Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamar Kenangan in Blog Review (2020)

Kamar Kenangan in Blog Review (2020). Simak yuk evaluasi target blogging saya di 2020 dan harapan saya untuk Kamar Kenangan di 2021.

Kamar kenangan in blog review 2020

Tahun 2020 melesat begitu cepat hingga rasanya seperti baru sedetik memejamkan mata dan ketika membukanya tahu-tahu saya sudah berada di 2021.

Maa syaa Allaah, 2020 memang tahun yang luar biasa dan saya bersyukur bisa melewatinya dengan baik even banyak kegagalan di sana, termasuk gagal memublikasi postingan ini di akhir tahun, huhu.

Seperti tahun 2019, postingan mengenai ulasan atau review tahunan blog ini seharusnya sudah saya posting sebelum 2020 berlalu. Idealnya seperti itu tapi kenyataannya saya baru mau menulis ketika sudah pergantian tahun.

Sebenarnya nggak masalah sih, saya mau menulisnya kemarin waktu masih tanggal 31 Desember 2020, atau sekarang saat waktu sudah menunjukkan tanggal 1 Januari 2021 atau dua tiga bulan ke depan, toh ketika publish saya masih bisa pilih alternatif backdate.

Tahun lalu kan gitu. Kamar Kenangan in Blog Review (2019) ditulis di Januari 2020 tapi untuk publikasi sengaja waktunya saya undur ke Desember 2019.

Iya, itu kan tahun lalu. Mulai tahun 2021 ini saya nggak mau lagi main backdate-backdate. Yang lalu biarlah berlalu, life must go on😄

Kalau memang baru sempat menulisnya sekarang ya sudah publikasinya juga sesuai waktu terkini. Ngapain undur-undur waktu segala. Ayo kita realistis sajalah *eaa

Evaluasi target Blogging 2020

Target blogging saya di 2020 masih sama dengan target blogging 2019. Masih 10 poin yang kalau dibaca kelihatannya mudah banget tapi realisasinya sungguh butuh perjuangan, hehe.

Well berikut ini 10 target blogging yang bakal saya evaluasi satu-satu. Apakah mencapai target atau tidak? langsung saja dibahas yuk!

Target blogging 2020

Konsisten Ngeblog

Lagi-lagi poin ini masih jadi PR besar buat saya. Saya masih belum sepenuhnya konsisten ngeblog di tahun 2020. Ini kalau acuannya berdasarkan jumlah postingan ya.

Lihat saja arsip Kamar Kenangan ini di sidebar. Kalau konsisten menulis setidaknya setiap bulan bisa mencapai jumlah postingan rata-rata belasan gitu. Eh ini yang ada masih naik turun. 

Paling rendah ada di bulan Juli dan September yang masing-masing hanya menghasilkan 5 postingan. Sedangkan jumlah postingan tertinggi sebanyak 18 tulisan cuma di bulan Januari.

Hasilnya ya kalau mau dibandingkan dengan pencapaian tahun 2019 turun drastis. Tahun itu jumlah postingan di blog ini bisa mencapai angka 162, sementara di 2020 angka 62nya jadi kebalik alias hanya menghasilkan 126 postingan saja. 

Tidak heran sih, di tahun 2019 saya bisa menghasilkan postingan sebanyak itu karena berhasil menaklukkan beberapa tantangan menulis seperti ODOP atau SETIP. Di 2020 boro-boro, rajin ikut banyak challenge tapi tidak ada yang berhasil saya taklukkan, hiks.

Nah, kalau acuannya berdasarkan aktivitas blogging bukan semata-mata publish tulisan maka boleh dibilang saya lebih konsisten ngeblognya di 2020 dibanding 2019.

Hari-hari saya selalu buka blog, rajin blogwalking dengan atau tanpa meninggalkan jejak, sering otak-otik kode HTML, pantau google analytic, google search console, buka moz pro, tanam-tanam backlink di sana sini, belajar SEO, update postingan lama dan lain sebagainya. 

Semua itu termasuk aktivitas blogging juga kan? 

Yes, baru di tahun 2020 pemikiran saya terbuka, ternyata pekerjaan sebagai blogger bukan sekadar menulis. Buanyaak yang mesti dilakukan as a blogger dan itu bisa bikin kepala mumet tapi asyik lho. Namanya juga passion ya, tetap enak dijalani walau berat, hehe.

Alhamdulillah meski 2020 dihadang dengan badai pandemi yang membatasi aktivitas di luar, saya masih bisa produktif dan mengaktualisasi diri dengan banyak belajar di rumah. 

Sempat ikut beberapa kelas online juga yang berkaitan dengan dunia blog. Bahkan sesuatu banget tahun 2020 bisa menghasilkan 1 karya buku antologi bersama teman-teman Indonesian Female Blogger.

Traffik blog meningkat drastis

data google analytics 2019 vs 2020
Data google analytics siskadwyta.com 2019 vs 2020
Tahun 2019 lalu saya sempat galau lihat postingan-postingan di blog ini tak kunjung menemukan banyak pembaca. Sampai terbersit pula sebuah pertanyaan.
Lebih baik posting setiap hari tapi minim pengunjung karena konten kurang berkualitas akibat kejar tayang atau jarang posting tapi benar-benar memperhatikan kualitas konten sehingga pengunjung membludak?
Well, jawabannya saya temukan di tahun 2020. Jumlah postingan saya di tahun yang baru berlalu itu memang tidak sebanyak postingan yang saya hasilkan di tahun 2019. 

Tapi kamu bisa lihat sendiri, dari data GA di atas, traffik blog di Kamar Kenangan ini melesat naik tak terkira. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena ada beberapa konten yang saya buat di tahun 2020 berhasil menduduki halaman pertama di google.

That's right, content is king namun optimasi juga penting. Jadi dalam ngeblog itu sebaiknya nggak cuma kejar kuantitas saja, kualitas dari konten juga harus diperhatikan. 

Nah, konten berkualitas yang saya maksud bukan cuma postingan yang bagus dan berbobot tetapi harus SEO friendly agar mudah ditemukan di mesin pencari. Di sinilah baru saya benar-benar paham betapa pentingnya mempelajari SEO.

Target yang dua tahun lalu saat dituliskan rasanya mustahil sudah mulai menampakkan hasil. Meski traffik blog ini belum stabil di angka 1000 visitor per day namun setidaknya sudah mendekatilah.

Malah beberapa waktu sempat mencapai 1000 pengunjug dalam sehari pun pernah hampir 2K lalu turun dan bukan berarti tidak meningkat lagi. Saya hanya perlu belajar dan berusaha lebih giat untuk mendongkraknya😄

Mencapai DA 18 PA 39

Sejak tragedi DA anjlok Maret 2019 lalu saya sudah tidak terlalu berharap bisa mencapai DA 30 dalam jangka waktu setahun.

Waktu awal tahun 2019 itu hanya dengan rajin posting dan blogwalking saja DA saya bisa naik 1 poin per dua atau tiga hari. Tetapi sejak algoritma moz berubah untuk bisa naik 1 poin butuh waktu berbulan-bulan.

Bahkan saya sempat sedih lihat angka DA saya di awal 2020 terjun bebas ke angka 10 padahal sebelumnya sempat naik turun di angka 12-14.

Namun kesedihan saya tidak berlangsung lama, malah akhirnya saya bersyukur banget, gara-gara DA turun ke angka 10 itu saya bisa keangkut di kelas Naikin DA gelombang pertama yang diadakan Mas Irwin dan Mas Pewe selama bulan Mei.

Hasil dari mengikut tersebuti benar-benar terbukti. DA blog saya berhasil naik dari angka 10 melesat ke angka 15 lalu naik lagi ke angka 17, 19 bahkan pernah mencapai 20 namun turun lagi dan sampai sekarang per tanggal 1 Januari 2021 bertahan di 18.

Honestly bisa mencapai DA minimal 15 saja saya sudah alhamdulillaah banget. Untuk nilai PA siskadwyta.com sendiri sudah melebihi target dari yang saya tentukan waktu itu, berada di angka 39.

Berhasil update postingan minimal 5 setiap bulan tapi kebanyakan bukan organik

Menyedihkan sekali, meski sesuai target bisa posting dengan minimal 5 tulisan di Kamar Kenangan ini tapi kebanyakan justru artikel sponsored post or content placement, bukan organik, huhu.

Duh saya jadi merasa tertampar dengan tulisan yang berjudul Begini Caranya Agar Konsisten Menulis Postingan Organik tetapi nyatanya saya sendiri tidak konsisten malah ada beberapa bulan yang cuma diisi dengan postingan bersponsor saja. Kalau pun ada yang organik paling cuma satu dua atau kalah banyak dengan postingan non organik, hiks.

Rajin blogwalking karena ikut list

Seperti tahun 2019, di 2020 saya juga rajin melakukan aktivitas blogwalking bahkan dalam sehari ada lebih dari 10 blog yang saya kunjungi dan tinggalkan jejak sayangnya belum konsisten setiap hari.

Saya hanya melakukan blogwalking dan meninggalkan jejak ketika ikut list blogwalking doang. Kalau tidak ya agenda blogwalkingnya libur atau saya silaturahmi tapi tanpa jejak dan ini nggak sesuai dengan yang saya targetkan.

Malah sempat pula saya mogok ikutan list blogwalking karena merasa traffik yang saya dapatkan secara organik sudah lebih dari cukup. Huhu kepedean banget.

Memang pengunjung blog ini kebanyakan datang dari mesin pencari namun tetap saja saya butuh ikutan list blogwalking setidaknya untuk menambah page views dan sebagai ajang bersilaturahmi ke sesama blogger.

Selain itu sejujurnya saya merasa bersalah, belum sempat membalas semua komentar yang masuk terutama komentar organik. Itulah sebabnya saya anggap semua komentar (asal bukan spam) yang belum saya tanggapi adalah 'utang' dan saya  akan berusaha untuk segera melunasinya.

Promosi blog

Poin yang satu ini juga masih PR banget. Saya belum memaksimalkan semua akun media sosial yang saya punya untuk mempromosikan blog ini termasuk postingan-postingan di dalamnya.

Padahal apa susahnya setelah menayangkan new post langsung bagikan ke media sosial. Kamar Kenangan Siska Dwyta bukan blog yang populer, belum ada juga satu pun tulisan di blog ini yang viral lalu kalau bukan saya yang mempromosikan , siapa lagi? 

Huhu sayang sekali, lagi-lagi target untuk rajin share postingan blog di media sosial belum tercapai di 2020.

Ikut lomba blog tapi tidak serius

Target untuk ikut minimal satu lomba blog setiap bulan ini sebenarnya sudah bagus sekali tetapi kalau lihat progresnya sepertinya memang saya tidak serius.

Kalau memang serius, seharusnya saya sudah melakukan riset jauh-jauh hari, siapkan konten yang terbaik termasuk gambar pendukung atau infografis, bukannya hari ini deadline, hari ini juga baru sibuk cari ide, nulis dan buat konten.

Gimana mau menang coba? Wong niat saya ikut lomba blog masih setengah-setengah. Pengen bisa menang lomba blog tapi usaha minim, ckck. Mimpi kalau bisa menyabet juara blog dengan usaha segitu, kecuali Tuhan kasih keajaiban, iya kan?

Eniwei, saya tidak hitung berapa lomba blog yang saya ikuti sepanjang 2020, yang pasti cuma beberapa kali. Terakhir, saya beranikan diri ikut lomba SEO tapi pas dicek keyword-nya entah postingan yang saya ikutkan itu nyasar kemana padahal sudah terindeks google, haha. 

Belajar SEO dan menerapkan 

Meski nyaris sepanjang 2020 saya menghabiskan lebih banyak waktu di rumah tetapi saya masih bisa mempelajari banyak hal termasuk ilmu SEO lewat kelas-kelas online maupun webinar.

Saya merasa sangat bersyukur bisa terpilih mengikuti kelas Naikin DA Gel 1 yang alumninya tetap kompak dan berkumpul di bawah Blogger Satu Atap. Bersyukur juga bisa menjadi bagian dari BRT Network dan SEOMOMS Community.

Berada di lingkaran atau komunitas tersebut berhasil meningkatkan skill saya di dunia blogging. Kalau di 2019 saya mengenal SEO baru sebatas nama dan masih kebingungan praktik di 2020 ini saya sudah mengenal SEO lebih dekat dan bisa menerapkannya.

Hasilnya ya alhamdulillaah  beberapa postingan saya dengan keyword tertentu berhasil nangkring di halaman pertama google.

Penghasilan blog meningkat

Target saya untuk memonetisasi sudah terwujud dari dua tahun lalu, ketika saya diterima sebagai publisher adsense dan mulai mendapat tawaran kerjasama berupa content placement (CP) maupun sponsored post.

Tahun pertama penghasilan yang saya dapatkan lumayan, nambah-nambah isi tabungan di rekening. Nah, 2020 ini adalah tahun kedua blog saya dimonetisasi, tahun dimana saya akhirnya mulai sering mendapat job.

Kalau tahun 2019 tawaran kerjasama yang sering saya dapatkan cuma content placement dan sesekali sponsored post, di 2020 bukan cuma CP, saya juga mulai langganan dapat job sponsored post dan review produk.

Alhamdulillaah penghasilan yang saya dapatkan sepanjang 2020 jauh meningkat dibanding tahun sebelumnya. Oya saldo di google adsense saya juga meningkat  drastis. 

Kalau ingat saldo di akun adsense saya awal tahun 2020 lalu saya miris banget lho. Pasalnya sudah setahun blog ini menampilkan iklan dari google tapi saldonya nyampe 100 ribu saja nggak. Makanya saya nggak terlalu berharap dapat penghasilan sebagai publisher adsense. 

Tetapi sejak saya dapat email dari google adsense berupa pemberitahuan terkait pendapatan saya yang meningkat sebesar 103% bulan Juli 2020 saya langsung bersemangat.

Apalagi sekira dua atau tiga bulan lalu saya dapat notif kalau surat cinta dari google sudah dikirimkan ke alamat saya even sampai sekarang belum sampai-sampai entah nyasar dimana.  Tapi yah saya optimis, In syaa Allaah tahun ini bisa segera dapat gaji pertama dari google. 

Eh tapi, meski penghasilan blog meningkat saya sebenarnya rada sedih karena tahun 2020 ini saya gagal mengisi Kamar Kenangan dengan banyak postingan organik atau paling tidak jumlahnya sebanding dengan postingan non organik.

Perpanjang domain dan beralih ke template premium

Tanggal 5 November 2020 kemarin domain siskadwyta.com genap berusia tiga tahun dan saya masih memperpanjangnya di Qwords. Oya domain saya juga sudah bisa diakses tanpa www. 

Sebenarnya masih ada niat mau pindah tempat penyedia layanan domain karena nggak puas dengan respon admin atau cs-nya ketika domain saya tiba-tiba error dan nggak bisa diakses sama sekali. 

Tapi lagi-lagi dengan alasan yang sama, saya nggak mau rempong dan nggak tahu caranya transfer domain jadi ya sudahlah, mari tetap setia dengan Qwords. 

Fyi, selain perpanjang domain, di tahun 2020 juga saya memutuskan ganti template dari gratisan ke template premium. Bersyukur sebelum 2020 berlalu saya berhasil menemukan template yang cocok dan nggak bikin traffik blog anjlok.

Demikian hasil catatan review dan evaluasi target blogging saya selama 2020. Hasilnya ternyata masih ada yang nggak sesuai harapan ya. But no problem, setidaknya ada kemajuan.

Sedangkan untuk target blogging 2021 sendiri saya berencana ingin buat yang baru, yang lebih spesifik dan mengacu pada harapan saya untuk Kamar Kenangan ini ke depannya. 

Harapan untuk Kamar Kenangan di 2021

Bicara mengenai harapan untuk Kamar Kenangan ini, tentu saya berharap yang terbaik. Semoga performa blog ini semakin meningkat di 2021, mulai dari segi konten hingga pengunjungnya.

Untuk itu sudah ada beberapa hal yang menjadi harapan terbesar saya untuk Kamar Kenangan di 2021.

Menghasilkan lebih banyak postingan organik

Kamar Kenangan adalah tagline untuk blog yang saya anggap kamar saya di dunia maya. Kamar yang isinya adalah kenangan. 

Walau isi Kamar Kenangan tidak lagi sepenuhnya personal (yang ide dann tulisannya murni dari saya pribadi), saya berharap di 2021 bisa tetap konsisten dan menghadirkan lebih banyak lagi konten-konten organik.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, saya mampu menghasilkan banyak postingan organik di tahun 2019 itu karena terbantu dengan tantangan-tantangan menulis seperti ODOP yang berhasil saya taklukkan.

That's why, untuk mewujudkan harapan tersebut tahun ini saya kembali menantang diri mengikuti challenge menulis, setelah tahun kemarin tidak ada satu pun tantangan yang saya terima berhasil saya taklukkan😭

Untungnya saya nggak patah semangat. Jatuh ya bangkit lagi. Gagal ya usaha lebih keras lagi. 

Jadi di awal tahun ini sudah ada dua challenge yang saya ikuti, pertama ODOP yang diselenggarakan Indonesian Content Creator (ICC) selama bulan Januari dan KLIP yang akan berlangsung sepanjang tahun 2021. 

Mohon doanya ya semoga saya berhasil menaklukkan kedua tantangan tersebut. Bismillaah. Cayyoo😊

Menghasilkan income minimal 21 juta sepanjang 2021

Selain ingin menghasilkan banyak postingan organik, saya juga berharap job saya sebagai blogger tahun ini semakin lancar, semakin banyak pemasukan biar bisa nabung buat umrah/haji.

Pengen banget bisa menginjakkan kaki ke tanah suci. Semoga Allaah mudahkan jalannya. Aamiin yaa Rabb.

Saya tahu harapan saya yang satu ini tampak seperti terlalu berangan-angan tapi apa salahnya berharap seperti itu. Toh, sudah banyak blogger yang membuktikan, mereka mampu menghasilkan uang lebih dari 21 juta selama setahun dari hasil ngeblog. 

Kalau mereka bisa, kenapa saya nggak? Eh tapi yah semua kembali lagi pada Allah. Allah yang atur rejeki saya. Sebagai hamba saya cuma bisa berharap, berdoa dan ikhtiar. 

In syaa Allaah.

Memiliki satu juta pengunjung dalam jangka setahun

Senang sekali setiap buka GA data real timenya hampir nggak pernah menunjukkan angka 0. Selalu saja ada yang berkunjung walau jumlahnya nggak seberapa.

Alhamdulillaah tahun kemarin traffic blog ini mencapai 149K pengguna dengan lebih dari 200K pageviews. Data yang sungguh bikin saya terharu. 

Ya saya bahagia jika Kamar Kenangan ini memiliki banyak pengunjung. Itulah sebabnya saya berharap di tahun 2021  traffik Kamar Kenangan meningkat jauh lebih pesat lagi, minimal mencapai angka 1.000.000. Bukan hal yang mustahil, kan?

Memberi sejuta manfaat dan menginspirasi banyak orang

Tidak hanya berharap memiliki satu juta pengunjung, saya juga mengharapkan Kamar Kenangan ini bisa memberikan sejuta manfaat dan menginspirasi banyak orang. 

Karena itulah tujuan utama saya membuat blog. Bukan semata-mata karena hobi, bukan pula karena uang tapi saya ingin dikenang lewat tulisan-tulisan saya di blog. Saya berharap apa yang saya bagikan di blog ini bisa menjadi amal jariyah untuk saya kelak.

Itulah harapan saya untuk Kamar Kenangan di 2021. Baiklah cukup sekian dulu sharing saya kali ini ya. Mudah-mudahan ada yang bisa dipetik.

Selamat tinggal 2020 dan segala kenangannya yang luar biasa 

Selamat datang 2021. Semoga semakin banyak kenangan indah tercipta dan saya abadikan di Kamar Kenangan ini :)


Posting Komentar untuk "Kamar Kenangan in Blog Review (2020)"

Berlangganan via Email