Cara Pasang Foto ke Twibbon dengan Aplikasi Canva

by - Monday, April 06, 2020


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Cara Pasang Foto ke Twibbon dengan Aplikasi Canva - Bicara tentang Twibbon saya jadi ingat waktu Komunitas Emak2-Emak Blogger (KEB) mengadakan campaign untuk tidak posting Kartu Identitas Anak (KIA) ke media sosial. Anggota KEB yang ingin berpartisipasi dipersilakan untuk memasang foto ke Twibbon yang telah disediakan Makmin (sebutan admin KEB).


Waktu itu saya sempat nanya ke pemilik blog www.meykkesantoso.com gimana caranya pasang foto kita ke Twibbon, karena lihat dia juga ikutan campaign tersebut. Rupanya Mbak Meykke pakai aplikasi PicsArt. Baiklah, karena saya nggak punya aplikasinya jadi sekaligus saja saya minta tolong ibuk dari Julio itu untuk bantu editkan punya saya.

Twibbon ini Mbak Meykke yang editkan
Kali kedua saya dapat tawaran campaign dari Revu dan disuruh pasang Twibbon juga. Karena nggak enak mau minta tolong lagi, saya terpaksa menghapus beberapa data serta aplikasi di gawai saya untuk bisa mengunduh aplikasi PicsArt di Playstore.

Setelah mengunduh PicsArt, barulah saya coba sendiri memasukkan foto ke Twibbon dengan mengikuti tutorial yang saya dapat dari google. Ternyata caranya mudah saja, Gaes tapi saya nggak bakal ulas tutorialnya di sini ya, kamu bisa searching sendiri.

Kebanyakan artikel yang membahas cara pasang foto ke Twibbon di laman google pada pake aplikasi PicsArt makanya saya penasaran, bisakah memasukkan foto ke Twibbon menggunakan aplikasi edit foto selain PicsArt?

Pasang Foto ke Twibbon Menggunakan Canva, Bisakah?

Sebelumnya saya sudah googling cara pasang foto ke twibbon menggunakan Canva tapi nggak dapet jawaban yang memuaskan. Malahan yang ada saya cuma ketemu dengan tutorial membuat Twibbon dengan Canva. Jadilah saya sempat berasumsi mungkin kalau mau gabungkan foto ke bingkai yang disebut Twibbon itu bisanya hanya lewat PicsArt saja. 

Ternyata nggak mesti, Gaes, pake aplikasi Canva pun bisa kok. Ini juga saya baru tahu waktu kemarin dapet tugas dari Selasar Institut Ibu Profesional untuk posting paspor ke media sosial agar bisa ikut berlayar menuju Bahterah Martikulasi. Nah, paspornya itu berupa Twibbon which is masing-masing penumpang (baca : peserta Martikulasi IP) wajib memasang fotonya. 


Itu berarti saya mesti berurusan lagi dengan PicsArt sementara aplikasi edit foto tersebut sudah lama tersingkir dari gawai saya karena full memory. Mau unduh kembali rasanya berat *memori hp yang berat😅

Untungnya saya sempat nyimak percakapan di WAG Martikulasi batch 8 region Sulawesi. Rupanya masih ada beberapa peserta dari region kami yang bingung cara memasukkan foto ke Twibbon lalu ada yang menanggapi bisa pake aplikasi Canva kok, pake photogrid juga bisa.

Baiklah, karena aplikasi edit foto di gawai saya adanya Canva doang, saya yang biasanya hanya suka menyimak percakapan di WAG ikut nimbrung. Tepatnya hendak memastikan, bisa ya pasang foto ke Twibbon? Soalnya saya pernah coba edit pake Canva tapi nggak bisa.

Saat dikasih tahu caranya baru saya ngeh. Oh begitu toh. Ternyata cara pasang foto ke Twibbon pake lebih singkat lagi, Guys ketimbang pake aplikasi PicsArt. Gimana caranya? Eits, sebelum itu kita kenalan dulu yuk dengan Twibbon.

Mengenal Twibbon dan Manfaatnya

Dari tadi saya sebut Twibbon seolah-olah semua pembaca Kamar Kenangan ini ngerti istilah tersebut. Ya kali kalau lihat penampakan dari Twibbon tentu banyak yang familiar tapi untuk istilahnya sendiri pasti masih ada yang merasa asing dan bertanya-tanya, apa sih Twibbon itu?

Sederhananya, Twibbon adalah sebuah bingkai foto (frame) yang didesain semenarik mungkin untuk dijadikan sebagai media promosi, dukungan atau kampanye dengan tampilan bagian tengahnya transparan dan umumnya berformat png.

Tampilan bagian tengahnya yang sengaja dibuat transparan itulah yang bisa diedit kemudian dipasangi dengan foto kita. Tujuannya jelas ya sebagai media promosi, dukungan maupun kampanye.

Contohnya seperti campaign untuk tidak posting foto KIA yang diadakan KEB berkolaborasi dengan berbagai komunitas lainnya. Tentunya dengan adanya media promosi seperti Twibbon akan menarik banyak perhatian orang, kan?

Itulah manfaat dari Twibbon. Dengan adanya media promosi, dukungan atau kampanye berupa frame yang didesain menarik tersebut akan menjadikan suatu event maupun campaign menjadi lebih semarak, terkesan profesiobal dan mengundang banyak partisipan.

Cara pasang foto ke Twibbon dengan Canva

Sebenarnya ada beragam cara yang bisa digunakan untuk pasang foto ke Twibbon, baik menggunakan aplikasi edit foto atau tidak. Kalau tidak pakai aplikasi kamu bisa edit lewat situs seperti www.twibbonize.com. Tapi kalau pakai aplikasi sih umumnya orang-orang pada edit Twibbon pake PicsArt. Nah, kalau editnya pake Canva gimana caranya?

Simak yuk!

Buka aplikasi Canva

Pastinya yang pertama di gawai kamu sudah harus ada aplikasi Canva, kalau belum bisa kamu unduh di Playstore atau Appstore. Kalau sudah silakan langsung saja buka aplikasinya maka tampilan depannya akan muncul seperti ini


Klik icon + 


Setelah klik icon + akan muncul menu untuk pilih ukuran. Pilihlah ukuran sesuai ukuran untuk feed Instagram, seperti di atas. Lanjutkan dengan klik icon + di tengah untuk masukkan foto.

Masukkan foto yang Ingin dipasang ke Twibbon

Setelah klik icon + tersebut kamu akan diarahkan ke galeri dan  pilih satu foto yang ingin kamu pasang ke Twibbon. Lalu pada bagian pojok kanan bawah klik lagi icon + maka muncul tampilan seperti berikut 


Tambahkan  Twibbon

Selanjutnya kamu tinggal klik icon yang saya tandai dengan lingkaran merah itu untuk menambahkan Twibbon. Hasilnya seperti di bawah


Simpan Gambar Twibbon

Terakhir klik icon yang saya tandai dengan kotak merah untuk menyimpan gambar Twibbon. Ok selesai deh. Caranya simple banget, kan? Apalagi kalau kamu sudah terbiasa edit foto pake Canva. Intinya masukkan dulu foto yang mau kamu pasang baru tambahkan Twibbonnya. Jangan dibalik, nanti foto yang kamu masukkan tidak bisa terpasang.

Oya hampir lupa, kalau edit Twibbon dengan Canva ada kekurangannya, Guys. Satu saja sih kekurangan edit Twibbon dengan Canva, tidak bisa disesuaikan atau dipas-kan ukuran foto yang hendak kita pasang ke Twibbon. Kata teman yang kasih tahu cara ini tinggal klik saja icon seperti di bawah tapi saya coba nggak bisa.



Gambar seperti di atas malah baru muncul setelah saya klik icon salin, nah lho? Entahlah kalau editnya lewat website Canva. Untungnya saya pasang foto yang pas jadi nggak perlu main geser kiri kanan, hehe.


Kuy, jadi kalau kamu mau pasang foto ke Twibbon pake Canva kamu bisa ikuti langkah-langkah di atas ya. Selamat mencoba!

You May Also Like

5 comments

  1. Wah terima kasih banyak ilmunya kak siska dwita. Pas banget nih saya lagi suka banget oprek aplikasi canva di HP saya. Seharian bakalan habis waktu buat ngedit-ngedit foto doang. Habis terus sih, Habis ini mau cobain ah Thank you-Thank you very much

    ReplyDelete
  2. Edit lewat canva nya kenapa Ndak coba lewat website nya aja kak Siska? Soalnya kalau lewat aplikasinya mungkin terbatas buat editnya.

    ReplyDelete
  3. Mau coba ah , sering sih ikut campaign
    Tapi biasanya dibantuin, DM teman yang ahli, kirim fotonya dan jadi deh
    Walau mereka sering minta "honor" : foto saya dikerjain, dipasang darah dan gigi taring, hingga mirip mak lampir :D :D

    ReplyDelete
  4. Iya aku dulu ikut campaign KEB seperti di atas itu pake PicsArt juga. Trus beberapa kali bikin Twibbon juga pake PicsArt aja sih. Belum pernah coba pake Canva. Ntar coba-coba deh penasaran :)

    ReplyDelete
  5. Saya malah penasaran pengin bisa bikin twibbon sendiri.

    Pakai picsart apa bisa ya?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.