SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Cara Daftar GoFood Terbaru, Mudah dan Cepat

by - Wednesday, June 17, 2020

Daftar Isi [Tampil]
Cara daftar gofood melalui website gojek
Gambar : gojek.com
Buat kamu yang ingin bermitra dengan GoFood tapi belum tahu cara daftar GoFood dengan mudah dan cepat, yuk simak panduannya di sini.

Sejak gaji suami dipotong hingga 30% gara-gara efek pandemi, dia mulai memikirkan tentang rencana untuk membuka usaha. Teman-teman kantor suami sendiri sudah banyak yang buka usaha duluan. Kebanyakan sih pada menjalankan bisnis kuliner.

Makanya nggak heran saat suami tiba-tiba minta pendapat saya, "gimana kalau kita buka usaha juga? Lumayan kan buat nambah-nambah penghasilan". Oke saya sih yes-yes saja.

Dalam keadaan seperti ini memang kami harus cari cara agar keuangan keluarga tetap aman. Kalau pun tidak sampai menambah penghasilan paling tidak dengan membuka usaha sendiri ada kemungkinan gaji yang terpotong itu bisa tertutupi.

Ya daripada menunggu hingga suami bisa menerima gajinya secara utuh kembali - yang entah kapan? Sementara kondisi saat ini saja masih membingungkan. Meski mulai diterapkan new normal tapi nyatanya kasus COVID-19 di Indonesia masih terus bertambah, kan?

Itulah sebabnya menjalankan bisnis kuliner online bisa jadi pilihan sangat tepat di tengah masa pandemi yang belum berakhir ini. Apalagi jika kami menggandeng layanan food delivery atau antar makanan seperti GoFood sebagai mitra kerja tentu akan lebih memudahkan.

Mengapa Perlu Daftar GoFood?

Cara daftar gofood online
Sebelum lanjut, mungkin ada yang bertanya kenapa bisnis yang ingin kami jalankan adalah kuliner, bukan yang lain seperti merambah di produk fashion, souvenir, buku-buku dan lain sebagainya.

Jujur saja kalau ditanya pengen buka usaha online apa, saya masih bingung jawabnya. Selain karena minim pengalaman, saya sebenarnya lebih tertarik dapat uang dari hasil mempromosikan usaha orang  lain di blog saya ini daripada buka usaha sendiri, hehe.

Tapi karena suami yang kelihatannya antusias banget pengen buka usaha di rumah, tentu sebagai istri saya harus dukung dong. Mungkin karena dia kena percikan dari teman-teman kantornya yang rata-rata sudah pada terjun ke dunia bisnis.

Termasuk kakak Ipar saya sendiri yang memang sudah cukup lama menjalankan bisnis kuliner. Dia sampai resign dari pekerjaan sebagai karyawan kantoran demi bisa fokus dengan bisnisnya itu.

Menjalankan usaha kuliner dengan daftar gofood online
Sarabba Hanun Abidzar, usaha kuliner yang dirintis kakak Ipar, bermitra dengan GoFood
Orang Makassar dan sekitarnya pasti tahu sarabba minuman khas Sulawesi yang terbuat dari campuran jahe, santan dan gula merah. Kalau di luar Sulawesi mungkin lebih dikenal dengan istilah wedang Jahe ya? Sarabba sendiri biasa dinikmati dengan berbagai macam gorengan.

Nah, Itulah usaha yang dirintis kakak ipar saya dari sekitar dua tahun lalu. Boleh dibilang warung yang ia namai Sarabba Hanun Abidzar ini cukup sukses. Pelanggannya banyak apalagi semenjak dia bermitra dengan GoFood.

Saya nggak tahu omzetnya dalam sehari atau sebulan berapaan karena saya belum pernah mengajukan pertanyaan sejauh itu namun yang saya dengar dari cerita kakak, semenjak bekerjasama dengan GoFood, pelanggan warung suaminya itu terus bertambah. Malah banyak yang lebih suka pesan sarabba dan gorengan di warungnya via GoFood ketimbang membeli langsung.

Sarabba Hanun Abidzar bermitera dengan daftar gofood
Itu sebelum wabah corona merebak. Kalau dalam kondisi seperti saat PSBB di Makassar-Gowa berlangsung beberapa waktu lalu saya kurang tahu, apa pelanggannya berkurang atau justru meningkat yang pasti usahanya tetap jalan. 

Kakak ipar sendiri merasa nggak terlalu khawatir bakal kehilangan pelanggan dengan adanya wabah yang menganjurkan semua orang untuk lebih baik tinggal di rumah saja karena dia sudah bekerjasama dengan layanan jasa antar makanan/minuman seperti GoFood.

Dan memang harus saya akui dalam kondisi negara yang belum sepenuhnya terbebas dari COVID-19, merintis dan atau  beralih ke bisnis kuliner online atau food delivery adalah pilihan yang bagus.

Sayangnya di sekitar tempat tinggal saya yang sekarang masih banyak warung yang belum bekerja sama dengan GoFood. Itu juga tahunya karena setiap kali mau pesan makanan warung yang saya temukan di aplikasi pesan antar makanan ini kebanyakan jaraknya cukup jauh padahal saya pengennya bisa order makanan di warung yang jaraknya lumayan dekat biar nggak terlalu lama nunggu dan hemat ongkir.

Well, ini juga salah satu alasan mengapa saya tertarik dan mendukung niatan suami yang ingin berbisnis food delivery, karena masih sedikit pesaing.

Namun tentu saya akan lebih senang lagi jika banyak warung atau para UMKM di sekitar tempat tinggal saya mulai memanfaatkan layanan canggih seperti GoFood untuk melancarkan usaha kulinernya.

Lho kok? Ya karena saya nggak mau cari untung sendiri. Saya yakin setiap orang yang buka usaha sekali pun jualannya sama persis pasti punya rejeki masing-masing. 

Lagipula saya juga sedih, beberapa kali ke luar rumah untuk belanja keperluan domestik selalu lihat warung-warung makan pada sepi padahal sebenarnya usaha kuliner mereka bisa saja tetap berjalan lancar jika beralih ke bisnis kuliner online.

Setelah saya mencoba mencari tahu kira-kira apa penyebabnya sehingga pemiliknya masih bertahan berjualan makanan secara offline, ternyata memang masih banyak warung di sekitaran tempat tinggal saya yang belum menggunakan layanan antar makanan ini karena belum tahu cara daftar Go-Food. Padahal banyak lho manfaat yang bisa didapatkan para pelaku UMKM itu kalau bermitra dengan GoFood.

Manfaat Beralih ke Food Delivery dengan Daftar GoFood Online

Manfaat daftar gofood online
Gambar : omjek.org
GoFood merupakan layanan antar makanan/minuman yang terdapat pada aplikasi Gojek. Seperti yang kita tahu bersama, pada awalnya Gojek hanya menyediakan pelayanan antar jemput penumpang dengan sepeda motor namun seiring bertambahnya animo masyarakat pada aplikasinya, Gojek akhirnya memunculkan banyak fitur baru. 

Nah, salah satu fitur unggulannya adalah GoFood. Lewat fitur ini, kita bisa pesan makanan/minuman tanpa perlu keluar rumah. Pastikan saja di gawai kita sudah ada aplikasi Gojek. Jadi untuk order makanan kita tinggal buka fitur GoFood.

Nantinya akan muncul beberapa pilihan warung atau outline yang sudah bermitra dengan layanan ini lengkap dengan tampilan menu dan harganya. Ada juga keterangan jaraknya lho. Jadi kita bebas memilih menu makanan/minuman yang diinginkan. Bisa berdasarkan jarak atau disesuaikan dengan budget yang kita punya.

Kita juga bisa memilih mau bayar pake metode apa, cash atau pakai Gopay. Ya pokoknya cara order makanan/minuman lewat fitur GoFood mudah dan praktis. Selain itu banyak promonya pula apalagi kalau kita transaksinya pake Gopay, hehe.

Itu manfaat dari sisi pelanggaan, lalu apa manfaat yang didapatkan jika menjadi patner GoFood?

1. Brand Naik Daun

Mungkin agak lebay ya kalau saya pakai istilah naik daun tapi memang benar lho dengan menjadi mitra GoFood, brand yang kita bangun akan semakin dikenali banyak orang.

Bayangkan saja saat ini sudah ada sekitar 4 juta pengguna aplikasi Gojek. Itu artinya dengan daftar GoFood online, peluang kita untuk meningkatkan popularitas brand terbuka lebar. 

2. Menarik Banyak Pelanggan

Tentunya dengan semakin banyak pengguna yang mengenal brand kita akan menarik banyak pelanggan, ujung-ujungnya sudah pasti meningkatkan penjualan.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, daripada harus keluar rumah, banyak orang yang lebih suka order makanan secara online. Lebih praktis.

Selain itu, pelanggan juga biasa lebih suka pesan makanan di GoFood karena banyak promo. Termasuk jika melakukan transaksi dengan Gopay, mereka bisa dapat potongan biaya antar.

3. Tidak Perlu Modal Besar

Ini enaknya punya usaha kuliner online baik yang baru merintis atau baru beralih ke food delivery. Kalau dulu, mau buka usaha kuliner kita harus sediakan tempat khusus dan itu butuh modal yang tidak sedikit.

Nah, kalau sekarang, cukup gelar lapak jualan makanan atau minuman seadanya di depan rumah saja usaha kuliner kita sudah bisa jalan. Mau daftar jadi GoFood patner itu juga gratis kok, tidak dipungut biaya sama sekali.

4. Jangkauan Pelanggan Lebih Luas

GoFood sendiri telah terintegrasi dengan layanan ojek online, tidak heran jika jangkauan pelanggannya lumayan luas. Bahkan orang yang jaraknya lebih dari 20 km dari lokasi outlet kita pun bisa melakukan order.

Plusnya lagi, karena GoFood sendiri merupakan bagian dari Gojek, salah satu aplikasi pesan antar makanan terbesar di Indonesia sehingga dengan menjadi patnernya tentu bisnis kuliner kita bisa diakses oleh pelanggan kapan pun dan dimana pun.

5. Transaksi Pembelian Aman dan Lancar

Terakhir, baik penjual maupun pembeli tidak perlu takut dengan proses transaksi lewat GoFood. Meski transaksinya dilakukan secara online dijamin aman dan lancar kok. Apalagi transaksi di GoFood menggunakan sistem transaksi online GoPay.

Sistem ini mencatat seluruh transaksi dengan rapi dan transparan. Kita bahkan bisa menerima rekap pemasukan secara harian.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kedai makanan yang kita buka bermitra dengan GoFood. Tapi seperti yang saya singgung di atas, ternyata masih banyak warung-warung atau UMKM yang belum memanfaatkan layanan food delivery ini karena belum tahu cara daftar GoFood.

Sebenarnya bagaimana sih cara daftar Gofood online? Yuk simak ulasan berikut.

Cara Daftar GoFood Online dengan Mudah dan Cepat

Cara agar bisa menjadi bagian dari GoFood patner sebenarnya mudah saja. Cukup dengan 6 langkah. Berikut cara daftar GoFood online ;

1. Registrasi Online

Tentu saja hal pertama yang harus dilakukan ketika mau daftar GoFood adalah melakukan registrasi online di laman website Gojek atau bisa juga melalui aplikasi Gobiz.

Jadi untuk registrasi nggak perlu sampai ke kantor Gojek. Pastikan saja data yang kamu masukkan termasuk email dan no hp sudah benar. Nantinya, jika pendaftaran berhasil kamu akan dapat email dari merchat.no.reply@gojek.com

2. Tunggu Verifikasi Data

Selanjutnya data registrasi kita akan  segera diverifikasi oleh tim Gojek. Jadi kita tinggal menunggu verifikasi tersebut. Paling lambat email balasan akan dikirim dalam masa lima hari kerja jika verifikasi data berhasil atau gagal.

Jika gagal jangan lansung menyerah ya, cukup lengkapi kembali data yang kurang. Sebaliknya jika berhasil kita akan diarahkan untuk melakukan penandatanganan kontrak elektronik melalui DocuSign.

3. Tanda tangan kontrak perjanjian eletronik

Untuk penandatanganan kontrak ini kamu akan menerima email dari DocuSign. Langkah yang satu ini jangan sampai dilewatkan karena sifatnya WAJIB. Tentunya kamu tidak akan bisa melangkah ke tahap selanjutnya jika tidak melakukan tanda tangan kontrak.

4. Menunggu proses pembuatan akun GoFood

Langkah selanjutnya kamu masih harus menunggu proses pembuatan akun Gobiz yang juga membutuhkan waktu maksimal 5 hari kerja.

5. Aktivasi Akun Gobiz

Setelah menerima email pemberitahuan untuk aktivasi akun kamu sudah bisa melakukan aktivasi dengan login melalui nomor ponsel outlet. 

Namun perlu diingat pemberitahuan aktivasi ini akan di kirim ke email outlet yang didaftarkan bukan email pemilik.

Akun Gobiz kamu sendiri baru akan aktif dalam waktu 1×24 jam setelah melakukan login.

6. Mulai Jualan

Dengan aktifnya akun Gobiz, maka selamat kamu sudah bisa mulai berjualan dan merasakan manfaatnya beralih ke bisnis delivery online seperti GoFood.

Itu dia cara daftar GoFood terbaru yang tentunya mudah dan cepat, kan? Proses pendaftarannya pun hanya membutuhkan waktu paling lambat 5 hari kerja.

Tips Jualan laris Manis lewat Aplikasi Pesan Antar Makanan Gofood

Selamat. Seelah berhasil daftar GoFood kamu sudah bisa menjalankan bisnis kulinermu. Tapi eits tunggu dulu. Berjualan lewat aplikasi pesan antar makanan seperti GoFood tentu punya keunggulan tersendiri dibanding berjualan biasa tanpa aplikasi. 

Namun sayang sekali bila sudah punya akses buat jualan di GoFood tapi tidak memanfaatkan  layanannya dengan maksimal. Oleh sebab itu daftar GoFood  saja tidak cukup, kamu juga perlu tahu trik berjualan lewat layanan aplikasi pesan antar makanan ini agar bisnismu lancar.

Berikut tips jualan laris manis di Gofood ; 

Tampilkan Foto Menu Terbaik

Umumnya orang tertarik membeli suatu produk karena tampilannya, apalagi jika berbelanja online. Hal itu juga berlaku pada makanan/minuman yang dijual lewat aplikasi.

Banyak atau tidaknya jumlah konsumenmu nanti akan sangat dipengaruhi oleh tampilan foto. Jadi kalau ingin jualan kamu banyak dilirik oleh komsumen jangan lupa untuk pajang foto menu terbaik dari usaha kulinermu di tampilan GoFood.

Buat Rekomendasi Menu

Selain menampilkan foto menu, kamu juga perlu buat rekomendasi menu dengan memanfaatkan aplikasi GoBiz.

Nantinya menu andalan yang kamu rekomendasikan via GoBiz akan muncul di urutan teratas tampilan menu GoFod. Dengan begitu konsumen akan mudah menemukan dan membeli menu tersebut.

Ikut Promo GoFood

Selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan trik promo untuk menarik banyak pelanggan. Trik ini memang mengharuskan kamu memberi diskon pada pelanggan tapi tenang saja. Tidak usah takut rugi justru dengan adanya promo jualanmu bisa banjir pelanggan.

Ya daripada bayar iklan di media cetak atau digital kamu bisa memilih untuk pasang banner di GoFod. Hasil jualanmu pasti akan lebih meningkat karena tepat sasaran.

Promosi di Media Sosial

Peluang jualanamu akan dilirik konsumen juga akan semakin besar jika kamu tidak hanya tinggal diam. Pastikan kamu aktif melakukan promosi online dengan membagikan link sharing GoFod-mu di semua akun media sosial yang kamu punya. Cara ini terbilang cukup efektif menarik pelanggan.

Jaga Kualitas Jualan

Satu lagi hal yang harus diperhatikan jika ingin jualanmu laris manis. Kualitas rasa dari menu yang kamu sajikan untuk konsumen harus dijaga. Kalau menu yang kamu jual punya keunikan dan rasa yang menggoda, pastinya pelanggan tidak akan lari

Demikian tips jualan laris manis yang bisa kamu praktikan jika memanfaatkan layanan dari GoFood.

So far, setelah daftar GoFoood dan tahu triknya berjualanan di sana tunggu apalagi. Jangan biarkan usaha kuliner kamu sepi karena pandemi. Ayo segera daftar Gofood online dan nikmati banyak keuntungan dengan menjadi  GoFood patner.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Sponsor