Gambar : freepik

Bismillaahirrahmaanirrahiim

10 Hal yang Bisa Kamu Dapatkan dari Ngeblog - Ngeblog memang bisa menghasilkan uang, tapi rasanya sayang sekali kalau tujuan kamu bikin blog sebatas mengejar pundi-pundi rupiah. Masalahnya memonetisasi blog nggak segampang itu, Kawans.

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog itu juga butuh proses, tidak instan! Jadi bukan berarti setelah punya blog kamu sudah bisa meraup pundi-pundi rupiah. Oh tidak sesimple itu, Guys.

Bisa diterima sebagai publisher adsense saja misal, ada yang butuh waktu sampai berbulan-bulan bahkan bilangan tahun. Atau kalau kamu mau cari peruntungan lewat lomba blog, itu juga ada persyaratannya. Blog yang baru lahir dan belum ada isinya biasa nggak masuk hitungan. 

Intinya mah, penghasilan dari blog baru bisa didapatkan setelah kamu mengelola blogmu dulu dengan baik. Paling tidak kamu harus rutin mengisinya dengan konten-konten bermanfaat setiap bulannya. Kalau kamu cuma mengandalkan punya blog sekalipun sudah ber-TLD dan hosting sendiri tapi tidak diurus, dibiarkan saja jadi sarang laba-laba ya sama doang. 

Banyak lho yang kayak gini. Bikin blog semata-mata karena ingin meraup pundi-pundi rupiah. Tapi baru sebulan dua bulan ngeblog sudah keburu bosan duluan gegara penghasilan yang diharapkan tak kunjung nampak hilalnya. Blognya pun dianggurin, dibiarkan jadi sarang laba-laba.


Sayang sekali, tapi wajar sih orang-orang yang membuat blog dengan tujuan utama karena uang cepat tersisihkan dari dunia perbloggeran. Mereka nggak bisa menikmati pekerjaan atau aktivitasnya sebagai blogger sih. 

Beda hal dengan orang-orang yang sedari awal ngeblog tujuannya memang bukan karena uang. Aktivitas ngeblog sama sekali tidak jadi beban, justru sangat mereka nikmati. Malah sebagian dari mereka menganggap dapat penghasilan dari blog itu cuma bonus. 

Well saya setuju dengan adanya anggapan seperti itu, karena jujur saja sejak aktif kembali sebagai blogger banyak hal yang saya dapatkan dari ngeblog yang jauh lebih berkesan dan berharga dan itu bukan tentang uang.

Nah, di postingan collab bareng kak Diah Alsa kali ini saya bakal sharing apa-apa saja yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas ngeblog. Setidaknya selain uang, ada 10 hal lain yang bisa jadi tambahan motivasi buat kamu. Yuk, simak!


Hobi menulis tersalurkan 

Blog bisa jadi platform yang tepat untuk menyalurkan hobi menulis. Iya sih sekarang ini sudah banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk menulis maupun membagikan tulisan-tulisanmu. Di facebook, instagram, wattpad, google dokumen, dan lain sebagainya. 

Tapi kalau kamu pengen serius menekuni hobi menulis, mencari platform yang dapat menyimpan tulisan-tulisanmu dengan rapi, bagus dan dibaca banyak orang, berada dalam lingkaran orang-orang yang punya hobi sama denganmu (menulis, red) maka blog adalah jawabannya.


Blog memang dirancang khusus sebagai platform media tulis online. Tak heran, sebelum blog dapat dimonetisasi seperti sekarang, rata-rata penggunanya adalah orang yang punya hobi berkutat dengan kata-kata. I think, sampai sekarang masih banyak juga kok orang yang ngeblog karena hobi. 

Apa pasal? Sensasi menulis di blog beda dengan menulis di platform lain. Di blog kamu bisa menulis dengan bebas tanpa batasan karakter, kamu juga bisa menyelipi tulisanmu dengan berbagai gambar, infografis maupun video. Menariknya lagi, kamu bisa sekaligus belajar codingan. Ya pokoknya banyaklah hal menarik dari blog yang bisa kamu eksplore sendiri.

Kemampuan menulis terasah

Percaya nggak kalau saya bilang kemampuan menulis itu 99% didapatkan dari latihan dan hanya menyisakan 1% yang berasal dari bakat. Percaya saja ya karena saya sudah membuktikan sendiri.

Well saya bukan orang yang jago menulis, saya hanya suka karena itulah saya membuat blog, untuk menyalurkan hobi menulis saya. Fyi, saya pertama kali buat blog sekira tahun 2011 dan asal kamu tahu saja di blog pertama yang sudah jadi sampah di google itu tulisan saya hancur banget. Tidak perlulah saya tunjukkan sehancur apa tulisan saya kala itu, nanti kamu muntah lagi bacanya, hehe.

Ibaratnya kalau mau dibandingkan tulisan saya yang dulu dan sekarang itu bagai langit dan bumi. Ya pokoknya beda jauhlah, saya sampai nggak nyangka, dulu saya nulisnya hancur banget, acak adut bahkan saya yang nulis saja pusing bacanya. But now? Saya bisa menulis seperti sekarang (even saya akui skill menulis masih jauh dari kata mahir) itu berkat latihan.

Yup, saya melatih kemampuan menulis dari ngeblog. Jangan dikira saya sudah mahir menulis baru ngeblog. Oh tidak. Justru sebaliknya, saya mulai belajar menulis dengan baik dan rapi itu setelah punya blog. Intinya, menulis di blog bisa mengasah kemampuan menulismu, asal kamunya konsisten ya.


Menemukan pembaca

Setiap penulis pasti dong mendamba tulisan-tulisannya menemui pembaca. Biar kali tulisanmu isinya curcol doang. Apalagi sekarang ini sudah bukan zamannya menulis di diari yang sengaja digembok. Kalau pun kamu suka nulis berbau perasaan dan ingin tulisan yang mencurahkan isi hatimu itu tetap ada yang baca maka lagi-lagi blog adalah jawabannya.

Jadi buat kamu yang belum tahu, blog juga dikenal sebagai diari online. Itu karena rata-rata penggunanya dulu (khusus di Indonesia) biasa mengisi blognya dengan tulisan curcol, termasuk saya, wkwkw. Eh sampai sekarang pun saya masih suka curcol di blog sih tapi nggak bawa-bawa perasaan lagi kok, hehe. 

So far, aktivitas blog memungkinkan tulisan-tulisanmu menemukan pembacanya. Apalagi jika ada beberapa dari tulisanmu itu yang nangkring di page one google, pengunjung blogmu bisa membludak. That means, jumlah pembaca di blogmu juga pasti meningkat.

Jauh dari Stres

Menulis termasuk salah satu teknik self healing terbaik sedangkan aktivitas ngeblog sendiri tidak lepas dari menulis. Jadi bisa disimpulkan dengan ngeblog kita bisa melakukan yang namanya self healing

That's why banyak blogger yang jauh dari stres bahkan depresi karena ketika berhadapan dengan masalah, konflik atau apa pun itu yang mempengaruhi kondisi mental, mereka lari ke blog, menulis di sana dan ternyata itu ampuh mengobati diri mereka sendiri.

Sama seperti apa yang pernah saya alami. Jadi ceritanya saya pernah mengalami depresi setelah menikah. Parahnya saya tidak menyadari bahwa saya sedang berada dalam kondisi mental yang tidak baik saat itu, meski sebenarnya saya sendiri curiga, seperti ada yang tidak beres dengan diri saya. 

Dalam kondisi dimana saya merasa telah kehilangan gairah hidup, niat untuk kembali menulis blog muncul seketika. Ya saya nggak bisa bayangkan saja jika saat itu saya tidak mulai aktif kembali menulis di blog, bisa jadi kondisi mental saya makin parah. Syukur, berkah ngeblog saya bisa keluar dari depresi yang saya alami pasca menikah.


Kondisi saya saat ini yang tengah mengasuh dua bayi juga sebenarnya rentan mengalami stres. Apalagi si kakak lagi super duper aktifnya. Menghadapinya sendiri sudah bikin saya kewalahan belum ditambah dengan pekerjaan domestik lainnya. Tapi lagi-lagi saya bersyukur karena punya hobi menulis dan selalu menyempatkan diri untuk ngeblog setiap harinya di tengah-tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga sehingga kewarasan saya tetap terjaga.

Bahagia

Bahagianya seorang blogger itu sederhana saja. Karena bagi seorang blogger yang tujuan utamanya ngeblog untuk berbagi (sharing is caring), tulisan-tulisannya di blog ada yang baca saja itu sudah cukup membahagiakan. Kalau pun dapat penghasilan dari blog dianggapnya hanya bonus. 

Of course, kebahagiaan yang didapat dari nikmatnya berbagi tidak bisa dinilai dengan uang. Mendapatkan penghasilan dari blog memang menyenangkan tapi tahu nggak rasanya ketika ada orang asing yang tiba-tiba mengirim pesan ke kamu baik via dm atau inbox dan berterima kasih karena artikel yang kamu tulis di blogmu sangat membantunya.

Yup lewat blog kamu bisa berbagi banyak hal, entah sekadar sharing pengalaman, tips maupun ulasan atau merekomendasikan suatu produk. Dan meski yang kamu bagikan itu terkesan receh tapi kalau niat kamu berbagi itu tulus, believe akan ada orang di luar sana yang membaca dan merasakan manfaat dari tulisan-tulisanmu itu. Bukankah berbagi itu membahagiakan?

Pengetahuan

Ngeblog bisa juga bisa membuat kamu kaya akan pengetahuan. Bagaimana tidak? Biasanya seorang blogger, ketika menulis dia akan membaca banyak literatur maupun referensi untuk bahan tulisannya di blog, aktivitas tersebut tentu menambah pengetahuannya. 

Selain itu, blogger juga kerap melakukan blogwalking atau jalan-jalan dan membaca tulisan blogger lain. Aktivitas tersebut juga tak lepas dari pengetahuan karena tulisan para blogger terutama yang blognya ber-niche kaya akan informasi. 

Misal, kamu blogwalking ke parenting blog, di sana kamu bisa mendapatkan banyak informasi terkait cara pengasuhan anak. Atau kalau kamu mau belajar make up sekaligus mencari tahu produk-produk beauty yang recommended kamu bisa kunjungi blog ber-niche beauty. Kalau kamu ingin menambah wawasan terkait lifestyle atau membaca tulisan-tulisan receh yang sifatnya personal kamu bisa jalan-jalan ke blog yang temanya gado-gado seperti Kamar Kenangan ini. 

Menjadi Penulis

Tidak hanya menambah pengetahuan, kegiatan blog juga memungkinkan kamu jadi penulis lho. Ada banyak penulis buku yang mengawali karirnya sebagai blogger, tidak sedikit pula penulis buku yang meski telah menelurkan puluhan hingga ratusan karya buku di gramedia tetap rajin menulis di blog.

Jadi kalau punya impian jadi penulis buku kamu bisa coba terjun dulu ke dunia blogger. Siapa tahu kamu bisa mengikuti jejaknya Raditya Dika, hehe atau setidaknya dengan menjadi blogger peluangmu mewujudkan mimpi menjadi penulis buku semakin besar. 

Teman-teman Se-passion

Rejeki yang didapatkan seorang blogger tidak melulu berupa uang. Mendapatkan banyak teman baru apalagi yang sehobi dan se-passion itu juga termasuk rejeki, kan?

Di Indonesia sendiri ada banyak komunitas blogger yang jika bergabung di dalamnya kamu bisa mendapatkan banyak teman sesama blogger yang berasal dari berbagai daerah, dari Sabang-Merauke, semua ada.

Aktivitas ngeblog pun menjadi lebih menyenangkan karena dikelilingi teman-teman sesama blogger yang bisa saling medukung dan menyemangati satu sama lain. Bahkan tak jarang ada yang merasa hubungan yang terjalin sesama blogger itu bukan lagi sebatas teman melainkan persaudaraan even belum pernah bertatap muka. Itulah nikmatnya terjun di dunia blog.

Amal Jariyah

Jangan anggap ngeblog itu cuma kegiatan sepele karena tulisan apa pun yang kita bagikan di blog, selama itu baik, benar (bukan hoaks) dan memberi manfaat serta menginspirasi orang lain itu bisa menjadi amal jariyah buat kita.

Poin ini seharusnya lebih menggiurkan daripada ngeblog semata-mata mengejar uang. Ingat! Uang atau penghasilan yang kita dapatkan dari blog tidak bisa dibawa mati. Tapi kalau kebaikan-kebaikan yang kita tulis di blog dibaca banyak orang dan itu menginspirasi mereka maka in syaa Allaah aktivitas ngeblog ini bisa jadi ladang amal yang pahalanya tetap mengalir meski kita telah tiada di dunia.

Meninggalkan jejak kenangan

Last but not least, apa pun yang kita tulis di blog akan menjadi kenangan yang bisa kita tengok sewaktu-waktu. Itulah sebabnya blog ini saya beri nama Kamar Kenangan, karena ada banyak hal yang ingin saya kenang dalam hidup sekali pun pada nyatanya tidak semuanya terabadikan. 

At least momen-momen penting seperti perjalanan saya ketika menjemput jodoh, kehidupan yang saya jalani setelah hidup menggenap hingga pengalaman yang paling berkesan saat saya akhirnya bisa mengandung dan melahirkan sang buah hati tidak luput saya rekam di Kamar Kenangan ini. 

Dengan ngeblog pula tulisan-tulisan yang kita abadikan di blog akan tetap hidup. Akan ada yang membacanya sekalipun kita tidak lagi berada di dunia. Blog bahkan bisa jadi harta berharga yang kita wariskan ke anak cucu.

So far,  kamu sebenarnya bisa mendapatkan lebih banyak hal dari aktivitas ngeblog ketimbang sekadar uang. Jadi kalau tujuan kamu ngeblog hanya untuk mengejar pundi-pundi rupiah coba deh dipikir-pikir lagi.  

Kan sayang ya cuma karena apa yang kamu harapkan dari ngeblog tak kunjung membuahkan hasil, kamu sampai malas dan membiarkan blogmu jadi sarang laba-laba. 

Nah, 10 hal di atas bisa jadi tambahan motivasi buat kamu agar tetap semangat ngeblog. Jangan lupa mampir juga di postingannya Kak Diah Alsa ini 5 Hal yang Didapatkan dari ngeblog ya.

Salam,


Tinggal di rumah saja memang membosankan apalagi bagi yang yang sering menghabiskan waktu di luar, pasti berat. Kalau saya pribadi, karena sudah terbiasa menjalani aktivitas full time stay at home jadi nggak masalah meski selama 14 hari atau lebih dianjurkan untuk tidak bepergian kemana-mana.

Bukan berarti saya nggak pernah bosan sama sekali. Rasa jenuh tinggal di rumah selama berhari-hari hingga berpekan-pekan pasti ada tapi setidaknya saya bersyukur hidup di zaman sekarang. Meski cuma berdiam diri di rumah saya masih bisa cuci mata di marketplace dan belanja online sepuasnya, kalau laper tinggal buka aplikasi layanan food dan pesan menu sesukanya, masih bisa juga jalan-jalan ke luar negeri dengan mengandalkan jaringan internet. Mau ngobrol dengan orang tua atau teman teman yang terpisah jarak pun tinggal buka WA atau melakukan video call.

Intinya mah hidup di zaman sekarang serba enak. Kita masih bisa tinggal di rumah dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi. Ya saya nggak bisa ngebayangin saja bila wabah corona melanda Indonesia saat dunia belum secanggih saat ini. Butuh hiburan menarik, nggak ada. Mau update informasi terkini, susah. Apalagi mau jalan-jalan sambil belanja dan pesen makananan online, oh no way.

Makanya kita yang hidup di era milenial ini patut bersyukur. Disuruh tinggal di rumah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah hingga beribadah pun dari rumah ya nikmati saja, daripada keluyuran nggak jelas atau keluar rumah tanpa kepentingan mendesak.

Masalahnya virus corona ini penyebarannya sangat cepat lho. Jangan sampai kita termasuk si carrier (pembawa virus) karena abai dengan anjuran pemerintah. Padahal anjuran untuk stay at home itu juga untuk kebaikan kita bersama, agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas. 


Menikmati Aktivitas Me Time di Rumah Saja dengan Mandi Parfum

Nikmatnya me time dengan mandi parfum (gambar : facetofeet.com)
Seperti yang sudah saya singgung, ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan di rumah. Malah buat kamu yang selama ini kurang menikmati me time, momen tinggal di rumah saja bisa jadi kesempatan yang bagus. Selain memiliki lebih banyak waktu berkumpul dengan keluarga tentunya, kita bisa meluangkan waktu khusus dan berkualitas untuk diri sendiri dengan melakukan aktivitas rumahan yang kita sukai.

Saya sendiri paling suka ber-me time di kamar mandi. Meski semenjak punya bayi aktivitas mengguyur badan dengan air menjadi hal yang langka buat saya. Emak-emak yang punya anak kecil pasti tahu-lah drama mandi dengan tangisan si bayi. Bisa mandi tiga menit saja sudah bersyukur banget, wkwk.

Mana di usia sekarang si kakak super duper aktif dan sering mengekor saya dari belakang, termasuk kalau saya mau masuk ke kamar mandi, haha.  Belum lagi dengan adiknya yang biasa nangis padahal baru saya tinggal sebentar. Duh, benar-benar drama benget, kan? Makin sulitlah saya menikmati me time di kamar mandi.


Nah, mumpung sekarang ini saya lagi ngumpul di rumah orang tua bareng saudara-saudara dan semua juga pada mengisolasi diri di rumah, kecuali suami yang memang kerjaannya di lapangan dan tidak memungkinkan untuk work from home sehingga saya bisa menikmati mandi tanpa perlu tergesa-gesa karena anak-anak ada yang jagain. Setidaknya dikasih kesempatan me time selama setengah jam saja di kamar mandi sudah cukuplah buat saya.

Apalagi sejak merasakan yang namanya mandi parfum saya jadi ketagihan lho mandi pagi-sore. Padahal biasanya nih aktivitas mandi yang sering saya lakukan cuma sekali dalam sehari. Ups! Namun saking nagihnya, sesibuk apapun saya dengan pekerjaan domestik dan momong anak pasti saya sempatin buat mandi parfum. 

Of course, kalau anak-anak ada yang jagain saya bisa menikmati sensasi mandi parfum lebih lama tapi kalau orang rumah pada sibuk  atau si adik nangis mau nenen tak apalah saya masih bisa menikmati mandi walau sebentar asalkan mandinya mandi parfum.

Mandi Parfum dengan Vitalis Body Wash


Barangkali ada pembaca di Kamar Kenangan ini yang heran saat saya bilang mandi parfum. Atau mungkin ada juga yang seperti saya, sempat mengira yang namanya mandi parfum itu mandi dengan benar-benar menggunakan parfum.

Jadi belakangan ini saya sering blogwalking dan menemukan banyak postingan teman-teman blogger yang sharing terkait pengalaman mereka mandi parfum dengan produk dari Vitalis.

Sebut-sebut merk Vitalis yang terngiang di benak saya cuma satu. Itu kan merk sebuah parfum. Jadilah saya kira mereka beneran mandi dengan parfum Vitalis eh tapi setelah baca lebih lanjut ternyata yang dimaksud mandi parfum adalah dengan menggunakan sabun Vitalis.

Lha memangnya ada sabun Vitalis, ya?

Yuk, kita cari tahu. Jadi selama ini Vitalis memang terkenal sebagai salah satu merk parfum wanita di Indonesia. Tidak heran, produk parfumnya memang laris manis di pasaran. Vitalis sendiri telah menjadi market leader yang telah tumbuh dua kali lipat setiap tahunnya di segmen pasar wewangian untuk wanita. 

Sebagai market leader, Vitalis tentu sudah sangat paham tentang parfum. Setidaknya dengan berbagai riset, studi dan eksperimen yang dilakukan, Vitalis mengetahui tren parfum baik di Indonesia maupun pasar global. Selain itu Vitalis juga berusaha mencari tahu karakter parfum yang sesuai atau disukai oleh konsumennya.

Nah, berangkat dari keahlian tersebutlah sehingga di tahun 2019 Vitalis muncul dengan inovasi baru. Membawa keahliannya di bidang parfum ke dalam body wash sehingga hadirlah Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash, produk sabun cair dari Vitalis yang mengedepankan keharuman dan tambahan high quality moisturizer untuk kelembaban kulit pemakainya. Vitalis yakin produk sabun cairnya itu dapat memberikan pengalaman mandi yang lebih baik untuk konsumennya.

Baiklah, mari kita buktikan! Karena penasaran saya jadi tertarik pengen ngerasain juga gimana sensasinya mandi parfum dengan sabun Vitalis. Beruntung saya akhirnya bisa merasakan nikmatnya mandi parfum dengan 3 varian dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash.

Bagaimana kenikmatan yang saya rasakan setelah mandi parfum dengan Vitalis Body Wash? Apakah benar-benar memberi pengalaman mandi yang lebih baik? Benarkah sabun Vitalis membuat badan kita jadi wangi sepanjang hari? Yang penasaran langsung saja yuk simak ulasan saya tentang Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash.

Review Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash adalah produk sabun cair dari brand Vitalis yang baru rilis tahun 2019 kemarin dan hadir dengan tiga pilihan varian plus extra benefit yang berbeda pada tiap variannya. Apa saja varian dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash 

Varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash hadir dengan tiga varian. Karena cuma tiga varian saya jadi tertarik dong untuk mencoba semuanya. Ya kali daripada cuma beli satu varian dan penasaran dengan varian lainnya mending saya coba saja dulu satu per satu sebelum menemukan pilihan yang tepat.

Berikut 3 varian dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash :

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty


Varian pertama dari sabun Vitalis yang saya gunakan adalah si Soft Beauty ini. Waktu saya buka aromanya langsung menyerbak. Aroma yang menyeruak dan terasa segar saat saya membuka tutup botol Vitalis Ungu ini berasal dari fruity aldehydic, ditambah pula dengan wangi rose & violet yang feminine dan diakhiri dengan manisnya tonka bean & sandalwood premium.

Produk Vitalis Body Wash varian Soft Beauty diklaim dapat memberikan manfaat skin nourishing untuk kulit terasa halus, lembut, dan terawat. Selain itu produk ini juga diperkaya dengan ekstrak avocado dan vitamin E untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal, halus, dan lembut.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle 


Selanjutnya ada si Frezh Dazzle yang diklaim dapat memberikan manfaat skin refreshing untuk kulit terasa segar, halus, dan lembut. Vitalis Hijau ini diperkaya dengan ekstrak jeruk yuzu dan teh hijau yang dapat melembabkan kulit dan wanginya menaikkan suasana hati.

Saat pertama kali membuka tutup botolnya saya langsung diserbu dengan aroma  tak kalah segar dari aroma si Beauty Soft namun tidak begitu kuat. Belakangan baru saya ketahui aroma tersebut berasal dari wangi bergamot, diikuti wangi floral bouquet yang elegan feminine dan konon disukai banyak wanita. Tak ketinggalan musk amber yang membuat wangi dari Fresh Dazzle  jadi long lasting.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow


Terakhir ada si White Glow yang punya aroma fruity berasal dari paduan cherry & raspberry, disusul dengan wangi amrshmallow & gardenia yang lembut dan elegan, dibungkus pula dengan kombinasi woody & suede yang glamour dan tahan lama.

Vitalis putih Pink ini diklaim dapat memberikan manfaat skin brightening  yang diperkaya dengan licorice dan susu untuk menjaga kelembaban dan merawat kulit bersih dan tampak cerah bersinar.

Itulah 3 Varian dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash yang juga diklaim dapat membantu kita (konsumen) tampil glamour dan dikagumi.

Kemasan

Kemasan Vitalis Body Wash dengan tutup botol flip flop yang mudah dibuka
Produk Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash yang saya gunakan ini dikemas dalam botol berisi 200 ml. Warna kemasannya sesuai dengan varian yang diusung. Soft beauty dikemas dalam botol berwarna ungu, Frezh Dazzle berada dalam kemasan botol berwarna hijau sementara White Glow diisi dalam botol kemasan berwarna pink.

Tiga warna yang menarik dengan kemasan yang mewah. Ada pantulan cahaya pada kemasan depannya yang membuat botol sabun cair Vitalis tampak elegan. Untuk bagian belakangnya sendiri terdapat keterangan mengenai komposisi dan cara pakai sabun ini.

Menurut saya kemasan Vitalis Body Wash ini cocok digunakan di rumah tapi kalau mau dibawa bepergian masih oke karena ukurannya yang nggak terlalu besar, nggak terlalu kecil juga. Masih bisalah digenggam dengan tangan atau dimasukkan ke dalam tas berukuran sedang.

Ditambah tutup botolnya yang flip flop membuat sabun ini tidak mudah bocor sehingga aman dibawa ke mana-mana.  Dibukanya juga mudah, tinggal ditekan saja tutup botol bagian atasnya (press top). Sementara untuk isi ulang, tutup botolnya dibuka dengan cara diputar.

Komposisi


Pada dasarnya komposisi yang terdapat pada Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash baik itu pada varian Soft Beauty, Fresh Dazzle maupun White Glow sama saja, yang membedakan hanya pada kandungan ekstrak dan bahan wewangian yang membuat setiap varian dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash punya manfaat dan khas wangi masing-masing.

Soft Beauty hadir dengan keharuman yang berasal dari fruity aldehydic, rose & violet yang feminine serta tonka bean & sandalwood premium dengan manfaat skin nourishing karena kandungan ekstra avocado dan vitamin E-nya.

Wangi kesegaran  pada Fresh Dazzle berasal dari bergamotfloral bouquet dan musk amber sedangkan manfaat skin refreshing-nya didapatkan dari ekstrak jeruk yuzu dan teh hijau.

Wangi White Glow dengan manfaat skin brightening yang didapatkan dari ekstrak licorice dan susu   sendiri berasal dari komposisi fruity cherry, raspberryamrshmallow, gardenia, woody & suede.

Aroma, Tekstur & Warna


Seperti namanya aroma yang menyeruak dari sabun Vitalis ini adalah aroma parfum dengan wangi khas masing-masing. Soft Beauty punya wangi yang lembut tapi lebih tajam dibanding dua varian lainnya. Frezh Dazzle punya wangi yang tidak begitu kuat tapi menyegarkan ketika dihirup. Sedangkan White Glow punya wangi yang cukup tajam tapi kurang nyaman di sayanya mungkin karena kandungan susunya kali ya.

Ketiganya punya tekstur yang lembut, creamy ke cair sehingga mudah digosokkan ke badan. Apalagi hanya dengan sedikit pemakaian kita sudah bisa merasakan mandi parfum dengan busa melimpah.

Untuk warna sabunnya mengikuti kemasan dengan warna yang lebih muda, kecuali untuk White Glow. Soft Beauty punya warna ungu muda yang cantik sementara Frezh Dazzle punya warna hijau muda yang segar. Sedangkan White Glow yang dikemas dalam botol pink punya warna yang sesuai namanya, putih cerah bukan pink muda.

Cara Pakai

Dibanding menggunakan sabun batangan saya memang lebih suka pake sabun cair karena praktis digunakan. Apalagi pakai sabun cair yang punya wangi semerbak parfum seperti Vitalis Body Wash ini.

Oya cara pakainya sama seperti cara pakai sabun cair pada umumnya. Buka sabun ini dengan menekan bagian atas tutup botolnya lalu tuang secukupnya Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ke tangan atau shower puff kemudian busakan ke seluruh tubuh kemudian bilas hingga bersih.

Kalau saya lebih suka tuang ke shower puff  karena busa yang dihasilkan benar-benar melimpah meski sabun yang digunakan cuma sedikit dibanding pakai tangan, jadi lebih hemat sabun juga tentunya.

Kesan Pemakaian

Kesan pertama saya saat pertama kali bertemu Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash adalah mewah. Mulai dari kemasan, isi hingga aroma yang dihasilkan. Maka tidak salah jika Vitalis mengklaim produk sabun cairnya ini dapat membuat kita merasa glamour.

Adapun kesan saya saat pertama kali buka tutup botol Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash adalah terkesima. Yup, saya terkesima dengan wanginya yang beneran semerbak parfum. Maka tidak heran bila konsumen yang mandi dengan Vitalis Body Wash merasa seperti mandi parfum.

Kesan saat pertama kali menggunakan  Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash sendiri bikin saya langsung jatuh hati eh ketagihan. Hayoo ada yang bisa tebak nggak, kira-kira varian mana dari sabun Vitalis ini yang bikin hati saya kecantol?

Hasil

Setelah beberapa hari rutin mandi parfum dengan Vitalis Body Wash ini mama dan adik saya tanya, saya pakai parfum apa kok wangi banget. Saat saya jawab "saya nggak pake parfum tapi sabun" eh mereka nggak percaya. 

Giliran saya tunjukkan nih sabun yang saya pakai mereka jadi tertarik dan berebutan pengen coba juga, hehe. Baiklah karena saya baik saya kasih mama Vitalis Body Wash varian Fresh Dazzle sedangkan adik saya yang White Glow.

Sampai di sini sudah ketahuan ya favorit saya varian yang mana, hehe. Jadi setelah coba ketiga varian dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash, hati saya mantap memilih si Soft Beauty. Kenapa?

Ya karena wanginya lembut dan tajam. Varian yang lain juga tak kalah wangi kok cuma kurang greget di penciuman saya. Eh sebenarnya ini cuma masalah selera saja sih. 

Seperti adik saya, ketika saya ngasih pilihan dia mau sabun vitalis yang mana, botol hijau atau pink, dia langsung milih yang pink karena suka dengan warna kemasannya. Otomatis mama saya dapatnya sabun vitalis dalam kemasan botol hijau. 

Menurut saya dari warna kemasan dan manfaatnya si Fresh Dezzle sepertinya cocok untuk mama. Setidaknya bisa bantu mama mendapatkan kesegaran sekaligus keharuman setelah mandi. 

Kalau saya, dari awal memang pilih sabun vitalis berdasarkan aromanya, bukan tampilan maupun manfaat. Yup aroma dari Vitalis Body Wash yang jadi juara di hati saya ya si Soft Beauty ini. Tapi kalau dilihat dari manfaatnya saya prefer dengan Fresh Dezzle yang bisa membantu mood saya jadi lebih baik.

Kalau White Glow, jujur saja saya kurang tertarik dengan warna kemasannya yang terlalu pinky, tidak senada pula dengan warna sabunnya. Mungkin bakal terlihat lebih mewah nan elegan kali ya kalau White Glow dikemas dalam botol berwarna putih. Selain itu, aromanya juga tidak nyaman di penciuman saya.

Selebihnya, no comment. Klaimnya dapet, lembut, wangi dan tahan lama. Saya suka dengan konsep yang diusung Vitalis dengan inovasi barunya. Menghadirkan sabun mandi rasa parfum yang penuh kemewahan. 

Tidak hanya bermodalkan wangi parfum, Vitalis juga menambahkan high quality moisturizer pada ketiga varian sabun cairnya ini yang meski punya manfaat berbeda tapi sama-sama memberi kelembaban pada kulit. 

At least semenjak rajin mandi parfum dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash variant Soft Beauty kulit saya yang biasanya kering terasa lebih halus, lembab dan pastinya wangi sepanjang hari. Membuat hari-hari saya di rumah saja menjadi lebih menyenangkan.

Beli Dimana?

Setelah membaca ulasan saya di atas mungkin kamu tertarik juga pengen ngerasain mandi dengan sabun rasa parfum ini.  Ya sudah tunggu apalagi segera dapatkan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash di toko-toko terdekat dengan harga terjangkau.

Eh tapi mengingat kondisi sekarang yang masih genting karena mewabahnya virus corona saya saranin mending kamu tinggal di rumah saja deh dan pesan sabun Vitalis ini secara online. Ada banyak marketplace, kan? Shopee, blibli, tokopedia atau lazada.

Kamu bisa pesan online di sana jadi tidak perlu lagi keluar rumah. Tinggal duduk cantik saja di rumah dan tunggu sabun Vitalis yang mewah nan elegan diantarkan pak kurir.

Demikian ulasan saya setelah mencoba mandi parfum dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash. Hasilnya benar-benar memberikan pengalaman mandi yang lebih baik. Tidak hanya membuat tubuh wangi  sepanjang hari tapi juga membantu melembabkan kulit. Kini, mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash membuat aktivitas me time saya di rumah saja menjadi lebih nikmat.

Salam,


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Akhirnya saya menemukan cara agar tulisan dari Microsoft word yang dicopy paste (copas) langsung ke blog tidak bermasalah. Jadi sebenarnya saya sudah lama cari cara ini, karena setiap kali copas tulisan dari word ke blog pasti jenis huruf dan ukurannya berbeda, tidak sesuai dengan tampilan font dan size bawaan template yang saya gunakan.

Kalau kamu juga sering copas tulisan dari word ke blog, tentu tahu dong perubahan yang saya maksud. Perubahan tersebut jelas bikin tampilan postingan di blog kita jadi tidak rapi. Makanya kebanyakan blogger setelah menulis di word memilih untuk copas di notepad dulu sebelum dipindahkan ke blog agar font tulisan yang bakal dipublikasikan itu tidak mengalami perubahan.

Saya pun melakukan hal serupa, bedanya karena ngeblog lewat hp dan nggak punya aplikasi notepad jadi saya gunakan aplikasi bloggeroid. Notepad mungkin juga ada versi mobilenya kali ya cuma di sini saya lebih nyaman pake bloggeroid.

Fyi bloggeroid merupakan aplikasi blogger yang fungsinya selain untuk ngeblog sama dengan notepad, tidak akan mengubah jenis font maupun ukurannya ketika di-publish atau di-copas ke blog.  Sebelumnya saya malah menulis dan publikasi postingan blog langsung lewat aplikasi ini ketimbang menggunakan word.

Sayangnya bloggeroid sudah nggak bisa dijalankan di Samsung Galaxy J5 saya, entah karena aplikasinya yang bermasalah atau karena hp saya yang perfomanya tidak lagi mendukung sehingga setiap kali hendak publish pasti error jadi sekarang aplikasinya cuma saya gunakan untuk menulis.


Sering juga sih saya nulisnya di google dokumen baru copas ke bloggeroid sebelum dipindahkan ke blog. Itu pun karena di google dokumen saya bisa tahu jumlah kata, di bloggeroid nggak. 

Well kelihatannya rada rempong ya tapi demi melihat tampilan Kamar Kenangan ini rapi dengan font seragam, saya rela main copas sana sini, hehe. Oya, sebenarnya kalau mau yang praktis saya bisa saja langsung nulis di dashboard cuma risikonya itu lho, memungkinkan postingan yang ditulis raib seketika. Masih mending kalau tulisan yang hilang cuma beberapa kata tapi kalau sudah nulis panjang lebar hingga ribuan kata trus nggak tersimpan sama sekali, duh nyeseknya minta ampun.

Intinya mah kalau mau nulis langsung di dashboard blogger harus dalam keadaan online, kalau kamu memaksakan diri ingin tetap menulis di sana padahal lagi offline ya siap-siap saja terima risikonya. Saya pernah mengalami soalnya, hehe.

Mengapa font postingan yang di-copy paste dari word ke blog mengalami perubahan?

Kalau pertanyaan tersebut dilontarkan ke saya lima tahun lalu saat saya baru sekira dua tahun aktif ngeblog pasti jawaban saya NGGAK TAHU. Ya kali dulu kan saya masih newbie, sekarang juga sih eh tapi lumayanlah ada peningkatan.

Setidaknya sekarang saya sudah tahu beberapa teknik SEO dasar meski masih tertatih-tatih menerapkannya,wkwk. Otak-atik kode html juga lumayan, meski lebih banyak tidak tahunya, haha.

Jadi kira-kira apa yang menyebabkan postingan blog yang ditulis dari word mengalami perubahan font alias tampilan fontnya tidak sesuai dengan tampilan font bawaan template blog yang digunakan?

Actually kurang tepat jika dibilang mengalami perubahan karena yang benar adalah tampilan font dari word itu yang tidak sesuai dengan tampilan font bawaan dari template blog. Bingung ya? Sederhananya gini deh misal kita nulis di word menggunakan jenis font times new roman dengan ukuran 12 , sementara jenis font bawaan template yang kita gunakan adalah calibri dengan ukuran 11.

Otomatis ketika copas tulisan dari word ke blog, jenis font dan ukurannya tetap seperti itu, tidak berubah. Padahal yang kita inginkan jenis dan ukuran huruf tulisan yang kita copas dari word itu bisa menyesuaikan dengan jenis dan ukuran huruf bawaan template blog yang kita gunakan, iya kan? 

Hal ini juga berlaku untuk semua tulisan yang asal kita comot dari website lain, Kalau nggak percaya kamu bisa buktikan sendiri tapi di sini kita fokus bahas tulisan yang di-copas dari word saja ya. 

Yang jelas, kalau kamu salin tulisan dari word atau internet dan tempelkan di blog maka akan ada kode-kode html yang mengikuti. Kode-kode itulah yang menimbulkan masalah karena formatnya berbeda dengan format template blog.

Baca juga Cara Mudah Membuat Blog Lewat Hp untuk Pemula

Permasalahan yang muncul akibat copas langsung tulisan dari word ke blog

Copy paste tulisan langsung dari word ke blog memang tidak disarankan karena dapat menimbulkan sejumlah masalah. Apalagi bagi newbie, mending ambil langkah copas tulisan dari word ke notepad baru blog atau kalau kamu ngeblognya lewat hp bisa tulis postingan blog di aplikasi bloggeroid dulu.

Tentunya dengan menerapkan cara tersebut kamu tidak perlu berhadapan dengan masalah-masalah berikut ini ;

Tampilan blogpost menjadi berantakan

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau kamu langsung memindahkan tulisan dari word ke blog hasilnya akan berantakan alias tidak serapi saat menulisnya di word. Terlebih jika yang kamu salin itu hanya sebagian teks lalu sebagian teks lainnya kamu tulis langsung di dashboard.

Kalau kamu melakukan hal tersebut yang akan terjadi ya dalam satu postingan itu hurufnya tidak seragam begitupula dengan ukurannya, mungkin ada huruf yang kekecilan ada pula yang kebesaran. Hasilnya jelas bakal bikin postingan kamu jadi tidak enak dibaca karena keliatan semerawut. 

Apalagi tampilan font yang biasa digunakan di word kurang bagus diaplikasikan ke blog, meskipun dalam satu postingan itu fontnya sudah seragam. Saya sendiri lebih suka font bawaan template yang saya gunakan saat ini ketimbang tampilan font bawaan microsoft word. 

Jumlah postingan yang muncul di beranda  tidak sesuai dengan pengaturan

Masalah yang muncul akibat copas langsung postingan dari word ke blog tidak hanya berkaitan dengan tampilan hurufnya yang tidak  seragam tapi juga menghilangkan postingan yang seharusnya muncul di beranda.

Saya kurang tahu di wordpress tapi kalau di blogger sendiri ada pengaturan dimana kita bisa menentukan jumlah postingan yang muncul pada layar home atau beranda blog. Nah, beberapa waktu lalu saya sempat setting agar postingan yang muncul di beranda Kamar Kenangan ini sebanyak 5 post tapi pas dicek kok yang muncul hanya 2 post ya?

Kalau kamu juga pernah mengalami masalah serupa berarti penyebabnya tidak lain karena kamu langsung copas postingan dari word ke blog. Jadi seperti yang sudah saya singgung, ketika kita memindahkan postingan dari word langsung ke blog ada kode-kode html tertentu yang juga ikut dan itu biasanya tidak sesuai dengan kode bawaan template blog yang digunakan. Kode-kode tersebutlah yang menimbulkan masalah sehingga harus dihilangkan dulu agar jumlah postingan di beranda blog bisa sesuai dengan pengaturan.

Postingan di laman blog menghilang

Kemarin-kemarin saya sempat cek postingan jadul di Kamar Kenangan ini dan menemukan beberapa postingan yang pas saya buka di laman blog isinya nggak ada tapi saya cek di dashboard ada. Jelas saya heran dong, kok sampai bisa hilang gitu?

Ternyata setelah saya selidiki insiden postingan blog yang isinya tiba-tiba raib alias tidak muncul di laman blog ini karena penyebab yang sama. Langsung comot postingan yang ditulis di word ke blog tanpa men-copasnya terlebih dahulu ke aplikasi semacam notepad.

Itulah beberapa masalah yang bisa muncul jika postingan yang ditulis di microsoft word langsung disalin dan ditempelkan ke blog. Agar permasalahan tersebut tidak muncul, biasanya setelah menulis postingan di word para blogger termasuk saya mengakalinya dengan memindahkan terlebih dahulu tulisan tersebut ke aplikasi sejenis notepad baru kemudian disalin dan ditempelkan di blog. But now, saya sudah menemukan cara yang lebih praktis, tidak perlu menggunakan aplikasi bantuan.

Cara praktis agar copy paste langsung tulisan dari word ke blog tidak bermasalah

Caranya ternyata gampang saja, Guys. Kamu bisa langsung copy paste tulisan dari word ke blog tanpa perlu singgah di notepad, tapi pastikan kamu ikuti langkah-langkah berikut :

Salin postingan blog yang kamu tulis di word

Buka dashboard blogger

Pilih entri baru pada Menu Postingan 

Tulisan yang sudah disalin dari word tempelkan ke blog dengan pilihan Tempel sebagai teks biasa
Selanjutnya kamu tinggal tempelkan dengan pilihan Tempel sebagai teks biasa

Kalau kamu menggunakan desktop pilihan Tempel sebagai teks pasti ada ya tapi kalau lewat hp biasa hanya menampilkan pilihan tempel saja. Tapi sekarang ini sudah ada beberapa jenis hp kok yang bisa memunculkan pilihan tersebut.

Kalaupun tidak ada nggak perlu khawatir, masih ada alternatif lain kok. Cara ini saya tahu dari Mbak Rini si empunya blog ceritadinihari.com. Waktu itu ada yang nanya-nanya di WAG Belajar Web & Blog - free dan untungnya saya sempat nyimak.

Hapus format teks bawaan dari word dengan klik icon dalam kotak merah 
Jadi kalau kamu mau tempel tulisan ke blog lewat hp tapi nggak ada pilihan Tempel sebagai teks biasa kamu tempel saja tulisan seperti biasanya. Setelah itu blok semua tulisan yang kamu paste tadi dan klik icon yang saya tandai dalam kotak merah seperti gambar di atas.

Icon tersebut fungsinya menghapus format bawaan dari word yang terikut saat disalin. Mungkin ada juga yang menghapus format tulisan langsung di word sebelum menyalin dan menempelkannya ke blog. Saya pernah coba cara tersebut tapi setelah paste ke blog hasilnya masih bermasalah. Jadi sebaiknya memang format teks dari word yang disalin itu dihapus setelah di-paste ke blog dengan cara di atas.

Itu dia cara praktisnya, mudah sekali, kan? Tapi masalahnya bagaimana jika sudah banyak postingan di blog kita merupakan hasil copy paste langsung dari word?

Ya kalau pengen tampilan blog kita rapi dengan font seragam sesuai bawaan template mau nggak mau semua postingan  blog yang terlanjur kita copas dari word harus kita edit satu persatu dan hilangkan format dari wordnya dengan cara tersebut.

Tampilan setelah klik icon jump break
Tapi misalkan kita cuma ingin memperbaiki jumlah postingan yang muncul di beranda agar sesuai dengan pengaturan yang sudah kita setel maka langkahnya kamu cukup buka postingan terakhir di dashboard. Lalu letakkan kursor pada paragraf pertama setelah itu klik icon jump break seperti yang saya tandai dengan kotak merah pada gambar di atas.

Oke, itulah beberapa cara praktis yang bisa diterapkan jika kamu ingin copy paste langsung tulisan dari word ke blog tanpa mengalami masalah dengan tampilan di beranda atau laman blog. Sekian sharing saya kali ini, semoga bermanfaat.

Salam,


Harga coklat batangan
Gambar : fakta.news.com

Siapa yang suka coklat? Hayoo pasti banyak yang suka dengan cemilan manis satu ini, termasuk saya tentunya, hehe. Coklat pada dasarnya memang banyak dijadikan sebagai bahan campuran untuk beragam jenis makanan maupun minuman, karena selain rasanya yang enak dan manis juga akan memberikan warna ataupun tampilan yang semakin menarik. Selain itu coklat juga menyehatkan lho!

Jadi tidak heran ya jika banyak yang menggemarinya. Harga coklat batangan yang dijual di pasaran sendiri pada dasarnya memang terbilang bervariatif. Ada yang mulai dari ribuan rupiah sampai dengan ratusan ribu rupiah, tergantung pada pilihan merk dan juga ukuran dalam membelinya.

Hanya saja untuk kamu yang ingin coklat nikmat dan juga sehat, biasanya harga coklat batangan tersebut cenderung lebih mahal dibandingkan dengan yang standar atau biasa.

Tips Membeli Coklat Batangan

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk kamu yang ingin membeli coklat batangan yang sehat dan kualitas bagus ;

Pilihlah Coklat Hitam

Di pasaran coklat yang biasa dijual ada dua jenis, coklat hitam dan coklat putih. Kalau kamu ingin membeli coklat yang kandungannya lebih menyehatkan maka pilihlah coklat hitam.    Coklatjenis mengandung flavonoid lebih banyak dibanding yang terdapat pada coklat putih. Flavonoid sendiri berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Perhatikan Kandungan Kakao

Saat membeli coklat perhatikan juga komposisinya. Pilihlah coklat yang 60 persen atau lebih kandungannya adalah bubuk kakao, dibandingkan dengan bahan campuran yang lain seperti gula atau susu.  

Coklat yang 60 persen atau lebih kandungan kakaonya memiliki cita rasa lebih nikmat dan juga sehat karena banyak kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Utamakan Jenis Dutch Chocolate

Dutch chocolate adalah jenis coklat yang diproses dengan menggunakan alkali. Teknik pemrosesan atau pengolahan coklat ini juga mempengaruhi kandungan gizi yang ada di dalamnya, sehingga patut juga menjadi pertimbangan.

Pilih Coklat yang Mengandung Cocoa Butter

Pastikan juga kamu membeli coklat yang mengandung Cocoa butter karena itu artinya kamu   coklat membeli artinya coklat yang kandungan bahan utamanya yaitu Cocoa lebih banyak dibandingkan dengan bahan tambahan lainnya. Tentu memilih coklat dengan komposisi bahan campuran yang lebih sedikit dibanding bahan utamanya lebih bagus untuk kesehatan.

Baca Informasi Tabel atau Nilai Gizi

Satu  lagi hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli coklat. Jangan lupa untuk selektif di dalam membaca informasi tabel atau nilai gizi yang terkandung pada kemasannya, guna mengetahui nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Itulah beberapa tips memilih coklat yang benar-benar sehat dan bagus, tidak hanya melihat dari harga coklat batangan. Oya kalau kamu ingin mencari coklat yang sehat dan berkualitas kamu bisa langsung intip di tokowahab.com.

mesin kopi terbaik
Gambar : pixbay

Mesin kopi terbaik dapat menghasilkan kopi yang lezat dan berkualitas. Simak tips memilih mesin kopi yang tepat agar bisa meracik kopi yang nikmat.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil kopi terbaik. Sebut saja kopi Aceh Gayo yang memiliki rasa unik dibanding rasa kopi arabika lainnya, ada juga kopi khas Sulawesi Selatan yang berasal dari Toraja sehingga dikenal sebagai kopi Toraja dan popularitasnya sudah mendunia dengan aroma yang khas.

Papua pun tak ketinggalan dengan kopi Wamena-nya yang punya rasa floral karena penanamannya tanpa bahan kimia sehingga terkenal sebagai kopi organik dan baik untuk keseahatan. Selain itu masih banyak lagi jenis kopi lainnya dari berbagai daerah di Indonesia dengan ciri khas masing-masing, seperti kopi kitamani dari Bali dan kopi bajawa dari Flores.

Tidak hanya itu, menurut data dari Kementerian Pertanian, Indonesia merupakan penghasil terbesar kopi di dunia, selain Brasil dan Kolombia. Tak heran jika minuman ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan semakin ke sini semakin menjamur usaha-usaha kafe kekinian di bidang kopi. 

Mesin-mesin pembuat kopi pun semakin banyak jenisnya mulai dari mesin kopi yang memang didesain untuk usaha hingga mesin kopi rumahan yang dikhususkan untuk coffee lovers yang ingin tetap bisa menikmati sajian kopi lezat ala barista di rumah sendiri.


Tips memilih mesin kopi terbaik 

Berikut ini ada sedikit tips buat kamu yang tertarik ingin membeli mesin kopi ;

Pilih mesin kopi sesuai kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya kamu sudah harus tahu terlebih dahulu kebutuhanmu terhadap mesin kopi tersebut, apakah akan digunakan untuk membuka usaha atau hanya sebatas untuk bisa menikmati kopi dengan cara pembuatannya yang praktis. 

Atau jika kamu suka dengan kopi filter kamu bisa memilik mesin kopi filter, ada juga mesin kopi espresso yang bisa kamu pilih jika kamu sukanya kopi espresso


Perhatikan kapasitas penyeduhan

Ada beragam kapasitas penyeduhan kopi, mulai dari kapasitas satu gelas hingga 12 gelas kopi. Jika kamu membeli mesin kopi untuk kebutuhan di rumah saja, mesin dengan dengan kapasitas dua gelas kopi bisa jadi pilihan yang tepat. 

Sebaliknya jika tujuanmu beli mesin kopi untuk kepentingan bisnis maka tentu kamu harus pilih mesin dengan kapasitas penyeduhan kopi yang lebih besar.

Beli mesin kopi sesuai budget

Hal yang tak kalah penting yang juga harus kamu perhatikan sebelum membeli mesin kopi adalah masalah budget. Tidak usah memaksakan diri membeli mesin kopi di luar budget, yang penting kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Kalau hanya digunakan di rumah, kamu nggak usah beli mesin kopi yang harganya mahal, kecuali kalau kamu ingin membuka usaha kafe atau warung kopi tentu kamu harus pilih mesin yang cocok dan harganya jelas di atas mesin kopi rumahan.

Satu hal lagi yang perlu kamu ingat, mesin hanyalah bagian pendukung dalam mengolah kopi, yang menentukan kualitas racikan kopi buatan adalah kualitas dari biji kopi itu sendiri.

Pilih mesin kopi dengan kualitas terjamin

Tentunya akan sangat rugi jika kamu membeli mesin kopi yang mudah rusak, bukan? Nah, untuk mengetahui kualitas dari sebuah mesin kopi bisa dilihat dari harga karena biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas. Akan sangat beruntung sekali jika kamu bisa mendapatkan mesin kopi dengan harga terjangkau dan kualitas oke.

Untuk itu pastikan kamu membeli mesin kopi yang diproduksi dari perusahaan terpercaya. Seperti mesin kopi nescafe dulce gusto yang bisa jadi pilihan buat para pecinta kopi yang ingin menikmati kopi  ala barista setiap harinya.

Mesin kopi dulce gusto 
Gambar : shopee
Menggunakan mesin kopi rumahan yang satu ini  juga malah bikin pengeluaranmu lebih hemat lho karena kamu tidak perlu setiap hari nongkrong di kafe hanya untuk bisa mencicipi sajian kopi istimewa. 

Kamu bisa ber-me time ria denha meracik kopi sendiri bahkan hanya dalam jangka waktu tidak kurang dari semenit. Uniknya lagi, mesin ini bisa kamu gunakan juga untuk membuat berbagai minuman lainnya seperti chai tea, lemon tea, hot cocholate, green tea, milo dan lain sebagainya.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli mesin kopi terbaik. Sekian sharing saya kali ini. Semoga bisa membantu kamu menemukan mesin kopi yang tepat.

Salam,

menggendong si kecil bisa menyebabkan bau tangan?
(gambar : id.theasianparent.com) 
Setelah melahirkan anak pertama saya sering sekali mendapat nasihat dari orang-orang sekitar agar jangan terlalu sering menggendong bayi karena bisa menyebabkan bau tangan yang membuat si bayi tidak mau lepas dari gendongan. 

Yup, mereka bilang terlalu sering menggendong bayi akan membuatnya manja, menjadi lebih rewel dan susah tidur tanpa digendong. Kemana-mana maunya minta digendong sehingga itu akan merepotkan si ibu nantinya. Benarkah demikian? 

Tentu saja saya percaya dengan omongan mereka pada mulanya. Maklum saat itu saya baru menyandang gelar sebagai seorang ibu dan masih minim Ilmu terkait pengasuhan anak. Setelah saya banyak belajar dan membaca berbagai literatur tentang parenting, sering juga ikut kulwap atau seminar untuk new moms barulah saya tahu, ternyata anggapan mereka yang bilang sering menggendong bayi dapat menyebabkan bau tangan itu keliru. 

Keseringan menggendong sama sekali tidak akan membuat bayi menjadi manja dan lebih rewel. Justru sebaliknya kegiatan menggendong anak sejak ia baru lahir ini memiliki banyak manfaat. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa bayi yang sering digendong akan tumbuh jadi orang dewasa yang lebih sehat, lebih ramah, lebih peduli sesama, bebas stres dan jauh dari ancaman depresi. 

Hal ini sesuai dengan riset yang dilakukan oleh Notre Dame Pshychologist terhadap 600 orang dewasa. Dari riset tersebut, sebagaimana yang saya kutip dari situs TheAsiantParent mereka yang lebih sering digendong memiliki mental lebih sehat daripada yang tidak. 

Seperti yang kita ketahui, pada awal kehidupannya bayi memang hanya bisa berkomunikasi dengan menangis. Nah, tumbuh kembang bayi justru akan terhambat jika saat ia menangis atau menjerit lalu kita membiarkannya begitu saja.

Itulah sebabnya para ahli menganjurkan ketika bayi menangis harus segera diambil dan digendong karena dampaknya bisa berpengaruh pada psikologisnya di masa mendatang. Apalagi jika si bayi sering menjerit atau menangis histeris tengah malam lalu tidak segera digendong maka kemungkinan hidupnya tidak akan jauh dari stres saat dewasa. 

Itu baru satu manfaat dari menggendong bayi. Manfaat lainnya apa? Simak yuk!

Memperkuat bonding antara ibu dan bayi

Ikatan yang terjalin antara ibu dan bayi tentu akan semakin kuat dengan adanya aktivitas menggendong ini. Kenapa bisa demikian? Karena menggendong merupakan salah satu bentuk perhatian dan kasih sayang seorang ibu kepada bayinya. Sebaliknya si bayi akan merasa nyaman dan kehangatan dalam gendongan ibunya.

Membantu perkembangan otak dan tubuh yang lebih baik

Sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa orang dewasa yang masa kecilnya sering mendapat curahan kasih sayang lewat gendongan memiliki perkembangan otak lebih baik daripada yang tidak. Selain itu bayi yang sering digendong juga tidak akan mengalami hambatan dalam proses tumbuh kembangnya.

Memberikan rasa bahagia pada bayi

Pada dasarnya kontak fisik atau sentuhan yang didapatkan bayi pada saat digendong akan membuatnya merasa bahagia. Itulah sebabnya ketika bayi menangis lalu digendong maka tangisannya akan segera terhenti.

Mengurangi risiko flat head atau kepala peyang

Bayi yang baru lahir akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan tidur, namun terlalu lama tidur dalam posisi telentang justru dapat membuat kepala bayi rentan mengalami flat head atau lebih kita kenal dengan istilah kepala peyang.

Untuk mengatasinya orang tua biasa membeli bantal peyang untuk si kecil, seperti yang juga saya lakukan, hehe. Padahal tanpa perlu membeli bantal peyang pun orang tua sebenarnya bisa mengatasi risiko tersebut dengan sering menggendong bayi dalam posisi tegak sebab menggendong dalam posisi tersebut bisa membantu menghilangkan tekanan pada kepala lunak bayi. Jadi, pertumbuhan kepala bayi akan lebih optimal.

Itulah beberapa manfaat dari menggendong bayi. Tapi tentunya aktivitas menggendong ini tidak akan lancar tanpa adanya alat gendongan, iya nggak? Jujur saja, saya juga nggak bakal kuat menggendong lama-lama bayi saya yang setiap bulan beratnya terus bertambah. Pegelnya itu lho, bukan main.

Jadi adanya alat gendong ini sangat membantu sekali. Apalagi sekarang sudah banyak alat gendongan bayi modern dengan berbagai jenis, tinggal kamunya saja mau pilih yang mana. Kalau saya mah lebih suka gendongan  yang tipe SSC, pakainya praktis dan kelihatan keren pula.

Saya masih ingat, gendongan jenis SSC yang saya punya belinya di blibli waktu bulan Desember 2018 lalu pas si kecil umur empat bulan, karena memang gendongan yang modelnya mirip ransel ini lebih cocok digunakan untuk bayi yang lehernya sudah bisa tegak sendiri. Eh atau kalau kamu tertarik ingin tahu jenis gendongan lainnya bisa langsung saja intip di blibli.com. Oke, sekian sharing saya kali ini. Semoga bermanfaat. 

cegah virus corona, perlukah pake masker?
(gambar : suara.com)
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Memasuki tahun 2020 Indonesia dihebohkan dengan virus corona. Eh bukan Indonesia saja sih, negara-negara lain juga, tapi saat itu saya masih belum tertarik mencari tahu lebih jauh terkait virus yang belakangan dinamai Corona Virus Disease, 2019 atau COVID-19.

Saya justru baru tertarik ingin membahas virus corona di awal bulan Maret ini karena challenge menulis dari Komunitas 1 Minggu 1 cerita (1M1C) mengangkat tema "Boros". Lha apa hubungannya boros dan virus corona?

Of course, seperti yang ditayangkan di berita, sejak presiden Jokowi mengumumkan dua orang WNI positif terinfeksi corona, orang-orang pada takut dan panik, sampai kalap borong masker. Menurut saya tindakan mereka yang borong masker itu termasuk pemborosan lho. Ya iyalah orang sehat ngapain beli masker banyak-banyak. 

Gara-gara banyak yang borong masker, alhasil kain yang biasa digunakan menutup hidung dan mulut itu jadi langka sekarang. Belum lagi ada sebagian oknum yang sengaja memanfaatkan situasi, borong masker dengan tujuan bukan untuk jaga-jaga tapi sengaja ditimbun lalu dijual dengan harga selangit. Benar-benar keterlaluan ya?

Sekilas Tentang Virus Corona 

Coronavirus jenis baru itu dinamai COVID-19 (gambar : tirto.id)
Dari berbagai sumber yang saya baca, COVID-19 atau lebih dikenal dengan virus corona adalah jenis baru dari corona virus yang belum pernah terindentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus ini pertama kali muncul ketika WHO China Country Office melaporkan adanya kasus pneumonia yang tidak diketahui etiloginya di kota Wuhan provinsi Hubei, China pada tanggal 31 Desember 2019. 

Kasus tersebut terus berkembang hingga akhirnya diidentifikasi pneumonia yang tidak diketahui etiloginya ini sebagai jenis baru coronavirus (novel corona virus, 2019 n-Cov, sekarang dinamai COVID-19). 

Corona Virus (CoV) sendiri merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan berbagai penyakit mulai dari gejala ringan sampai gejala berat dan mematikan. Sebelumnya ada dua jenis corona virus yang menimbulkan penyakit dengan tingkat kematian cukup tinggi yakni SARS dan MERS.

Dilansir dari situs suara.com, SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome muncul pertama kali di selatan China pada 2002 menghasilkan 8.098 kasus dengan jumlah kematian 774 orang atau sekitar 9,6 persen. Sementara untuk MERS atau Middle East Respiratory Syndrome muncul di Arab Saudi pada 2012 lalu dan menghasilkan 2.494 kasus dengan kematian 858 orang per November 2019 atau tingkat kematian 34, 4 persen.

Lalu bagaimana dengan COVID-19?

Masih dari situs suara.com, sejak muncul pada Desember 2019, hingga Rabu (4/3/2020) sudah ada 92.880 orang yang terinfeksi di seluruh dunia. Angka kematian akibat virus mematikan tersebut mencapai 3.168 jiwa.

Yup, COVID-19 memang telah menelan ribuan jiwa namun jika dibandingkan dengan SARS dan MERS tingkat kematiannya masih jauh lebih rendah, hanya sebesar 2-3%. Meski demikian penyebaran COVID-19 terbilang sangat cepat. 

Bayangkan, SARS butuh 8 bulan untuk menginfeksi sebanyak 8000 orang. MERS sendiri membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya untuk dapat menginfeksi 2000 orang. Sedangkan COVID-19 hanya butuh waktu delapan pekan untuk menginfeksi lebih dari 75.000 orang.

That's why, karena penyebarannya yang sangat cepat membuat masyarakat di seluruh dunia terkhusus Indonesia - yang ketika tahu negaranya telah dimasuki wabah berbahaya ini menjadi begitu panik hingga tanpa pikir panjang membeli banyak kebutuhan pokok rumah tangga. Tak ketinggalan, masker pun ikut diborong. Padahal pake master berlapis-lapis atau yang mahal sekalipun seperti masker N-95 tidak menjamin kita terbebas dari virus corona.

Pake Masker Masih Bisa Tertular Virus Corona?

Gambar : tribunnews.com
Sampai di penghujung bulan Februari kemarin orang-orang khususnya warganet mungkin masih bertanya-tanya kenapa virus yang telah menyebar ke berbagai penjuru dunia ini belum masuk ke Indonesia? Ada yang menjawab, bisa jadi corona sudah masuk ke Indonesia hanya belum terdeteksi namun lebih banyak lagi yang menjawab asal-asalan bahkan terkesan menjadikannya sebagai bahan lelucon.
Katanya, warga Indonesia tidak bisa terpapar virus corona karena tubuhnya diselimuti antibodi berlapis dan dari sononya memang sudah kebal terhadap berbagai macam virus. Mau itu flu singapura kek, virus SARS maupun MERS, apalagi cuma virus corona

Eh giliran corona akhirnya masuk ke Indonesia baru deh semua pada panik dan ketakutan. Sampai melakukan aksi borong berbagai kebutuhan pokok rumah tangga. Minyak, garam, gula, beras, mie, sabun, dll semua diborong. Tak ketinggalan masker pun ikut diborong padahal bukan petugas medis dan tidak dalam keadaan sakit.

Yap, kebanyakan orang masih beranggapan masker dapat mencegah terjadinya penularan COVID-19. Benar sih tapi itu bukan satu-satunya cara pencegahan dan kurang tepat jika digunakan oleh orang sehat. Lagipula sekalipun sudah pake masker virus corona masih mungkin menyerang.

Kok orang yang sudah pake masker masih bisa tertular virus corona? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini tentu kita harus memahami dulu cara virus corona menyebar.

Kalau ada yang bilang virus corona menyebar lewat udara, tatapan mata, sentuhan atau benda-benda mati jangan percaya ya karena semua itu hoaks. Yang benar virus corona menyebar lewat CAIRAN atau percikan dahak. Jadi kalau ada orang yang positif terkena virus ini lalu ia bersin atau batuk trus cairannya langsung mengenai mata, hidung atau mulut orang sehat maka corona akan menular ke orang tersebut. 

Atau bisa juga virus corona menular secara tidak langsung. Contoh nih, orang yang positif terinfeksi virus corona bersin trus percikan air liurnya jatuh mengenai benda-benda di sekitar seperti meja, kursi atau ponsel kemudian kita nggak sengaja menyentuh benda yang telah tersentuh cairan tersebut dan karena tidak tahu pula kita langsung pegang-pegang wajah entah karena gatal atau sudah kebiasaan, hal yang kayak gini bisa bikin kita tertular virus corona, sekalipun sudah pake masker. Kok bisa gitu?

Iya, meski sudah pake masker tapi kalau masih sering pegang-pegang wajah atau kucek-kucek mata sama saja, kan? Malah dengan pake masker sebenarnya bikin kita jadi lebih sering pegang-pegang wajah lho, entah karena hidung gatal atau sekadar memperbaiki masker yang miring.

Itulah sebabnya orang sakit atau yang sedang dalam keadaan batuk/pilek sangat dianjurkan mengenakan masker agar percikannya tidak meyebar kemana-mana. Jadi bukan orang sehat yang wajib pakai masker.

Untuk orang sehat mah sebaiknya sering-sering cuci tangan saja dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer. Tentu cara tersebut jauh lebih efektif  menghindarkan orang sehat dari COVID 19 ketimbang menggunakan masker. 

Mencegah Virus Corona dengan Tepat

Infografis : katadata.co.id
Sejauh ini virus corona telah menyebar luas ke berbagai negara dan telah memakan ribuan korban. Tak heran jika dunia Internasional menjadi panik menghadapi virus yang awal kemunculannya berasal dari hewan ini.

Ketika COVID-19 telah menjangkiti manusia ia akan menyebar dengan cepat ke manusia lainnya. Nah, orang yang positif terjangkit virus ini umumnya akan mengalami gejala seperti demam, sesak nafas, flu, batuk-batuk hingga gangguan pernafasan ringan hingga berat. Pada tahap yang lebih parah COVID 19 akan menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal bahkan kematian.

Yah meskipun yang positif terinfeksi COVID-19 masih bisa sembuh namun tentunya tidak ada orang yang ingin terjangkit virus membahayakan ini, kan? Apalagi sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penularan virus corona, termasuk dengan menginformasikan kepada masyarakat agar tidak perlu panik berlebihan sampai memborong masker.


Seperti penjelasan kemenkes yang tertera pada gambar di atas, masker itu hanya diperlukan oleh orang yang mengalami sakit flu/batuk atau sedang dalam pemulihan dari sakit.

Untuk orang sehat sendiri, daripada buang-buang uang beli banyak masker padahal itu tidak efektif mencegahnya dari virus corona mending menerapkan 10 langkah tepat dari Kemenkes untuk mengindari penularan COVID 19 berikut ini  :

  1. Makan makanan bergizi
  2. Rajin olahraga dan istirahat
  3. Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  4. Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam
  5. Tidak merokok
  6. Minum air putih 8 gelas/hari
  7. Makan makanan yang dimasak sempurna
  8. Jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan
  9. Jaga kebersihan lingkungan
  10. Bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

Atau kamu bisa juga ikuti beberapa tindakan pencegahan COVID-19 berikut ini :

Jangan menyentuh wajah (wajah siapapun) sebelum cuci tangan dengan sabun atau anti septik.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, virus corona menyebar lewat percikan dahak atau air liur yang mengenai wajah baik itu mulut, mata, atau hidung secara langsung maupun tidak. Itu sebabnya kita dianjurkan untuk jangan sering-sering kucek mata, pegang-pegang hidung maupun mulut karena bisa jadi tangan kita sudah menyentuh cairan yang berasal dari orang yang terinfeksi corona. Kalaupun ingin menyentuh wajah baik itu wajah sendiri, wajah pasangan atau anak-anak, pastikan dulu tangan kita dalam keadaan bersih dalam artian sudah dicuci dengan air dan sabun atau antiseptik.

Buang masker jika dirasa sudah tidak bersih atau jangan gunakan masker lebih dari sehari

Poin ini sebenarnya khusus buat orang sakit batuk/pilek yang memang sangat dianjurkan untuk menggunakan masker, tapi berhubung banyak orang sehat juga yang pake masker karena terlalu panik bakal tertular virus corona jadi setidaknya mereka juga perlu tahu cara menggunakan masker yang benar.

Bukan berarti karena masker sekarang lagi langka dan harganya meroket kita jadi sok ngirit, pakenya sampai berhari-hari padahal sudah banyak tumpukan stok masker di rumah. Bukannya sakit itu justru mengundang penyakit lho, pasalnya bakteri bisa berkembang di bagian dalam masker yang terlalu lama digunakan sedangkan virus corona bisa menempel di bagian luar masker. Makanya, meski sudah pake masker, kalau nggak sengaja sentuh bagian luarnya tetap harus cuci tangan dengan sabun.

Jangan berbagi makanan, alat makan, gelas dan handuk sekalipun dengan keluarga sendiri

Jangan berbagi yang dimaksud di sini adalah makan bareng di piring yang sama atau minum dari gelas yang sama sebelum dicuci bersih. Untuk handuk pun setiap anggota keluarga harus punya masing-masing. Tujuannya jelas untuk mencegah penularan corona karena kita nggak tahu siapa-siapa saja yang sudah terinfeksi virus ini.

Jika ada satu anggota keluarga yang tertular, pastinya orang-orang terdekat atau keluarga adalah kelompok yang paling besar kemungkinan tertular COVID 19. Contohnya nggak usah jauh-jauh deh, dua orang pertama  di Indonesia yang positif terinfeksi corona adalah ibu dan anak. Makanya setiap anggota keluarga harus ekstra waspada.

Selalu cuci tangan baik sebelum atau setelah makan maupun setelah dari 

Last but not least, ingat untuk selalu atau sesering mungkin cuci tangan dengan benar saat sebelum maupun setelah makan atau ketika pulang dari tempat umum. Sudah tahu kan cara mencuci tangan dengan benar?


Caranya kamu cukup mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik di kran air yang mengalir selama 20 detik. Bagian yang harus dicuci adalah belakang tangan, sela-sela jari serta di bawah kuku. Rutin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir inilah yang paling efektif mencegah penularan COVID-19. Jadi bukan dengan sering-sering pake masker ya. Apalagi kalau kamunya sehat, nggak usah deh sampai ikut-ikutan borong masker karena itu sama saja dengan pemborosan.

Oke, sekian dulu sharing saya kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tetap jaga kesehatan, jaga kebersihan dan berdoa semoga wabah virus corona segera berlalu. 

Salam,