SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Makanan untuk Cegah Kanker, Apa Saja?

by - Friday, June 26, 2020

Daftar Isi [Tampil]

Kanker dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Berikut beberapa makanan untuk cegah kanker. Simak yuk ulasan berikut.

Makanan untuk cegah kanker
Gambar : hallosehat
Salah satu penyakit yang hingga saat ini masih menjadi momok bagi semua orang adalah kanker. Bagaimana tidak? Kanker berada di urutan kedua penyebab kematian terbanyak di seluruh dunia.

 Rata-rata orang yang terserang kanker sulit disembuhkan karena terlambat diobati lantaran penyakit ini tidak menunjukkan gejala di awal perkembangannya.

Kanker merupakan penyakit yang muncul akibat adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh sehingga merusak sel normal di sekitarnya dan bagian tubuh yang lain.

Ada banyak faktor yang dapat memicu munculnya penyakit ini namun umumnya sel-sel kanker tumbuh akibat pola makan yang kurang tepat dan kurangnya pengetahuan terkait jenis-jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker maupun yang dapat mencegah kanker.

Jenis Makanan untuk Cegah Kanker


Ternyata selain memicu munculnya sel-sel ganas di dalam tubuh ada juga jenis makanan yang justru dapat menghindari kita dari penyakit kanker. Berikut beberapa jenis makanan untuk cegah kanker ;

Matoa

Tidak hanya terkenal dengan rasanya yang manis dan legit, buah yang berasal dari Papua ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. 

Kandungan gizi yang terdapat pada matoa cukup tinggi. Buah ini kaya akan vitamin C dan E yang mumpuni untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit seperti kanker


Sirsak

Siapa yang tidak kenal dengan buah sirsak? Di Indonesia buah ini memang sudah sangat terkenal dan sekarang ini mulai populer di dunia berkat kandungan senyawanya yang diklaim bisa bekerja serupa dengan kemampuan kemoterapi.

Buah sirsak diketahui mampu menurunkan intensitas pertumbuhan sel kanker, menghalangi aliran suplai nutrisi menuju sel kanker, hingga sel kanker akan mati dengan sendirinya.

Buah Naga

Selanjutnya ada si buah naga yang juga dikenal punya khasiat tinggi. Dengan mengonsumsi buah naga kita bisa mendapatkan tambahan antosianin tinggi yang dikenal sangat efektif sebagai detoksifikasi dan  melawan pertumbuhan sel abnormal.

Biji di dalam buah naga yang berbentuk sangat halus sendiri dikenal bekerja membantu kinerja hati untuk menetralisir racun sekaligus membantu mengatasi kerusakan sel, sehingga mencegah terjadinya pembentukan sel abnormal.

Wortel

Mengonsumsi wortel dalam bentuk sayur atau jus ternyata tidak hanya bagus untuk kesehatan mata melainkan juga dapat menangkal radikal bebas untuk cegah kanker.

Kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya inilah yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman berbagai jenis kanker, sepergi kanker payudara maupun kanker prostat.

Rempah-rempah


Beberapa contoh rempah-rempah seperti kayu manis dan kunyit juga bisa menjadi makanan pencegah kanker lho. Kandungan curcumin dalam kunyit misalnya dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kanker usus besar. Sementara hasil penelitian mengungkapkan bahwa kayu manis mampu mematikan sejumlah sel kanker secara efektif.

Kelor

Satu lagi makanan yang dapat menjauhkan kita dari kanker. Sayur yang satu ini memang terkenal kaya akan khasiat, salah satunya yaitu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan potasium yang banyak. 

Itulah sebabnya dengan mengonsumsi daun kelor dapat memperlambat pertumbuhan kanker bahkan dapat menyingkirkan kanker yang ada di dalam tubuh kita.

Alpukat

Buah Alpukat termasuk salah satu makanan pencegah kanker yang memiliki kandungan antioksidan dan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Antioksidan yang terkandung dalam alpukat melawan radikal bebas dalam dengan menghalangi proses penyerapan lemak tertentu. 

Selain itu, alpukat juga mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang. Sedangkan asam folat, vitamin C, E, serta antioksidan dalam buah alpukat bisa bantu membunuh sel-sel pra-kanker.

Ikan salmon

Tidak hanya sayur dan buah, makanan pencegah kanker juga bisa kita temukan pada ikan salmon. Terdapat kandungan omega 3 di dalam makanan pencegah kanker yang satu ini. 

Kandungan omega 3 tersebut memiliki asam lemak yang bagus untuk melawan sel-sel kanker, baik yang sudah masuk stadium awal maupun lanjut. 

Ikan salmon sendiri sangat bermanfaat untuk memerangi maupun mencegah kanker yang terjadi pada mulut dan kulit.

Itulah beberapa jenis makanan untuk cegah kanker yang  dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita.

Kanker termasuk penyakit ganas yang untuk biaya pengobatannya pun terbilang sangat mahal. Oleh sebab itu lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Salam, 

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Sponsor