Tips Liburan Bersama Keluarga Saat Pandemi

Daftar Isi
Ingin jalan-jalan bersama keluarga tapi masih was-was dengan kondisi saat ini? Yuk simak tips liburan bersama keluarga saat pandemi berikut ini.

Tips liburan bersama keluarga saat pandemi, agar aman dan lancar

Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau akhir tahun kemarin kita masih bebas liburan kemana pun  yang kita mau, baik itu ke luar daerah atau luar negeri maka tahun ini kita harus bersabar.

Munculnya Pandemi COVID-19 membatasi aktivitas kita di luar rumah. Bahkan meski telah memasuki masa adaptasi kenormalan baru, kita masih belum merdeka dari rasa was-was saat bepergian sebab virus corona belum benar-benar hilang dari muka bumi. 

Akan tetapi, lebih dari tujuh bulan tinggal di rumah saja tentu sangat membosankan. Kita masih belum tahu kapan pandemi ini benar-benar berakhir. Bisa jadi satu tahun lagi, lima tahun lagi atau entah kapan. Sementara tubuh kita butuh refreshing  untuk menghilangkan rasa jenuh.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berlibur sejenak bersama keluarga. Apalagi sebentar lagi bakal ada Epic Sale yang sayang banget jika dilewatkan. Namun tentu saja kamu harus tetap waspada jika ingin berlibur saat pandemi. 

Tips liburan bersama keluarga saat pandemi agar aman dan lancar

Agar tetap aman dan terhindar dari risiko tertular virus corona ketika berlibur kamu bisa menerapkan tips berikut ;

Pastikan dalam kondisi sehat

Sebelum memutuskan berlibur dengan membawa anak-anak, pastikan kamu sekeluarga dalam kondisi fit. Ini penting sekali sebab orang yang memiliki daya imun rendah atau sedang sakit rentan tertular virus corona.

Jadi jangan memaksakan diri untuk pergi berlibur  jika kamu atau anggota keluarga lainnya dalam kondisi kurang fit. Kalau perlu, untuk memastikan keadaanmu dan keluarga tetap sehat, sebelum berlibur kalian perlu melakukan rapid test atau swab test.

Cari tahu info terkait destinasi wisata yang ingin dikunjungi

Sebelum merealisasikan rencana buat liburan tentunya kamu harus melakukan sejumlah persiapan lebih dulu. Salah satunya yakni dengan mencari tahu info seputar daerah atau destinasi wisata yang ingin kamu datangi.

Apakah destinasi tersebut memiliki aturan yang ketat seperti harus membawa surat keterangan sehat dan wajib menggunakan masker atau tidak. Hal ini mungkin kedengarannya sepele tapi penting untuk diketahui. 

Jika memungkinkan gunakan kendaraan pribadi

Agar liburan kamu bersama anak-anak berjalan aman dan lancar akan lebih baik jika kamu bepergian menggunakan kendaran pribadi.

Memang mengasyikkan jika bisa mengisi liburan akhir tahun bersama keluarga dengan menaiki pesawat. Namun melihat kondisi saat ini masih belum memungkinkan untuk bepergian jauh, apalagi dengan membawa serta anak-anak.

Maka pilihan berlibur di dalam kota saja dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor jauh lebih aman. Kamu dan keluarga bisa memilih pergi ke hotel untuk staycation atau mengunjungi objek wisata menarik yang ada di kotamu sekaligus menyewa villa di sana.

Selalu patuhi protokol kesehatan

Satu lagi tips yang tidak boleh kamu lupakan saat berlibur di masa pandemi. Agar traveling-mu bersama keluarga aman dan terhindar dari risiko penularan COVID-19 kalian wajib menjalankan protokol kesehatan. 

Tetap gunakan masker setiap keluar rumah, kalau perlu bawa juga faceshield untuk anak-anak dan selalu sediakan handsanitizer atau sabun cuci tangan di tas. Selain itu, usahakan selama liburan, kalian menjauhi titik-titik keramaian. 

Pastinya akan lebih baik jika kamu dan keluarga berlibur ke tempat wisata yang sepi pengunjung. Dengan begitu kalian nggak perlu repot-repot menghindari kerumunan orang.

Itulah beberapa tips liburan bersama keluarga saat pandemi yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat. So, jangan lewatkan kesempatan buat ikutan travel fair  tahun ini ya.

Selamat liburan

Salam,

19 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.
iya nih aku masih takut2 untuk liburan, lebih aman pakai kendaraan pribadi karena g ak harus barengan sama orang lain ya. Semoga pandemi segera berakhir spaya bisa bebas beraktivitas lagi
Aku termasuk yang masi takut ni mau jalan-jalan apalagi nginep haha... walo kemarin ada promo gede2an tetep aja takut.. xixi balik lagi ke pilihan masing2 si ya :)
Kalau liburan di masa sekarang memang lebih nyaman pakai kendaraan pribadi ya, karena udah paham keadaan siapa aja yang ada di dalam kendaraan
Patuh protokol kesehatan adalah kuncinya yakak, selain melindungi diri kita sendiri juga melindungi orang disekitar kita. Ngga bisa ditawar
Tempat wisata yang sepi. Nah iya, lebih aman yang begitu. Lagi pula di empat wisata yang terlalu ramai....malah nggak bisa keindahan tempatnya.
aku masih pake masker kalau liburan
dilepas saat foto2 doang dan kalau lagi makan, haha
yaaa meski resikonya pas ngomong jadi blebek-blebek, haha
Udah mau akhir tahun aja ya, tapi si Coronce ogah minggat.

Selama pandemi ini, saya udah mudik sana sini dan juga 2 kali liburan bareng keluarga, pertama ke Taman Herbal Insani dan kedua staycation di RedDoorz. Dengan modal bismillah, duit dan tetap menerapkan protokol kesehatan, saya pun berangkat. Soalnya udah sumpek banget kelamaan di rumah bae. Takut lumutan di rumah

Wah.. belum berani jalan lagi nih. Grafiknya masih naik turun. Bahkan naik lumayan tajam setelah liburan kemarin. Tapi thanks tipsnya nanti pas udah bisa jalan diterapkan
Memang sudah waktunya juga kalau merasa butuh liburan ya liburan saja, selama patuhi protokol kesehatan dan tetap hati-hati ya. Soalnya kalau diam di rumah saha dan jadi stres malah berbahaya juga untuk kesehatan.
Ya bener banget kak, walaupun lagi liburan tetapi patuhi protokol kesehatan agar liburan jadi aman dan menyenangkan, mudah2an saya dapat kesempatan ikutan travel fair kali ini
Sudah beberapa bulan ini kami belum berani liburan, hiks padahal sudah kangen banget tapi abinya masih rada was-was.
Beberapa tempat wisata sekarang sudah banyak yang ramai. Kalau saya pribadi lebih memilih tempat wisata yang terbuka dan luas, jadi bisa menghindari kerumunan. Mungkin pantai jadi tempat wisata yang cocok untuk saat ini.
Akuuu dapat harga epic sale traveloka dunk wkwkw. Siap-siap staycation. Pastinya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ya. Dan biasanya tempat seperti itu juga sudah menerapkan protokol yang sesuai.
Aku pingin banget liburan nih tapi belum dibolehin sama suami. Secara ada 3 anak yg 1 masih bayi. Terlalu rentan kayaknya. Kcuali aku liburan sendiri tanpa anak-anak. Bakal kupraktekkin tips ini
Bagus juga tipsnya ya kak buat diterapkan, apalagi buat saya yang masih paranoid ini sudah bosan di rumah selama pandemi, gak berani kemana-mana
Boleh juga nih tipsnya, siap dicoba saat liburan besok. Semoga pandemi segera berakhir. Amiin
Berlibur bersama keluarga banyak hal yang jadi pertimbangan, karena membawa banyak orang. terimakasih untuk tipsnya ya mba
Pengen liburan tapi masih ada covid ya, tips ini sangat membantu sekali kak. Meski begitu masih banyak aja yang tidak mematuhi protokol kesehatan ya. Kebetulan saya belum pergi ke tempat wisata karena ya itu tadi masih banyak orang yang acuh. Tapi udah liburan juga sih ke sawah di belakang rumah, hehe
Aq masih belum berani jalan2 mbak karena ada bayik yang harus di prioritaskan dalam hal kesehatannya. Tapi kalo sudah mematuhi protokol yang berlaku boleh lah nanti aq ajak bayik jalan deket2 dulu