria di rumah ketimbang di luar rumah so di blogpost kali ini saya bakal sharing ide me time apa saja yang bisa dilakukan di rumah. Yuk, simak!

Tidur 

Sejak menjadi seorang ibu, bisa tidur nyenyak tanpa diganggu dengan teriakan atau tangisan anak menjadi hal yang berharga banget. Apalagi kalau mengurus bayi baru lahir yang biasa tidur sepanjang hari dan terjaga sepanjang malam. Masalahnya, ibu rumah tangga zaman now biasanya menggunakan waktu tidur bayi dengan sibuk mengurus domestik plus buka akun medsos, iya nggak? Hehe.

Padahal waktu tidur bayi ini bisa kita manfaatkan dengan me time lho. Ya salah satunya dengan ikutan tidur juga sekadar untuk melepas penat, asal tidurnya tidak kebablasan saja. Atau kalau si bayi ajak begadang tengah malam, ibu bisa minta tolong suami untuk gantian menjaga. Suami yang pengertian pastinya tidak akan membiarkan istrinya begadang sendirian, kan?

Mandi

Salah satu aktivitas me time seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah adalah mandi. Saat masih lajang pastinya kita bisa mandi sepuasnya ya tapi setelah punya anak? Oh tentu, urusan mandi bagi seorang ibu bukan lagi hal yang sederhana. 

Ibu-ibu tentu tahu dramanya ya. Belum semenit di kamar mandi, si kecil sudah nyariin. Belum juga pakai sabun eh sudah kedengaran tangisan anak. So, jangan heran mendapati ibu rumah tangga yang sering mandi kilat, wkwk. Bisa mandi lima menit saja itu sudah bersyukur banget, haha. Tapi usahakanlah untuk bisa me time dengan mandi tanpa perlu terburu-buru. 30 menit me time di kamar mandi saja sepertinya sudah cukup ya?

Menonton

Satu lagi ide me time yang sangat menghibur. Rata-rata para ibu pasti hobinya suka menonton ya apalagi nonton yang namanya drakor, hehe. Jika melakukan aktivitas me time dengan menonton sebatas untuk hiburan atau mencari ide menulis sih nggak masalah tapi kalau nontonnya sampai kebablasan, lupa waktu, ini yang jadi masalah.

Dengan me time seharusnya kita bisa menciptakan waktu yang berkualitas bukan malah sebaliknya. Jadi sebisa mungkin manfaatkanlah me time dengan hal-hal yang positif dan bisa bikin kita jadi lebih produktif.

Menulis

Menulis bisa jadi ide me time yang menyenangkan bagi ibu rumah tangga. Terutama bagi yang punya hobi menulis. Apalagi sekarang ini sudah banyak platform yang bisa kita gunakan sebagai media untuk menyimpan tulisan-tulisan kita. Ada yang suka bikin status facebook, ada yang hobi berkicau di twitter, ada pula yang doyan pasang caption sesuai gambar di instagram. Saya sendiri lebih tertarik me time dengan menulis di blog.

Oya, sebenarnya bukan menulis saja, karena inti dari me time adalah kita bisa melakukan aktivitas yang disenangi tanpa terganggu dengan keadaan di sekitar. Kalau saya memang dari sononya sudah hobi menulis ya jadi kalau dikasih tawaran mau me time dengan traveling sendiri atau menulis ya pasti saya pilihnya menulis dong. Lagian saya juga nggak berani traveling jauh-jauh sendirian, hehe.

Olahraga

Jujur saya sebenarnya bukan ibu rumah tangga yang suka olahraga, tapi tak bisa dimungkiri aktivitas me time yang satu ini juga sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan ibu rumah tangga. Makanya saya akali dengan tetap aktif bergerak di dalam rumah, ya anggap saja itu bagian dari olahraga, hehe.

Lagipula olahraga yang bisa dilakukan ibu di rumah tidak perlu berat, cukup yang ringan-ringan saja. Atau boleh juga melakukan pekerjaan rumah tangga sambil ber-me time dengan gerakan olahraga seperti bersih-bersih sembari melakukan peregangan atau bergoyang, mencuci piring sambil squat, dan lain sebagainya.

Well, selain lima ide di atas sebenarnya masih banyak aktivitas me time yang bisa dilakukan di rumah tapi tidak perlu saya bahas semua ya. Intinya agar tetap waras ibu rumah tangga kudu punya me time dan itu bisa dilakukan di rumah. Yup, me time tidak perlu mahal yang penting bisa dinikmati dengan dengan hepi.

Eniwei, kalau kamu punya tambahan ide me time lainnya silakan share di kolom komentar, kuy😉

Salam,

You May Also Like

12 comments

  1. Mandi tiap hari, nonton gk terlalu suka, olahraga apalagi, wkwk.. Nulis aja deh.

    ReplyDelete
  2. Tidur nampaknya bakal jadi me time favourite karena waktu tidur emak sempit banget 😁😁😁

    ReplyDelete
  3. Me time saya cukup rebahan sambil windows shopping di marketplace mba.. Cuma nandain produk2 ke wishlist aja udah bahagia. Entah kapan dibelinya, wkwkwk..

    ReplyDelete
  4. Semuanya saya suka banget!
    Kangen berat bisa olahraga, waktu belum punya 2 anak, saya rutin jogging minimal 2 kali seminggu, sekarang mah boro-boro :D

    ReplyDelete
  5. Aku yang masih belum maksimal mandi Mak. Mandi dah kayak dikejar apa aja, guyur guyur, sabunan kilat, guyur lagi. Mentas. Dah selese. Pengen bisa mandi santai gitu.

    ReplyDelete
  6. Siiippp, kita bisa banget merencanakan dan mengeksekusi me time sesuai dgn preferensi masing2 ya
    kalo aku biasanya: window shopping, pengajian, coba resto/warung baru, berburu diskon resto, dan tentu saja...... TIDURRRRR

    ReplyDelete
  7. Hadeuh, bener banget. Me time buat IRT mah gak perlu yang mahal-mahal ya. Bisa ngelakuin hal di atas dengan tenang, 2-3 jam aja udah jadi kemewahan tak terkira. Besok mau ah, biar anak-anak bapaknya yang ngasuh. :D

    ReplyDelete
  8. Me time paling mudah ialah yoga. Salah satu gerakan yoga adalah rebahan.

    Jadi me time ala saya adalah rebahan.

    ReplyDelete
  9. Bapak juga dong perlu me time
    Kl saya suka metimenya ke warkop haha

    ReplyDelete
  10. Karena aku gasuka olahraha kadang me time kuhabiskan dengan tidur, nonton, dan karaokean sendiri dirumah. Ehehehhe

    ReplyDelete
  11. Kalau saya ditambah membaca dan fangirlingan juga mendengarkan lagu sambil joget-joget dak jelas.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.