5 Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu

by - Agustus 26, 2020


Tips memulai bisnis laundry sepatu

Ingin buka usaha rumahan tapi masih bingung mau jalankan bisnis apa? Nah, barusan saya baca artikel di website BukuWarung, berikut linknya https://bukuwarung.com/bisnis-laundry-sepatu/. Ini ide bisnisnya menarik sekali lho. Saya jadi tertarik untuk mengulas seputar bisnis laundry sepatu juga di blog ini. 

Zaman sekarang sudah banyak orang yang ingin terjun di dunia bisnis namun tidak semua berhasil merealisasikan keinginannya itu. Kebanyakan masih terhalang modal, padahal untuk memulai bisnis tidak selalu harus punya modal besar.  

Salah satu bisnis rumahan yang bisa dimulai dengan modal kecil dan memiliki prospek yang bagus adalah bisnis laundry sepatu. Bisnis di bidang jasa cuci memang lagi naik daun beberapa tahun terakhir, namun masih sedikit yang melirik usaha laundry sepatu sehingga kamu masih punya peluang yang besar untuk sukses menjalankan bisnis ini. 


Pertimbangan Memilih Bisnis Laundry Sepatu

Peluang usaha di bidang jasa cuci memang cukup menjanjikan. Tentu hal ini tidak terlepas dari kesibukan masyarakat khususnya di daerah perkotaan yang membutuhkan jasa cuci. Namun tidak hanya pakaian belakangan masyarakat urban juga merasa terbantu dengan hadirnya jasa laundry sepatu.

Berikut beberapa pertimbangan yang membuat usaha jasa cuci sepatu termasuk ide bisnis rumahan yang menarik untuk dijalankan ;

Masih sedikit yang menjalankan bisnis laundry sepatu 

Setiap orang yang menjalankan bisnis pasti mengharapkan profit yang besar. Berhasil tidaknya bisnis yang kamu jalankan nantinya akan dilihat dari seberapa besar keuntungan yang kamu dapatkan. 

Itu sebabnya sebelum memulai usaha kamu harus pintar mencari peluang. Jika ingin cepat mendapat keuntungan, carilah bisnis dengan peluang sukses yang besar. 

Laundry sepatu termasuk usaha di bidang jasa cuci yang bukan tidak mungkin ke depannya juga akan menjamur seperti bisnis laundry pakaian. Apalagi sekarang ini bisnis laundry sepatu sudah mulai populer di beberapa kota besar di Indonesia.

Kendati demikian, pengusaha bisnis laundry sepatu di daerah-daerah selain kota-kota besar jumlahnya masih terbilang sangat sedikit lho. Artinya apa? Kamu punya peluang yang cukup besar untuk sukses jadi pengusaha laundry sepatu. 

Ambil kesempatan emas itu, selagi tidak banyak pesaing. Apalagi jika di daerah sekitar tempat tinggal kamu belum ada yang buka usaha bisnis laundry sepatu, tentu beruntung sekali jika kamu bisa jadi pionirnya. 

Semakin banyak orang yang membutuhkan jasa cuci sepatu

Selanjutnya yang juga bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu untuk memilih usaha laundry sepatu adalah bertambahnya minat masyarakat Indonesia pada sepatu-sepatu mahal. 

Sebut saja sepatu dari berbagai brand ternama seperti Nike, Adidas, Vans, Aldo dan lain sebagainya. Kamu mungkin sudah sering melihat sepatu-sepatu merek kelas atas tersebut digunakan oleh kawula muda. Bahkan sepatu-sepatu yang diberandol dengan harga mencapai jutaan rupiah tersebut sudah dianggap sebagai bagian dari lifestyle dan menjadi incaran para generasi milenial. 

Memiliki sepatu dengan harga semahal itu akan membuat pemakainya lebih berhati-hati dalam merawatnya. Sepatu-sepatu dengan merek ternama juga pasti punya perawatan khusus, tidak bisa dibersihkan sembarangan. 

Nah, para pemilik sepatu mahal itu biasanya akan lebih memilih menggunakan jasa laundry sepatu yang profesional  ketimbang membersihkan sendiri. 

Selain itu, yang membutuhkan jasa cuci sepatu tentu bukan cuma dari kalangan atas saja. Sepatu merupakan alas kaki yang digunakan orang-orang ketika mendatangi tempat-tempat formal seperti kantor, sekolah atau kampus. Karena fungsinya sebagai alas kaki sehingga sepatu mudah kotor. 

Para pekerja kantoran, anak-anak sekolahan maupun mahasiswa yang punya kesibukan masing-masing juga akan sangat terbantu dengan hadirnya jasa laundry sepatu. Setidaknya bisnis ini bisa membatu mereka yang membutuhkan solusi mudah dan cepat dalam membersihkan sepatu.

Bisa dimulai dengan modal kecil 

Selanjutnya, seperti yang sudah saya singgung tadi. Untuk menjalankan bisnis laundry sepatu kamu tidak perlu menunggu sampai punya modal besar. 

Dengan bekal uang 2 juta-5 juta saja kamu sebenarnya sudah bisa menjalankan bisnis ini. Namun perlu diingat, modal untuk menjalankan bisnis laundry sepatu bukan cuma uang. Justru modal utama yang paling kamu butuhkan sebelum membuka usaha adalah paham cara kerja bisnis laundry sepatu. 

Bagaimana kamu bisa menjalankan suatu bisnis kalau kamu tidak paham cara kerjanya. Bagaimana perawatan sepatu yang benar, apa-apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan hingga strategi apa yang harus digunakan agar bisnismu nanti berjalan lancar. Semua itu jelas butuh persiapan yang matang. 

Untuk itu bagi kamu yang berminat menjalankan bisnis ini, sejumlah tips memulai usaha laundry sepatu dari BukuWarung ini barangkali bisa membantu. Simak yuk tipsnya.



Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu 

Jika kamu tertarik membuka usaha cuci sepatu dan sudah melakukan sejumlah persiapan mulai dari menelusuri prospek usaha hingga membeli berbagai perlengkapan yang dibutuhkan termasuk mesin cuci khusus sepatu maka memulai bisnis ini bukan lagi hal yang sulit.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu menjalankan bisnis laundry sepatu :

1. Memiliki pengetahuan merawat sepatu

Menjalankan bisnis cuci sepatu juga butuh ilmu. Ingat, modal utama yang harus kamu miliki sebelum membuka usaha ini adalah paham cara kerjanya. Kalau perlu ikutilah pelatihan khusus. Setidaknya itu dapat meningkatkan skill kamu di bidang ini.

Dengan skill yang mumpuni kamu akan mampu merawat sepatu pelanggan dengan baik. Jika pelanggan puas maka efeknya tentu bagus untuk usaha kamu. Tidak hanya menjadi pelanggan tetap, mereka juga akan merekomendasikan bisnis laundry sepatu yang kamu jalankan. Itu sebabnya menjaga kepercayaan pelanggan penting sekali.

Pastikan kamu bisa menangani sepatu pelanggan dengan baik. Hindari kerusakan akibat salah penangan yang dapat mengecewakan mereka. Pastikan pula karyawan yang kamu rekrut guna membantu menjalankan usaha adalah orang yang juga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam merawat sepatu.

2. Memilih alat dan bahan yang sesuai

Setelah memiliki pengetahuan merawat sepatu, tentu kamu sudah bisa memilih dan memilah alat dan bahan yang diperlukan untuk menjalankan bisnismu ini.

Setiap bahan sepatu memiliki cara perawatan yang berbeda. Letak perbedaan tersebut ada pada teknik pembersihan, bahan-bahan yang digunakan serta peralatan yang dibutuhkan. Nah, untuk permulaan, kamu bisa sediakan peralatan untuk bahan sepatu mainstream terlebih dahulu. 

3. Menggunakan strategi pemasaran yang tepat dan efektif

Sukses atau tidaknya sebuah bisnis sangat bergantung pada staregi pemasaran. Maka gunakanlah strageti yang tepat dan efektif. Untuk itu kamu perlu paham terlebih dahulu kondisi dan tahu target pasar.

Target pasar bisnis cuci sepatu adalah anak-anak sekolah, mahasiswa, dan para pekerja yang bisa ditebak rata-rata pasti punya akun media sosial. Mereka umumnya aktif berselancar di jejaring sosial. Kamu bisa manfaatkan media tersebut untuk promosi. Lebih efesien, kan?

4. Memberikan pelayanan terbaik

Di atas sudah disinggung, pentingnya memiliki pengetahuan sebelum membuka usaha ini agar kamu dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan sampai kamu kehilangan kepercayaan pelanggan karena tidak becus melayani. 

Berikanlah pelayanan yang terbaik kepada mereka. Sambut mereka dengan baik dan ramah. Ingat, pelanggan adalah raja. Layani mereka sepenuh hati. Bersihkan sepatunya dengan cara terbaik bahkan kalau perlu sesekali berilah reward untuk pelanggan setia kamu.

5. Mengelola keuangan bisnis dengan tepat

Menjalankan sebuah bisnis tentu tidak lepas dari masalah keuangan. Untuk itu tips yang satu ini termasuk hal yang tidak boleh kamu lewatkan.

Jika ingin usaha kamu berjalan lancar maka  kamu harus pandai mengelola keuangan dengan tepat. Untuk itu kamu bisa gunakan moodah yang dapat membantu mengatur keuangan bisnis kamu dengan lebih mudah, praktis dan akurat.

Itulah tips membuka usaha laundry sepatu yang bisa kamu terapkan. Bisnis ini termasuk jenis usaha yang memiliki prospek cerah dan tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Bahkan selama kebutuhan orang-orang terhadap sepatu masih ada, bisnis ini juga tidak akan ada matinya. Tertarik?

Salam, 


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.