Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips untuk Ibu Usia Kehamilan 9 Bulan

Ingin persalinan berjalan lancar? Berikut ini ada beberapa tips persalinan lancar untuk ibu dengan usia kehamilan 9 bulan.

Tips usia kehamilan 9 bulan
Picture by Canva Pro
Ketika menginjak kehamilan trimester ketiga, ibu hamil pasti mulai dilanda was-was karena persalinan sudah di depan mata. Itu juga yang saya alami, meski sudah punya pengalaman hamil sebelumnya, di kehamilan kedua saya masih gugup ketika HPL semakin dekat, hihi.

Perasaan yang wajar sih mengingat persalinan bukan proses yang mudah untuk dijalani. Namun ketika berhasil melaluinya akan membuncahkan perasaan bahagia sebab akhirnya kita bisa bertemu dengan sang buah hati yang telah dinanti selama 9 bulan.

Nah, agar tidak terlalu khawatir dan was-was menjelang due date, berikut ini ada beberapa tips yang semoga bisa membantu bumil dalam mempersiapkan persalinan.

5 Tips untuk Ibu Usia Kehamilan 9 Bulan

Memasuki usia kehamilan 9 bulan biasanya perut ibu hamil sudah tampak semakin membesar. Selain itu bumil juga akan merasa semakin berat dan sering mengalami kelelahan. Don't worry mom. 

Hal ini merupakan bagian dari tanda-tanda hamil tua. Jika kamu mengalaminya, simak yuk beberapa tips di bawah untuk membantu mengatasi kesulitan kamu ketika hamil 9 bulan. 

Dan inilah 5 tips untuk ibu dengan usia kehamilan usia kehamilan 9 bulan.

Ambil cuti menjelang persalinan

Ketika masuk usia kehamilan tua, sangat penting bagi ibu hamil untuk beristirahat. Jika kamu ibu pekerja, sebaiknya ambillah cuti terlebih dahulu. 

Terlebih jika usia kehamilan kamu menginjak minggu ke 36, tentu kamu sudah harus meluangkan waktu penuh di rumah. Di trimester akhir ibu hamil memang dianjurkan untuk lebih banyak beristirahat dan tidak melakukan aktivitas berat yang dapat menggangu kesehatan ibu dan janin.

Makan sering tapi porsi kecil

Ketika memasuki usia kehamilan 9 bulan, bumil juga perlu untuk sering makan tetapi porsinya harus dikurangi. Kamu juga harus pintar memilih makanan sehat sehingga bisa menyehatkan calon bayi. 

Pemilihan makanan yang sesuai juga sangat baik nantinya untuk kualitas ASI sehingga produksi ASI bisa lancar setelah persalinan.

Cobalah makan 5 sampai 6 kali dalam sehari dengan porsi sedikit. Meskipun jumlah makan diperbanyak, tetapi kamu harus ingat untuk selalu menjaga nutrisi, mengurangi makanan berlemak dan makanan yang sulit dicerna. 

Makanan berlemak harus dijauhi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan berat janin berlebih dan mempersulit proses persalinan, terutama ketika kamu ingin bersalin secara pervaginam.

Tetap aktif bergerak

Anjuran untuk banyak beristirahat bukan berarti kamu dilarang beraktivitas. Sekalipun sudah mengambil cuti kerja, kamu tetap harus selalu aktif bergerak setiap hari. 

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas ringan di rumah. Contoh paling mudah yang bisa kamu terapkan adalah berjalan-jalan. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar rumah selama masa menuju persalinan. Hal ini lebih baik daripada hanya berbaring.

Senam ibu hamil

Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persalinan, ada baiknya juga kamu rajin melakukan aktivitas senam ibu hamil. Aktivitas ini sebenarnya tidak harus dilakukan di akhir kehamilan, tetapi bisa dilakukan sejak awal atau pertengahan trimester.

Senam ibu hamil nyatanya mampu membantu ibu untuk memperlancar proses persalinan. Senam ini dapat memperkuat otot dasar panggul, simulasi proses kelahiran, membantu kontraksi rahim dan membuat persalinan menjadi lancar. Kamu bahkan bisa bersalin dengan lebih tenang dan nyaman jika rutin melakukannya.

Namun kamu mungkin butuh petunjuk dari dokter atau bidan dengan mengikuti kelas senam hamil. Atau bisa juga mempraktikkan gerakan senam hamil yang kamu lihat di youtube.

Berlatih Yoga

Olahraga memang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas ini bisa dijadikan sebagai hiburan secara sehat. Dan meskipun dalam keadaan hamil, ibu masih tetap bisa berolahraga tetapi jenis olahraga yang ringan. Salah satu jenis olahraga yang sangat disarankan untuk ibu hamil adalah yoga.

Yoga adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan mampu memberikan manfaat yang besar pada ibu hamil. Ketika proses persalinan, aktivitas yoga dapat membantu ibu dalam melatih pernapasan dan meredakan ketegangan ketika melahirkan.

Itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan di rumah agar proses persiapan persalinan semakin lancar. Kelima poin di atas adalah beberapa tips yang sangat baik bagi kamu yang saat ini sedang berada di usia kehamilan 9 bulan.  

Semoga persalinanmu berjalan lancar ya.

Salam,

Posting Komentar untuk "Tips untuk Ibu Usia Kehamilan 9 Bulan"

Berlangganan via Email